Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Cipatujah, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Tempat wisata merupakan sebuah area rekreasi yang sangat digemari banyak orang karena bisa menjadi tempat berlibur bersama keluarga, teman, hingga pasangan. Di Tasikmalaya sendiri terdapat sebuah tempat wisata cantik bernama Pantai Cipatujah yang memiliki luas kurang lebih mencapai 115 ha.

Dengan luas pantai yang begitu besar membuat anda dapat bermain sepuasnya tanpa takut mengganggu wisatawan lain. Pasir pantainya sendiri berwarna putih kecoklatan dengan lautan biru jernih tetapi kadang memiliki ombak besar juga kadang ombaknya cukup tenang. Bagi anda yang ingin bermain air laut disarankan untuk datang saat musim kemarau.

Perlu diketahui sebelum menjadi sepopuler sekarang ini, pantai hits tersebut pernah dilanda Tsunami pada tahun 2006. Setelah bencana tersebut semua orang mulai bekerjasama untuk kembali membangun kawasan wisata alam ini. Alhasil mereka berhasil mengubah tempat yang sebelumnya sangat mengerikan menjadi sangat indah seperti sekarang ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cipatujah

Daya Tarik Pantai Cipatujah
Image Credit: Google Maps suryadi ayuki

1. Pasir Pantai

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Pantai Cipatujah jelas adalah pantai itu sendiri. Pantai populer ini memiliki pasir pantai berwarna putih kecoklatan dan sangat lembut, sehingga anda bisa bermain di pasir pantai tersebut sepuasnya baik bersama anak-anak, teman, pasangan, atau orang terdekat anda.

Disekitar bibir pantai juga terdapat beberapa batu karang yang bisa anda gunakan untuk spot berfoto. Ukuran batu karang tersebut tidak besar namun karena jumlahnya yang banyak membuat wisatawan bisa berdiri di atasnya dan berfoto mengarah ke birunya laut, hal ini membuat banyak wisatawan yang gemar berfoto di spot tersebut apalagi saat sunset.

2. Lautan

Beralih ke lautan yang ada di pantai menakjubkan ini, dimana warnanya sangat biru dengan ombak yang kadang sangat ganas namun kadang cukup tenang. Bagi anda yang cuman datang untuk melakukan refresihing atau berburu foto saja bisa datang kapanpun, namun bagi anda yang ingin bermain air lebih disarankan untuk datang saat musim kemarau.

Karena saat musim hujan ombak akan cukup besar dan pihak pengelola akan melarang siapa saja untuk bermain air laut. Sedangkan saat musim kemarau ombak akan lebih tenang jadi wisatawan bisa bermain air laut sepuasnya. Meskipun begitu anda harus tetap berhati-hati apalagi yang membawa anak kecil.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Cipatujah
Image Credit: Google Maps A hoeruman

3. Alam Sekitar Pantai

Beralih ke daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Pantai Cipatujah yaitu alam sekitarnya yang memiliki cukup banyak pepohonan. Dengan adanya pohon-pohon tersebut membuat anda dapat merasakan udara yang sejuk dan nyaman, apalagi saat terkena angin pantai yang lembut membuat hati dan perasaan bisa menjadi lebih tenang.

Wisatawan juga bisa menggunakan pohon-pohon tersebut sebagai tempat berteduh disaat siang hari, atau bisa juga digunakan sebagai tempat bersantai sambil menikmati indahnya alam sekitar. Dengan adanya pepohonan ini dan hawa sejuk yang tercipta membuat anda dapat melakukan healing atau refresing di tempat wisata alam cantik ini.

4. Mitos

Karena Pantai Cipatujah asal Tasikmalaya ini berada di bagian selatan Pulau Jawa membuatnya memiliki mitos tentang Ratu Pantai Selatan. Bahkan sempat beberapa tahun silam pernah ada kasus nelayan yang tenggelam dan meninggal di perairan pantai populer tersebut, dimana hal ini mulai dihubung-hubungkan dengan Ratu Pantai Selatan.

Oleh masyarakat setempat akhirnya dibuatkan sebuah kebiasaan yang juga sudah dianggap menjadi budaya yaitu Larung Sesaji. Tujuan dibuatkan Larung Sesaji sendiri adalah untuk mensyukuri segala pemberian dari Tuhan yang Maha Esa dan mengharapkan agar di tahun-tahun yang akan datang rezeki tersebut tidak akan hilang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Cipatujah
Image Credit: Google Maps R I E A Z

Pantai cantik ini berlokasi di Kabupaten Tasikmalaya, Kecamatan Cipatujah, Provinsi Jawa Barat. Untuk rute perjalanannya bisa dimulai dari Alun-Alun Kota Tasikmalaya menuju pertigaan Jl. Dr. Sukardjo kemudian terus lurus sampai masuk ke Jl. Perintis Kemerdekaan atau Jl. Raya Karangnunggal – Tasikmalaya Kota.

Tetap dijalan tersebut sampai anda memasuki Jl. Karangnunggal kemudian masuk lagi ke Jl. Cibalong dan tiba di pertigaan dekat SMK Negeri Bantarkalong. Dari pertigaan tersebut silahkan belok kiri menuju Jl. Raya Cipatujah kemudian terus lurus sampai anda menemukan lokasi tujuan yang berada di sebelah kiri jalan.

Panjang rute perjalanan ini sendiri kurang lebih sekitar 74 km dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan pribadi adalah selama 2 jam 15 menit. Jika bingung sola rute perjalanan tersebut maka anda bisa bertanya kepada warga setempat karena rute perjalanan ini cukup jauh dan membutuhkan konsentrasi dalam membaca arah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Cipatujah
Image Credit: Google Maps Anhar Ahnad

Agar bisa memasuki area wisata Pantai Cipatujah anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang dan juga retribusi parkir kendaraan bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi.

Retribusi parkir ini dibedakan berdasarkan jenis kendaraan dimana untuk roda 2 adalah sebesar Rp 3.000 sedangkan untuk roda 4 adalah sebesar Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Cipatujah

Aktivitas di Pantai Cipatujah
Image Credit: Google Maps Partho Djojodihardjo

1. Bermain di Bibir Pantai

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di Pantai Cipatujah adalah bermain di pasir pantai yang sangat luas. Saking luasnya pasir pantai berwarna putih kecoklatan ini bahkan bisa anda jadikan sebagai tempat bermain sepakbola tanpa takut mengganggu wisatawan lainnya yang juga sedang berlibur.

Tidak hanya bermain sepakbola saja namun anda juga bisa bermain kejar-kejaran atau membuat istana pasir. Meskipun pasir pantai asal Tasikmalaya ini sangat lembut namun anda juga tetap harus berhati-hati karena di sekitar bibir pantai juga terdapat batu karang yang bisa saja membuat kaki anda terluka.

2. Bermain Air Laut

Beralih ke kegiatan menarik berikutnya yaitu bermain air laut, namun perlu diingat bahwa kegiatan ini hanya bisa dilakukan jika diperbolehkan oleh pihak pengelola. Pasalnya ombak di pantai cantik tersebut kadang tergolong besar namun kadang juga tergolong kecil. Jika ingin bermain air laut sepuasnya maka waktu yang cocok adalah saat musim kemarau.

3. Berfoto

Namanya berfoto merupakan salah satu kegiatan wajib yang bisa anda lakukan ketika menginjakan kaki di Pantai Cipatujah. Pasalnya dengan indah pasir pantai berwarna putih kecoklatan yang di belakangnya ada lautan jernih berwarna biru akan membuat hasil foto yang anda ambil akan terlihat sangat menakjubkan.

Belum lagi dengan adanya sejumlah batu karang yang menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan. Spot foto ini bahkan akan terlihat lebih indah saat sore hari dimana sang mentari mulai perlahan tenggelam di ufuk barat sambil mengubah warna langit menjadi merah ke kuning-kuningan.

Aktivitas Menarik di Pantai Cipatujah
Image Credit: Google Maps Agini Ajimatinur Fitriani

4. Menikmati Indahnya Sunset

Kegiatan menarik selanjutnya yang juga bisa anda lakukan di pantai populer ini adalah menikmati indahnya sunset. Momen ini terlihat sangat menakjubkan karena anda akan melihat bagaimana indahnya Matahari perlahan mulai tenggelam ke bawah birunya laut sambil membuat warna laut dan langit berubah menjadi merah kekuning-kuningan.

5. Melakukan Refreshing

Bagi anda yang sedang memiliki banyak masalah dan ingin melakukan refreshing maka berlibur ke pantai hits ini bisa direkomendasikan. Hal ini karena pantai asal Tasikmalaya ini memiliki udara yang sejuk dan memiliki angin yang tidak terlalu besar. Selain itu Pantai Cipatujah juga memiliki suara ombak yang bisa memberikan ketenangan tersendiri.

Maka dari itu, ketika anda sudah sampai di tempat wisata alam ini coba rebahkan tubuh anda dibawa pohon kemudian rasakan udara sejuk di sekitar pantai dan dengarkan suara ombak yang ada di pinggir pantai. Semua hal tersebut akan membuat anda merasa lebih legah dan melupakan sejenak semua permasalahan yang sedang dihadapi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Cipatujah
Image Credit: Google Maps Nurlaela Cipaku

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang ada di tempat wisata alam asal Kabupaten Tasikmalaya ini adalah area parkir kendaraan. Fasilitas ini bisa digunakan oleh semua wisatawan untuk memarkirkan kendaraan pribadi yang dibawa, ukurannya juga cukup luas dan dipisahkan menjadi tempat parkir sepeda motor dan tempat parkir mobil.

2. Warung Makan

Beralih ke fasilitas berikutnya yang dimiliki oleh Pantai Cipatujah yaitu warung makan. Fasilitas ini menjual beberapa jenis makanan dan minuman mulai dari makanan berat, snack, minuman dingin, minuman panas, rokok, dan beberapa barang lainnya. Warung makan ini juga memiliki beberapa menu khas asal Cipatujah dan sekitarnya.

Jadi wisatawan bisa sekaligus melakukan wisata kuliner di warung makan tersebut, selain itu ada juga beberapa warung makan yang menjual ikan bakar hasil tangkapan nelayan sekitar, ikan ini baru ditangkap jadi kelezatannya sudah tidak bisa diragukan lagi. Dengan adanya fasilitas ini juga sudah membantu wisatawan yang datang berlibur tanpa membawa bekal.

Itulah sedikit review mengenai sebuah pantai cantik yang dibangun setelah terjadi bencana Tsunami pada tahun 2006 bernama Pantai Cipatujah. Pantai asal Tasikmalaya ini buka setiap hari selama 24 jam, namun momen terbaik untuk menikmati keindahan alamnya adalah saat terjadinya sunset atau mulai dari pukul 15.00 sampai 18.00 WIB.