Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Oesapa bisa dijadikan salah satu alternatif tujuan destinasi wisata alam apabila saat ini anda berada di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini sangat menarik karena menyuguhkan penataan yang berbeda dibandingkan dengan pantai lain yang ditemui di Indonesia. Setiap hari selalu ramai dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun luar daerah, terlebih ketika hari libur tiba.

Pesonanya indah sehingga membuat banyak wisatawan yang betah berlama-lama. Udaranya masih bersih meskipun terletak tidak jauh dari hiruk pikuk kota. Ini kemungkinan karena hembusan angin laut yang begitu kencang sehingga tidak mengizinkan udara polusi memasuki wilayah pantai. Meski demikian, ombaknya tidak terlalu tinggi dan relatif tenang.

Mengunjungi tempat wisata berupa pantai memang sesekali perlu dilakukan. Suasananya yang nyaman dan pemandangan indah mampu mengusir penat karena aktivitas pekerjaan sehari-hari. Terlebih untuk setiap pantai yang ada di nusantara cocok dijadikan objek wisata keluarga dan berbagi kesenangan dengan mereka.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Oesapa

Daya Tarik Pantai Oesapa
Image Credit: Instagram tanti_balitosca

Pantai Oesapa juga dikenal dengan Pantai Warna, ada juga yang menggabungkannya dengan nama Oesapa Warna. Apapun julukan atau namanya, faktanya hal tersebut tidak mengubah daya tarik yang dimiliki.

1. Keindahan Alam Pantai Oesapa

Pantai ini indah, dari kejauhan tampak bentangan laut lepas dengan air birunya. Pasir putihnya memberikan gradasi warna yang sempurna. Belum lagi ombak bergulung yang tidak terlalu tinggi membuat keindahannya seakan tidak tergerus oleh aliran air laut. Tipe pantainya pun landai, jadi cocok digunakan untuk bermain air dan pasirnya.

Menariknya, garis pantai terlihat lurus seperti garis yang memisahkan antara pasir dan air laut. Di sinilah terlihat gradasi warna yang indah, meskipun sebenarnya lebih cocok dikatakan kontras. Ketika cuaca cerah, pantulan langit biru awan menghiasi pemandangan dan sayang jika hanya dilewatkan tanpa harus diabadikan.

2. Pengelolaan yang Profesional

Daya tarik Pantai Oesapa berikutnya adalah dari pengelolaan yang profesional. Ketika wisatawan memasuki kawasan pantai, tampak penataan yang begitu bagus dan rapi. Satu sisi merupakan tempat duduk bangku untuk santai, sementara di sisi lain merupakan café atau warung tempat warga setempat berjualan dan sekaligus dijadikan tempat wisata kuliner bagi pengunjung.

Setiap lokasi memiliki warna yang berbeda dan menjadikannya sebagai ciri khas pantai ini. Oleh sebab itulah dikatakan tadi ada yang menyebutnya dengan Pantai Warna. Di sini, anda bisa menyaksikan keunikan dari Lopo, yakni rumah adat tradisional Kupang yang sampai saat ini masih dilestarikan.

Daya Tarik Dimiiliki Pantai Oesapa
Image Credit: Twitter Veloz Community

3. Suasana Pantai Nyaman

Keindahan Pantai Oesapa semakin lengkap dengan banyaknya pohon rindang yang tumbuh di sekitar bibir pantai. Sebagian besar berupa pohon nira atau ada yang menyebutnya dengan pohon lontar. Sebagian lagi merupakan pohon perdu dan pohon kelapa yang memang tumbuh subur di daerah pantai.

Adanya pepohonan yang mengelilingi lokasi pantai membuat suasananya nyaman dan damai. Terlebih untuk hembusan anginnya relatif tidak terlalu kencang, jadi suasana liburan semakin menarik. Wisatawan biasanya memanfaatkan pepohonan ini sebagai tempat berteduh jika cuaca sedang terik atau ketika ingin bersantai sambil menikmati suasana alam.

4. Bibir Pantai yang Luas

Karakteristik pantai yang ada di Indonesia bermacam-macam, termasuk dalam hal luasnya. Untuk Pantai Oesapa bisa dikatakan cukup luas dan dapat menampung ratusan wisatawan sekaligus dengan segala aktivitasnya. Kesan luas semakin didapat karena hampir tidak ditemukan batu karang besar di sepanjang garis pantai.

Karang sebagai penghuni utama pantai hanya terlihat ketika air surut. Itu artinya, objek wisata pantai di Kupang ini tidak cocok dijadikan aktivitas berenang. Bukan tanpa sebab, batu karang cukup tajam dan dapat mudah melukai kulit. Hampir tidak ditemukan wisatawan yang berenang di sini, hanya mereka yang bermain pasir dan air serta berkejaran dengan ombak yang datang dari tengah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Oesapa
Image Credit: Twitter alexamaheswari

Pantai Oesapa terletak di Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jarak dari kota Kupang tidak terlalu jauh, hanya sekitar 9 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu 20 menit perjalanan menggunakan kendaran bermotor. Anda bisa datang ke sini dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, akses jalannya sudah cukup baik.

Adapun rute terbaik yang bisa dilewati jika anda saat ini berada di Kupang adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan Amabi. Selanjutnya mengambil arah yang menuju ke Jalan W.J. Lalamentik dan Jalan Soverdik. Terus lurus hingga anda tiba di Jalan Pulau Indah dan menemukan pertigaan.

Lanjut arahkan kendaraan ke kanan menuju ke Jalan Timor Raya. Di sepanjang jalan ini, anda akan menemukan Apotek sebelum perempatan, silahkan ambil arah kiri ke Jalan Kusambi 3. Dari sini, silahkan lihat rambu petunjuk yang mengarahkan anda ke lokasi wisata. Jika masih bingung, ada baiknya minta bantuan Google Maps di HP masing-masing.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Oesapa
Image Credit: Instagram pashter Alor

Cocok dijadikan sebagai objek wisata keluarga bukan tanpa alasan, salah satunya adalah karena Pantai Oesapa tidak memungut biaya masuk. Anda dan rombongan keluarga bisa langsung masuk setelah parkir kendaraan. Adapun biaya hanya dibutuhkan untuk parkir, cukup 3.000 untuk motor dan 5.000 bagi yang membawa mobil.

Selebihnya, biaya lain pastinya untuk wisata kuliner jika anda berniat liburan sambil menikmati makanan khas Kupang. Banyak warung di sini, rata-rata dengan konsep café. Usahakan bawa uang lebih karena tidak menutup kemungkinan anda bakal tertarik dengan menu makanannya. Dibuka selama 24 jam, silahkan datang kapan saja anda mau.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Oesapa

Aktivitas Menarik Pantai Oesapa
Image Credit: Instagram tanti_balitosca

Apapun yang anda lakukan ketika berada di pantai, itulah kira-kira aktivitas yang menarik di Pantai Oesapa. Tentu ada perbedaan jika dilihat dari konsep atau pengelolaannya. Daripada penasaran, langsung saja simak ragam aktivitas seru selama di pantai cantik di Kupang ini!

1. Jalan-jalan Diatas Pasir Putih

Oleh sebab lokasinya yang luas dengan hamparan pasir putih yang indah, tidak ada salahnya jika dan berjalan-jalan menyusuri kawasan pantai. Boleh memakai alas kaki atau tidak selama kegiatan ini, namun lebih disarankan tidak menggunakan alas kaki. Pasalnya, butiran pasir di sini cukup besar sehingga cocok dijadikan terapi memperlancar peredaran darah.

2. Bermain Air dan Pasir

Tidak cocok dijadikan sebagai lokasi berenang bukan berarti tidak ada aktivitas air yang menarik dilakukan. Karakter ombak di Pantai Oesapa cukup tenang, jadi silahkan bermain air di sepanjang bibir pantai indah ini. Berkejaran dengan ombak juga menarik, apalagi jika anda datang bersama rombongan keluarga.

Ada juga wisatawan yang duduk manis di tepi pantai sambil menunggu gulungan ombak yang datang. Sementara menunggu, biasanya mereka bermain pasir, baik membuat terowongan atau membuat sebuah objek. Aktivitas ini memang sederhana, namun buktinya mampu membuat anak-anak bahagia.

3. Bersantai Menikmati Suasana Alam

Jika tidak ingin melakukan aktivitas apapun selama mengunjungi Pantai Oesapa, bersantai sambil menikmati pemandangan alam sekitar juga layak dilakukan. Bagi sebagian orang mungkin tidak setuju dikatakan sebagai aktivitas karena hanya duduk santai saja. Namun dengan pemandangannya yang indah, bersantai di sini dapat menyegarkan pikiran dan melupakan beban masalah yang ada.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Oesapa
Image Credit: Instagram tanti_balitosca

4. Sensasi Camping di Pantai

Pernah mendirikan tenda di pantai? jika belum, maka saatnya anda mendapatkan sensasi tersebut di Pantai Oesapa. Di sini, pengunjung bebas mendirikan tenda dan bermalam, asalkan mendapatkan izin pengelola dan tidak terlalu mendekati garis pantai. Pemandangan laut memang tidak terlihat ketika camping, tetapi semua tergantikan dengan bentangan indah benda langit di angkasa.

5. Wisata Kuliner

Jagung bakar, ubi bakar, dan pisang bakar adalah beberapa kuliner yang cocok menemani waktu liburan anda. Tidak lupa makanan khas pantai seperti seafood mudah didapatkan di sini. Seperti yang dikatakan sebelumnya, konsep wisata ini dilengkapi dengan café dan warung yang berjejer rapi, semua disediakan supaya pengunjung lebih puas dan betah.

6. Menunggu Matahari Tenggelam

Aktivitas menarik di Pantai Oesapa berikutnya adalah menunggu keindahan matahari tenggelam atau sunset. Apakah aktivitas menunggu ini sepadan dengan pesonanya? Tentu iya, karena anda bisa melihat matahari dengan sinar jingga nya perlahan menghilang seolah ditelan oleh dalamnya samudera di batas garis horizon.

7. Hunting Spot Foto

Tidak lengkap rasanya jika liburan tanpa mengabadikan momen seru di dalamnya. Apalagi kali ini berupa pantai dengan segala pesonanya. Hampir setiap titik lokasi menyajikan pesona alam yang cocok dijadikan background foto. Spot yang paling banyak diminati adalah laut lepas yang dihiasi oleh gumpalan awan putih.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai Oesapa
Image Credit: Instagram muhammad mundzir

Sebelum berangkat menuju ke Pantai Oesapa, ada baiknya jika anda menyimak fasilitas apa saja yang tersedia di sana. Ini penting untuk menyiapkan segalanya dari rumah jika memang fasilitasnya kurang memadai. Pantai cantik di Kupang ini memiliki toilet bersih, area parkir cukup luas, bangku, gazebo berupa Rumah Lopo, dan tentunya warung makan.

Itulah setidaknya beberapa hal penting yang dapat kami informasikan sebelum anda berkunjung. Ada banyak alasan untuk mendatangi lokasi wisata ini, mulai dari daya tarik, harga tiketnya gratis, dan fasilitasnya pun memadai. Hanya sedikit saran sebelum menyambangi Pantai Oesapa, ada baiknya tidak datang di siang hari karena cuaca nya terkadang panas.