Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00–20.00 WIB, Alamat: Jl. Dusun VI, Pematang Johar, Kec. Labuhan Deli, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Wisata Sawah Pematang Johar merupakan salah satu desa wisata yang baru saja diresmikan. Terletak di Deli Serdang, Sumatera Utara, objek wisata ini langsung menjadi destinasi yang populer. Tempatnya yang khas pedesaan memang sangat cocok untuk liburan keluarga dan belajar hal-hal baru yang tidak dapat ditemukan di perkotaan.

Desa wisata ini memiliki lahan seluas 1.750 hektar. Dikelola oleh kepala desa Pematang Johar dan bekerjasama dengan PT. Kawasan Industri Medan. Adanya tempat wisata ini diterima dengan positif oleh masyarakat karena telah meningkatkan perekonomian warga sekitar. Kerjasama yang dilakukan dengan masyarakat berupa sewa lahan dan petani masih tetap bisa menikmati hasil panen.

Saat ini, pengelola juga telah merencanakan berbagai fasilitas-fasilitas baru. Salah satunya adalah rencana untuk membangun homestay dengan konsep rumah sederhana yang nyaman. Penginapan ini diharapkan akan menambah pendapatan warga. Selain itu, ada juga rencana pembangunan sarana-sarana outbond yang akan menarik lebih banyak pengunjung untuk datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Sawah Pematang Johar

Daya Tarik Sawah Pematang Johar
Image Credit: Instagram.com @wisatasawahpematangjohar

1. Sawah

Menjadi objek utama, bentangan sawah di Desa Wisata Pematang Johar menjadi daya tarik tersendiri. Hal tersebut menjadi positif karena tidak ada lahan sawah yang akan dirusak. Area persawahan tidak akan diubah dan pemilik masih bisa mengolah dan menikmati hasil panen.

Sunrise dan sunset di tempat keren ini juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Jika Anda biasanya melihat sunrise atau sunset di puncak gunung atau tepi pantai, di desa wisata ini akan menghadirkan dengan pemandangan yang langit yang tidak kalah indah dan romantis. Tidak heran pengunjung banyak menunggu momen ini.

Pengunjung juga dapat ikut bercocok tanam, liburan sambil belajar bertani. Jika pengunjung datang saat padi mulai menguning, pemandangan akan tampak lebih cantik. Kemudian saat musim panen, pengunjung bisa melihat langsung bagaimana pengolahan padi menjadi beras.

2. Kolam

Di area desa wisata Pematang Johar ini terdapat kolam dengan sepeda bebek. Sarana ini menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Banyak pengunjung, terutama anak-anak yang antusias untuk mencoba sarana ini. Tidak perlu merogoh kantong yang cukup dalam, liburan keluarga bisa lebih menyenangkan.

3. Spot Foto

Keindahan pemandangan sawah yang membentang menjadi daya tarik pengunjung untuk mengambil foto. Selain itu, disediakan juga spot-spot foto lain yang menarik. Adanya jembatan warna yang terbuat dari bambu membuat tempat ini sangat unik. Karenanya, para pengunjung tidak lupa untuk mengabadikan pengalaman saat berkunjung di desa wisata ini.

Banyak pengunjung yang mengunggah foto-foto di desa wisata ini. Dengan lanskap yang menakjubkan membuat banyak pengguna media sosial lain yang penasaran untuk datang dan melihat langsung keindahan pemandangan dan sawah yang terhampar.

Daya Tarik Dimiliki Wisata Sawah Pematang
Image Credit: Facebook.com @rahman.rifqi.758

4. Taman Baca

Wisata Sawah Pematang Johar juga berencana menjadikan destinasi ini sebagai wisata edukasi. Salah satu untuk merealisasikannya adalah dengan adanya taman baca. Bangunan perpustakaan ini termasuk baru, namun bagi Anda yang suka membaca pasti tertarik untuk datang. Membaca buku sambil merasakan suasana yang asri tentu akan lebih menenangkan dan nyaman.

5. Wisata Ramah Lingkungan

Semua properti yang ada di desa wisata menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Misalnya saja meja dan kursi atau furnitur lain menggunakan bahan-bahan ecobricks. Bahan baku ecobricks berasal dari pengolahan sampah plastik dari bank sampah masyarakat. Selain itu, pengelola juga meminimalisir penggunaan plastik di area ini.

Jalur pejalan kaki dan pondok-pondok juga berasal dari material bambu. Agar tampak lebih menarik jalur pejalan kaki ini dicat warna-warni dan didesain sedemikian rupa sebagai spot foto pengunjung. Sedangkan untuk sumber listrik menggunakan panel surya.

Penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan ini justru semakin menarik banyak pengunjung. Penggunaan bambu membuat suasana jauh lebih asri dan terasa khas pedesaan. Pengunjung banyak yang terkesan untuk kembali datang dan menikmati suasana yang demikian. Anak-anak juga dapat bermain dengan leluasa dan belajar untuk tidak merusak lingkungan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sawah Pematang
Image Credit: Google Maps (Fadilsyah Lubis)

Wisata Sawah Pematang Johar berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Berlokasi di Jl. Johar Raya, Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli. Wisata ini tidak sulit untuk dicari. Anda juga bisa menggunakan kendaraan roda dua, roda empat maupun bus. Apalagi infrastruktur untuk menuju ke lokasi mudah dilalui dan sudah bagus.

Ada beberapa rute yang dapat dilalui untuk menuju ke lokasi. Jika Anda dari Medan, Anda bisa melalui Jalan Yos Sudarso, kurang lebih sejauh 36 km. Sampai di Jalan Pulau Sumatra, Anda dapat menuju Jalan Rawe 7 sebagai kordinat terakhir. Jalan alternatif lain, Anda juga dapat melalui Jalan Sampali atau Jalan Williem Iskandar. Dari alternatif ini dapat ditempuh selama 40-45 menit saja.

Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum untuk menuju lokasi. Salah satu angkutan umum yang bisa digunakan seperti trayek. Anda juga bisa menggunakan angkot 79 hijau. Kendaraan umum ini cukup terjangkau kantong Anda.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Sawah

Harga Tiket Wisata Sawah
Image Credit: Google Maps (Fadilsyah lubis)

Wisata Sawah buka setiap hari, dari Senin hingga Minggu pada pukul 08.00 sampai pukul 20.00. Karena beroperasional sampai malam, maka Anda dapat melihat sunset dan pemandangan area persawahan yang unik di malam hari.

Harga tiket masuk tempat wisata juga sangat terjangkau. Hanya dengan Rp. 5000 saja untuk dewasa maupun anak-anak. Tentu saja harga ini termasuk murah meriah untuk destinasi wisata keluarga. Harga tiket wisata di Pematang Johar ini masih bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wisata Sawah

Kegiatan di Wisata Sawah
Image Credit: Facebook.com @rina.oktriana.3

Semakin banyaknya pengunjung di desa Wisata Sawah Pematang Johar membuat pengelola mempersiapkan kegiatan-kegiatan lain yang mengedukasi dan menghibur untuk membuat desa wisata ini lebih banyak diminati. Untuk saat ini, ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berlibur di desa wisata ini.

1. Berfoto

Adanya banyak spot foto yang disediakan oleh pengelola membuat desa wisata ini menjadi incaran sebagai latar foto yang epik. Pemandangan alam, sawah, dan keasriannya membuatnya hasil foto jauh lebih bagus untuk diunggah di sosial media. Jembatan dan pondok yang terbuat dari bambu, membuat spot ini tampak unik dan khas pedesaan.

Pengelola juga telah mendesain spot-spot foto dan juga memasang payung warna-warni. Jembatan juga dicat dengan beragam warna sehingga tampak menarik. Dikelilingi dengan bentangan sawah, tempat wisata ini memang sangat cocok dijadikan untuk tempat mengambil foto.

2. Sepeda Bebek

Disediakannya sarana ini dapat digunakan sebagai kegiatan yang seru jika ada berkunjung di wisata sawah Pematang Johar ini. Sambil berolahraga, Anda bisa merasakan keindahan alam dan kolam bersama keluarga. Sepeda bebek ini banyak diminati oleh pengunjung. Anda juga tentu ingin mencobanya jika berkunjung di tempat ini.

3. Membaca

Setelah berkeliling desa wisata ini, Anda bisa beristirahat di taman baca yang disediakan. Bagi Anda yang menyukai buku, Anda dapat menikmati sepoi-sepoi angin sambil membaca buku yang tersedia. Taman baca ini juga cocok untuk anak-anak sebagai tempat menambah wawasan dengan memperbanyak membaca buku.

Kegiatan Menarik di Wisata Sawah
Image Credit: Instagram.com @turnip_tkj

4. Berkumpul dengan Keluarga

Desa wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Anak-anak dapat bermain dengan leluasa. Anda juga dapat menggunakan saung-saung dan pondok yang telah tersedia untuk beristirahat. Tentu akan menjadi liburan yang menyenangkan bisa berkumpul dengan keluarga sambil menikmati pemandangan yang permai dan merasakan suasana pedesaan.

5. Wisata Kuliner

Di kawasan wisata sawah ini juga tersedia warung makan yang cukup murah dan enak. Terdapat banyak menu yang dapat dipilih, seperti seafood atau ada juga kelapa muda dari hasil kebun warga sekitar. Selain itu, di hari Sabtu dan Minggu, warung-warung ini juga menyediakan makanan tradisional seperti singkong, ubi, atau jagung. Menu ini akan membuat Anda lebih dapat merasakan suasana khas pedesaan.

6. Belajar Bertani

Anda bisa ikut para petani untuk belajar bagaimana bercocok tanam. Selain itu, Anda juga bisa melihat bagaimana para petani memanen dan proses dari padi menjadi beras. Karena itulah wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga karena selain berlibur juga bisa belajar hal baru.

Fasilitas yang Tersedia di Sawah Pematang Johar

Fasilitas di Sawah Pematang
Image Credit: Facebook.com @PematangJoharLD

Desa wisata yang sedang dikembangkan, wisata sawah ini juga telah memiliki fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan pengunjung. Terdapat area parkir untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, mushala, ada toilet, serta pondok dan saung untuk beristirahat. Sarana-sarana seperti sepeda bebek dan juga taman bacaan juga tersedia untuk pengunjung.

Wisata Sawah Pematang Johar tidak hanya menyajikan suasana khas pedesaan di Deli Serdang, namun juga memberikan kesan bagi pengunjung yang datang. Apalagi pengelola akan terus mengembangkan dan menambah fasilitas yang lebih baik lagi ke depannya. Oleh karena itu, Anda dapat memilih desa wisata ini untuk membawa keluarga Anda dan menghabiskan waktu liburan.