Curug Dengdeng Tasikmalaya, Wisata Air Eksotis Dengan Jalur Menantang

Curug Dengdeng Tasikmalaya

Lokasi: Cikatomas, Tawang, Kec. Pancatengah, Kab. Tasikmalaya
MapCek Lokasi

Daerah Jawa Barat memiliki banyak tempat wisata alam yang indah dan pastinya bisa memanjakan mata Anda. Curug Dengdeng salah satunya, wisata ini pantas untuk menjadi tujuan destinasi Anda. Belakangan ini Curug Dengdeng populer di kalangan pecinta alam. Pastinya kepopulerannya dipengaruhi oleh sosial media. Memang teknologi menjadikan semua hal menjadi mudah.

Orang Sunda menyebutnya “curug”, sebenarnya curug adalah air terjun. Ciri khas dari Curug Dengdeng sendiri yakni memiliki tebing batu yang lebar dan memiliki 3 tingkatan dimana setiap tingkatan memiliki ketinggian yang berbeda. Hal ini menjadikan Curug ini nampak eksotis. Banyak orang beranggapan curug yang satu ini mirip dengan air terjun di Amerika Serikat.

Menurut bahasa Sunda, “dengdeng” memiliki arti tidak rata. Memang keadaan Curug Dengdeng tidak rata. Hal ini harus diperhatikan oleh para wisatawan agar selalu berhati-hati dalam menjelajahi curug ini. Jangan sampai Anda salah berpijak, bisa saja Anda menganggap dangkal namun ternyata dalam ketika Anda lalui. Berikut sedikit ulasan mengenai Curug Dengdeng.

Lokasi & Tiket Masuk Curug Dengdeng

Lokasi & Tiket Masuk Curug Dengdeng

Image Credit: Photos.com

Perjalanan menuju curug ini bisa dikatakan mudah mudah sulit, mudah karena kondisi jalan dominan beraspal namun banyak tambalan. Setelahnya kondisi jalan masih makadam. Maka dari itu tingkatkan kewaspadaan Anda saat melalui jalan ini dan juga jangan lupa untuk memakai helm demi keselamatan Anda. Akses jalan menuju curug sulit untuk bus.

Jika Anda para pecinta alam Anda akan merasa tertantang untuk melalui medan yang satu ini karena jalan menuju wisata ini sebagian masih makadam, namun jangan khawatir perjuangan Anda akan terbayar dengan melihat curug ini di jalan setapak, karena dari sini curug sudah dapat dinikmati keindahannya.

BACA:  20 Tempat Makan Enak di Bandung Favorit Wisatawan

Untuk harga tiket masuk ke dalam wisata ini ada 2 tipe. Untuk motor tiket masuk sebesar Rp5.000 dan untuk mobil sebesar Rp 15.000. Biaya tiket masuk tersebut tidak seberapa jika dibandingkan dengan keindahan wisata ini.

Selain harga tiket yang terjangkau jam operasional sendiri ternyata setiap hari dan berlaku 24 jam. Dengan jam buka yang 24 jam, telah disediakan penginapan juga jika Anda memang ingin bermalam. Jadi Anda bisa sesuka hati datang dan menikmati keeksotisan Curug Dengdeng ini.

Fasilitas Curug Dengdeng Cukup Memadai

Fasilitas Curug Dengdeng Cukup Memadai

Image Credit: Twitter.com @Curug_dengdeng

Seiring dengan bertambahnya popularitas, dalam wisata ini dilengkapi dengan fasilitas yang standar seperti tempat wisata lainnya. Terdapat toilet, musholla, kamar ganti, area parkir yang cukup luas, gazebo atau saung serta warung-warung makan di sekitar saung tersebut.

Untuk area parkir letaknya agak jauh dari curug maka dari itu bawa bekal atau air minum secukupnya karena Anda harus menempuh medan dengan berjalan kaki yang mungkin membutuhkan waktu cukup lama.

Jarak yang cukup jauh mengharuskan Anda berjalan kaki oleh sebab itu pakailah perlengkapan yang memadai, seperti memakai sandal atau sepatu beralaskan kasar, agar memudahkan Anda ketika berjalan di musim hujan. Tanah yang becek menjadi pemicu rawannya terpeleset. Jadi perlengkapan yang Anda pakai atau bawa sesuaikan dengan kondisi.

Gazebo bisa Anda gunakan untuk sekedar beristirahat atau camping bersama rombongan, bisa juga tempat Anda makan bersama mereka. Beristirahat di lingkungan alam yang natural akan membuat diri Anda menjadi lebih rileks dan siap kembali melakukan kesibukan Anda.

Untuk Anda yang lebih suka praktis alias tidak ribet, Anda bisa membeli makanan di warung-warung sekitar saung. Tapi jika Anda ingin membawa bekal tetap diperbolehkan. Namun jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya. Untuk harga makanan di warung ini relatif murah.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Bekasi yang Enak & Wajib Anda Coba

Dengan membuang sampah pada tempatnya, mungkin keindahan alam Indonesia takkan rusak. Pada bagian ini sangat penting terlebih jika Anda mengajak buah hati Anda, karena apa yang Anda lakukan pasti akan ditiru oleh anak Anda. Maka dari itu dengan hal yang sepele ini mari dilakukan dengan baik.

Perlu untuk Anda ketahui, Curug Dengdeng ini belum dikelola oleh pemerintah sehingga fasilitasnya belum terpenuhi dengan baik seperti akses jalan yang bisa dikatakan kurang baik, selain itu belum ada penunjuk arah. Mungkin untuk Anda yang baru pertama kali mengunjungi tempat ini ada baiknya untuk bertanya kepada warga sekitar untuk meminimalisir Anda tersesat.

Daya Tarik dari Curug Dengdeng, Tasikmalaya

Daya Tarik dari Curug Dengdeng, Tasikmalaya

Image Credit: Cikawungading.desa.id

Berenang atau sekedar bermain air menjadi favorit banyak orang dalam membuang kejenuhan. Dengan berwisata khususnya wisata alam dapat mengembalikan pikiran menjadi fresh kembali. MemAndang panorama alam yang jarang Anda lihat dapat menyadarkan bahwa alam ini tidak diciptakan dengan sia-sia. Mereka ada untuk dinikmati juga dijaga.

Menjadikan wisata Curug Dengdeng sebagai wisata destinasi Anda tentu tidak akan mengecewakan. Pasalnya curug ini memiliki daya tarik tersendiri. Banyak orang menyebutnya curug ini mirip dengan air terjun yang terkenal di Amerika.

Bukan hanya itu, dengan kondisi curug yang memiliki 3 tingkatan membuatnya berbeda dengan curug yang lainnya. Bukan hanya itu kondisi bebatuan di curug ini menyerupai karang hal ini disebabkan arus vertikal yang membentuk serat-serat dan membuatnya berlubang seperti karang. Tak hanya itu pemandangan eksotis akan didapat ketika Anda melihat sekeliling Anda.

Dengan kondisi alam seperti di atas, Anda bisa berenang di alam terbuka sambil menikmati keindahan panorama alam. Bagaimana tidak, curug ini diapit oleh perbukitan yang menimbulkan keeksotisan alam ini memancar. Selain itu cobalah perhatikan aliran air, debit air yang cukup deras membuatnya terlihat seperti tirai.

Daya Tarik dari Curug Dengdeng

Image Credit: Travelspromo.com

Untuk mendapatkan waktu yang tepat mengunjungi curug ini, Anda disarankan untuk mengunjunginya pada peralihan musim atau pancaroba. Karena di musim hujan debit air menjadi deras dan airnya keruh. Pastinya membuat foto Anda kurang bagus bukan?

BACA:  Kawah Ratu, Kawah Unik yang Memukau di Gunung Salak

Tidak berbeda dengan tempat-tempat lain, Curug Dengdeng ini dipercaya masyarakat sekitar memiliki mitos yang boleh dipercaya ataupun tidak. Indonesia memang kaya akan mitos dan kisah misteri dibalik tempat dan kejadian tertentu. Jadi untuk Anda percaya silahkan jika tidak juga silahkan. Yang pasti tetap menjaga kebersihan dan kesopanan dimanapun Anda berada.

Itulah keeksotisan Curug Dengdeng yang mampu menghanyutkan perasaan bagi penikmatnya. Anda yang belum menemukan destinasi wisata bolehlah mencoba curug satu ini. Panorama yang jarang tereksplore ini layak menjadi tempat wisata yang unggul dan terawat di Jawa Barat.

Selain panoramanya yang tidak diragukan lagi, buka 24 jam dengan ini Anda tidak perlu khawatir akan batas waktu untuk Anda meninggalkan tempat ini. Di sisi lain sudah disediakan penginapan. Ini akan membuat Anda lebih menikmati liburan Anda. Menghabiskan waktu bersama alam membuat ketenangan tersendiri bagi penikmatnya. Ada sensasi yang berbeda yang mampu mempengaruhi hidup seseorang.