Salah satu kota yang memiliki banyak sekali tempat wisata berupa air terjun yaitu Magelang. Kota ini memang layak dijadikan destinasi wisata, karena di sana terdapat banyak sekali air terjun yang elok dan indah bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi.

Anda yang sangat gemar sekali pergi berlibur ke wisata alam berupa air terjun, maka perlu segera menuju ke Magelang bersama dengan sahabat ataupun keluarga Anda. Refreskan pikiran sejenak dari aktivitas sehari-hari di tempat tersebut memang layak dilakukan.

Nuansa alam yang disuguhkan oleh air terjun yang ada di sana mampu membuat siapa pun terpesona. Karena itu, jangan sia-siakan waktu Anda untuk mengunjungi tempat ini. Karena bagaimanapun Magelang merupakan kota dengan sejuta pesona berupa air terjunnya. Berikut ini adalah beberapa air terjun yang paling direkomendasikan.

1. Air Terjun Sumuran

Air Terjun Sumuran
Image Credit: Google Maps Ruwanto

Rekomendasi Air terjun yang pertama yaitu Air Terjun Sumuran. Tempat wisata ini tak kalah menarik untuk Anda explore bersama dengan keluarga tercinta Anda. Air terjun tersebut dikenal dengan sebutan lain yaitu Air Terjun Solo Projo.

Tempat ini memang memiliki ciri khas yaitu berupa panorama terasering sawah yang begitu indah dan tampak sangat hijau. Selain itu, terdapat pula dua buah kolam buatan yang memiliki hiasan berupa 3 patung candi, di mana tiap-tiap patung tersebut mengeluarkan air.

Air terjun ini mempunyai ketinggian kurang lebih mencapai 30 meter dan tentu akan sangat menarik sekali untuk Anda jadikan sebagai wahana rekreasi ketika berada di Magelang. Lokasi tepatnya yaitu berada di kecamatan ngablak di daerah perkampungan penduduk yang cukup tersembunyi dari area perkotaan.

Meski begitu, akses jalan untuk menuju ke tempat tersebut sudah sangat baik. Untuk bisa memasuki area wisata ini nantinya Anda akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 4.000.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seloprojo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar
Image Credit: Google Maps Rafael Iwan

Air Terjun Gerejengan Kembar juga tak boleh luput dari daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi di Magelang. Di tempat ini terdapat dua buah aliran air terjun sesuai dengan namanya, yaitu Air terjun kembar.

Jika dilihat dari debit airnya sendiri, air terjun tersebut memang mempunyai debit yang cukup besar serta memiliki ketinggian yang cukup bervariasi. Di air terjun ini Anda akan menemukan keindahan sejati. Lokasi tepatnya dari air terjun tersebut yaitu berada di Desa Munengwarangan.

Untuk Anda yang merupakan pecinta alam, maka Air Terjun Gerejengan Kembar tersebut tentu harus dikunjungi ketika liburan tiba. Saat Anda hendak berlibur ke tempat tersebut, maka nantinya pengunjung akan melalui hutan pinus yang memiliki panorama tak kalah indah.

Dusun Citren, Desa Munewarang, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Kec. Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

3. Curug Silawe

Curug Silawe
Image Credit: Google Maps Eka Rizqi Muhammad

Curug Silawe merupakan air terjun yang mempunyai ketinggian mencapai 50 meter. Lokasi dari Air Terjun Silawe tersebut terdapat di bagian lereng selatan Gunung sumbing. Hal itulah yang akhirnya membuat air terjun satu ini memiliki lokasi yang tersembunyi dan cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Bagi Anda yang berencana berlibur ke tempat ini, maka perlu menyiapkan fisik lebih dahulu, karena nantinya jalur yang dilewati yaitu melalui sungai. Curug Silawe terdiri atas dua buah air terjun.

Debit air dari air terjun yang pertama memang lebih besar dari air terjun yang kedua. Saat berkunjung ke Curug Silawe maka pastikan di sini wisatawan membawa baju ganti. Kolam yang begitu indah dengan airnya yang tampak sangat menyegarkan tentu tak boleh Anda lewatkan.

Yang tak kalah seru lagi yaitu kolam di Curug Silawe ini memang cukup dangkal, sehingga akan sangat aman sekali Jika Anda mengajak putra-putri untuk ikut berenang dan mandi di sana. Bagi yang ingin menuju ke lokasi Curug Silawe, maka hasil jalan relatif mulus dan dapat dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Namun, nantinya agar bisa tiba di lokasi Curug Silawe, pengunjung harus melewati sungai terlebih dahulu. Karena itu, pastikan ketika hendak mengunjungi curug tersebut Anda memilih waktu ketika musim kemarau. Karena pada saat itu debit air sungai tidak terlalu besar.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

4. Kedung Sembrani

Kedung Sembrani
Image Credit: Instagram Benedictus Dwiki Arya

Kedung Sembrani sekalipun di sini Hanya berupa air terjun mini namun memang sangat membuat wisatawan merasa puas ketika berada di sana. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi menghilangkan rasa suntuk dan stres karena aktivitas kerja sehari-hari.

Kedung Sembrani berada di Dusun Grogol, Desa Muneng. Ketinggian dari air terjun ini yaitu hanya mencapai 4 meter saja. Meski air terjun ini terbilang kecil, tapi keindahannya akan membuat siapapun merasa terpukau. Salah satu aktivitas menarik yang tak boleh dilewatkan saat berada di sana tentunya yaitu berendam dan mandi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Grogol, Desa Muneng Warangan, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

5. Curug Bujet

Curug Bujet
Image Credit: Google Maps Agung Hidayat

Untuk rekomendasi tempat wisata berupa air terjun berikutnya yaitu Curug Bujet. Curug yang satu ini berada di Kota Magelang dan terletak di Desa Sutopati. Untuk bisa menuju ke area tersebut nantinya Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali atau gratis. Untuk dapat mencapai lokasi dari Curug Bujet terbilang tidak terlalu susah.

Umumnya wisatawan yang datang ke tempat ini karena Curug Bujet memang terkenal karena keelokannya. Sekalipun air terjun tersebut memang tidak berada di lokasi yang terlalu tinggi, tapi debit airnya relatif deras.

Sangat cocok sekali untuk Anda jadikan sebagai area rekreasi bersama dengan keluarga ataupun teman tercinta Anda. Untuk yang tertarik datang ke curug, maka harus membawa bekal, karena di sana memang tidak terdapat warung yang menjual makanan.

Selain nantinya Anda harus membawa bekal, jangan lupa pula bagi Anda untuk membawa pakaian ganti. Karena di sini Anda pasti tak akan tahan dengan kolam yang seakan menggoda pengunjungnya untuk segera terjun dan menikmati kesegaran air yang ada di sana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kopeng Wetan, Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

6. Curug Lawang Kori

Curug Lawang Kori
Image Credit: Instagram Muchklis

Untuk rekomendasi tempat wisata berikutnya di Magelang yaitu Curug Lawang Kori. Air terjun yang satu ini berada di Kecamatan Windusari tepatnya di Desa Windusari Kidul. Untuk bisa menikmati keindahan dari Curug Lawang Kori Anda harus membayar uang tiket sebesar Rp 5.000.

Anda dapat meluncur ke tempat ini kapan pun Anda mau. Air terjun tersebut telah dikelola dengan sangat baik, di sana juga telah tersedia spot foto, area parkir, Gazebo, tangga dan lain-lain. Curug Lawang Kori baru dikelola, sehingga di sini membutuhkan proses promosi yang jauh lebih intens agar makin banyak pengunjung yang datang.

Letak dari Curug Lawang Kori terdapat di tengah-tengah hutan bambu. Debit airnya sendiri memang tidak terlampau besar, sehingga akan sangat seru sekali Jika Anda menjadikan tempat tersebut sebagai wahana bermain air.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Windusari, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

7. Air Terjun Ngesong

Air Terjun Ngesong
Image Credit: Google Maps Denias Susanto

Selanjutnya Anda pun akan menyaksikan adanya Air Terjun Ngesong yang memang tidak kalah menarik untuk Anda jelajahi. Air terjun di tempat tersebut mempunyai banyak sekali batuan yang memiliki ukuran kecil dan besar di area pinggiran sungai.

Air terjun tersebut mempunyai debit yang cukup kecil namun air yang jatuh memiliki kondisi yang lebih melebar. Air dari Air Terjun Ngesong ini mengalir di area rerumputan, sehingga airnya memang tampak seolah keluar dari dalam tanah.

Agar di sini bisa tiba ke lokasi Air Terjun maka tentu Anda akan memerlukan perjuangan ekstra karena lokasinya memang jauh tersembunyi serta fasilitas pendukung pun masih belum bisa ditemukan di sana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seloprojo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

8. Curug Gleyor

Curug Gleyor
Image Credit: Google Maps Denias Susanto

Destinasi alam di Magelang tak kalah menarik serta unik untuk Anda jelajahi yaitu Air Terjun Gleyor. Tempat wisata ini sudah dikelola dengan begitu baik bahkan untuk menuju ke area tersebut memang dapat dikatakan relatif mudah karena jalanan sudah dicor.

Terdapat banyak sekali spot foto dan wahana yang keren bisa Anda temukan, mulai dari jembatan bambu, gardu pandang dan wahana-wahana lain. Air Terjun Gleyor tersebut mempunyai debit yang cukup besar sekalipun musim pada saat tengah musim kemarau.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasangsari, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

9. Curug Sigetik

Curug Sigetik
Image Credit: Google Maps Noveri Tahalea

Rekomendasi berikutnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Curug Sigetik. Air terjun tersebut berada di Desa Sutapati, Provinsi Jawa Tengah. Air terjun ini sudah mempunyai wahana serta fasilitas pendukung rekreasi, baik itu tempat duduk, ruang ganti, toilet dan lain-lain.

Sekalipun air terjun tidak terlampau tinggi, tapi mempunyai debit air yang relatif deras. Curug Sigetik tersebut juga memiliki pemandangan berupa pepohonan bambu yang tumbuh lebat di area sekitarnya, sehingga membuat Curug Sigetik tersebut semakin nampak eksotik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

10. Air Terjun Sigong

Air Terjun Sigong
Image Credit: Facebook Ari Mantovani

Untuk rekomendasi air terjun yang terakhir yang bisa Anda kunjungi selama hari libur tiba yaitu Air Terjun Sigong. Air terjun yang satu ini berada di Desa Sutapati, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa tengah.

Letak dari air terjun tersebut memang relatif mudah untuk dijangkau. Selama perjalanan menuju ke tempat tersebut Anda akan disuguhkan pemandangan berupa pepohonan yang tumbuh begitu subur dengan kanopinya yang cukup lebat.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Itulah rekomendasi air terjun hits yang bisa Anda kunjungi selama berada di Magelang. Air terjun yang telah disebutkan di atas menawarkan keindahan yang mungkin tak akan Anda temukan di tempat wisata lain. Karena itu tak perlu ragu untuk mengunjungi salah satu air terjun tersebut.