15 Tempat Wisata di Ternate

 

Tempat Wisata Ternate

Mungkin sebagian dari para wisatawan belum terlalu mengenal destinasi wisata yang terdapat di Ternate. Hal tersebut karena letaknya yang jauh, yakni di Maluku Utara memang bisa menjadi salah satu faktor utama. Namun, meskipun begitu semua tempat wisata di  Ternate sangat rekomended untuk dikunjungi.

Terdapat berbagai bentang alam maupun budaya yang sangat mempesona, mulai dari pantai, gunung, air terjun, hingga benteng bersejarah, semuanya bisa memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Bahkan jika kamu ingin wisata religi, terdapat makam salah satu sultan yang sangat terkenal di Ternate.

Oleh karena itu, jika musim liburan tiba tidak ada salahnya untuk menjadikan Ternate sebagai tujuan wisatamu. Aplalagi ada banyak sekali pilihan tempat wisata di Ternate yang sangat menarik dan tentunya akan memberikanmu pengalaman liburan yang tak kan terlupakan.

1. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha

Lokasi: Sulamadaha, Kec. Ternate Barat. – Image Credit by Pegipegi.com

Pantai Sulamadaha terkenal dengan sebutannya yang unik, yakni destinasi wisata perahu melayang. Hal tersebut karena bentuk perahu yang tidak biasa sehingga mampu membuatnya terkesan melayang, ditambah lagi jernihnya air yang membuat bayangan perahu sangat tampak jelas di bawah pantai.

Untuk kamu yang memiliki hobi snorkeling, pantai ini adalah pilihan yang sangat tepat, apalagi pihak petugas juga menyediakan fasilitas persewaan alatnya sehingga kamu tidak perlu khawatir. Nantinya, kamu bisa menyaksikan ribuan biota laut yang sangat indah dan mengagumkan.

2. Pantai Bobane Ici

Pantai Bobane Ici

Lokasi: Dorpedu, Kec. Pulau Ternate. – Image Credit by Travelingyuk.com

Tempat wisata di Ternate yang satu ini dikelilingi oleh terumbu karang yang sangat besar, sehingga terlihat sangat cantik ketika berbenturan dengan ombak. Di sekelilingnya terdapat cukup banyak pepohonan yang menjadikan suasana di pantai ini menjadi sangat teduh.

Hal yang menjadi daya tarik terbesar wisatawan ketika mengunjungi tempat ini adalah adanya warung makan yang menyediakan berbagai kuliner khas Ternate dengan harga yang terjangkau. Apalagi setelah lelah mengeksplor pantai tentu akan sangat menyenangkan jika langsung bisa beristirahat sambil mengisi perut yang kosong.

3. Batu Angus

Batu Angus

Lokasi: Jl. Batu Angus, Kulba, Kec. Pulau Ternate. – Image Credit by Asokaremadja.com

Sesuai dengan namanya, bebatuan yang ada di tempat ini memang berwarna hitam pekat, mirip seperti angus.  Konon, kata masyarakat setempat, Batu Angus bisa seperti sekarang karena dulunya merupakan mendapatkan aliran dari lava akibat letusan Gunung Gamalama.

Kemudian, oleh pemerintah, bebatuan yang dulunya berserkan tersebut dibenahi hingga akhirnya bisa menjadi salah satu tempat wisata. Namun, memang tak dapat dipungkiri jika pemandangan yang disuguhkan di sekitar Batu Angus dapat menghipnotis siapapun yang menyaksikannya.

4. Pulau Matiara

Pulau Matiara

Lokasi: Maitara, Kec. Tidore Utara. – Image Credit by Triptrus.com

Siapa yang menyadari jika pulau ini benar-benar sangat istimewa bahkan sampai-sampai gambarnya diabadikan dalam uang kertas di Indonesia, yakni nominal Rp 1.000. Di dekat pulau ini terdapat kawasan perbukitan yang membuatnya semakin indah dari kejauhan.

Penduduk yang berada di pulau ini juga salah satu alasan yang menjadikan para wisatawan menjadi betah untuk berkunjung. Pasalnya selain cerita-cerita yang dituturkan selalu menarik, mereka juga kerap kali dengan sabar menjelaskan mengenai keindahan tempat wisata ini kepada para wisatawan.

5. Danau Tolire

Danau Tolire

Lokasi: Takome, Kec. Pulau Ternate. – Image Credit by Pesona.travel

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh danau ini adalah warna airnya yang sangat hijau pekat. Hal tersebut didapat dari banyaknya pepohonan hijau yang langsung ditangkap oleh air danau yang dulunya sangat jernih tersebut.

Di sana, kamu bisa menikmati berbagai jenis ikan mulai yang kecil hingga berukuran sedang. Namun, ikan-ikan tersebut tidak boleh dipancing apalagi dibawa pulang, karena  penduduk setempat mempercayai jika Danau Tolire adalah tempat bersemayamnya siluman buaya.

6. Benteng Kastela

Benteng Kastela

Lokasi: Kastela, Kec. Pulau Ternate. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Benteng Kastela adalah destinasi wisata yang letaknya sangat terpencil, sehingga pemandangan alamnya juga masih begitu asri. Saat memasuki area benteng ini, kamu akan disambut dengan patung cengkeh sebagai tanda ucapan selamat datang.

Medan yang dilalui untuk bisa masuk ke dalam bangunan ini tidak terlalu mudah, karena terdapat bebatuan ukuran sedang yang sedikit curam sehingga pastikan untuk mendaki dengan pelan-pelan saja. Namun, jika sudah sampai di dalamnya, kamu bisa menikmati keindahan bentuk bangunan dengan leluasa.

7. Danau Laguna Ngade

Danau Laguna Ngade

Lokasi: Ngade, Kec. Ternate Selatan. – Image Credit by Ksmtour.com

Tempat wisata di Ternate satu ini banyak dikunjungi karena memiliki spot foto yang sangat bagus dan menakjubkan. Tak dapat dipungkiri jika spot foto yang disediakan tersebut menjadi daya tarik kuat di samping keindahan danaunya yang masih asri.

Di sekeliling Danau Laguna terdapat banyak sekali pepohonan yang rindang dan lebat, sehingga meskipun matahari sedang terik-teriknya, para wisatawan akan tetap merasa teduh. Selain itu, pihak wisata juga menyediakan bangku panjang yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat sejenak.

8. Masjid Raya Al-Munawar

Masjid Raya Al-Munawar

Lokasi: Jl. Tapak II No. 1, Gamalama, Kec. Ternate Tengah. – Image Credit by Twitter.com @Sony Herdiana

Masjid ini menjadi sangat istimewa karena letaknya yang berdekatan dengan bibir pantai. Meskipun begitu, sebenarnya masjid ini sudah sangat mempesona karena bentuk arsitektur bangunan yang dimiliki.

Fungsi masjid ini memang utamanya adalah sebagai tempat ibadah, namun banyak wisatawan yang sangat tertarik untuk mengeksplor lebih dalam mengenai masjid ini karena desain arsitekturnya yang tidak banyak dimiliki oleh masjid-masjid di Ternate lainnya.

9. Taman Nukila

Taman Nukila

Lokasi: Jl. Sultan Muhammad Iskandar Djabir, Kec. Ternate Tengah – Image Credit by Wiwiedichsan.blogspot.com

Taman satu ini berbeda dengan taman-taman yang ada di daerah lainnya, sebab kamu jika ingin menikmati pemandangannya yang mempesona harus menyelam terlebih dahulu. Nantinya, kamu bisa menikmati berbagai jenis ekosistem laut yang sangat banyak.

Ada satu hal yang menjadikan taman ini memiliki minat pengunjung yang sangat banyak, yakni adanya bongkahan kapal karam yang dimanfaatkan oleh pengelola wisata untuk spot berfoto. Apalagi biasanya akan banyak ikan-ikan yang mendekat seakan penasaran dengan apa yang sedang kamu lakukan.

10. Fort Oranje

Fort Oranje

Lokasi: Jl. Hasan Boesoeri, Gamalama, Kec. Ternate Tengah. – Image Credit by Indonesia-tourism.com

Jika ingin mengetahui tentang seluk beluk Ternate, maka mengunjungi Fort Oranje adalah salah satu pilihan yang tepat. Tempat yang dulunya adalah pusat pemerintahan Belanda, kini disulap menjadi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Ternate.

Selain mengetahui tentang kebudayaan Ternate, kamu juga bisa menikmati keindahan bangunan megah yang dulunya sangat klasik tersebut. Ditambah lagi, di sekitar Fort Oranje terdapat berbagai wisata kuliner yang sangat rekomended untuk kamu coba.

11. Gunung Gamalama

Gunung Gamalama

Lokasi: Maliaro, Kec. Hutan Lindung. – Image Credit by Beritagar.id

Jika mengunjungi Ternate tidak akan terasa lengkap apabila belum menyaksikan langsung keindahan puncak Gunung Gamalama. Meskipun membutuhkan tenaga lebih ekstra untuk bisa mencapai puncaknya, namun semuanya akan terbayar tuntas ketika menyaksikan pemandangan pulau yang indah.

Namun, ada kepercayaan cukup ekstrim yang berkembang di kalangan penduduk setempat, yakni berkaitan dengan jumlah pendaki yang tidak boleh ganjil. Konon, jika sampai jumlahnya ganjil maka akan terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

12. Pulau Hiri

Pulau Hiri

Lokasi: Togolobe, Kec. Pulau Hiri. – Image Credit by Ikalkeriting.blogspot.com

Pulau Hiri menyimpan kekayaan alam yang sangat luar biasa, di dalamnya tak hanya terdapat berbagai bongkahan batu yang menarik, akan tetapi juga ada pantai yang memiliki pesona mengagumkan, yakni Pantai Tomajiko.

Pantai Tomajiko memiliki ombak yang tidak terlalu besar, sehingga jika kamu ingin bermain di bibir pantai tidak perlu merasa khawatir. Tempat ini juga memiliki spot foto alami yang sangat indah, yakni berupa terowongan raksasa yang berada di samping pantai.

13. Talaga Nita

Talaga Nita

Lokasi: Sulamadaha, Kec. Pulau Ternate. – Image Credit by Andyyahya.com

Bagi kamu yang memiliki hobi diving, maka pantai ini bisa menjadi salah satu wadah untuk menyalurkan hobi tersebut, akan tetapi Talaga Nita memiliki sensai diving yang sangat berbeda dari pantai-pantai lainnya.

Jika biasanya sebagian besar pantai menyediakan waktu untuk diving pada siang hari, maka berbeda dengan talaga ini, yakni pada malam hari. Selain dimanjakan dengan berbagai kecantikan biota laut, kamu juga akan mendapatkan pengalaman menyelam yang tidak akan terlupakan dari talaga ini.

14. Kedaton Sultan Ternate

Kedaton Sultan Ternate

Lokasi: Bukit Limau, Jl. Sultan Khairun, Sao-sio, Kec. Ternate Utara. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Selain Benteng Kastela dan juga Fort Oranje, Ternate masih memiliki satu objek wisata edukasi sejarah yang sangat mengagumkan, yakni Kedaton Sultan Ternate. Di sana, kamu bisa menyaksikan dengan jelas perihal barang-barang peninggalan pada masa Sultan Ternate.

Tak hanya menikmati sejarah Ternate, kamu juga akan dimanjakan dengan bangunan kedaton yang megah dan cantik. Namun, jika mengunjungi tempat tersebut, pastikan untuk memahami segala peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola kedaton.

15. Ziarah Makam Sultan Babullah

Ziarah Makam Sultan Babullah

Lokasi: Foramadiahi,  Kec. Pulau Ternate. – Image Credit by Wisatasia.com

Ternate tidak hanya memiliki berbagai destinasi wisata yang indah dan menarik, namun juga terdapat destinasi wisata religi yang patut untuk dikunjungi, yakni ziarah makam Sultan Babullah. Tak dapat dipungkiri jika kiprah Sultan Babullah yang sangat berpengaruh bagi kemajuan Ternate terus dikenang di hati masyarakatnya.

Saat mengunjungi tempat ini, kamu harus menjaga kebersihan di area sekitar makam, pasalnya pihak penjaga memang selalu merawat makam ini dengan sebaik mungkin sehingga terlihat bersih dan nyaman untuk disinggahi.

Ternate tidak hanya memberikan destinasi wisata yang berfungsi sebagai hiburan saja, namun terdapat juga wisata edukasi, sejarah, bahkan religi. Semuanya dapat kamu pilih sesuai dengan ketertarikan yang dimiliki, namun yang pasti seluruh tempat wisata yang ada di Ternate sangat layak untuk dikunjungi.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak