Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Indonesia diibaratkan seperti gudangnya tempat wisata karena ada banyak sekali tempat wisata menarik yang ada di Indonesia. Tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang memilih Indonesia sebagai destinasi wisata mereka karena saking banyaknya tempat wisata. Di Gunung Kidul Yogyakarta terdapat Taman Bunga Nawari yang selalu ramai pengunjung.

Gunung Kidul populer dengan deretan pantainya yang memiliki ciri khas berbeda satu sama lain. Wisatawan yang berwisata ke Gunung Kidul mayoritas berkunjung ke pantai, namun jika ingin mencoba tempat wisata dengan nuansa alam yang berbeda bisa mencoba mengunjungi taman bunga ini. Daya tarik taman bunga ada pada bunga matahari yang begitu cantik.

Salah satu kabupaten di Yogyakarta ini termasuk destinasi wisata favorit wisatawan baik domestik maupun mancanegara karena ada banyak sekali tempat wisata disana yang tidak pernah mengecewakan para pengunjungnya. Bunga dengan ciri khas berwarna kuning menjadi daya tarik utama dari Taman Bunga Nawari di kawasan Gunung Kidul tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Bunga Nawari

Daya Tarik Taman Bunga Nawari Gunung Kidul
Image Credit: Facebook Rapma FM UMS

1. Tempat Wisata yang Hits

Deretan pantai di daerah Gunung Kidul memiliki karakteristik berupa pasir pantai yang berwarna putih bersih. Tidak kalah menariknya dari pantai-pantai tersebut, taman bunga ini termasuk salah satu tempat wisata yang hits terutama di kalangan anak-anak muda khususnya wanita.

Ibu-ibu yang gemar bermain sosial media juga tidak mau kalah dengan anak-anak muda sehingga Taman Bunga Nawari kerap didatangi oleh rombongan ibu-ibu. Jangan heran jika datang ke taman bunga ketika weekend maupun hari libur nasional karena pengunjung didominasi oleh kaum wanita yang memang senang dengan bunga.

2. Mendapatkan Perhatian dari Pemerintah

Tempat wisata yang populer di Gunung Kidul ini tergolong memadai sebagai tempat wisata karena mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Hamparan bunga cantik berwarna kuning tersebut berada di lahan dengan luas sekitar 5000 meter persegi atau bisa dikatakan luas lahannya setengah hektar.

Karena menyuguhkan panorama indah bunga matahari setinggi 2-4 meter, tidak heran jika dihitung jumlah pengunjungnya bisa mencapai 1000 orang per hari. Ketua DPRD Gunung Kidul yang pada saat itu menjabat, Suharno, meresmikan Taman Bunga Nawari di tanggal 3 Juni2018 dan menambah beberapa fasilitas termasuk panggung pandang.

3. Memiliki Beberapa Spot Foto Menarik

Konsep taman bunga yang diusung oleh tempat wisata ini memiliki spot-spot foto menarik yang instagramable. Dengan adanya spot-spot foto tersebut, jumlah pengunjung semakin terdongkrak peningkatannya. Para pengunjung merasa sangat terfasilitasi oleh adanya beberapa spot foto yang disediakan oleh pihak pengelola.

Adapun spot-spot foto yang ada di Taman Bunga Nawari antara lain panggung kecil dengan ketinggian yang bervariasi, gardu pandang, jembatan cinta, hamparan taman, lorong tanaman, dan lain sebagainya. Wisatawan yang hobi selfie dan hunting foto pasti sangat senang ketika sedang berkunjung ke taman bunga ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Bunga Nawari Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Zahrotul Mutoharoh

Lokasi taman bunga berada di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Kecamatan Karangmojo, DI Yogyakarta. Wisatawan yang ingin berwisata ke taman bunga yang berada di kawasan Bejiharjo, Desa Grogol 1 ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Wisatawan yang menggunakan transportasi umum bisa menaiki bus dengan jurusan Jogja-Wonosari.

Kemudian wisatawan bisa turun di perempatan Grogol-Bejiharjo. Dari perempatan tersebut wisatawan tinggal menyeberang jalan saja karena lokasi taman bunga ada di seberang perempatan itu. Sementara itu, bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui rute mulai dari Jalan Panembahan Senopati kemudian Jalan Sultan Agung.

Setelah itu ke Jalan Kusumanegara lalu Jalan Gedongkuning menuju ke arah Jalan Wonosari di daerah Rejowinangun. Selanjutnya mengikuti Jalan Wonosari-Jalan Nasional III menuju ke Logandeng. Sampai di Logandeng, wisatawan bisa melalui Jalan Ki Demang Wonopawiro-Jalan MT Pontjodirjo ke arah Grogol 1. Lokasi Taman Bunga Nawari ada di desa Grogol 1.

Jika ditotal, perjalanan dari pusat kota Jogja menuju ke taman bunga membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam atau sekitar 41 kilometer tergantung dengan kondisi jalannya apakah macet atau tidak. Akses jalannya sudah beraspal sehingga aman jika wisatawan datang berkunjung menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Taman Bunga Nawari Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Nur Riskawati

Terkait harga tiket masuk, tempat wisata ini termasuk tempat wisata yang terjangkau karena tiket masuknya hanya Rp 6.000 saja per orang. Untuk wisatawan yang membawa kendaraan sendiri dikenakan biaya parkir Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua. Sementara itu, untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Menariknya lagi, wisatawan bisa menyewa kimono atau baju jawa di lokasi Taman Bunga Nawari untuk melengkapi kegiatan selfie dan hunting foto. Wisatawan yang ingin menyewanya bisa membayar Rp 25.000. Terdapat juga toko oleh-oleh berupa bunga matahari yang dibanderol dengan harga per pot-nya Rp 30.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Bunga Nawari

Aktivitas Taman Bunga Nawari Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Zahrotul Mutoharoh

1. Duduk Bersantai di Gazebo

Taman Bunga Nawari memiliki fasilitas berupa gazebo yang bisa digunakan untuk wisatawan duduk bersantai. Sambil duduk santai di gazebo, wisatawan bisa sembari menikmati pemandangan alam hamparan bunga matahari yang ada di sekitarnya. Gazebo ini juga bisa digunakan untuk tempat beristirahat sejenak bagi wisatawan.

2. Hunting foto

Kegiatan yang wajib dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke taman bunga adalah hunting foto. Ada banyak spot yang ada di taman bunga ini sehingga wisatawan yang hobi berfoto sangat terfasilitasi dengan adanya spot-spot foto tersebut. Menariknya lagi, pihak pengelola menyediakan penyewaan kimono atau baju jawa untuk berfoto.

Hal yang perlu diketahui oleh wisatawan adalah bunga matahari mekar dalam waktu yang lumayan lama, yakni antara 2 bulan sampai 3 bulan. Sehingga wisatawan yang memang tujuannya ingin hunting foto di taman cantik ini bisa menyesuaikan waktunya dan tidak perlu tergesa-gesa karena mekarnya lumayan lama.

3. Berjalan-Jalan Menikmati Pemandangan Alam

Sambil menggunakan kimono atau baju jawa, wisatawan bisa menghabiskan waktu di taman bunga ini dengan berjalan-jalan mengitari kawasan taman bunga. Ada banyak spot foto dan tempat duduk yang disediakan oleh pihak pengelola sehingga wisatawan tidak akan pernah merasa bosan ketika berjalan-jalan di Taman Bunga Nawari.

Wisatawan diperbolehkan berjalan-jalan mengitari area taman bunga, namun pihak pengelola setempat memberikan peringatan pada wisatawan untuk tidak memetik atau menginjak-injak bunga matahari disana. Semua pengunjung diwajibkan untuk menjaga agar bunga matahari tetap cantik selama mekar.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Bunga Nawari Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Ayuni Khoerunisa

Terkait fasilitas, wisatawan tidak perlu khawatir karena di Taman Bunga Nawari sudah tersedia beragam fasilitas yang memadai seperti gardu pandang, toilet umum, spot foto, gazebo, warung makan, tempat beribadah, tempat parkir, dan lain sebagainya. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas berupa penyewaan kimono atau baju jawa.

Penyewaan kedua jenis pakaian khas tersebut adalah untuk menunjang kebutuhan wisatawan ketika berfoto. Tentu saja pecinta fotografi akan sangat senang dengan keberadaan tempat wisata ini karena ada banyak objek yang bisa difoto disana. Tidak jarang taman bunga ini kerap dijadikan lokasi foto prewedding bagi pasangan yang akan menikah.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, di kawasan taman bunga belum terdapat penginapan atau homestay sehingga wisatawan harus mencari di luar kawasan tempat wisata. Taman Bunga Nawari tidak akan mengecewakan pengunjung karena bunga-bunga matahari disana tumbuh dengan segar dan fresh namun tidak boleh dipetik sama sekali.

Gunung Kidul termasuk salah satu destinasi wisata favorit banyak wisatawan karena memang ada banyak sekali tempat wisata menarik yang ada disana. Bisa dibilang, Gunung Kidul tidak pernah kehabisan ide untuk menarik perhatian dan minat masyarakat karena banyak terdapat tempat wisata menarik di daerah tersebut, termasuk Taman Bunga Nawari.