Danau Linting, Wisata Air Hangat Unik Sarat Misteri di Deli Serdang

Danau Linting, Wisata Air Hangat Unik Sarat Misteri di Deli Serdang

Danau Linting salah satu danau unik di Deli Serdang yang memiliki air terasa hangat yang menarik dikunjungi untuk berendam merasakan relaksasi. Air di Danau vulkanik ini juga kadang berubah warna hijau dan biru.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB, Alamat: Jl. Rumah Rih, Kec. Sinembah Tj. Muda Hulu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Danau yang juga dijadikan objek wisata ini memiliki bentuk melingkar yang berada pada wilayah perbukitan dan luas hingga 1 ha. Wisatawan yang berkunjung disana bisa menghabiskan waktunya dengan menikmati jernihnya air disana. Danau Linting akan menawarkan keindahan dan keunikannya yang dapat membuat Anda nyaman ketika mengunjunginya.

Nama Linting yang disematkan pada danau ini terinspirasi oleh bentuk wilayahnya yang berbentuk lingkaran sempurna. Danau ini juga dapat dikategorikan sebagai danau vulkanik karena dapat mengeluarkan kandungan belerang yang didukung dengan lokasinya yang berada pada ketinggian pegunungan.

Para wisatawan yang berkunjung ke Danau Linting dapat mengisi waktunya dengan aktivitas-aktivitas seru yang tersedia disana. Terdapat juga fasilitas pendukung yang dapat Anda temui disana seperti mushola, tempat parkir yang luas, dan warung tempat makan dan minum.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Linting

Daya Tarik Danau Linting

Image Credit: Google Maps (FDLN)

Danau ini dikenal akan daya tarik warna airnya yang berwarna biru kehijauan yang luas dan dalam. Lingkungan di sekitarnya yang masih asri dikelilingi dengan pepohonan rindang yang cocok untuk dijadikan spot berfoto ria untuk mengenang liburan Anda disana. Banyak pengunjung datang juga untuk menikmati air hangat yang berasal dari aliran belerangnya.

1. Suhu Air yang Hangat

Danau yang digolongkan sebagai vulkanik ini memiliki suhu air yang terbilang panas berkisar di angka 30 derajat celcius. Hangatnya air di danau ini terjadi karena kandungan belerang aktif yang bercampur pada airnya sehingga menjadikannya memiliki suhu air yang hangat.

Meskipun terdapat kandungan belerang aktif pada danau ini, namun baunya tidaklah menyengat sehingga Anda dapat menikmati keindahan alamnya yang menyejukkan hati.

2. Spot Foto Keren

Dengan airnya yang jernih dan memiliki gradasi warna antara hijau dan biru membuat Danau Linting seringkali dijadikan sebagai spot berfoto oleh para pengunjung disana. Selain danau yang menyajikan keindahannya, terdapat juga pepohonan yang rindang menambahkan kesan alamnya yang masih asri.

Untuk berfoto disana pengunjung juga harus memperhatikan cuaca di sekitar. Pada saat hujan akan terdapat kabut yang mengitari di sekitar danau ini. Momen ini dapat membuat hasil foto Anda menjadi kurang maksimal, karena letaknya yang berada di ketinggian membuat cuaca disana tidaklah menentu.

BACA:  15 Tempat Wisata di Pagar Alam Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Pepohonan yang Rindang

Disana juga terdapat jajaran pepohonan yang rindang mengitari wilayah Danau Linting yang menambah kesan tempat wisata ini sangat patut untuk Anda Kunjungi. Pepohonan yang rindang tersebut juga memberikan efek kesejukan pada daerah wisata danau ini sehingga wisatawan dapat dengan nyaman untuk berlibur disana.

Pepohonan yang ada di sekitar danau yakni terdiri dari pohon beringin yang memiliki ukuran terbilang cukup besar dan terdapat beberapa pohon lainnya yang semakin menghijaukan wilayah itu.

Daya Tarik Dimiliki Danau Linting

Image Credit: Google Maps (Alwan Afrianda Winata)

4. Sejarah Danau

Pada awal mulanya daerah yang sekarang menjadi danau vulkanik ini hanyalah wilayah pegunungan biasa. Danau ini juga terbilang cukup baru dikenal masyarakat sekitar 3 tahun ke belakang ini.

Berdasarkan cerita masyarakat di sana, mulanya terdengar suara dentuman kencang yang terjadi pada area sekitar bukit yang juga dirasakan oleh masyarakat sekitar. Namun, beberapa waktu setelah suara itu hilang ternyata wilayah yang tadinya bukit tersebut berubah menjadi sebuah danau vulkanik yang memiliki perpaduan warna air yang sangat mempesona.

5. Kedalamannya yang Belum Diketahui

Hal menarik yang terdapat pada wilayah Danau Linting adalah kedalamannya yang belum diketahui. Terdapat kisah bahwa pernah ada peneliti yang mencoba mengukur kedalam dari danau vulkanik ini menggunakan sebuah alat yang dapat mengukur hingga 100 meter. Namun, alat yang dimasukan ke tengah danau tersebut tidak pernah sampai menyentuh dasarnya.

Ini menyebabkan danau yang indah ini tidak disarankan untuk dijadikan area berenang karena takut akan menelan korban jiwa. Meskipun hangatnya air yang bercampur belerang tersebut selalu menggoda para pengunjung untuk berendam di sana, mereka hanya diperbolehkan untuk berendam pada pinggiran danau yang masih terdapat bebatuan yang amat dangkal.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Danau Linting

Alamat & Lokasi Danau Linting

Image Credit: Google Maps (krizt888)

Wisata alam ini berlokasi pada wilayah Sumatera Utara, kecamatan Sinembah Tanjung Mudan, Deli Serdang. Untuk berkunjung ke tempat wisata ini Anda lebih disarankan untuk pergi dengan kendaraan pribadi supaya Anda bisa mencapai sana tanpa perlu berjalan cukup jauh dari jalanan utama menuju ke arah danau.

Dalam perjalanan menuju lokasi, Anda juga akan melewati Jembatan Gantung Lau Luhung yang telah berdiri sejak 1979. Jembatan ini memiliki ketinggian sekitar 150-200 meter dan panjang hingga 160 meter. Jembatan ini terlihat sangat indah dengan arsitekturnya yang kokoh didukung pemandangan hutan yang ada dibawahnya sehingga perjalanan Anda semakin terasa nyaman.

Sekitar 30 menit dari danau Linting terdapat juga sebuah air terjun yang memiliki nama Pelangi. Wisata ini juga memiliki keindahan alamnya yang masih terbilang asri serta akses masuknya yang dapat dikatakan mudah.

BACA:  Danau Linow, Danau Tiga Warna Kebanggaan Orang Minahasa

Wisata air terjun ini dapat Anda jadikan opsi setelah berkunjung dari danau ini sehingga memiliki pengalaman wisata di Sumatera Utara yang tidak kalah serunya. Lokasinya terdapat ada Desa Tanjung Timur, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda. Disini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti mushola, camping ground, toilet, dan tempat parkir yang memadai.

Berjarak 200 meter dari lokasi danau terdapat juga wisata tiga Goa yang tidak kalah indahnya. Goa-goa tersebut dikenal akan cerita legendanya yang sudah ada dari masa ke masa sehingga patut untuk Anda kunjungi ketika berada di sana. Untuk biaya masuknya Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 7.00 per orangnya.

Meskipun juga tersedia angkutan umum yang berangkat dari terminal umum Amplas Medan dan dapat membawa Anda sampai menuju wisata Danau Linting ini. Namun jika menggunakan kendaraan umum maka Anda harus berjalan dahulu kesana karena titik pemberhentian angkutan umum yang cukup jauh.

Untuk waktu yang ditempuh apabila Anda berangkat dari Medan Kota maka diperlukan waktu kurang lebih 2 jam di perjalanan dengan melewati beberapa wilayah pedesaan.

Harga Tiket Masuk Danau Linting Deli Serdang

Harga Tiket Danau Linting

Image Credit: Google Maps (Armaizal Dalil)

Tempat wisata ini terbilang masih belum terkelola secara maksimal sehingga untuk masuk kesana Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 setiap orangnya. Dengan membayar harga tersebut Anda dapat menikmati wisata yang menyajikan keindahan dipadukan dengan air danaunya yang hangat.

Bagi Anda yang akan berkunjung kesana menggunakan kendaraan pribadi maka harus membayar biaya parkir sebesar Rp 10.000 bagi Anda yang membawa kendaraan roda 4 dan Rp 5000 bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda 2.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Linting

Kegiatan Menarik di Danau Linting

Image Credit: Google Maps (A.R Simatupang)

Ketika berkunjung kesana Anda akan ditawarkan beberapa kegiatan menarik yang dapat menjadikan liburan Anda terasa sangat berkesan. Indahnya pesona alam yang ada disana tidaklah hanya menjadi satu-satunya hal yang paling menarik, namun Anda juga dapat melakukan kegiatan menarik ketika berkunjung ke Danau Linting seperti berikut ini.

1. Berendam di Tepian Danau

Diketahui kedalaman dari danau ini masih belum ditemukan angka pastinya. Diperkirakan dalamnya berkisar lebih dari 100 meter sehingga para wisatawan dilarang untuk berenang hingga ke tengah danau.

Air yang terdapat di danau ini juga sudah bercampur dengan kandungan belerang yang dapat bermanfaat sebagai terapi untuk menyehatkan kulit Anda. Dengan berendam disana juga dapat menghangatkan tubuh Anda dikarenakan lokasinya yang berada di pegunungan.

2. Menaiki Ayunan

Dengan banyaknya pepohonan rindang di sekitar wilayah danau ini menjadikan pengelola memasangkan beberapa ayunan yang menggantung pada batang pohon-pohon tersebut. Anda dapat berayun di sana sambil memandangi air dana yang sangat indah dengan warna hijau dan birunya yang saling menyatu yang menjadikannya kombinasi yang sempurna untuk berlibur.

BACA:  15 Hotel Murah di Manado Dengan Promo Terbaik

Ayunan yang tersedia di sana letaknya berada pada pinggiran danau sehingga ketika Anda menaiki ayunan tersebut maka secara tidak langsung kaki akan menyentuh hangatnya air Danau Linting. Suasananya yang masih asri seakan membuat Anda merasa berada di negeri dongeng yang indah mempesona.

3. Berpiknik

Disini para pengunjung diperbolehkan untuk menggelar alas duduk dan menikmati pemandangan yang mempesona di depan mata. Anda dan keluarga dapat menghabiskan waktu bersama dengan bersantai ataupun makan bersama dengan duduk di bawah pepohonan rindang yang memberi nuansa sejuk serta menghadap ke arah Danau Linting.

Disana juga terdapat persewaan alas duduk yang bermanfaat untuk Anda yang ingin menikmati suasana alam yang istimewa tetapi lupa akan membawa tikar dari rumah. Terdapat dua jenis alas duduk yang disewakan yaitu ukuran sedang dan juga yang besar. Untuk ukuran sedang Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 sedangkan untuk yang berukuran besar berharga Rp 20.000.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Linting Deli Serdang

Fasilitas di Danau Linting Deli Serdang

Image Credit: Google Maps (Heryanto Sun)

Terdapat beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola sebagai wadah untuk mendukung kenyamanan pengunjung di sana. Di sana menyediakan fasilitas berupa tempat makan yang menyajikan berbagai macam jenis makanan yang dapat dinikmati sembari bersanti menghadap indahnya air danau.

Selain tempat makan disana tersedia juga beberapa gazebo yang cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat untuk berteduh dan bercengkarama bersama keluarga. Hal ini juga dilengkapi dengan pemandangan airnya yang seolah membuat mata kita tidak pernah lelah untuk memandanginya terus menerus.

Disana juga tersedia beberapa penginapan yang dapat Anda kunjungi ketika membutuhkan tempat untuk bermalam. Namun, penginapan yang tersedia di sana hanyalah penginapan budget yang belum semewah Hotel berbintang. Ini dikarenakan belum adanya pengembangan wisata Danau Linting secara professional baik dari pemerintah ataupun pihak pemodal swasta.

Disana tersedia juga toilet umum bagi Anda yang menghabiskan waktu dengan berendam di pinggiran danau ini. Fasilitas ini sangatlah bermanfaat dikarenakan fungsinya sangat vital sebagai pendukung tempat wisata ini agar bisa terus menjaga kebersihannya.

Jika mengunjungi danau eksotis ini dengan menggunakan kendaraan pribadi jangan khawatir karena disana juga tersedia lahan parkir yang sangat memadai. Lahan parkir tersebut dapat menampung baik dari kendaraan roda dua ataupun roda empat yang Anda bawa kesana.

Bagi Anda yang berkunjung ke Sumatera Utara terdapat banyak lokasi wisata yang harus Anda masukan kedalam daftar liburan. Termasuk Danau Linting ini yang memiliki sejarah unik serta keindahannya yang dipadukan dengan hangatnya air danau.