Harga Tiket: Rp 175.000, Jam Operasional: 05.00 – 19.00 WIB, Alamat: Ngargogondo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Mata Langit menawarkan berbagai wahana dan spot yang menarik untuk dikunjungi di Magelang. Tempat wisata ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga, teman, bahkan pasangan.

Memiliki kawasan yang berada di area perbukitan, objek wisata ini menawarkan panorama alam cantik dari jajaran pegunungan dan kenampakan Candi Borobudur dari lanskap jauh. Di kawasan wisata ini, Anda dapat melihat 6 gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Tidar, Gunung Andong, dan Gunung Sumbing.

Pesona alam sekitarnya yang begitu indah membuat Mata Langit ini memiliki banyak spot menarik yang dapat menciptakan pengalaman liburan tak terlupakan. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin sejenak bersantai dari kesibukan sehari hari.

Daya Tarik yang Dimiliki Mata Langit

Daya Tarik Mata Langit
Image Credit: Twitter Rudi cayo

1. Konsep Wisata Alam dan Kuliner

Salah satu daya tarik utama yang ada di objek wisata Mata Langit yaitu konsep dimiliki. Kawasan wisata ini mengusung konsep yang memadukan antara wisata alam perbukitan dengan jajaran gunung indah dan wisata kuliner dengan menyediakan berbagai hidangan lezat yang menarik untuk dicicipi.

Dari sini Anda dapat menikmati berbagai keindahan alam yang terasa begitu tenang, sejuk, dan asri. Suasana ini juga dapat menyejukkan mata sekaligus pikiran sehingga cocok untuk refreshing dan melepaskan kepenatan.

Beberapa paket makanan yang dapat menjadi pilihan wisata kuliner bagi Anda diantaranya Rpmantic Dinner, American Breakfast, dan Breakfast Alfresco. Pilihan paket makanan yang paling sering dipesan oleh pengunjung yaitu Breakfast Alfresco. Paket makanan ini menawarkan sarapan yang bergaya piknik luar luangan dengan ditemani pemandangan kabut pagi dan jajaran gunsung indah.

2. Keindahan Sunrise dan Sunset

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki kawasan wisata Mata Langit yakni keindahan dari matahari terbit dan matahari tenggelam yang begitu memukau. Bagi Anda yang gemar berburu momen sunset dan sunrise, tempat wisata ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda.

Menikmati matahari terbit dan matahari tenggelam dari area perbukitan ini dapat membuat siapapun jatuh cinta dengan keindahannya. Anda juga dapat menikmati keindahan momen ini dengan ditemani berbagai hidangan lezat yang ditawarkan pada pilihan paket makanan yang tersedia.

Jika ingin menikmati momen matahari terbit atau sunrise dengan sarapan, Anda dapat memilih menu makanan yang menawarkan paket breakfast. Dan jika ingin menikmati matahari tenggelam atau sunset dengan ditemani hidangan lezat, Anda dapat memesan paket makanan dinner. Kegiatan sarapan dan makan malam Anda pasti akan terasa lebih romantis dan hangat.

3. Bangunan Berbentuk Rumah Tradisional

Kawasan wissata satu ini terdiri dari bangunan besar yang berbentuk menyerupai rumah tradisional joglo. Rumah yang didominasi dengan bahan kayu ini memiliki bangunan utama dengan satu lantai yang begitu luas. Bangunan ala rumah tradisional joglo ini memiliki dapat menampung hingga sekitar 50 orang pengunjung.

Pada area dalamnya, bangunan ini sudah memiliki pendingin ruangan sehingga membuat pengunjung yang datang dapat merasa lebih nyaman. Sedangkan pada bagian luarnya, bangunan ini memiliki area cukup luas yang terbagi menjadi dua, yakni dek kiri dan kekanan yang masing-masing dek menyediakan banyak meja dan kursi juga payung-payung besar.

Selain itu, terdapat pula meja panjang mirip meja bar dengan bentuk setengah lingkaran yang menghadap langsung ke arah tebing. Sehingga Anda dapat menikmati keindahan tebing dari area ini. Secara keseluruhan, kawasan wisata ini dapat menampung sekitar 200 orang pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Mata Langit
Image Credit: Facebook Wira Wan

Tempat wisata ini terletak di salah satu perbukitan terkenal di Magelang, yaitu Perbukitan Menoreh. Kawasan yang masih masuk ke dalam Kecamatan Borobudur ini hanya memiliki jarak sekitar 8 km atau sekitar 20 menit perjalanan dari situs Candi Borobudur yang menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Jawa Tengah.

Untuk rute menuju lokasi wisata ini, Anda dapat memulai perjalanan dari pusat Kota Magelang yang memiliki jarak tempuh kurang lebih 45 menit atau sekitar 22 km. Dan apabila memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, Anda akan menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 37 km.

Perlu diketahui bahwa akses jalan untuk menuju objek wisata Mata Langit ini cukup terjal. Yakni memiliki lebar jalan yang terbilang sempit dan menanjak, sehingga Anda harus lebih berhati hati ketika berkendara. Disarankan Anda tidak menggunakan kendaraan roda dua dengan jenis matic, sebab dapat cukup sulit melalui medan jalannya dengan motor metic.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Mata Langit
Image Credit: Facebook Promo Paket Wisata Murah

Untuk mengunjungi Mata Langit di Magelang Anda diharuskan terlebih dahulu untuk melakukan reservasi. Terdapat beberapa paket yang tersedia untuk mengunjungi kawasan wisata ini, Anda dapat menyesuaikan pilihan paket sesuai budget yang Anda miliki.

Beberapa pilihan paket tersebut diantaranya Paket Breakfast dengan menawarkan harga Rp 175.000 per orang, Picnic Breakfast dengan harga Rp 500.000 per orang, Paket Dinner Romantis dengan harga Rp 1.800.000 per dua orang, dan Paket Makan dengan harga Rp 200.000. Beberapa pilihan paket ini belum asli ditetapkan dan sewaktu waktu masih dapat berubah.

Sedangkan untuk jam operasionalnya, objek wisata ini setiap harinya buka mulai jam 5 pagi hingga jam 7 malam. Sehingga Anda dapat dengan puas mengexplore berbagai sudut menarik yang terdapat di kawasan wisata ini dengan ditemani berbagai hidangan lezat yang ditawarkan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Mata Langit

Aktivitas di Mata Langit
Image Credit: Google Maps Tsani Arsyad

1. Piknik Dengan Keluarga atau Teman

Kegiatan menarik pertama yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata Mata Langit Magelang yaitu melakukan kegiatan piknik. Di kawasan ini, Anda dapat piknik bersama keluarga atau teman teman Anda dengan ditemani keindahan dan suasana sejuk dari kawasan wisata ini. Hal ini tentu saja dapat menciptakan pengalaman menarik bagi Anda.

Selain itu, kegiatan piknik ini juga dapat membuat hubungan Anda dengan keluarga atau teman semakin erat. Walaupun terlihat sangat sederhana, namun kegiatan piknik terbukti dapat kembali menghidupkan rasa cinta antar keluarga atau antar teman. Kegiatan ini juga cocok bagi Anda yang membutuhkan quality time bersama orang terkasih.

2. Hunting Berbagai Spot Foto

Pemandangan di sekitar kawasan yang didukung dengan berbagai fasilitas ini memang sangat pas untuk dijadikan tempat berfoto. Memiliki begitu banyak area instagramable dan fotogenik tentunya tidak akan membuat Anda kehabisan mencari spot untuk berfoto di kawasan wisata ini.

Ditambah lagi dengan jam operasionalnya yang dimulai sejak dini hingga malam hari yang memungkinkan Anda untuk mengabadikan momen sunset dan sunrise indah di kawasan wisata ini.

3. Melakukan Kegiatan Yoga dan Meditasi

Kegiatan selanjutnya yang dapat dilakukan di kawasan wisata Mata Langit adalah melakukan olahraga yoga dan juga meditasi. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup digemari oleh pengunjung yang datang ke sini.

Memiliki suasana yang amat tenang dan sejuk begitu cocok untuk melakukan kegiatan olahraga yoga dan meditasi. Setelah melakukan kegiatan tersebut, Anda akan merasakan pikiran yang lebih rileks dan stres berkurang.

Apabila Anda tidak mengetahui bagaimana cara melakukan kegiatan yoga dan meditasi, Anda tidak perlu khawatir. Sebab di sini terdapat jasa instruktur yoga yang siap membimbing dan mendampingi Anda untuk melakukan kegiatan kebugaran jasmani ini. Kegiatan yoga sudah terbukti dapat menurunkan tingkat stres dan juga dapat meningkatkan kesehatan seseorang.

Aktivitas Menarik di Mata Langit
Image Credit: Twitter Yosef Arya

4. Berburu Kuliner Lezat

Memiliki konsep venue dan longue kawasan wisata ini dapat memberikan pengalaman berada di ketinggian sambil menikmati berbagai hidangan lezat yang ditawarkan. Memiliki berbagai paket breakfast dan dinner ala piknik luar ruangan, menjadikan ciri khas tersendiri bagi tempat wisata ini.

Selain berbagai paket hidangan breakfast dan diner, objek wisata Mata Langit juga menawarkan berbagai jenis makanan lain. Beberapa jenis makanan lain yang terdapat di tempat wisata ini yaitu mulai dari makanan ala Asia, Nusantara, hingga Western.

Salah satu hidangan makanan signature yang dapat menjadi pilihan bagi Anda yakni Mentok Geol Geol. Makanan ini disajikan dengan bahan utama entog, yaitu sejenis hewan unggas yang dimasak dengan perpaduan bumbu cabai hijau.

5. Menyaksikan Momen Matahari Tenggelam

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh penunjung. Anda dapat menikmati keindahan yang tercipta dari matahari tenggelam ini dengan melakukan piknik di sekitar area kawasan wisata.

Anda akan mendapati suasana romantis yang semakin terasa ketika langit barat mulai berwarna oranye. Walaupun hanya sebentar, namun momen ini dapat menjadi pengalaman menarik yang begitu membekas di hati dengan keindahan yang ditawarkannya. Hati dan pikiran juga akan merasa lebih tentram dan damai ketika menikmati momen ini.

Jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen ketika tiba waktunya matahari tenggelam ini. Sebab keindahan yang ada ini begitu cantik dan estetik apabila dijadikan sebagai latar belakang untuk foto Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Mata Langit
Image Credit: Google Maps Agus Suryono

Walaupun objek wisata Mata Langit ini masih dikategorikan sebagai destinasi wisata baru. Namun fasilitas di sini sudah cukup lengkap dan dapat membuat para pengunjung merasa lebih nyaman ketika berada di tempat ini. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya cafe & resto, toilet umum, tempat parkir kendaraan, mushola, stop kontak, wifi, dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat pula beberapa fasilitas pendukung yang tidak kalah menariknya dengan fasilitas utama. Yakni tersedianya tempat untuk berbagai kegiatan, misalnya olahraga yoga, tempat meditasi, hingga area outbound juga ada di sini. Dengan suasana sekitarnya yang begitu asri dan tenang memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat yoga maupun meditasi.

Tempat ini juga memiliki kapasitas meja yang dapat dikatakan cukup banyak. Tidak heran bahwa kawasan wisata ini sering pula dijadikan tempat kegiatan berbagai komunitas, mulai dari event ulang tahun, reuni, nonton bareng, reoni, arisan, dan masih banyak lagi acara acara yang lainnya.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai objek wisata Mata Langit di Magelang yang memiliki keindahan bak diatas langit. Tempat ini tentu saja dapat menambah referensi objek wisata bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata unik di Magelang.