15 Tempat Wisata Hits di Palu

Tempat Wisata di Palu

Ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah ini merupakan daerah yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya. Karena itu, kamu dapat menemukan banyak sekali lokasi wisata yang dapat kamu pilih ketika berada di Kota Palu.

Objek wisata di Palu cukup beragam, mulai dari pemandangan alam dan laut yang indah, taman yang asri bahkan pemandangan gunung tersedia disini. Pastinya kamu akan betah dan ingin berlibur ke Kota Palu berulang-ulang kali.

Nah, untuk mempermudah pilihan tempat berlibur nanti. Kamu dapat memilih dari 15 daftar tempat wisata yang ada di sekitar Kota Palu di bawah ini.

1. Anjungan Nusantara

Anjungan Nusantara

Lokasi: Besusu Barar, Kec. Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Pusatinfowisata26.blogspot.com

Tempat ini sebenarnya berupa taman yang dibangun pemerintah setempat sebagai tempat rekreasi dan olahraga bagi warga sekitar ataupun bagi wisatawan. Di sini kamu dapat melihat pemandangan gunung dan lautan dengan jelas.

Lokasi taman ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti trek jogging, area skateboarding dan lainnya. Terdapat pula penyewaan mainan dan alat olahraga khususnya untuk anak-anak. Taman ini ada di Jl. Rajamoli yang berada di dalam Kota Palu.

2. Taman Perdamaian Kota Palu

Taman Perdamaian Kota Palu

Lokasi: Tondo, Kec. Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Commons.wikimedia.org

Pada taman ini terdapat gong perdamaian “Nosarara Nosabatutu” dengan logo 444 kota, logo 33 provinsi yang ada di Indonesia serta logo yang mewakili 5 agama besar di Indonesia pada waktu itu. Sebagai info saat ini terdapat 6 agama yang telah di akui di Indonesia.

Lokasi ini tidak hanya menjadi tempat mengingatkan kita akan keberagaman Indonesia namun juga menjadi tempat wisata dengan pemandangan yang indah. Sehingga kamu ingin berfoto selama berada disini.

3. Taman Gor

Taman Gor

Lokasi: Besusu Tengah, Kec. Palu Timut, Kota Palu, Sulawesi. – Image Credit by Sultengaktual.com

Taman ini menjadi destinasi wisata yang cukup digemari setelah dilakukan perenovasian oleh pemerintah setempat. Terdapat berbagai fasilitas tambahan seperti playground untuk anak-anak, arena skateboard dan area olahraga lainnya.

Terdapat food court serta café yang menjajakan berbagai minuman dan makanan yang dapat kamu santap sambil memandang keindahan taman yang telah dihiasi dengan berbagai ornamen lampu. Karena itu, tempat ini semakin ramai saat malam hari.

4. Lapangan Vatulemo

Lapangan Vatulemo

Lokasi: Jl. Balai Kota Timur, Tanamodindi, Mantikulore, Lolu Utara, Kec. Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Kailipost.com

Kota Palu banyak menyediakan tempat rekreasi yang dapat kamu pilih dan nikmati. Namun, lapangan Vatulemo dapat dikatakan sebagai tempat paling banyak diminati oleh warga setempat. Karena kamu akan melihat banyak warga yang jualan, olahraga atau sekedar nongkrong disini.

Tempat ini biasanya ramai di pagi dan sore hari, karena pada dua waktu tersebut sangat cocok untuk berolahraga. Selain itu kamu akan menjumpai banyak kuliner lokal atau jajanan ringan yang enak dan harganya murah.

5. Jembatan Palu

Jembatan Palu

Lokasi: Jl. Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Besusu Barat, Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Travel.detik.com

Bangunan jembatan yang telah diresmikan pada tahun 2006 ini menjadi ikon utama dari Kota Palu. Karena itu, berkunjung dan foto-foto di tempat ini merupakan kewajiban bagi para wisatawan.

Kamu dapat menikmati pemandangan Palu yang indah dari atas jembatan ini. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi Jembatan Palu pada malam hari. Karena kamu dapat menikmati keindahan gemerlap kota serta nuansa gelap yang begitu kontras ketika dibandingkan dengan pemandangan alam sekitarnya.

6. Cagar Alam Morowali

Cagar Alam Morowali

Lokasi: Kec. Bungku Utara, Kab. Morowali, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Beritalingkungan.com

Cagar alam ini berada dapat dimasuki dari dua tempat yaitu Kecamatan Bungku Utara dan Petasia. Tempat wisata ini memiliki berbagai ekosistem seperti hutan lumut, hutan alluvial, hutan bakau dan lainnya. Selain itu terdapat banyak fauna yang sangat indah.

Selain berbagai flora dan fauna kamu juga dapat menikmati pemandangan alam di tempat ini. Sebagai cagar alam, area ini dijaga oleh pemerintah sehingga masih alami, asri dan dan cocok untuk dijelajahi bagi kamu yang memiliki jiwa petualang.

7. Pantai Talise

Pantai Talise

Lokasi: : Jl. Cut Mutia, Kec. Palu Timur.Kab. Donggala, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Ameliaunni.wordpress.com

Spot wisata berupa pantai merupakan salah satu yang terpopuler di Kota Palu. Lokasi ini mudah sekali di jangkau dari pusat kota, karena jalan yang tersedia cukup bagus sehingga kamu bisa memakai berbagai jenis kendaraan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat sore dan pagi hari karena udaranya tidak begitu panas, sehingga kamu dapat berenang ataupun nongkrong dengan teman atau keluarga sambil menikmati indahnya pemandangan laut.

8. Pantai Taipa

Pantai Taipa

Lokasi: Taipa, Palu Utara, Kota Palu, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Zulrafliadityaofficialblog.wordpress.com

Lokasi pantai ini juga dekat dari pusat Kota Palu, sehingga mudah di jangkau oleh para wisatawan. Pemandangan pantai yang indah tentu akan membuat wisata menjadi semakin menarik.

Untuk fasilitas, Pantai Taipa memiliki berbagai fasilitas yang memanjakan para pengunjung. Disini kamu bisa menjumpai café, tempat ibadah, bahkan kolam renang bagi kamu yang sedang tidak ingin terkena air laut yang asin.

9. Pantai Enu

Pantai Enu

Lokasi: Jl. Tolitoli – Palu, Enu, Sindue, Kab. Donggala, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Merahputih.com

Kamu membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dari Kota Palu untuk mencapai destinasi wisata ini. Ketika sampai kamu dapat menikmati pantai yang terjaga kebersihannya, indahnya pasir putih dan jernihnya air laut.

Terdapat fasilitas lain yang dapat kamu coba seperti diving, berselancar atau snorekeling. Hal ini mungkin dilakukan karena lingkungan pantai dan lautnya sangat dijaga oleh pemerintah dan warga setempat.

10. Pusentasi

Pusentasi

Lokasi: Towale, Kec. Banawa Tengah, Kab. Donggala, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Destinasi wisata ini berjarak 12 km dari pusat Kota Palu. Kamu dapat menikmati pemandangan gua dengan air yang jernih sehingga indah dipandang mata. Tempat wisata ini berupa sumur tersembunyi namun airnya asin layaknya air laut.

Nama tempat ini diambil dari bahasa suku setempat yaitu Kaili yang berarti air sumur laut karena memang terdapat saluran tersembunyi yang terhubung laut. Airnya sangat jernih dan segar, serta terdapat beragam ikan di dalamnya.

11. Pulau Kadidiri

Pulau Kadidiri

Lokasi: Kepulauan Togean, Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-una , Palu, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Tempat-wisatabagus.blogspot.com

Jika kamu memiliki banyak waktu maka tidak ada salahnya mengunjungi Pulau Kadidiri yang ada di Kabupaten Tojo Una-una ini. Masalahnya adalah lokasi ini cukup jauh dari Kota Palu karena kamu harus ke Kota Ampana dahulu kemudian menyeberang menggunakan kapal boat.

Sangat disarankan bagi kamu untuk menginap beberapa hari di cottage yang tersedia. Jadi, kamu dapat menikmati keindahan pulau, pantai, biota laut serta pemandangannya yang indah sepuas mungkin sebelum kembali ke Kota Palu.

12. Air Terjun Saluopa

Lokasi: Leboni, Kec. Pamona Pusalemba, Kab. Poso, Sulawesi Tengah – Image Credit by Telusuriindonesia.com

Lokasi wisata cukup terpencil karena berada cukup jauh dari pusat Kota Palu. Setelah sampai pada titik pemberhentian awal, kamu harus jalan kaki sejauh 3 km dengan jalur yang cukup melelahkan. Karena itu, kamu harus mempersiapkan fisik dan mental jika ingin datang ke sini.

Namun, kamu dapat menikmati air terjun yang masih bersih, airnya segar dan memiliki dua tingkatan yang terbentuk secara alami setelah sampai di tempat ini. Jadinya, lelahnya perjalananmu akan dibalas setimpal dengan keindahan yang ditawarkan pada area air terjun ini.

13. Gunung Gawalise

Gunung Gawalise

Lokasi: Jl. Gunung Gawalise, silae, Kota Palu, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Indrahermawan99.blogspot.com

Destinasi wisata yang berada di Desa Silae Kota Palu ini sering dijadikan tempat pendakian bagi para pecinta alam ataupun para peneliti dan ilmuwan flora dan fauna. Karena, di puncak gunung ini terdapat bunga edelweiss yang terhampar dengan begitu indah.

Lokasi awal pendakian ini sangat mudah dicapai dari Kota Palu karena hanya butuh waktu sekitar 15 menit dengan sepeda motor. Namun, tantangan sebenarnya baru dimulai. Karena kamu harus mendaki gunung dengan tinggi sekitar 2023 m dengan jalur yang cukup ekstrem.

14. Museum Sulawesi Tengah

Museum Sulawesi Tengah

Lokasi: Jl. Kemiri No.23, Kamonji, Kec. Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Jika kamu ingin mengetahui sejarah Sulawesi dengan baik dan lengkap maka kamu dapat mengunjungi museum ini yang ada di Kota Palu. Terdapat berbagai benda bersejarah seperti pakaian adat serta patung kuno milik Suku Bada, senjata adat dan meriam kuno.

Kamu juga akan melihat sejarah kegiatan dan keseharian masyarakat Sulawesi pada masa lalu seperti bertani, meramu obat, membuat pakaian dari kulit hewan dan lainnya. Semua ini dipaparkan dalam pahatan di dinding pada museum tersebut.

15. Danau Lindu

Danau Lindu

Lokasi: Lindu, kab. Sigi, Sulawesi Tengah. – Image Credit by Jurnalnews.id

Danau yang berada di Kabupaten Sigi Kecamatan Lindu ini termasuk bagian dari Taman Nasional Lore Lindu. Danau ini memiliki pemandangan yang indah nan menakjubkan. Karena kamu dapat melihat berbagai burung yang beterbangan serta pohon yang rimbun.

Letak danau ini ada di pegunungan sehingga akses jalannya cukup sulit. Namun kamu bisa memakai kuda ataupun sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam. Waktu perjalananmu akan terbayarkan dengan pemandangan alamnya sangat indah.

Demikianlah berbagai rekomendasi tempat wisata menarik di Palu. Kamu dapat mengunjungi tempat ini baik bersama teman, keluarga, pasangan bahkan sendiri. Namun, sebagai wisatawan yang baik kamu harus selalu sopan dan santun serta menjaga kebersihan di lokasi wisata.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak