Pesona Coban Rondo, Sejuknya Air Terjun Eksotis di Batu Malang

Coban Rondo Malang

Coban Rondo merupakan air terjun hits di Batu Malang yang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Wisata air eksotis yang dilengkapi pemandangan alam yang memanjakan mata pengunjung.

Lokasi: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang.
Map: Cek Lokasi

Malang memang cukup terkenal dengan berbagai wisata yang ditawarkannya. Mulai dari wisata alamnya yang luar biasa, wisata kuliner, dan lain sebagainya. Daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur ini sudah dikenal hingga seluruh penjuru nusantara. Bahkan beberapa turis mancanegara juga tertarik untuk mengunjungi daerah ini.

Malang tidak hanya terkenal dengan buah apelnya ataupun kampung inggris yang ada di sana. Namun, beberapa penampakan alam membuat daerah ini banyak dikunjungi para wisatawan. Salah satunya yaitu air terjun yang bernama Coban Rondo. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu Air Terjun Janda.

Asal nama tempat itu memang cukup menarik. Dikisahkan bahwa air terjun tersebut dinamakan demikian karena seorang wanita bernama Dewi Anjarwati bersembunyi di tempat itu untuk menyelamatkan diri dari seorang lelaki yang berusaha merebutnya. Suaminya bertarung dengan lelaki itu dan meninggal, ia pun menjadi seorang janda.

Daya Tarik Wisata yang Dimiliki Coban Rondo

Daya Tarik Coban Rondo

Image Credit: Twitter.com @ikramwiese

1. Pemandangan Alam yang Eksotis Nan Luar Biasa

Jika wisatawan mengunjungi destinasi ini, maka akan terpukau dengan keindahan alam yang disajikan. Air terjun dengan ketinggian mencapai sekitar 84 meter ini memang sangat indah untuk memanjakan mata. Liburan ke tempat ini dipastikan akan memberikan sebuah pengalaman yang luar biasa.

Tidak seperti air terjun pada umumnya yang memiliki bentuk alam yang relatif tertutup oleh tebing-tebing tinggi di sekitarnya, tempat wisata ini justru menampilkan keterbukaan bentangan alamnya. Pepohonan pinus yang tumbuh di sekitarnya membuat tempat ini terasa lebih natural.

Tebing-tebing yang membuat air terjun ini memiliki bentuk yang melebar ke penjuru kanan dan kirinya. Hal itu membuat tempat ini cukup terbuka terlebih jika dilihat dari bagian atas destinasi tersebut. Dengan bentuk bentangan alam yang demikian, pengunjung bisa mendapatkan sinar matahari ketika cuaca cerah.

Nuansa di tempat wisata ini terasa sejuk dan asri. Banyak sekali pepohonan yang tumbuh di area tersebut. Banyak wisatawan yang bermain-main di tempat ini. Selain bermain airnya yang cukup sejuk, berfoto-foto menjadi sesuatu yang tidak akan dilupakan ketika berada di destinasi ini.

Air terjun dengan ketinggian 1.135 meter dari atas permukaan laut ini bersumber dari Cemoro Dudo yang merupakan lereng Gunung Kawi.

2. Labirin Kecil Dekat Air Terjun

Tempat wisata Coban Rondo memang cukup dikenal dengan keberadaan sebuah labirin yang ada di dekatnya. Labirin ini terbentuk dari tanaman-tanaman yang tumbuh di tempat itu. Keberadaan wisata ini menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Madiun Paling Populer

Labirin tersebut mempunyai ketinggian hingga 2 meter. Luas jalur yang ada di dalamnya cukup untuk dilewati beberapa orang. Di bagian tengah labirin tersebut terdapat sebuah air mancur yang membuat tempat ini lebih memukau. Air mancur tersebut seolah menjadi jantung dari keindahan Labirin Coban Rondo.

Hal yang menjadikan tempat ini lebih menarik adalah rute atau pola labirin tersebut diubah setiap harinya. Bagi wisatawan yang telah mengunjungi tempat ini tidak selalu bisa melewati labirin dengan pola yang sama seperti sebelumnya. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini.

Daya Tarik dari Coban Rondo

Image Credit: Facebook.com @kopihitam.me

3. Berbagai Wahana Menarik yang Dapat Dicoba

Tempat wisata ini tidak hanya memberikan pengunjung pemandangan alam khas air terjun pada umumnya saja. Pengunjung dapat mencoba beberapa wahana wisata yang disediakan oleh pengelola.

Wahana yang tersedia di tempat ini cukup banyak untuk dinikmati oleh pengunjung. Beberapa diantaranya yaitu flying fox, camping ground, aneka outbound, fun tubing, paintball, hingga perkebunan apel. Banyak sekali pilihan bagi pengunjung untuk menikmati destinasi ini.

Pengunjung tidak hanya senang melihat keelokan alam di tempat ini, namun juga wisata-wisata yang ditawarkan. Bahkan, wisatawan juga dapat berkemah di tempat ini. Hal tersebut akan memberikan suatu pengalaman luar biasa, yakni berkemah di dekat tempat wisata air terjun yang cukup indah.

Dengan beragamnya jenis wisata yang dapat dipilih, tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Pengunjung tidak akan bosan untuk mencari cara menikmati destinasi ini. Fasilitas untuk wisata-wisata tersebut juga terbilang memadai, sehingga akan sangat mudah untuk dinikmati.

Seperti halnya tempat-tempat yang terdapat di sekitar Malang, destinasi ini juga menawarkan wisata perkebunan apel. Apel malang yang cukup terkenal itu ditanami oleh pengelola di tempat tersebut. Keberadaannya membuat ciri khas tersendiri wisata tersebut. Pengunjung dapat memetik apel dan menikmatinya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Coban Rondo

Alamat Coban Rondo

Image Credit: Google Maps (Nafisaaas)

Tempat wisata ini berlokasi di Pandesari yang merupakan sebuah desa yang ada di Kecamatan Punjong. Tempat ini berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terdapat beberapa pilihan untuk sampai ke tempat ini. Diantaranya yaitu dengan transportasi umum ataupun dengan kendaraan pribadi.

Jika pengunjung menggunakan transportasi umum, maka dapat menaiki bus hingga Terminal Arjosari Malang. Setelah itu pindah untuk naik ke bus yang menuju Landungsari. Setelah sampai di Landungsari, maka pindah lagi ke bus menuju Pujon atau arah Kediri. Setelah menaikinya, maka turun di pertigaan patung sapi dan menyewa ojek.

BACA:  12 Wisata Pantai di Banyuwangi Paling Recommended

Namun, jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi akan cukup mudah. Pengunjung cukup mengikuti jalan menuju arah Pujon. Sesampainya di puncak perbukitan yang akan dilewati, maka terdapat papan penunjuk jalan untuk ke arah tempat wisata air terjun tersebut. Pengunjung hanya perlu mengikutinya untuk sampai di destinasi tersebut.

Jarak antara tempat wisata dengan pusat Kota Malang hanya berkisar kurang lebih 30 kilometer saja. Lama perjalanan yang harus ditempuh kurang lebih hanya 1 jam. Sedangkan jaraknya dengan Kota Surabaya kurang lebih 142 kilometer dengan waktu tempuh berkisar antara 3 hingga 4 jam tergantung kondisi jalan apakah macet atau tidak.

Harga Tiket Masuk Coban Rondo Batu Malang

Harga Tiket Coban Rondo

Image Credit: Google Maps (Wahib Betric)

Jika ingin memasuki tempat wisata ini, pengunjung tidak perlu khawatir akan menguras kocek yang banyak. Untuk wisatawan mancanegara saja hanya memerlukan biaya sebesar Rp 10.000, sedangkan untuk wisatawan lokal hanya perlu menghabiskan biaya Rp 8.000 saja.

Di tempat wisata ini, jika pengunjung membawa kendaraan maka diperlukan biaya kendaraan serta biaya parkir. Di sini tidak hanya memerlukan biaya untuk parkir namun juga biaya kendaraan yang tinggal di tempat tersebut.

Adapun biaya untuk beberapa jenis kendaraan yaitu sebesar Rp 2.000 saja untuk kendaraan roda 2 dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda 4. Jika pengunjung menggunakan bus atau lainnya yang memiliki roda 6 atau lebih maka diperlukan Rp 6.000 sebagai biaya kendaraan.

Biaya parkirnya sendiri sama antara kendaraan roda 2 dan roda 4, yakni sebesar Rp 4.000 saja. Jika pengunjung menggunakan kendaraan roda 6 atau lebih maka diperlukan biaya sebesar Rp 6.000 untuk parkir.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Coban Rondo

Kegiatan di Coban Rondo

Image Credit: Google Maps (Choirotul Siti Aisyah)

1. Berfoto-Foto

Sudah banyak diketahui bahwa tempat wisata di Malang ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Hal tersebut menjadikannya sangat disayangkan jika tidak diabadikan momen berada di sini dengan berfoto-foto.

Kenampakan alamnya yang luar biasa membuat tempat ini salah satu pilihan untuk menjadi latar belakang foto yang hendak diunggah di media sosial. Keindahan air terjun ini juga akan membuat foto-foto yang diambil terlihat begitu indah.

2. Menikmati Air Terjun yang Mengalir

Mengunjungi air terjun akan terasa sangat kurang jika tidak merasakan sensasi air yang jatuh dari ketinggian. Air terjun yang mengalir tersebut tentu membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Tulungagung yang Enak & Wajib Anda Coba

Jika mendatangi tempat ini, maka Anda harus merasakan air terjun mengalir. Bermain-main air ini juga dapat diabadikan dengan berfoto. Menangkap gambar ketika menikmati tempat wisata ini menjadi pilihan lain pengunjung dalam berfoto. Wisatawan tentu akan mendapatkan gambar yang luar biasa dan indah.

3. Menikmati Wahan Wisata yang Tersedia

Air terjun ini tidak hanya memiliki keelokan alamnya yang indah untuk dinikmati namun juga berbagai wisata yang ada. Di tempat ini pengunjung dapat merasakan sensasi wisata-wisata tersebut. Salah satu wisata tersebut adalah paintball.

Pengunjung dapat menikmati permainan tembak-tembakan ini dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 450.000. Harga tersebut diperuntukkan untuk permainan 3 orang melawan 3 orang lainnya.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati wisata air yang disediakan di tempat tersebut. Salah satunya yaitu fun tubing. Itu merupakan aktivitas untuk menyusuri sungai dengan menggunakan ban pelampung. Wahana ini tentu sangat menarik untuk dicoba.

Fun tubing akan sangat menyenangkan bila dicoba bersama-sama. Wisata ini diperlukan biaya sebesar Rp 35.000 untuk 1 orangnya. Dengan biaya tersebut tentu sangat sepadan dengan wisata yang ditawarkan.

Jika pengunjung berencana untuk bermalam di tempat wisata ini maka tidak perlu risau untuk mencari area penginapan. Pada destinasi wisata air terjun ini menawarkan wisata camping. Di tempat ini terdapat camping ground sehingga para wisatawan dapat berkemah.

Pengelola menyediakan beberapa tenda yang dapat disewa oleh wisatawan. Berkemah di tempat wisata air terjun tersebut tentu akan sangat menyenangkan bagi wisatawan. Hal ini lebih lengkap lagi jika dilakukan bersama-sama dengan teman, keluarga, ataupun rombongan lainnya. Ini tentu akan memberikan pengalaman berbeda berada di air terjun.

Pada tempat wisata tersebut juga menyediakan wahana outbound. Terdapat kategori outbound untuk pelajar dan anak-anak yang di dalamnya terdapat flying fox juga.

Fasilitas yang Tersedia di Coban Rondo Malang

Fasilitas di Coban Rondo

Image Credit: Google Maps (Ardian Nugroho)

Mengunjungi tempat ini maka Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas yang dapat dinikmati. Tempat ini menyediakan lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan-kendaraan wisatawan. Ada pula toilet umum yang bisa digunakan serta tempat ibadah yaitu mushola.

Di sekitar area ini juga terdapat banyak warung-warung makan yang dapat memastikan pengunjung tidak kelaparan. Jika pengunjung ingin bermalam di dekat area wisata ini maka dapat menyewa penginapan. Selain camp-camp yang disediakan, ada pula penginapan lain namun jaraknya cukup jauh. Yaitu sekitar 5 hingga 8 kilometer dari tempat wisata ini.

Tempat wisata air terjun ini memiliki beberapa hal yang membuatnya layak untuk dikunjungi. Coban Rondo tidak hanya menawarkan keelokan serta asrinya pemandangan yang ada di sekitarnya, namun juga berbagai wisata yang dapat dinikmati.