Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.; Map: Cek Lokasi

Coban Putri merupakan salah satu destinasi wisata favorit berupa air terjun di Kota Batu, Jawa Timur. Udara yang dingin dan sejuk kerap menyelimuti lokasi air terjun ini setiap harinya. Destinasi ini masih terjaga keaslian alamnya karena jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Anda dapat menghirup udara segar sambil bermain air di air terjun tersebut.

Pemerintah dan warga sekitar telah melakukan berbagai pengenalan destinasi wisata ini pada internet agar semakin dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan, destinasi tersebut memiliki harga tiket masuk yang tergolong murah dengan puluhan pesona alam di dalamnya. Dengan pelayanan khusus tersebut, liburan pun akan terasa lebih memuaskan.

Air terjun di lokasi wisata ini mengalir dengan deras dan akan bermuara pada sebuah kolam kecil yang tenang. Kolam kecil tersebut akan terlihat berkilau dan cantik ketika terkena cahaya matahari dari pagi hingga siang hari. Tinggi Coban Putri sendiri yaitu sekitar 20 meter yang dipenuhi dengan berbagai rerumputan dan batu pada sekelilingnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Putri

Daya TarikCoban Putri
Image Credit: Twitter IG : @MalangChannel

1. Spot Foto Menarik

Daya tarik pertama dari destinasi wisata Coban Putri yaitu terdapatnya spot foto keren di area tersebut. Banyak para wisatawan yang sengaja berkunjung ke air terjun hanya untuk berfoto di sebuah spot foto bernama Tangan Dewa atau Pancawara. Spot foto ini dibangun menggunakan beberapa ranting kayu yang kuat dengan desain lima jari manusia berwarna kuning.

Siapapun yang berfoto di lokasi tersebut, akan mendapatkan pemandangan alam terbaik sebagai backgroundnya. Banyak kalangan anak muda yang mengajak pasangannya untuk berfoto romantis di Tangan Dewa ini. Sebaiknya Anda berfoto di siang atau sore hari agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal karena efek dari panorama alam.

Spot foto lainnya yaitu Gardu Pohon yang memiliki bentuk unik seperti bintang dan terlihat kekinian. Bagi Anda yang suka dengan spot foto pemicu adrenalin, dapat mencoba Ayunan Langit di destinasi wisata tersebut. Mencoba ayunan diatas perbukitan akan terasa sangat menegangkan namun menghasilkan foto yang sangat menakjubkan.

2. Air Terjun Putri

Air terjun ini merupakan lokasi utama dari destinasi tersebut yang biasa dikunjungi wisatawan untuk menghilangkan rasa penat setelah lelah bekerja. Air terjun ini mengalir melalui dua arah yang akan berhenti pada sebuah kolam dibawahnya. Anda dapat bermain air, berenang, ataupun hanya menikmati pemandangan dari sekeliling air terjun.

Anda dapat berjalan di sebuah jembatan yang terbuat dari bambu pada bagian depan Air Terjun Putri ini. Tidak hanya air terjunnya saja, bebatuan dan tumbuhan yang berada di sekitarnya pun memberikan pesona indah yang membuat destinasi ini terlihat sempurna. Anda dapat memanjakan mata dengan duduk di bebatuan sambil menikmati angin segar.

3. Wahana Offroad

Coban Putri memiliki daya tarik lainnya berupa sensasi berkendara yang sangat seru dan menegangkan bernama Wahana Offroad. Wahana yang satu ini menyuguhkan lokasi berlumpur sejauh 2 kilometer untuk berkendara mobil di dalamnya. Anda dapat menikmati wahana tersebut bersama teman agar liburan terasa berbeda dan jauh lebih menyenangkan.

Sudah tersedia fasilitas berupa mobil khusus untuk bermain di Wahana Offroad ini. Berkendara menggunakan mobil dengan rute yang sangat sulit dan curam tentunya mengharuskan Anda untuk fokus hingga akhir. Kini, Wahana Offroad menjadi lokasi favorit yang banyak dicoba oleh berbagai kalangan wisatawan ketika mengunjungi destinasi tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Coban Putri
Image Credit: Google Maps Rizkie Kurniawan

Coban Putri ini beralamat di Kelurahan Tlekung, Kecamatan Junrejo, yakni sebuah daerah di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Wilayah ini biasa disebut dengan Oro-oro Ombo oleh masyarakat sekitar. Meskipun objek wisata ini baru berjalan selama 4 tahun, namun wisatawan yang berkunjung semakin bertambah banyak setiap saatnya.

Rute menuju destinasi wisata ini memiliki jalan yang cukup mudah untuk dilalui oleh berbagai kendaraan baik itu mobil, motor, ataupun bus. Dari pusat Kota Batu, Anda hanya perlu mencari Jalur Lingkar Barat di Kelurahan Tlengkung. Setelah melintasi jalur tersebut, arahkan kendaraan sekitar 500 meter untuk menuju lokasi wisata air terjun.

Namun bagi Anda yang membawa mobil, tidak dapat memarkirkan kendaraan tepat di lokasi wisata. Anda harus menyimpan mobil di area parkir pada pintu utama. Setelah itu, Anda dapat menaiki ojek selama dua kali dengan biaya sekitar 20 ribu rupiah.

Anda dapat langsung masuk melewati pintu gerbang jika menggunakan motor menuju Coban Putri ini. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati karena jalan untuk motor menuju destinasi wisata ini penuh dengan bebatuan dan cukup berbahaya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Coban Putri
Image Credit: Google Maps Tata Adika

Untuk memasuki destinasi wisata Coban Putri, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu dengan harga 10.000 rupiah bagi setiap orangnya. Sedangkan untuk biaya parkirnya sendiri yaitu 3000 dan 5000 rupiah bagi motor dan mobil. Jika menggunakan bus rombongan, harga parkir dapat berubah menjadi lebih besar dibanding kendaraan lainnya.

Namun, harga tiket tersebut hanya untuk menikmati lokasi air terjun saja dan belum termasuk dengan Wahana Offroad ataupun lokasi Spot Foto di dalamnya. Anda harus mengeluarkan biaya sebesar 35.000 rupiah untuk menikmati Wahana Offroad. Sedangkan setiap spot foto di destinasi wisata ini memiliki biaya masuk 10.000 rupiah saja.

Destinasi wisata ini tidak dapat dikunjungi wisatawan selama 24 jam kecuali bagi yang sudah meminta izin untuk berkemah di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan destinasi ini memiliki jam operasional dengan waktu buka pukul 09.00 pagi dan tutup pada 17.00 sore. Anda dapat menikmati wisata selama seharian penuh dengan biaya yang tergolong murah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Coban Putri

Aktivitas Coban Putri
Image Credit: Google Maps Andi Wijaya

1. Berenang

Kegiatan menarik pertama ketika mengunjungi Coban Putri yaitu berenang di kolam yang dialiri oleh Air Terjun Putri. Kolam tersebut memiliki air yang sangat bersih dan berwarna putih jernih sehingga nyaman ketika digunakan berenang. Anda dapat membawa anak-anak ataupun teman untuk merasakan keseruan bermain air di kolam tersebut.

Anda bahkan diperbolehkan membawa beberapa peralatan renang dari rumah untuk digunakan di air terjun ini. Namun, wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini biasanya berenang sambil mengambil foto dengan hasil yang lebih keren.

2. Berkemah

Destinasi ini menyediakan fasilitas berkemah bagi Anda yang ingin menginap dan menikmati keindahan alam dari air terjun selama 24 jam. Dengan berkemah, Anda dapat melihat panorama sunset ataupun sunrise dari sekeliling gunung di lokasi tersebut. Pastikan Anda membawa peralatan kemah yang lengkap agar dapat berlibur dengan nyaman selama beberapa hari disana.

Sebaiknya Anda membentuk kelompok terlebih dahulu ketika akan berkemah di destinasi Coban Putri ini. Hal tersebut dikarenakan sedikitnya wisatawan yang melakukan kegiatan berkemah disana. Pastikan pula Anda beserta rombongan telah lapor dan meminta izin terlebih dahulu pada warga setempat sebelum berkemah dan patuhi aturan yang berlaku di area tersebut.

3. Bersepeda

Selain menaiki mobil ataupun motor, bermain ke lokasi wisata ini terasa lebih seru ketika menggunakan sepeda selama perjalanan. Anda bahkan dapat mengelilingi area sekitar air terjun dan lokasi lainnya menggunakan sepeda tersebut. Penggunaan sepeda ini akan terasa lebih mudah karena bentuk jalanan yang sempit menuju lokasi wisata.

Namun, Anda harus tetap fokus karena rute menuju destinasi tersebut cukup terjal yang membuat sepeda mudah tergelincir. Menggunakan sepeda saat bermain ke air terjun ini akan terasa menyenangkan ketika bersama dengan rombongan teman. Anda dapat menyusuri berbagai lokasi menarik dengan mudah tanpa harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Aktivitas Seru Coban Putri
Image Credit: Google Maps Hendrik Suhendrik

4. Berfoto di Tangan Dewa dan Air Terjun Putri

Kegiatan menarik selanjutnya yang dapat Anda lakukan di Coban Putri adalah berfoto pada beberapa lokasi tertentu. Anda akan menyesal ketika berlibur ke lokasi wisata ini tanpa melakukan kegiatan berfoto di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan lokasi favorit dari destinasi wisata ini dihadirkan agar para wisatawan dapat memperoleh foto terbaik di dalamnya.

Tersedia dua lokasi favorit untuk berfoto yakni Air Terjun Putri dan Tangan Dewa. Hasil foto tersebut akan terlihat cantik dan estetik ketika Anda melakukan pemotretan saat disinari oleh cahaya matahari. Cahaya alam yang memantul ke arah air terjun ataupun Tangan Dewa tersebut akan menjadikan lokasi lebih cerah dan sempurna dalam foto yang diambil.

5. Bermain Air Diatas Perahu Karet

Coban Putri menyediakan sebuah perahu karet bagi Anda yang ingin bersantai dan menenangkan diri sambil beristirahat diatas kolam dari air terjun. Anda dapat menikmati angin sepoi-sepoi atau suara gemuruh air terjun sambil membaca buku, makan, ataupun bercanda bersama teman-teman.

Untuk memperoleh perahu karet tersebut, Anda harus menyewa terlebih dahulu pada panitia dari destinasi wisata ini. Kegiatan ini dapat memanjakan mata dan menenangkan pikiran setelah lelahnya berkendara menuju lokasi wisata.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Coban Putri
Image Credit: Google Maps Ghost Arkunc

Karena masih terbilang destinasi wisata baru, fasilitas yang terdapat di Coban Putri ini belum lengkap sepenuhnya. Terdapat beberapa fasilitas umum seperti area parkir yang dapat menampung puluhan kendaraan di dalamnya. Anda bersama keluarga pun dapat berwisata dengan tenang karena kendaraan sudah tersimpan aman di tempat parkir.

Tersedia pula beberapa toilet umum yang memudahkan Anda ketika ingin mengganti baju setelah bermain di air terjun. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir saat hendak beribadah karena tersedianya Mushola yang dapat memuat puluhan orang. Anda dan keluarga dapat bersantai sambil memakan beberapa bekal di Gazebo dalam destinasi wisata ini.

Selain liburan biasa, Anda dapat melakukan wisata kuliner dengan mencicipi berbagai kuliner khas Kota Batu dari warung di sekitar air terjun. Bahkan, destinasi ini menyediakan Villa dan Hotel untuk para wisatawan yang berasal dari luar kota. Hal ini tentu saja memudahkan Anda agar tidak perlu repot mencari penginapan ketika berwisata disana.

Itulah beberapa informasi dari destinasi wisata Coban Putri yang sangat menarik dari Kota Batu ini. Ketika berkunjung ke daerah Jawa Timur, cobalah untuk datang dan menikmati destinasi wisata tersebut. Selain dekat dari pusat kota, Anda dapat menikmati indahnya air terjun dan keseruan lainnya yang menjadikan liburan lebih menyenangkan.