Batu merupakan kota yang terkenal dengan berbagai wisata atas bukitnya yang memesona. Coban Rais, salah satu air terjun yang memiliki lokasi menantang dekat Bukit Bulu Kota Batu.

Lokasi: Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu.
Map: Cek Lokasi

Coban Rais merupakan sebuah air terjun yang tempatnya masih dalam satu lokasi dengan Batu Flower Garden dan Bumi Perkemahan Coban Rais, Kota Batu. Tempatnya yang ada di kawasan kaki daerah Gunung Panderman membuat wisata ini tidak hanya menjadi daerah dengan pemandangan alam yang luar biasa tetapi juga udara yang segar.

Air terjun dengan kecuraman 90 derajat dan ketinggian kurang lebih 20 meter ini tidak hanya cocok sebagai lokasi berfoto saja, namun juga memiliki banyak pilihan kegiatan lain yang tak kalah menarik yang bisa dicoba bersama dengan keluarga atau orang terdekat Anda saat berlibur.

Lokasinya yang sangat strategis di Kota Batu membuat destinasi ini cukup ramai dikunjungi pengunjung baik di waktu liburan maupun di hari-hari biasa. Dengan suasananya yang begitu hening dan gemericik air yang berpadu apik dengan alam tentu saja menjadi daya tarik utama tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Rais

Daya Tarik Coban Rais
Image Credit: Twitter.com @eastjavatourism

1. Pemandangan Perbukitan yang Menyegarkan

Berada di daerah perbukitan Kota Batu membuat Coban Rais di kelilingi oleh hutan hijau lebat. Banyaknya pepohonan di dalam hutan tentu saja menyejukkan lingkungan sekitar dan melindungi pengunjung dari panasnya terik matahari. Tidak hanya hutan yang hijau, air terjun yang menjadi fokus utama destinasi wisata ini juga begitu menonjol dengan kemegahannya.

Wisatawan tidak perlu khawatir dengan polusi udara maupun polusi suara, lingkungan wisata ini memiliki udara yang begitu segar dan Anda tidak akan mendengar kebisingan kendaraan yang berlalu lalang karena lokasinya yang berada jauh di dalam hutan. Anda hanya akan mendengar cuitan hewan kecil di dalam hutan yang berpadu dengan suara aliran air.

2. Melewati Sungai-Sungai Kecil yang Tak Kalah Indah

Untuk menuju ke lokasi air terjun, wisatawan harus menyebrangi beberapa sungai kecil dahulu. Sungai-sungai ini nantinya akan menyambung dengan sungai yang dibuat oleh aliran air dari Air Terjun Coban Rais. Anda dapat melihat ikan-ikan kecil yang berenang ria di sekitar sungai ketika Anda menyebrang.

Tidak hanya sungai-sungai kecil tersebut yang memiliki aliran air yang jernih, Air Terjun ini juga memiliki air berwarna kehijauan yang begitu jernih.

3. Cocok untuk Wisatawan Berjiwa Petualang

Bagi wisatawan yang senang dengan kegiatan yang berkaitan dengan petualangan di alam bebas, tempat ini tentu menjadi pilihan yang pas. Air Terjun Coban Rais yang berada di dalam hutan dan memiliki jarak tempuh yang cukup jauh akan membuat Anda merasakan rasanya berpetualang di alam selama satu jam.

Daya Tarik dari Coban Rais
Image Credit: Facebook.com @kitamuda.id

4. Dapat Digunakan untuk Berkemah

Tempat wisata ini tidak hanya memiliki air terjun yang luar biasa, tetapi juga memiliki lokasi bumi perkemahan. Bagi wisatawan yang ingin berkemah sembari menikmati alam dan dekat dengan lokasi air terjun, Anda dapat berkunjung dan menginap di bumi perkemahan ini.

5. Spot yang Pas untuk Berfoto

Coban Rais terkenal salah satunya dikarenakan keindahan panoramanya yang luar biasa. Hal tersebutlah yang mengundang banyak wisatawan berbondong-bondong datang berkunjung ke air terjun ini setiap harinya.

Lingkungannya yang memiliki pemandangan indah, alamnya yang masih asri dan dirawat dengan baik oleh penduduk, serta kemegahan air terjun dan pantulan bias airnya yang bak kilauan berlian di siang hari membuat objek wisata ini menjadi tempat yang pas untuk mengabadikan momen liburan Anda.

6. Dekat Dengan Wahana Wisata Lain

Lokasi Air Terjun yang cukup dekat dengan beberapa wahana wisata lain di lingkungan wisata Coban Rais membuat tempat ini cocok untuk Anda yang ingin berlibur hanya di satu tempat saja. Dengan banyaknya pilihan wahana wisata Anda tidak perlu repot berpindah ke tempat wisata lain.

Setelah Anda puas berkunjung ke air terjun memesona ini, Anda bisa langsung berganti baju di area wisata lain dan langsung menikmati spot wahana tersebut.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Coban Rais

Rute Coban Rais
Image Credit: Facebook.com @cobanrais

Daerah wisata Coban Rais berada di Desa Oro-oro Ombo, tepatnya di Dusun Dresel, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi, dari Kota Batu, Malang, tidak perlu takut tersesat karena banyaknya petunjuk serta medan perjalanannya yang sudah beraspal.

Anda tinggal mengambil jalan ke arah Kota Batu.

Kemudian terus saja mengikuti arahan dari papan petunjuk jalan yang ada di sekitar. Perjalanan yang di tempuh tersebut sekitar 7 km, atau memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Begitu tiba di lokasi wisata dan memarkirkan kendaraan, Anda harus berjalan kurang lebih 40 menit dengan melewati jalanan setapak, lembah serta sungai kecil untuk berkunjung ke tempat wisata air terjun berada.

Harga Tiket Masuk Wisata Coban Rais

Harga Tiket Coban Rais
Image Credit: Myblogwiddy.blogspot.com

Daerah wisata ini buka setiap hari Senin sampai Minggu dari pukul 08.00 sampai 17.00 waktu setempat. Wisata air ini tergolong memiliki biaya masuk yang relatif murah sebagai salah satu tempat wisata populer di Kota Batu.

Wisatawan hanya dipungut biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang untuk memasuki lokasi wisata Coban Rais. Dan untuk biaya parkirnya sebesar Rp 2.500,- untuk kendaraan beroda dua, sementara kendaraan roda empat sebesar Rp10.000,-.

Untuk menikmati indahnya wisata air terjun ini pengunjung tidak dipungut biaya apapun dan hanya perlu menyiapkan tenaga karena lokasinya yang cukup jauh. Atau Anda bisa mengambil alternatif lain dengan menggunakan transportasi ojek yang ada di sekitar lokasi dengan biaya sekitar Rp40.000,- untuk sekali tempuh.

Pengunjung yang ingin menikmati objek wisata lain, disarankan menyiapkan uang berlebih. Hal tersebut dikarenakan biaya tiket masuk yang dibayarkan di bagian awal tadi belum termasuk biaya masuk ke setiap wahana yang ada disana. Biaya masuk wahana wisata di sekitar air terjun bervariasi dari Rp10.000,- hingga Rp 50.000,-.

Untuk pengunjung yang tidak ingin berkali-kali memesan tiket, pengelola juga menyediakan tiket khusus mulai dari Rp 50.000,- sampai Rp 150.000,- dengan pilihan paket wahana yang bermacam-macam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Coban Rais

Kegiatan di Coban Rais
Image Credit: Twitter.com @travelicid

1. Menikmati Pemandangan Alam

Untuk Anda penyuka wisata alam, berlibur di Coban Rais merupakan pilihan yang cocok. Dengan alam yang hijau serta air terjun yang menjulang tinggi di tengahnya, Anda akan melihat panorama alam yang luar biasa indah. Anda dapat duduk dan bersantai di atas bebatuan di pinggir air terjun sembari menatap indahnya percikan air terjun.

2. Berfoto Ria

Spot wisata Coban Rais yang lestari dan begitu hijau sangat pas untuk tempat berfoto bersama keluarga. Dengan pencahayaan yang natural dari alam serta pantulan air yang jernih yang memancar di dinding-dinding sekitar air terjun, Anda akan mendapatkan sebuah potret panorama luar biasa yang akan amat disayangkan jika Anda lewatkan begitu saja.

3. Mendekatkan Diri Dengan Alam

Lokasi air terjun yang jauh dari keramaian kota membuat tempat ini menjadi begitu hening. Wisatawan hanya bisa mendengar deru air mengalir dari air terjun serta suara cicitan burung di dalam hutan. Merasakan hal tersebut sembari duduk dan memejamkan mata di pinggir air terjun akan membuat Anda merasa tenang dan semakin dekat dengan alam itu sendiri.

4. Mendaki Gunung

Wisatawan dapat merasakan pengalaman 1 jam mendaki gunung ketika menempuh perjalanan ke area air terjun berada. Lokasinya yang berada jauh di dalam hutan serta melewati sungai dan jalan setapak yang berliku akan membuat Anda teringat pada pengalaman menarik Anda ketika mendaki gunung.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bisa dilakukan oleh Anda yang ingin menghemat pengeluaran ketika berlibur. Dibandingkan datang ke area air terjun dengan menggunakan ojek, tentu saja berjalan bersama rombongan akan terasa lebih asyik dan lebih ramah di kantong Anda.

5. Bermain Air

Meski air terjun ini memiliki debit air yang cukup besar dan deras, beruntungnya bagian bawah air terjun tidak terlalu dalam. Hal ini membuat wisatawan yang ingin mencoba berenang atau bermain-main air di sekitar air terjun dapat bermain dengan sepuas hati tanpa perlu merasa takut.

Namun jika ingin berbasah-basahan disini Anda perlu ingat pengelola tidak menyediakan tempat berganti baju atau toilet umum di sekitar area air terjun ataupun di dalam area hutan. Jadi Anda harus menunggu untuk sampai di dekat pintu masuk jika ingin berganti baju.

6. Berkemah

Untuk Anda yang ingin berkemah di lokasi wisata Coban Rais, Anda tidak perlu khawatir karena dekat air terjun memiliki bumi perkemahan yang cukup populer. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 10.000,- Anda sudah dapat memasuki area Bumi Perkemahan. Sementara untuk persewaan peralatan kemah biayanya mulai dari Rp 50.000,-.

7. Bermain Paralayang

Bagi para penikmat olahraga di atas ketinggian, bermain paralayang dapat menjadi pilihan liburan Anda. Cukup membayar Rp 50.000,- saja wisatawan dapat melakukan aktivitas paragliding dengan seru dan aman sembari menikmati pemandangan alam Coban Rais yang dapat dilihat dari atas.

8. Bermain Off-Road

Kawasan wisata juga menyediakan ATV untuk para pengunjung yang ingin menjelajah area off road dengan kendaraan khusus. Dengan biaya sewa Rp 45.000,- pengunjung dapat meminjam ATV dan berkeliling area hutan yang berbatu dengan nyaman.

9. Jalan-Jalan Kuliner

Untuk pengunjung yang bosan jika hanya berwisata saja dan ingin menikmati pemandangan alam dengan menyantap makanan lezat, Anda tidak perlu khawatir. Coban ini memiliki berbagai spot kuliner yang menarik di sekitar area wisata tersebut, tentu saja dengan harga terjangkau dan rasa yang enak.

Fasilitas yang Tersedia di Coban Rais

Fasilitas di Coban Rais
Image Credit: Twitter.com @puspitafm

Pengelola tempat wisata Coban Rais menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk penunjang kenyamanan pengunjung. Mulai dari tempat parkir, persewaan kamera, spot berfoto, tempat berkemah, tempat penitipan barang, spot kuliner, tempat persewaan kendaraan maupun tempat ojek lokal, dan masih banyak lagi dengan harga terjangkau.

Anda juga tidak perlu khawatir karena lokasi wisata ini cukup dengan dengan pusat oleh-oleh dan penginapan-penginapan khas lokal di Kota Batu.

Meski terkenal dengan keindahan air terjunnya, berkat keuletan penduduk lokal sekarang banyak wahana wisata lain yang juga bisa Anda kunjungi setelah berkunjung ke area Air Terjun Coban Rais. Tempatnya yang indah dan alamnya yang mempesona dapat menjadi pilihan utama Anda untuk berlibur jika Anda datang ke Kota Batu.