Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sumber Jaya, Kec. way ratai, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Air terjun merupakan tempat wisata yang masih menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Ciupang. Tempat ini terletak di sebuah perkampungan yang ada di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Sebagaimana suasana pedesaan, udara sejuk dan segar, pohon hijau berderetan tidak beraturan, serta air bersih mengalir ke ladang dan persawahan.

Kondisi tersebut terasa begitu kuat dan masih sangat alami tanpa tersentuh polusi dan limbah pabrik yang merusak alam. Oleh karena itu, kejenuhan karena rutinitas setiap hari akan segera terobati dengan berlibur dengan bertemakan alam, yaitu air terjun.

Liburan akan terasa semakin asyik dan menarik saat perjalanan menuju lokasi Air Terjun Ciupang ditemani panorama alam yang cantik dan eksotik. Meskipun perjalanan menuju lokasi agak jauh, namun ketika sepanjang perjalanan di dukung oleh suasana alam yang indah, maka perjalanan tersebut akan terasa dekat.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Ciupang

Daya Tarik Air Terjun Ciupang
Image Credit: Google Maps Andika Eka

Setiap tempat wisata memiliki daya tarik tersendiri, pantai dengan ombak dan pasir putihnya, gunung atau bukit menawarkan keindahan alam pepohonan, udara yang dingin dan lain sebagainya. Begitu juga dengan Air Terjun Ciupang, destinasi wisata ini memiliki daya tarik yang membuat wisatawan ketagihan untuk berkunjung ke sana dan pengalaman tersebut tidak mudah dilupakan.

1. Tebing Tinggi Menjulang

Mendaki gunung atau bukit dengan melihat tebing merupakan hal yang biasa dan sering dilakukan orang. Akan tetapi, menyaksikan tebing tinggi menjulang dengan air terjun di sekitarnya adalah sebuah fenomena alam yang dahsyat dan memanjakan setiap mata yang melihat.

Hal itulah yang menjadi daya tarik utama destinasi wisata kali ini. Tebing tersebut terlihat semakin kokoh karena pepohonan hijau dan bebatuan yang berlumut. Dengan tumpahan air dari bukit, hal itu memberikan kesegaran dan kesejukan tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung.

Banyak wisatawan lokal maupun domestik yang tertarik dengan tempat ini karena tebing yang menjulang tinggi tersebut. Semakin tinggi anda mendongakkan kepala, terlihat begitu kecil dan lemahnya sebagai manusia. Para pengunjung tidak mau meninggalkan moment yang indah di sana, sehingga banyak diantara mereka yang mengabadikan nya dengan berfoto dan merekam fenomena alam di Air Terjun Ciupang.

2. Udara Sejuk dan Segar

Hidup di perkotaan terasa begitu sesak, udara panas dan mudah membuat orang jenuh serta penat. Karena beberapa hal telah hilang pada kehidupan mereka, salah satunya adalah jauh dari alam. Di kota sudah mulai jarang pepohonan yang hijau, banyak terdapat pabrik, ditambah jauh dari pegunungan atau bukit, sehingga suasana seperti di atas selalu terjadi dalam kehidupan mereka.

Berbeda dengan kehidupan pedesaan, banyak pepohonan hijau yang menjulang, udara bersih dari polusi membuat suasana kehidupan semakin semangat dan bergairah. Begitulah kondisi yang ada di Air Terjun Ciupang, udara sejuk dan segar, air bersih alami tanpa kaporit mengalir hingga ke sungai, otomatis menghilangkan penat, lemas, tidak semangat selama perjalanan.

Nuansa seperti itulah yang sangat dirindukan oleh mereka yang selama ini hidup di perkotaan. Naluri manusia juga membutuhkan ketenangan, ketentraman dan kesegaran di dalam diri mereka. Maka jangan heran jika air terjun cantik ini dijadikan objek wisata alternatif bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

3. Bebatuan Cantik dan Eksotik

Sudah menjadi hal biasa ketika sedang berpetualang mendaki gunung atau bukit, menemukan atau melihat berbagai bebatuan. Akan tetapi, di Air Terjun Ciupang bebatuan cantik dan eksotik sungguh terlihat tampak nyata dan tersusun indah. Hal inilah yang juga menjadi daya tarik tempat tersebut, bebatuan akan ditemukan saat perjalanan menuju lokasi air terjun.

Final nya saat berada di lokasi, bebatuan tersebut tersusun begitu rapi seolah arsitek professional yang membuatnya. Banyak wisatawan lokal maupun domestik mengabadikan pemandangan tersebut dengan berfoto berbagai pose terbaik mereka. Tentu untuk menambah koleksi foto pada akun media sosial mereka. Ada juga para Youtuber yang merekam bebatuan cantik dan eksotik tersebut guna membuat konten yang menarik di sana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Ciubang
Image Credit: Google Maps Fia

Air Terjun Ciupang berada di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jarak tempuh dari Kota Bandar Lampung menuju lokasi tersebut sekitar 57 km, sedangkan waktu yang dibutuhkan selama sekitar 120 menit saja. Dari Kota Bandar Lampung, menuju ke Jalan Laksamana R.E. Martadinata, setelah itu melewati Tempat Pelelangan Ikan di Lempasing dan Pantai Queen Artha.

Selanjutnya, anda akan memasuki Jalan Raya Way Ratay dan melewati Pantai Klara. Sepanjang perjalanan, jalan yang di lalui sudah beraspal halus tanpa ada lubang yang berarti. Akan tetapi, saat memasuki lokasi perkampungan dan semakin dekat dengan lokasi, jalan yang dilalui terbuat dari tanah dan bebatuan kecil.

Selain itu, jalan tersebut hanya bisa diakses sepeda motor atau hanya satu mobil saja. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan motor saat berkunjung ke sana. Kalaupun menggunakan mobil bersama keluarga, anda harus lebih sabar saat berkendara terutama saat perjalanan di perkampungan yang dekat dengan lokasi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun Ciupang
Image Credit: Google Maps Budi Subekti

Liburan di tempat wisata alam selalu tidak memakan banyak biaya, khususnya pada tiket masuk. Begitu juga di Air Terjun Ciupang, harga tiket di sana hanya seharga Rp. 5.000,- per orang saja. Bagi yang menggunakan kendaraan mobil, retribusi parkir sebesar Rp. 10.000, sedangkan untuk sepeda motor hanya Rp. 2.000. harga tersebut suatu saat bisa berubah, tergantung kebijakan pada pengelola lokasi tersebut.

Tempat wisata ini buka setiap hari atau full day, sedangkan bukanya 24 jam nonstop. Sehingga memberikan peluang kepada para wisatawan, baik lokal, domestik maupun mancanegara untuk bisa berkunjung kapan saja, sesuai dengan waktu senggang mereka.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Ciupang

Aktivitas Menarik Air Terjun Ciupang
Image Credit: Google Maps ujang rozali

Hal berikutnya yang perlu anda ketahui tentang aktivitas menarik apa yang bisa dilakukan saat berada di Air Terjun Ciupang? Ini penting untuk diketahui, agar berbagai persiapan telah dilakukan dan tidak menyulitkan saat perjalanan maupun ketika berada di lokasi. Berikut beberapa aktivitas menarik saat berada di sana!

1. Mandi dan Bermain Air

Aktivitas ini menjadi favorit para pengunjung, karena sepanjang perjalanan, rasa penat, lemas, jenuh dan bosan serta debu yang menempel membuat gerah. Sehingga solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan mandi dan bermain air di Air Terjun Ciupang. Air yang berasal dari pegunungan dan terjun dari bukit tersebut akan memberikan kesegaran alami pada diri, rasa air yang dingin dan segar, serta dengan udara sejuk semakin menambah semangat dan gairah yang hampir hilang.

Jangan khawatir kulit menjadi bersisik saat mandi maupun bermain air di tempat tersebut, karena tidak ada kandungan kaporit di dalamnya. Kesegaran akan semakin terasa saat tubuh anda berada di bawah air yang sedang terjun ke bawah. Banyak yang mengabadikan aktivitas menarik tersebut, saat ada yang mandi dan bermain air, teman atau keluarga mereka mengambil gambar dengan kamera maupun hand phone yang mereka bawa.

2. Menanti Sunset atau Sunrise

Bukan hanya di pantai saja untuk dapat melihat matahari tenggelam atau matahari terbit, namun di Air Terjun Ciupang anda juga dapat menyaksikan sunset atau sunrise di sana. Sebab letak air terjun yang berada di perbukitan, membuat kelebihan tersendiri untuk dapat melihat dua fenomena alam tersebut.

Apalagi di tempat ini sudah dilengkapi dengan gardu untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin melihat dan menanti kehadiran matahari terbenam atau matahari terbit. Dari suasana terang benderang, menuju senja hingga gelap gulita, dan dari gelap gulita menuju terang benderang menjadi keindahan alam yang menarik untuk diabadikan.

Aktivitas inilah yang juga sering dilakukan oleh wisatawan, karena bagi para pecinta alam atau yang ingin mendekat dengan alam akan selalu mengambil spot cantik dan menarik, serta moment yang indah untuk diabadikan.

3. Menjelajahi Hutan

Aktivitas menarik lain yang bisa dilakukan adalah dengan menjelajahi hutan yang rimbun, medan yang menantang tetapi tidak berbahaya. Sebab jarak tempuh dari tiket masuk menuju Air Terjun Ciupang sekitar 15 menit hingga 20 menit.

Akan tetapi, perjalanan tersebut tidak akan terasa, karena udara sejuk dan segar dengan gemercik air yang mengalir akan menemani perjalanan anda. Perhatikan langkah kaki anda, khususnya saat melewati sungai dengan bebatuan licin dan saat menaiki tangga yang mulai berlumut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Ciupang
Image Credit: Google Maps akhmad sofyan

Selain berbagai hal tersebut di atas, ada fasilitas penunjang yang sudah tersedia di Air Terjun Ciupang, yaitu seperti lahan parkir yang aman dan nyaman, kamar mandi untuk buang hajat dan gardu pandang. Berbagai fasilitas penunjang yang ada masih dikelola oleh masyarakat sekitar, sehingga masih terkesan biasa dan tidak terlalu mewah.

Akan tetapi, hal itu tidak mengurangi keindahan destinasi wisata alam yang cantik dan eksotik yang ada pada air terjun tersebut. Selain fasilitas yang disebutkan diatas, objek wisata cantik ini juga menyediakan Msuhola bagi yang ingin melaksanakan ibadah. Namun lokasinya bukan berada di sekitar air terjun, melainkan di tempat ketika parkir kendaraan.

Selalu menjadi hal menarik saat berkunjung ke tempat wisata alam, seperti halnya ke Air Terjun Ciupang. Karena berbagai daya tarik yang ditawarkan dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana memberikan pengalaman yang seru dan mengasyikkan. Selain itu juga memberikan kesan yang mendalam terutama saat diri berada dekat dengan alam.