15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang

Tempat Wisata di Kupang

Seperti yang dikenal bersama jika kawasan timur Indonesia merupakan daerah yang menyimpan keindahan alam yang memukau. Salah satunya yang ada di Kupang, Ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota ini terletak di Pulau Timor yang dekat dengan Pulau Alor.

Sama halnya dengan kawasan Lombok yang sedang naik daun karena keindahan pantai-pantainya, Kupang juga memiliki banyak pantai yang sangat indah dengan berbagai keunikannya. Selain pantai, Kupang juga memiliki tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi.

Ada beberapa wisata alam berupa air terjun, keindahan pegunungan, dan lain sebagainya. Jadi bagi Kamu yang merencanakan liburan ke Kupang, maka beberapa ulasan tempat wisata di Kupang berikut bisa membantu Kamu.

1. Pantai Lasiana

Pantai Lasiana

Lokasi: Lasiana, Kelapa Lima, Kec. Kupang Tengah, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Sebagai salah satu kota yang berbatasan langsung dengan laut maka Kupang pasti memiliki pantai-pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Lasiana. Pantai ini lokasi cukup dekat dengan pusat Kota Kupang.

Tak hanya terkenal dengan indahnya hamparan pasir putih serta kejernihan air pantainya. Pantai Lasiana juga memiliki jajaran Pohon Lontar yang sudah berusia tua, sehingga menjadikan pantai ini semakin instagenik layaknya pantai di California USA.

2. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Lokasi: Pasir Panjang, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Haidibarasa.wordpress.com

Jika Kamu berlibur ke Kupang jangan sampai melewatkan mampir ke Pantai Pasir Panjang yang terkenal dengan keindahan matahari tenggelamnya. Selain itu, Kamu bisa menikmati semilir angin pantai dengan iringan deburan ombak pantai yang menenangkan.

Semakin meriah ketika sore datang, warga sekitaran pantai akan melakukan aktivitas sore di tempat ini. Banyak yang bermain bola atau hanya sekadar duduk santai di lembutnya pasir pantai sembari menikmati pesona langit jingga Kota Kupang.

3. Pantai Oesapa

Pantai Oesapa

Lokasi: Jl. Pantai Oesapa, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang Nusa, Tenggara Timur. – Image Credit by Satutenda.com

Pantai Oesapa dikenal sebagai pantai yang banyak didatangi pengunjung, utama ketika sore hari. Selain keindahan pantai, Kamu juga dimanjakan dengan beragam jajanan khas nan unik khas Kupang yang berjajar di sepanjang pantai.

Selain itu, ada kursi beragam warna dan gazebo yang berjajar rapi di pantai. Semakin lengkap dengan alunan merdu musik pantai menjadikan Pantai Oesapa jadi Andalan untuk tempat nongkrong Kamu  bersama rekan atau keluarga tersayang.

4. Pantai Manikin

Pantai Manikin

Lokasi: Tarus, Kec. Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Mangandosetiawan.com

Pantai indah di Kupang yang selanjutnya adalah Pantai Manikin. Satu keunikan dari pantai ini terletak pada air laut yang surut pada sore hari. Ketika air laut mulai surut Kamu bisa menikmati pemandangan hamparan batu koral bercampur bongkahan kecil batu akik di sepanjang pantai.

Pesona lainnya ada di bagian muara sungai air tawar yang langsung masuk ke pantai ini, sehingga menjadi sebuah sensasi unik merasakan bersatunya air tawar sungai dengan air asin laut. Semakin sempurna dengan keindahan sunset Kota Kupang dari Pantai Manikin.

5. Pantai Batu Nona

Pantai Batu Nona

Lokasi: Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Nyero.id

Pantai dengan keindahan sunset yang spesial di Kupang adalah Pantai Batu Nona. Pantai ini bersih dengan kolaborasi pohon lontar di sepanjang pantai yang mempesona. Nama “Batu Nona” yang melekat pada pantai ini bukan tanpa sebab.

Dahulu di pantai ini ada seorang gadis yang bunuh diri dengan menceburkan diri ke laut dari atas tebing. Tak begitu lama muncul sebuah batu karang yang berbentuk seperti gadis itu. Maka warga sekitar menyebut pantai ini,dengan sebutan Pantai Batu Nona.

6. Pantai Tablolong

Pantai Tablolong

Lokasi: Tablolong, Kec. Kupang Barat, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Pantai Tablolong merupakan satu pantai yang asri, eksotis, bersih dan air laut yang berwarna biru. Selain itu keadaan pantai ini juga masih sepi serta tenang sehingga Kamu dapat menikmati liburan yang spesial di tempat ini.

Pantai ini terletak pada jalur laut yang dipakai ikan untuk migrasi,akibatnya banyak sekali ikan laut yang dapat ditemui di tempat ini. Liburan sambil memancing sangat cocok bila di Pantai Tablolong.

7. Pantai Neam

Pantai Neam

Image Credit by Triptrus.com

Pantai yang satu ini lokasi jarang diketahui orang, bahkan warga Kupang pun masih banyak yang belum tahu letak Pantai Neam. Hal ini lantaran lokasi pantai yang tersembunyi di balik hutan belantara dengan jalan yang berliku.

Jika Kamu mau datang ke pantai ini, Kamu harus berjuang keras terlebih dahulu kurang lebih selama 3 jam dari pusat Kota Kupang. Namun begitu sampai di pantai, maka segala perjuangan tadi akan dibalas dengan pesona surgawi Pantai Neam yang sangat memukau.

8. Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu

Lokasi: Oenesu, Kec. Kupang Barat, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Superadventure.co.id

Kupang terkenal dengan udara yang panas, sehingga rasanya pas jika Kamu mampir ke Air Terjun Oenesu. Air terjun ini lokasi hanya 30 menit dari Kota Kupang. Ada empat tingkatan air terjun dengan lubang-lubang alami di sela-sela tebing yang menjulang.

Selain kejernihan dan kesejukan air terjun, Kamu juga bisa menikmati rimbun dan hijaunya pepohonan yang ada di sekitarnya. Satu lagi, Kamu juga bisa mandi langsung di bawah kucuran air terjun yang membuat Kamu semakin bahagia.

9. Pulau Kera

Pulau Kera

Lokasi: Uiasa, Kec. Semau, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Sengpaku.blogspot.com

Satu tempat wisata yang unik di Kupang yaitu Pulau Kera. Sepintas orang pasti menganggap jika pulau ini penuh dengan kera. Nyatanya justru tak ada kera satu ekorpun di pulau ini. Nama “Kera” ternyata berasal dari “Kerang” yang mengalami peluruhan bahasa hingga jadi “kera”

Pulau ini menyimpan pesona pantai yang alami dan perkampungan warga asli yang masih sangat klasik dan sederhana. Tempat ini jauh dari keramaian sehingga pas untuk Kamu yang ingin mencari ketenangan.

10. Taman Nostalgia

Taman Nostalgia

Lokasi: Oebufu, Kab. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Jika tadi pembahasannya mengenai tempat wisata yang berabu alam, maka selanjutnya ada taman kota yang bernama Taman Nostalgia. Taman ini memang menjadi pusat berkumpulnya warga Kupang ketika menghabiskan waktu sore harinya.

Ada satu buah yang spesial di taman ini, yaitu Gong Perdamaian yang ada di tengah taman dan dijadikan sebagai monumen perdamaian di bumi timur Indonesia. Jadi jika main ke Kupang jangan lupa mampir di Taman Nostalgia.

11. Gua Kristal

Gua Kristal

Lokasi: Bolok, Kec. Kupang Barat, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Oase di tengah panasnya Kota Kupang, itulah sebutan yang melekat pada Gua Kristal. Sepintas gua ini hanya seperti gua kecil biasa yang ditumbuhi semak-semak. Kamu pasti akan terkejut ketika masuk ke Gua Kristal.

Ada mata air super bening seperti kristal di dalam gua ini. Kamu bisa mencoba berenang menyusuri mata air gua atau hanya sekedar rileks dengan berendam. Selain itu, gua ini masih sangat perawan dan serba alami lantaran belum dikelola secara maksimal.

12. Air Terjun Tesbatan

Air Terjun Tesbatan

Lokasi: Tesbatan, Kec. Amarasi, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Mytapaleuk.blogspot.com

Tak hanya Air Terjun Oenesu saja yang menawarkan keindahan alam, di Kupang juga ada sebuah air terjun memukau bernama Air Terjun Tesbatan. Ada 3 tingkatan air terjun yang bisa Kamu nikmati di tempat ini.

Semua tingkatan air terjun ini memiliki air yang jernih dan segar dengan semburat warna biru yang menyejukkan. Setiap tingkatan air terjun ini juga memiliki panorama yang berbeda mulai yang ada di tepi jalan hingga yang ada di bawah bukit.

13. Kupang Waterpark

Kupang Waterpark

Lokasi: Oebufu, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Allindonesiatourism.com

Buat Kamu yang mencari tempat bermain wahana air untuk anak dan keluarga maka datanglah ke Kupang Waterpark. Waterpark ini merupakan wahana air pertama yang ada di Kota Kupang lengkap dengan 22 wahana permainan air.

Wahana yang jadi Andalan adalah Yellow Racing yang merupakan permainan seluncur air yang sangat mendebarkan. Waterpark ini cocok untuk Kamu yang mau menyenangkan anak lewat wahana permainan air.

14. Bukit Cinta

Bukit Cinta

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Herman Johanes, Penfui, Kec. Kupang Tengah, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Selanjutnya ada tempat wisata yang bernama Bukit Cinta. Sebuah bukit berbatu yang letaknya tak begitu jauh dari BKamura El Tari Kupang. Bukit ini unik lantaran letaknya di atas gua-gua bekas masa penjajahan.

Di atas bukit ada hamparan rumput hijau yang terlihat asri dan segar. Bukit ini memiliki spot foto favorit dengan latar belakang pemandangan Kota Kupang dari atas bukit. Datanglah pada sore hari maka pemandangan lebih memukau matahari terbenam bisa dinikmati.

15. Taman Rekreasi Gua Monyet

Taman Rekreasi Gua Monyet

Lokasi: Tenau, Kec. Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by

Tempat wisata di Kupang yang terakhir direkomendasikan adalah sebuah taman yang sejuk dan segar untuk berteduh di tengah panasnya Kota Kupang. Sesuai dengan namanya Kamu bisa menyaksikan puluhan monyet yang mendiami taman ini.

Kamu bisa bercengkrama langsung dengan kawanan monyet ini karena secara umum monyet di taman ini sudah ramah dengan para pengunjung. Tak jauh dari taman ini juga ada gua-gua peninggalan Jepang.

Demikian tadi ulasan rekomendasi tempat wisata di Kupang yang menawarkan sejuta pesona keindahan dan kenyamanan ketika liburan. Cobalah berlibur ke Kupang dan nikmati keindahannya bersama orang tercinta.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak