10 Wisata Pantai di Wonogiri Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Wonogiri

Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Wonogiri, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Bahari yang Populer, Eksotis dan Paling Hits Dikunjungi Pelancong Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Wonogiri merupakan kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Secara geografisnya, Wonogiri terletak di bagian Tenggara dari Provinsi Jawa Tengah. Wilayah Wonogiri juga bersebelahan dengan daerah Pacitan yang membuat wilayah Wonogiri memiliki pesona pantai tersembunyi yang jarang diketahui khalayak umum.

Meskipun beberapa pantai yang ada di Wonogiri termasuk dalam kategori pantai tersembunyi, serta belum adanya infrastruktur yang menunjang untuk mengaksesnya, namun wisata pantai ini memiliki panorama yang tak kalah menakjubkan dengan pantai terkenal lainnya.

Nah, bagi Anda atau para pelancong yang ingin mengeksplor daerah Wonogiri, tentunya belum afdol jika belum mengunjungi salah satu dari sederetan pantai hits dan populer yang ada di Kota Gaplek ini. Berikut rekomendasi pantai cantik di Wonogiri yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo

Image Credit: Twitter.com @newsmerahputih

Destinasi wisata Pantai Banyutowo ini terletak di desa Gudangharjo, Wonogiri. Pantai Banyutowo ini terbilang pantai yang sangat istimewa karena merupakan tempat bertemunya air sungai tawar dengan air laut asin.

Selain memiliki panorama pantai yang menakjubkan, kawasan wisata Pantai Banyutowo ini juga telah didukung dengan adanya fasilitas lengkap sebagai penunjang kualitas dari tempat wisata ini. Fasilitas penunjang ini antara lain adalah mushola, kamar mandi, area parkir luas, serta beragam pilihan hotel ataupun penginapan yang ada di sekitarnya.

Nama Banyutowo pada pantainya juga memiliki artian khusus. Banyutowo sendiri terdiri atas 2 kata, yakni Banyu yang artinya air dan juga Towo yang artinya adalah tawar. Maka, ketika kedua kata tersebut digabungkan menjadi Banyutowo akan memiliki arti pantai berair tawar.

Lokasi: Desa Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

2. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Image Credit: Pantainesia.com

Di daerah Pacitan, Wonogiri ada satu destinasi bahari terbaik dan juga terindah yang bernama Pantai Buyutan. Pantai Buyutan dikenal memiliki ciri khas berupa bentuk batu karangnya yang unik dan juga beragam.

Keindahan batu karang yang dimiliki Pantai Buyutan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mendapatkan hasil foto instagramable. Selain menawarkan pesona lautan yang memukau, para wisatawan juga bisa menikmati kegiatan seru seperti camping, snorkling, ataupun berenang di kawasan Pantai Buyutan ini.

BACA:  10 Tempat Wisata di Baturaden Banyumas yang Paling Hits

Meskipun di daerah lokasi wisata Pantai Buyutan ini belum tersedia fasilitas pendukung dan pengelolaan yang baik, namun ada banyak pilihan penginapan ataupun hotel yang bisa Anda temui di daerah Pantai Buyutan ini. Disini Anda juga bisa menemui kawanan monyet liar yang bergelantungan kesana-kemari.

Lokasi: Jl. Pantai Buyutan, Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

3. Pantai Nampu

Pantai Nampu

Image Credit: Instagram.com @bayupermadi_m

Pantai Nampu ini terletak di desa Dringo, Wonogiri. Pantai Nampu ini terkenal akan pemandangannya yang cukup eksotis. Berhiaskan hamparan pasir pantai putih serta susunan karang yang indah membuat Pantai Nampu mampu menghasilkan foto yang instagramable bagi kaum milenial.

Lokasi wisata Pantai Nampu ini memiliki jarak sekitar 70 km dari pusat kota. Meskipun Pantai Nampu merupakan salah satu wisata andalan di Wonogiri, namun sayangnya masih sangat sepi pengunjung. Akses jalan yang ditawarkan juga cukup baik dengan fasilitas tangga untuk menuju ke bibir pantainya.

Untuk memasuki kawasan Pantai Nampu ini, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan reservasi sebelum berangkat melalui nomor telepon yang sudah disediakan.

Lokasi: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

4. Pantai Klayar

Pantai Klayar

Image Credit: Facebook.com @turwahyudin.xyz

Destinasi wisata populer di daerah Wonogiri salah satunya adalah Pantai Klayar. Pantai yang sudah terkenal ini memang menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang tengah melancong di daerah Wonogiri atau sekitarnya.

Di pantai ini, Anda akan dimanjakan dengan keindahan pasir putih serta batu karang dan juga tebing batu yang mengelilingi lokasi tersebut. Oleh karena itulah, area lokasi pantai Klayar ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasi: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

5. Pantai Pringjono

Pantai Pringjono

Image Credit: Detik.com

Destinasi wisata pantai Pringjono ini sebenarnya terkenal lebih dulu sebelum Pantai Nampu. Namun, karena lokasinya yang sangat terpencil dan juga tersembunyi membuatnya tidak banyak diketahui oleh khalayak umum. Selain itu, di lokasi wisata Pantai Pringjono ini juga masih sangat minim fasilitas.

Akses jalan menuju ke Pantai Peingjono ini juga belum ada. Hal inilah yang membuat Pantai Pringjono sepi akan pengunjung. Meskipun demikian, Pantai Pringjono tetap dibuka untuk umum secara gratis alias tidak dipungut biaya. Selain itu, kondisi pantai yang masih alami membuatnya tampak menawan dan menarik untuk disinggahi.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Temanggung yang Enak & Wajib Anda Coba

Lokasi: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

6. Pantai Kalimirah

Pantai Kalimirah

Image Credit: Kompasiana.com

Salah satu tempat destinasi yang ada di daerah Wonogiri dan belum terjamah orang lain adalah Pantai Kalimirah. Meskipun dengan akses jalan dan juga fasilitas yang belum memadai, Pantai Kalimirah ini menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis sehingga membuat wisatawan merasa betah berlama-lama di daerah ini.

Pantai Kalimirah ini juga dibuka untuk umum secara gratis. Namun, perlu diingat bagi Anda yang akan berlibur ke Pantai Kalimirah ini untuk tidak membuang sampah sembarang demi menjaga kelestarian lingkungan sekitar pantai.

Lokasi: Dawung, Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

7. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan

Image Credit: Kompas.com

Sesuai dengan namanya, Pantai Sembukan ini terletak di desa Sembukan, Wonorejo. Meskipun letak dari Pantai Sembukan ini diapit oleh bukit-bukit melintang, namun akses jalannya sangat mudah untuk dijangkau.

Untuk menuju ke Pantai Sembukan ini, Anda perlu menempuh rute yang cukup panjang. Yakni mulai dari Stasiun Balapan Solo hingga Grogol menuju Wonogiri, kemudian ke Pracimantoro dan kemudian akan diteruskan ke Paranggupito. Pada akhirnya perjalanan akan berakhir pada Pantai Sembukan itu sendiri.

Harga tiket masuknya dari Pantai Sembuka ini terbilang cukup murah, yakni sebesar 5 ribu rupiah saja. Menurut cerita dan rumor yang beredar dari pengunjung, dijelaskan bahwa tempat wisata Pantai Sembukan ini merupakan tempat yang dapat mendatangkan rejeki. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang datang hanya untuk meletakkan sesaji atas ritualnya.

Selain menawarkan pemandangan yang memukau, Pantai Sembukan ini sering digunakan oleh wisatawan sebagai spot foto yang instagramable. Tidak hanya itu, Pantai Sembukan juga bisa dijadikan sebagai area paling bagus untuk menikmati sunset atau matahari terbenam.

Lokasi: Kranding, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

8. Pantai Dadapan

Pantai Dadapan

Image Credit: Pantainesia.com

Sebenarnya, Pantai Dadapan ini memiliki artian tersendiri. Dimana kata dadap merupakan sejenis pohon. Dengan kata lain, Pantai Dadapan ini terletak diantara banyaknya pohon dadap yang menjulang tinggi. Destinasi wisata Pantai Dadapan ini sangat populer karena terletak diantara Wonogiri dan juga Jogja.

Tidak hanya itu, Pantai Dadapan juga menjadi perbatasan antara Jawa Tengah dengan Yogyakarta. Sebenarnya, Pantai Dadapan ini dibuka untuk umum secara gratis. Namun, karena letak dari Pantai Dadapan yang berdekatan dengan Pantai Wediombo membuatnya harus membayarkan sejumlah uang untuk masuk ke lokasi Pantai Dadapan ini.

BACA:  10 Cafe Instagramable di Solo yang Bikin Betah Nongkrong

Untuk harga tiketnya sendiri termasuk murah untuk ukuran wisata di pantai, yakni sekitar 5 ribu rupiah saja. Harga ini termasuk sangat ramah untuk anak-anak. Hanya saja pengelolaan dan juga perawatan Pantai Dadapan yang dirasa masih kurang maksimal.

Lokasi: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul.

9. Pantai Klothok

Pantai Klothok

Image Credit: Twitter.com @nihar_awani

Pantai Klothok merupakan jenis pantai dengan lokasi yang begitu terpencil serta sangatlah tersembunyi. Pantai Klothok ini terletak di daerah dekat Sembukan yang menawarkan panorama alam tak kalah menakjubkan dengan pantai lainnya.

Untuk mencapai lokasi Pantai Klothok ini, Anda perlu menempuh jarak waktu sekitar 2 jam lebih perjalanan. Waktu tempuh sekitar 2 jam ini merupakan jarak dari pusat kota ke Pantai Klothok. Disini fasilitasnya juga masih sangat minim. Untuk harga tiket masuknya bebas, tidak dipatok dengan besaran nominalnya.

Lokasi: Kranding, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

10. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

Image Credit: Ksmtour.com

Untuk destinasi wisata pantai terhits selanjutnya yang ada di wilayah Wonogiri ini adalah Pantai Banyu Tibo. Dimana selain panoramanya yang indah dan masih sangat asri, ada juga air terjun yang jatuh langsung ke pantai. Sehingga hal ini membuat kesan memukau pada Pantai Banyu Tibo ini.

Sesuai namanya, yakni Pantai Banyu Tibo, ada artian khusus dibaliknya. Kata banyu memiliki artian air, sedangkan untuk kata tibo sendiri memiliki artian jatuh. Sehingga jika digabungkan akan menjadi banyu tibo yang memiliki artian air terjun.

Di pantai ini ini Anda akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang memukau serta birunya laut yang membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Sebagai catatan, di daerah Pantai Banyu Tibo ini pengunjung dilarang keras untuk mandi atau berenang. Pengunjung bisa mengganti kegiatan berenang dengan memancing ataupun sekedar bermain air di pinggiran.

Untuk harga tiket masuknya sendiri ada dua jenis, yakni harga tiket masuk pada saat hari libur dan juga pada hari biasa. Harga tiket masuk ketika hari libur atau weekend adalah sekitar 5 ribu rupiah. Sedangkan pada hari biasa atau weekday tiket masuknya dibanderol dengan harga 3 ribu rupiah saja.

Lokasi: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

Inilah daftar rekomendasi wisata pantai di Wonogiri yang hits dan populer. Keindahan alam Indonesia sungguh kaya. Hal ini terbukti dengan banyaknya destinasi wisata alam menarik di setiap daerah di seluruh Indonesia.