Pagar Alam merupakan kota di Sumatera Selatan yang memiliki kontur yang berbukit. Hal ini menjadikan Kota Pagar Alam memiliki beberapa surga alam yang sangat memikat. Beberapa di antaranya adalah air terjun, gunung, dan danau yang turut serta menghiasi kota. Keindahan alam yang sangat memikat ini tentunya dapat dimanfaatkan sebagai tempat berlibur yang sangat berharga.

Tidak heran dengan berbagai keindahan pada kota ini, Pagar Alam dijuluki sebagai surga diatas awan. Menjadikan banyak turis asing maupun lokal penasaran tentang keindahan yang dikandungnya. Kawasan alam tentunya akan menawarkan kesejukan dan ketenangan yang jarang di dapatkan, terutama bagi yang memiliki aktifitas yang sangat padat.

Hampir semua objek wisata di Pagar Alam memiliki keindahan pegunungan dengan perkebunan yang asri. Hal ini tentunya mengundang pengunjung yang sangat tertarik untuk mencari keindahan yang alami. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat menyimak 22 rekomendasi tempat wisata di Pagar Alam yang dapat Anda pilih sebagai kegiatan berlibur Anda:

1. Tugu Pagar Alam Kota Bunga

Tugu Pagar Alam Kota Bunga
Image Credit: Adrian10fajri.wordpress.com

Tahun 2011 kota ini menyelenggarakan festival bunga nusantara dan meresmikannya sebagai salah satu kota bunga di Sumatera Selatan. Pernyataan ini didukung dengan dibangunnya sebuah tugu bunga di area objek wisata gunung Dempo. Tugu tersebut bernama Tugu Pagar Alam Kota Bunga. Sektor yang mendukung yaitu suhu udara dan tipologi tanah cocok untuk tanaman hias.

Pemandangan indah di sekitar tugu dikelilingi bunga hias berwarna-warni penataan rapi. Selain pemandangan bunga terdapat pemandangan hamparan kebun teh dan gunung Dempo menjadi daya pikat wisatawan. Wisata ini juga aktif mengikuti ajang festival bunga baik tingkat nasional maupun internasional. Bagaimana apakah tertarik menikmati pesona wisata satu ini?

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

2. Air Terjun Maung

Air Terjun Maung
Image Credit: Reservasi.com

Air terjun ini merupakan salah satu keindahan tersembunyi di Pagar Alam. Anda akan mendapatkan pengalaman yang tentunya sangat berharga apabila Anda mengunjungi tempat satu ini. Kesejukan serta kealamian yang masih terjaga menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Terutama untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Sebelum Anda menemukan destinasi Air Terjun Maung ini, Anda harus menempuh terlebih dahulu perjalanan treking melewati hutan-hutan, perkebunan teh, dan pemandangan menakjubkan lainnya. Yang pastinya letih dari perjalanan tersebut dapat terbayarkan saat Anda mengunjunginya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trans SP II Padang Muara Dua, Kec. Gumay Ulu, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

3. Gunung Dempo Street

Gunung Dempo Street
Image Credit: Tokopedia.com

Wisata Gunung Dempo Street menjadi incaran wisatawan hobi menjelajahi alam. Bahkan, wisata ini cukup populer di kalangan anak muda yang patut untuk Anda coba. Hamparan kebun teh di jalan berkelok menjadi pemandangan khas. Fakta unik lain dari destinasi wisata ini yaitu menjadi salah satu kebun teh tertua di Indonesia.

Selain kebun teh, disini juga banyak spot wisata yang menarik untuk disinggahi. Salah satunya yakni kawah pada permukaan menghasilkan corak beragam. Menurut mitos setempat, warna kawah akan menyesuaikan suasana hati pendaki. Semakin bagus suasana semakin bagus dan langka warna yang tersaji. Jangan lupa abadikan momen Anda saat berkunjung disini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

4. Tangga Seribu Pagar Alam

Tangga Seribu Pagar Alam
Image Credit: Pesonakotapagaralam.blogspot.com

Bagi Anda yang menggemari hobi fotografi Anda mungkin akan jatuh cinta pada kawasan Tangga Seribu. Kawasan wisata ini dapat menjadi pilihan menarik bagi kaum milenial. Hal ini dikarenakan tempat ini dapat menawarkan spot foto yang sangat menarik. Dimana disamping kiri kanan tangga terdapat perkebunan teh yang sangatlah asri.

Tempat ini menjadi sangat menyegarkan dan menenangkan karena dikelilingi oleh perkebunan teh tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan Gunung Dempo dari kejauhan yang sangat memikat dan megah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

5. Air Terjun Tujuh Kenangan

Air Terjun Tujuh Kenangan
Image Credit: Twitter.com @_erwanwijaya_

Air terjun atau yang disebut Curup oleh warga setempat memang memiliki pesona tak kalah indah. Air terjun tujuh kenangan salah satu dari air terjun dimiliki area wisata gunung Gare. Dari kelima air terjun tersebut, Air terjun tujuh kenangan paling terindah. Memiliki akses cukup mudah membuat wisatawan semakin tertarik mengunjungi.

Setiba di lokasi, wisatawan akan melihat rumah pohon berhias batang pohon kopi yang lekukan menyerupai akar pohon. Lokasinya yang berada di balik bukit, membuat para wisatawan perlu berjalan kaki selama 20. Di kedua sisi wisatawan akan melihat kebun kopi dan sayur milik penduduk lokal. Keunikan dimiliki tempat ini yaitu terdapat kupu-kupu yang bervariasi dari bentuk dan ukuran.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempo Makmur, Desa Talang, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

6. Green Paradise Pagar Alam

Green Paradise Pagar Alam
Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Jika ingin menenangkan sejenak benak Anda, Green Paradise dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mendambakan ketenangan. Dengan mengunjungi tempat ini, Anda akan disuguhkan oleh kealamian yang menyegarkan. Apalagi kondisi lingkungan yang masih terjaga dengan alami dan asri, tentunya akan menambah efek relaksasi bagi tubuh serta pikiran Anda.

Anda dapat menikmati suasana ketenangan dengan kolam-kolam ikan yang dialiri oleh air yang bersih juga perkebunan. Hal ini tentu dapat menjadikan pengalaman yang berkesan bagi Anda. Cocok untuk Anda yang ingin berkumpul dengan teman atau keluarga untuk sekedar berbincang-bincang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bumi Agung, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

7. Dempo Magnet

Dempo Magnet
Image Credit: Instagram.com @pena.aksara.pagaralam

Adanya kemiripan dengan Jabal magnet di Arab menjadi ciri khas wisata ini. Keunikan ini menambah deretan di wisata di area gunung Dempo. Lokasi tidak jauh dari area villa Dempo. Seringkali lokasi berada di jalur utama menuju wisata kebun teh ini menjadi titik kemacetan.

Kemacetan sering terjadi diakibatkan oleh wisatawan yang mengantri mencoba fenomena jabal magnet. Tarikan magnet yang kuat mampu membuat mobil berjalan sendiri tanda disetir. Cara untuk mencoba fenomena tersebut yaitu memarkirkan mobil pada awal tanjakan di jalur jabal magnet. Mesin mobil dibiarkan menyala dengan posisi persneling dan rem kondisi netral dan secara mengejutkan mobil berjalan sendiri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Laskar Wanita Mentarjo, Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

8. Gunung Dempo

Gunung Dempo
Image Credit: Palembang.tribunnews.com

Gunung ini berada pada ketinggian sekitar 3000 mdpl, merupakan puncak tertinggi di Sumatera Selatan. Perlu diketahui bahwa Gunung Dempo masih pada kondisi gunung yang aktif. Gunung Dempo menjadi tempat favorit para pendaki karena jalur yang sangat menantang. Di sekitar lereng dipenuhi oleh perkebunan teh yang menambah keindahan.

Jika Anda merupakan seseorang yang memiliki hobi mendaki, gunung satu ini dapat menjadi pilihan yang sangat menantang. Anda akan melewati trek seperti lereng yang curam dan berbatu kasar yang tentunya sangat menggugah semangat untuk menaklukkannya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

9. Masjid Agung Pagar Alam

Masjid Agung Pagar Alam
Image Credit: Google Maps (Md Hafiz Selamat)

Salah satu masjid kebanggaan masyarakat lokal. Berdiri sekitar tahun 2000 dan diresmikan oleh Kementerian Agama. Memiliki daya tampung sekitar 150-200 orang. Fasilitas umum memadai seperti sarana ibadah yang nyaman, kamar mandi dan tempat air wudhu bersih, sound system baik, parkir, dan penyejuk udara yang menambah kenyaman beribadah disana.

Selain fasilitas umum yang baik masjid ini juga memiliki fasilitas yang ramah anak. Tersedianya taman untuk bermain anak-anak. Tak lupa mengadakan kegiatan ibadah secara rutin. Kegiatan ibadah melingkupi sholat fardhu, mengadakan kegiatan hari besar islam, pengajian rutin, sholat jumat dan dakwah islam atau tabligh akbar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kombes H.Umar No.84, Bangun Jaya, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

10. Dempo Park

Dempo Park
Image Credit: Ourtraveling.id

Kawasan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan alam. Tempat ini telah dibangun berbagai fasilitas yang memungkinkan Anda untuk sekedar berbincang-bincang dengan keluarga maupun teman.

Selain itu, terdapat spot-spot untuk selfie yang tentunya sangat menarik. Anda juga dapat menikmati panorama Gunung Dempo yang mempesona dari kawasan ini. Karena kawasan yang dekat dengan Gunung Dempo, Anda juga mendapatkan kesegaran sensasi dari perkebunan teh yang sangat memanjakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

11. Objek Wisata Hutan Bambu

Objek Wisata Hutan Bambu
Image Credit: Facebook.com @esbeha

Wisata memiliki tanaman langka ini sayang dilewatkan. Tanaman bambu menjulang tinggi mencapai ratusan meter ini memukau para wisatawan. Selain bambu terdapat juga pohon-pohon langka tumbuh di hutan ini. Tanaman yang tumbuh di hutan ini berusia ratusan sampai ribuan tahun.

Selain tanaman yang rata-rata tinggi menjulang, udara segar di hutan ini menambah kenyamanan. Luas hutan sekitar 10 Hektar menjadikan sebagai objek wisata outbond patut dicoba. Sejak tahun 2011 telah dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sehingga keasriannya terjaga. Tak lupa fasilitas pondokan kecil dan wall climbing. Tertarik menikmati suasana hutan langka?

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

12. Air Terjun Pintu Langit

Air Terjun Pintu Langit
Image Credit: Wisatalengkap.com

Air terjun Pintu Langit berada pada ketinggian 50 meter dan kolam yang luas dengan kedalaman hingga 50 cm. Air terjun ini tentunya sangat mengasyikkan karena Anda dapat mandi karena volume air yang cukup banyak.

Tempat ini dapat menjadi opsi ketika Anda sedang berlibur dengan keluarga. Sebelum Anda menikmati keindahan Air Terjun Pintu Langit, Anda harus menuruni bukit selama 10 menit.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Burung Dinang, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

13. Alun-Alun Kota Pagaralam

Alun-Alun Kota Pagaralam
Image Credit: Google Maps (Kawi Boedisetio)

Alun-alun kota Pagaralam memiliki dua kawasan yaitu utara dan selatan. Kawasan utara lebih dulu dikembangkan telah menjadi pusat keramaian. Tak kalah dengan kawasan sebelumnya kawasan selatan masih dalam proses pengembangan. Kawasan selatan akan disulap menjadi pusat kuliner.

Konsep pusat kuliner tertata rapi, nyaman dan aman akan menambah minat wisatawan untuk berwisata. Terdapat pula fasilitas wifi gratis menambah kenyamanan wisatawan. Di seberang jalan alun–alun dipasang layar televisi berukuran besar yang menampilkan video promosi wisata di kota ini. Kulinernya pun tak kalah lezat dan bervariasi dari makanan ringan hingga makanan berat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beringin Jaya, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

14. Danau Merah Rimba Candi

Danau Merah Rimba Candi
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Kawasan ini merupakan destinasi yang sangat menarik dan unik untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, saat Anda mengunjungi kawasan ini, mata Anda akan disuguhkan oleh pemandangan danau yang airnya berwarna merah.

Sangat unik dan menakjubkan. Namun, dalam menyaksikan keunikan alam ini Anda harus menempuh perjalanan yang jauh terlebih dahulu. Maka dari itu, apabila ingin mengunjungi kawasan ini Anda perlu menyiapkan peralatan kemah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Swarna Dwipa, Kec. Semendo Darat Tengah, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

15. Danau Tebat Gheban

Danau Tebat Gheban
Image Credit: Ksmtour.com

Danau Tebat Gheban memiliki keindahan yang cukup memikat dengan danau birunya. Keindahan panorama yang menenangkan ini dapat Anda nikmati sembari bersantai di sekitar danau.

Terdapat fasilitas seperti gazebo yang dimanfaatkan untuk tempat bersantai. Selain itu, Anda juga dapat memancing ikan di lokasi ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Alun Dua, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

16. Kebun Teh Lereng Dempo

Kebun Teh Lereng Dempo
Image Credit: Yopiefranz.com

Tempat ini berlokasi di lereng Gunung Dempo. Kebun teh yang sangat menyegarkan ini tentunya dapat menjadi pilihan wisata yang tepat.

Kawasan ini cocok bagi Anda yang tidak ingin kelelahan mendaki gunung. Anda dapat juga menikmati kesegaran di sekitar lereng Gunung Dempo ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

17. Sungai Lematang dan Sungai Manna

Sungai Lematang dan Sungai Manna
Image Credit: Okezone.com

Bagi Anda pecinta aktifitas yang memicu adrenalin, Anda dapat mengunjungi Sungai Lematang dan Sungai Manna. Disana Anda dapat melakukan kegiatan arung jeram yang tentunya sangat menyenangkan.

Anda akan ditantang dengan arus yang deras juga bebatuan. Selain itu Anda juga dapat menyaksikan panorama seperti air tejun, hutan-hutan, dan persawahan yang tentunya menjadikan kepuasan tersendiri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

18. Rumah Adat Besemah

Rumah Adat Besemah
Image Credit: Indonesiakaya.com

Tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengenal kebudayaan masyarakat sekitar. Rumah adat ini memiliki ciri khas berupa ukiran Ghumah Baghi yang dengan indah menghiasi rumah.

Ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan mengetahui adat yang sarat akan makna. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi berbagai peninggalan berupa karya seni yang sudah berusia ratusan tahun.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tegurwangi, Pagarwangi, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

19. Situs Tegur Wangi, Situs Kubur Batu Tanjung Aro, dan Situs Atung Bungsu

Situs Tegur Wangi, Situs Kubur Batu Tanjung Aro, dan Situs Atung Bungsu
Image Credit: Indephedia.com

Situs ini merupakan kawasan yang telah didaftarkan pada UNESCO. Jika Anda tertarik dan ingin mempelajari masa lampau, tempat ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Anda dapat menyaksikan berbagai peninggalan di jaman Megalitikum. Selain itu, peninggalan seperti dolmen, arca manusia, dan tumpukan batu menyerupai rumah juga dapat Anda kunjungi di situs Tegur Wangi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pagar Wangi, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

20. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah
Image Credit: Wisatazainal.wordpress.com

Air Terjun Lematang Indah memiliki akses yang sangat mudah bagi Anda yang tidak ingin kelelahan melewati jalur yang cukup menantang. Hal inilah yang menjadikan pengunjung menyukai tempat ini.

Meski begitu, keindahan yang ditawarkan juga tidak kalah menarik. Disini juga terdapat fasilitas arung jeram yang dapat menjadi pilihan kegiatan Anda.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Prahu Dipo, Kec. Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

21. Air Terjun Curup Embun

Air Terjun Curup Embun
Image Credit: Indonesiakaya.com

Air Terjun Curup Embun ini terletak pada ketinggian 80 meter dan memiliki 3 sumber air yang terjun dari atas. Selain itu kolam dibawahnya juga sangat luas dan memiliki air yang sangat menyegarkan.

Bagi Anda yang ingin menikmati kesejukan air terjun ini juga dapat sekedar bersantai pada bebatuan yang ada pada kolam. Selain itu, juga terdapat berbagai fasilitas seperti gazebo dan juga lahan parkir yang memudahkan akses Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

22. Tugu Rimau

Tugu Rimau
Image Credit: Pagaralam-online.com

Kawasan ini pada tahun 2004 menjadi tempat diselenggarakannya olahraga paralayang pada acara PON. Saat ini, kawasan ini dijadikan sebagai tempat wisata untuk menikmati panorama lereng Gunung Dempo dan kecantikan Kota Pagar Alam.

Tempat ini terletak pada ketinggian 1800 mdpl. Sebelum ke tempat ini Anda harus melewati jalur yang cukup menantang seperti jalur naik turun dan tikungan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Itulah 22 tempat wisata di Pagar Alam yang patut Anda kunjungi saat liburan. Keindahan dan kesegaran alami yang ditawarkan tentunya dapat membuat Anda melepas penat dan kesibukan setiap harinya. Dalam mengunjungi beberapa tempat tersebut, Anda juga perlu untuk tetap memperhatikan keselamatan sebelum berangkat. Seperti menyiapkan terlebih dahulu barang-barang apa saja yang dibutuhkan.