Sukabumi memiliki kawasan wisata alam dengan pemandangan yang indah di Situ Gunung, Taman Nasional Gunung Gede. Kawasan wisata ini memiliki jembatan gantung ikonik cocok pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam dan aktivitas fotografi.

Harga Tiket: Rp 18.000, Jam Operasional: 07.00-17.00, Alamat: Sukamanis, Kec. Kadudampit, Kota Sukabumi, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Ada banyak cara untuk berlibur, pergi ke luar negeri atau menelusuri keindahan Indonesia di berbagai daerah. Jika Anda tertarik dengan pilihan kedua, Anda bisa mampir ke Situ Gunung Sukabumi. Tempat wisata ini mulai terkenal karena memberikan sensasi wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Di tempat wisata tersebut, Anda bisa menemukan kawasan wisata alam yang diubah sedemikian rupa, sehingga menawarkan landskap yang menarik. Anda tidak hanya bisa melakukan aktivitas fotografi saja, banyak fasilitas menarik yang bisa Anda temukan disana, yang akan menambah pengalaman menyenangkan saat berlibur.

Apabila Anda tertarik untuk berlibur ke tempat wisata ini, berikut adalah informasi penting yang perlu Anda ketahui. Mulai dari kegiatan menarik yang bisa dilakukan, harga tiket masuk, alamat, serta fasilitas yang tersedia di dalamnya. Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda bisa menikmati liburan dengan lebih maksimal.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Gunung

Daya Tarik Situ Gunung
Image Credit: Google Maps (Ray)

1. Jembatan Gantung Ikonik

Di tempat wisata ini, jembatan Situ Gantung menjadi spot wisata yang harus dikunjungi oleh wisatawan. Jembatan ini dibuat di tahun 2017, dengan usulan dari Kementerian Lingkungan Hidup yang dibantu oleh pihak swasta, proyek ini selesai hanya dalam waktu empat bulan.

Jembatan di Situ Gunung terkenal karena ia menggunakan kayu ulin, yang dibawa langsung dari Papua. Meski demikian, ia tetap memiliki kapasitas maksimal untuk dinaiki, yakni sekitar 44 orang dengan berat norma. Jika berlebihan, tentu akan memberikan beban berlebihan kepada jembatan.

Jembatan ini terkenal karena berada di ketinggian 161 meter dengan panjang mencapai 243 meter. Anda bisa melihat pemandangan yang indah dari jembatan tersebut, begitu juga dengan curug, danau, serta jurang yang ada di bawahnya.

2. Danau Situ Gunung

Tidak hanya jembatan, Anda bisa mengunjungi danau yang terletak di kawasan wisata ini, yakni Danau Gunung. Danau ini bukan merupakan danau alami, melainkan danau buatan manusia, namun tetap memiliki pemandangan yang asri karena tersedia pulau-pulau dengan ilalang hijau.

Keunggulan dari danau ini tidak hanya pemandangannya saja yang asri, Anda bisa menemukan berbagai spesies burung yang memiliki suara merdu. Anda bisa mendengarnya dengan jelas ketika beristirahat di sekeliling danau.

Terdapat legenda yang dipercayai penduduk sekitar mengenai danau Situ Gunung ini. Dulu di abad 18, tinggal Mbah Jalun atau Rangga Jahad Syahdana yang merupakan keturunan bangsawan Mataram. Ia membuat danau tersebut sebagai ungkapan syukur karena telah melahirkan anak laki-lakinya,yakni Rangga Jaka Lulunta.

3. Curug Sawer

Ketika sedang berada di jembatan Situ Gantung, ada baiknya meneruskan perjalanan sekitar 10-15 menit menuju destinasi wisata unggulan selanjutnya, yakni Curug Sawer. Curug merupakan air terjun menggunakan bahasa lokal, tingginya sekitar 35 meter dan memiliki air yang jernih dan segar.

Trek menuju air terjun ini tidak sulit, setelah sampai di ujung jembatan, Anda bisa melewati jalan berbatu yang telah dibentuk. Tersedia pula titian yang dekat dengan air terjun, kondisinya cukup kuat sehingga bisa Anda lewati tanpa perlu kesusahan.

Untuk kembali ke jembatan, Anda bisa langsung memutar jalan, namun kontur tanahnya menanjak. Anda bisa menggunakan ojek yang disediakan oleh pengelola wisata dan masyarakat sekitar, tentunya dengan yang telah ditentukan. Jika ingin berjalan kaki, pemandangannya cukup indah sehingga bisa menjadi penawar penat.

Daya Tarik Dimiliki Situ Gunung
Image Credit: Google Maps (Ade Purnama)

4. Camping Ground

Setiap tempat wisata umumnya memiliki lapangan luas sebagai tempat bermain, namun di Situ Gunung Anda bisa menemukan camping ground. Disana juga disediakan fasilitas untuk penyewaan tenda, baik tenda biasa atau tenda khusus untuk wisatawan yang tidak mau repot membawa peralatan camping dari rumah.

Camping ground yang terdapat di tempat wisata ini memiliki luas sekitar 2 hektar, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan tepat. Tersedia pula penginapan kecil untuk Anda yang ingin menginap, namun tidak ingin susah payah untuk membangun tenda.

Di camping ground, selain berkemah Anda bisa melakukan berbagai aktivitas luar ruangan, seperti outbond. Udara yang sejuk dan lahan yang luas membuat kegiatan outdoor bisa dilakukan dengan baik, tanpa adanya halangan.

5. Berbagai Wahana Menarik

Untuk wisatawan yang suka tantangan, Anda bisa mencoba berbagai wahana yang ada di tempat wisata ini. Beberapa diantaranya adalah sampan yang bisa Anda sewa untuk menyusuri danau, jembatan layang, dan masih banyak lagi.

Di Situ Gunung Sukabumi, akses wahana bisa dijangkau oleh anak-anak maupun orang dewasa. Namun pastikan Anda menggunakan alat keselamatan yang disarankan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Untuk anak-anak sebaiknya dengan sepengetahuan orang tua agar tetap aman selama bermain.

Beberapa wahana memiliki tarif tambahan yang harus Anda bayarkan agar bisa menggunakan fasilitasnya. Karena itu, tanyakan terlebih dahulu kepada petugas mengenai hal tersebut untuk menghindari adanya kesalahpahaman.

6. Amphiteater

Keindahan wisata Situ Gunung tidak hanya berupa pemandangannya saja, ada ruang pertunjukan terbuka yang bisa diakses dengan mudah oleh pengunjung, yakni amphiteather. Dengan tempat duduk bertingkat dan panggung di bagian tengahnya, Anda bisa menikmati pertunjukan yang ada disana.

Bangku panjang yang disediakan oleh pengelola bebas diduduki oleh wisatawan, baik ketika ada pertunjukan atau tidak. Ia juga bisa menjadi tempat yang menarik dan instagarammable karena pohon cemara di sekitarnya membuat pemandangan bak di dalam film.

Jika Anda berkunjung ke situs ini di pagi hari atau sore hari, Anda akan menemukan kabut yang membuat pemandangan semakin cantik. Bangku yang bertingkat dengan warna oranye dan cokelat membuatnya kontras dengan pemandangan alami yang indah di sekitarnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Situ Gunung

Alamat Situ Gunung
Image Credit: Google Maps (Marllo Marlley)

Objek wisata hits ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, yang terletak di Desa Gunung Pangrango. Lokasi administratifnya berada di Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Ketinggian tempat wisata ini ada di angka 850 meter diatas permukaan laut, jadi Anda harus menyiapkan pakaian tebal jika berkunjung disana.

Rute perjalanan menuju tempat wisata ini bisa disesuaikan dengan lokasi Anda berangkat, diantara rute yang disarankan adalah sebagai berikut:

Pertama Anda bisa menggunakan kereta api, Anda bisa memulainya dengan naik commuter line menuju Bogor. Lalu melanjutkan naik kereta api Pangrango menuju Sukabumi. Dari sana, Anda bisa turun di stasiun Cisaat, naik kendaraan umum menuju Polsek Cisaat, kemudian naik lagi kendaraan umum yang ada menuju lokasi.

Kedua dengan naik bus untuk menuju Situ Gunung, cukup dengan naik dari Terminal Barangsiang, dengan tujuan Bogor-Sukabumi. Untuk menuju lokasi wisata, Anda akan diturunkan di pertigaan Cisaat, dari sana Anda bisa langsung menuju lokasi menggunakan angkot atau kendaraan umum lainnya.

Rute selanjutnya adalah dengan naik mobil atau menggunakan trip wisata, Anda bisa menggunakan rute Bogor-Sukabumi. Kemudian ikuti penunjuk jalan untuk menuju tempat wisata.

Pengguna smartphone tentu tidak asing dengan pemakaian Maps, Anda juga bisa menggunakan cara tersebut jika kesulitan membaca penunjuk jalan. Tempat wisata ini sudah disematkan di Maps, jadi Anda bisa mencarinya dengan mudah.

Harga Tiket Masuk Wisata Situ Gunung Sukabumi

Harga Tiket Situ Gunung
Image Credit: Google Maps (Local Trip)

Untuk tiket masuknya, Anda cukup membayar 18 ribu rupiah saja untuk tiap orangnya. Namun tarif tersebut hanya tiket masuk saja, jika ingin mencoba berbagai wahana yang ada di dalamnya, maka Anda harus mengeluarkan budget tambahan secara mandiri.

Misalnya untuk mencoba wahana permainan yang ada disana, Anda bisa membayar mulai dari 20 ribu – 75 ribu rupiah sesuai dengan umur. Hal yang sama jika Anda hendak naik jembatan gantung atau melakukan camping, Anda juga akan dikenakan biaya tambahan.

Namun jangan khawatir, harga tiket tambahan tersebut sudah termasuk jasa wisata di Situ Gunung dan biaya tambahan untuk asuransi. Harga tersebut mungkin saja akan naik, apalagi di musim liburan, Anda bisa melihat detailnya di website resmi yang mereka kelola. Kenaikan harga tiket juga tidak begitu tinggi, cukup persiapkan saja budget tambahan.

Tempat wisata ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore, sedang di akhir pekan objek wisata ini dibuka dari jam 6 pagi sampai jam 9 malam. Kadang karena banyak pengunjung yang datang, tempat wisata ini buka sampai malam, yakni jam 10 atau 11 malam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Situ Gunung

Aktivitas Menarik di Situ Gunung
Image Credit: Google Maps (Hasan Sadiq)

1. Melakukan Aktifitas Fotografi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, wisata ini memiliki daya tarik yang bermacam-macam, dari pemandangan yang indah hingga landskap buatan yang tidak kalah menarik. Untuk Anda yang menyukai aktivitas fotografi, mampir dan mencari berbagai spot untuk berfoto adalah kegiatan wajib.

Untuk mengambil foto, Anda tidak perlu membayar biaya tambahan, begitu pula jika Anda membawa kamera dari luar. Beberapa titik fotografi yang ramai dengan pengunjung adalah jembatan gantung, amphitheater, serta danau Situ Gunung.

2. Menikmati Keindahan Alam

Terletak di daerah pegunungan, udara yang ada di tempat wisata ini cukup sejuk. Anda bisa menikmati pemandangan, sekaligus merasakan segarnya udara pegunungan. Anda yang ingin melepaskan diri sejenak dari keramaian perkotaan bisa datang ke tempat wisata ini.

Keindahan alam bisa Anda nikmati dengan berbagai cara, duduk di tepi danau sembari menikmati kuliner setempat, mengunjungi jembatan gantung, atau menyusuri trek yang tersedia di beberapa titik. Anda juga bisa menemukan flora dan fauna khas gunung tersebut, yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

3. Mencoba Berbagai Wahana

Untuk Anda yang senang menikmati aktivitas luar ruangan, camping ground adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu wisata di Situ Gunung Sukabumi. Di sekitar tempat kemah, juga tersedia berbagai permainan yang disediakan untuk pengunjung.

Wahana dan permainan yang ada diantaranya adalah flying fox, jembatan gantung dengan tali dan beberapa permainan lain. Selalu ikuti dan patuhi setiap aturan dalam wahana permainan tersebut, sehingga Anda bisa menikmatinya dengan aman.

Aktivitas di Situ Gunung
Image Credit: Google Maps (Yuli Nuriskandar)

4. Menyusuri Danau dengan Sampan

Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan danau saja dengan duduk di pinggirannya, Anda bahkan bisa naik sampan yang disediakan oleh masyarakat setempat. Anda juga tidak perlu mendayungnya sendiri, akan ada petugas yang membantu Anda.

Ketika naik sampan di danau Situ Gunung, Anda akan diajak berkeliling untuk menikmati keindahan alam. Pastikan dompet dan peralatan yang Anda bawa tetap aman ketika naik perahu, sehingga tidak khawatir jatuh ke dalam danau.

5. Menikmati Kuliner Khas Sunda

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini cukup lengkap, Anda bisa menikmati makanan lokal khas Sunda di warung makan dan restoran yang ada di dalam tempat wisata. Makanan yang disediakan juga beragam, dari makanan khas Sunda hingga camilan ringan dan minuman.

Fasilitas yang Tersedia di Situ Gunung Sukabumi

Fasilitas di Situ Gunung
Image Credit: Google Maps (Andini Maheswari)

Fasilitas yang ada di wisata danau ini cukup lengkap, Anda akan mendapati tempat parkir cukup luas untuk menampung banyak kendaraan. Begitu pula dengan kehadiran toilet serta kamar mandi yang terletak di berbagai titik, semuanya dalam keadaan bersih dan siap untuk digunakan.

Anda yang ingin mencari penginapan juga tersedia di dalam dan dekat dengan tempat wisata, harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk kantong wisata. Restoran dan kafe yang ada didalamnya bisa langsung ditemukan dengan mudah, jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan.

Itulah informasi lengkap mengenai tempat wisata menarik Situ Gunung di Sukabumi, untuk Anda yang tertarik kesana, semoga bisa memudahkan. Tempat wisata ini cenderung ramai di akhir pekan, karena itu sebaiknya persiapkan dengan matang kapan waktu yang tepat untuk mengunjunginya.