Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 05.00-19.30 WITA, Alamat: Uitiuhtuan, Kec. Semau Selatan, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Berbicara soal tempat wisata di Nusa Tenggara Timur maka pasti akan sangat banyak yang bisa kita bahas contohnya nama-nama populer seperti Labuan Bajo, Gunung Kelimutu, dan masih banyak lagi. Namun kali ini kita hanya akan berbicara soal sebuah pantai cantik yang berada di Pulau Semau, Kabupaten Kupang bernama Pantai Liman.

Pantai menawan ini sebenarnya sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat di Pulau Semau dan sekitarnya, akan tetapi namanya baru mulai populer setelah Pemerintah Provinsi NTT melakukan pembangunan 7 destinasi wisata (termasuk Pantai Liman) pada tahun 2019. Setelah itu, nama pantai hits ini mulai viral di kalangan wisatawan.

Ada satu hal unik yang dimiliki lokasi wisata menakjubkan ini adalah pasir pantainya memiliki banyak sekali warna mulai dari putih, merah mudah, hitam, dan ada beberapa warna menarik lainnya. Nah penasaran seperti apa tempat wisata alam tersebut? silahkan simak review singkatnya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Liman

Daya Tarik Pantai Liman
Image Credit: Google Maps Rezky Heindry

1. Pasir Pantai

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya bahwa Pantai Liman memiliki pasir pantai yang unik karena berwarna merah mudah, putih, hitam, dan masih ada warna-warna cantik lainnya. Hal ini membuat banyak sekali wisatawan yang penasaran seperti apa tampilan pasir pantai tersebut sehingga membuat mereka datang berkunjung ke Pulau Semau.

Luas dari garis pantai menawan ini juga sangat panjang jadi wisatawan tetap bisa menikmati liburan mereka tanpa perlu khawatir mengganggu wisatawan lain. Karena ukuran pasir pantainya yang panjang ini kemudian membuat beberapa aktivitas seru bisa anda lakukan beramai-ramai dengan orang terdekat.

2. Laut

Tidak bisa dipungkiri bahwa laut di NTT rata-rata masih sangat jernih, begitu juga dengan laut yang ada di Pantai Liman. Warna birunya akan berkilauan ketika terkena sinar Matahari membuat siapa saja terpana ketika melihatnya. Gulungan ombak di pantai hits ini juga sangat indah karena warna pasir pantai dan laut akan sangat unik di mata.

Daya Tarik di Pantai Liman
Image Credit:Google Maps Yanto Giri

3. Bukit

Tepat di kedua sisi pantai terdapat bukit dengan ketinggian 100 sampai 150 mdpl. Kedua bukit ini menjadi spot foto yang populer bagi wisatawan yang mengunjungi Pantai Liman. Pasalnya dari atas bukit tersebut anda dapat mengambil gambar dengan latar belakang laut, pasir pantai, hutan sekitar pantai, dan sebuah bukit kecil dari kejauhan.

4. Hutan Sekitar Pantai

Daya tarik selanjutnya dari destinasi wisata alam ini adalah hutan sekitar pantai yang sangat kaya akan pepohonan hijau. Adanya pepohonan ini kemudian melengkapi kecantikan dari pantai asal Kabupaten Kupang tersebut mulai dari laut, pantai, dan bukit. Wisatawan juga bisa berteduh dibawah pohon-pohon tersebut ketika siang hari dari teriknya Matahari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Liman
Image Credit: Google Maps Maharesmi Apsari

Bagi anda yang penasaran dengan Pantai Liman maka silahkan berkunjung ke Pulau Semau yang berlokasi dekat dengan Kota Kupang di Pulau Timor. Alamatnya berada di Kecamatan Semau Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Kupang, Desa Uitiuhtuan.

Agar bisa mencapai lokasi tersebut dari Kota Kupang pertama-tama anda harus menyeberang laut dengan menggunakan Kapal Ferry dari Pelabuhan Bolok Kupang menuju Pelabuhan Ferry Hansisi yang akan ditempuh kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk rutenya dari Pelabuhan Ferry Hansisi Semau silahkan ambil jalur ke arah barat sampai menemukan pertigaan sebelum Koperasi Serviam lalu belok kiri. Terus ikuti jalan tersebut sampai anda tiba di pertigaan dekat kios Tiga Bersaudara lalu belok kanan dan tetap di jalan ini menuju Semau Utara dan Silain lalu tiba di perempatan dekat Gereja Jemaat Sinar Allah.

Dari perempatan tersebut silahkan belok kanan dan tetap ikuti jalan ini sampai anda menemukan pertigaan dekat Benny Ukat lalu belok kanan. Tidak jauh dari belokan tersebut akan ada sebuah perempatan yang mengharuskan anda untuk belok kiri dan terus di jalan ini sampai menemukan lokasi Pantai Liman tepat di sebelah kanan anda.

Perjalanan dari Pelabuhan Ferry Hansisi ini akan memakan waktu kurang lebih selama 1 jam dengan menempuh jarak sekitar 30 km. Jadi jika di total maka perjalanan dari Kota Kupang sampai ke pantai cantik ini akan memakan waktu kurang lebih selama 1 jam 30 menit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Liman
Image Credit: Google Maps getupember

Untuk memasuki kawasan wisata alam ini setiap wisatawan tidak akan dipungut biaya. Namun jika anda berangkat dari Kota Kupang maka minimal siapkan biaya sebesar Rp 200.000 per orang karena untuk menyebrang dari Pulau Timor ke Pulau Semau akan memakan biaya sebesar Rp 20.000 sampai Rp 50.000 per orang.

Kemudian jika anda menggunakan ojek dari Pelabuhan Ferry Hansisi ke Pantai Liman maka biayanya adalah sebesar Rp 150.000 per orang. Perlu diketahui juga bahwa pantai hits ini buka setiap hari mulai dari pukul 05.00 sampai 19.00 WITA (Senin sampai Jumat), pukul 05.00 sampai 20.00 (Sabtu), dan 05.00 sampai 19.30 (Minggu).

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Liman

Aktivitas Menarik Pantai Liman
Image Credit: Google Maps marthen tunliu

1. Bermain di Hamparan Pasir Pantai

Pasir pantai di destinasi wisata menawan ini memiliki garis pantai kurang lebih sepanjang 1 km dan itu bisa digunakan oleh setiap wisatawan untuk bermain sepuasnya. Bahkan ada yang sampai membawa bola untuk dimainkan di atas pasir pantai cantik ini.

2. Bermain Air Laut

Namana liburan ke pantai tidak akan seru jika tidak bermain air, maka dari itu jangan segan-segan untuk bermain air di Pantai Liman. Namun anda juga harus berhati-hati karena tempat wisata populer ini kadang memiliki ombak yang cukup besar, bagi mereka yang tahu berenang pasti hal tersebut tidak masalah.

Tetapi bagi anda yang tidak bisa berenang atau bagi anak-anak hal ini akan cukup berbahaya. Oleh karena itu, cukup merasakan air laut di ujung ombak saja jika memang anda tidak bisa berenang namun ingin bermain air laut, sedangkan untuk anak-anak harap selalu dalam pengawasan orang dewasa.

3. Menaiki Bukit di Pinggir Pantai

Tepat di kedua sisi Pantai Liman yang menakjubkan ini terdapat bukit yang cukup tinggi yaitu antara 100 sampai 150 mdpl. Dari atas bukit tersebut anda akan melihat pemandangan yang benar-benar indah karena alam sekitar bisa disaksikan dengan begitu jelasnya.

Aktivitas Menarik di Pantai Liman
Image Credit: Google Maps lamaista

4. Menyaksikan Sunset

Momen saat Matahari terbenam juga bisa dengan mudahnya anda saksikan dari Pantai Liman lebih tepatnya dari atas bukit yang ada di kedua sisi pantai. Biasanya destinasi wisata alam ini akan lebih ramai saat sore hari menjelang sunset terjadi.

5. Berfoto

Liburan tanpa berfoto pasti terasa kurang untuk wisatawan modern saat ini, apalagi jika berlibur ke sebuah tempat wisata yang memiliki keindahan alam luar biasa menakjubkan. Maka dari itu, ketika sudah menginjakan kaki di pantai yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur ini pastikan berfoto adalah salah satu kegiatan wajib yang anda lakukan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Liman
Image Credit: Google Maps Asep Saepul Rahman

Awalnya Pantai Liman tidak terlalu banyak memiliki fasilitas umum. Namun, setelah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan perbaikan pada tahun 2019 maka sejumlah fasilitas umum mulai dimiliki oleh tempat wisata hits ini.

Sebut saja seperti toilet umum, kamar mandi, lahan parkir kendaraan, dan homestay. Total ada sekitar 16 homestay yang dimiliki oleh pantai populer ini yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk bermalam.

Jalan menuju lokasi wisata juga sudah bagus jadi anda tidak perlu khawatir soal kondisi jalan. Jika lapar anda bisa mengunjungi sejumlah warung makan yang berada di dekat pantai menawan tersebut.

Jika anda mengunjungi NTT maka nama tempat wisata populer seperti Labuan Bajo dan Gunung Kelimutu akan menjadi tujuan utama. Namun, jika anda sedang mencari tempat wisata alternatif lainnya maka Pantai Liman merupakan salah satu yang wajib anda kunjungi.