20 Makanan & Minuman Khas Lampung yang Terkenal Enak

Makanan Minuman Khas Lampung

Lampung memiliki banyak jenis hidangan unik dan lezat yang bisa dicoba. Periksa daftar minuman dan makanan khas Lampung yang dapat memanjakan lidah Anda.

Lampung merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera yang memiliki banyak sekali ragam kuliner yang khas dan unik. Ragam makanan dan minuman berikut ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Jika ada rencana untuk eksplor kota ini, baiknya cicipi ragam kuliner yang ada. Sebab semuanya menggiurkan dan sayang untuk dilewatkan. Agar tahu apa saja yang harus dicoba saat jalan-jalan ke pintu masuknya Sumatra ini, mari simak ulasan singkatnya di bawah ini. Sedikitnya ada 20 makanan dan minuman khas Lampung yang wajib dicoba kenikmatannya.

1. Seruit

Seruit

Image Credit: Cookpad.com

Pertama ada makanan yang diberi nama Seruit. Ini adalah salah satu olahan ikan segar namun bukan ikan laut melainkan ikan sungai. Cara mengolahnya sederhana, hanya dibakar atau digoreng dengan bumbu khas yang sudah pasti penuh rempah.

Cara penyajiannya didampingi dengan sambal terasi yang mantap pedasnya. Jika ingin lebih nikmat lagi, seruit ini bisa ditambahkan dengan lalapan. Misalnya saja terong goreng atau terong bakar dan ditambah dengan nasi hangat.

2. Tempoyak

Tempoyak

Image Credit: Femalesia.com

Lalu berikutnya ada makanan yang berbahan dasar buah durian. Tempoyak ini wajib dicicipi karena rasanya yang unik. Ini merupakan hasil fermentasi dari buah durian. Bisanya tidak dimakan langsung melainkan dicampurkan pada bumbu saat memasak hidangan lain.

Tapi jika ingin memakannya langsung baiknya didampingi dengan nasi hangat. Rasanya akan sangat enak dan nikmat. Bisa bayangkan tidak memakan buah durian bersamaan dengan nasi? Jadi penasaran bukan, tapi yang jelas ini makanan yang populer di Sumatra jadi wajib dicoba.

3. Gabing

Gabing

Image Credit: Simomot.com

Ada juga Gabing yang merupakan makanan dengan bahan utama batang kelapa muda. Nah, unik ya batang kelapa muda diolah sedemikian rupa hingga jadi sebuah hidangan berkuah yang nikmat. Tentu saja mengolahnya dipadukan dengan beragam jenis rempah.

Biasanya di dalam Gabing ada tambahan jamur dan juga daging sapi. Rasanya pasti enak nih, ada kaldu daging sapi dan juga jamur yang kenyal. Dipadukan dengan batang kelapa muda dengan bumbu rempah komplit dan sudah pasti bercita rasa pedas.

4. Umbu

Umbu

Image Credit: Mytrip123.com

Jika ada Gabing yang berbahan dasar batang kelapa muda. Maka kali ini ada Umbu yang tidak kalah uniknya, dimana bahan utama makanan ini adalah rotan muda. Rotan ini sudah pasti rasanya pahit.

Namun, masyarakat setempat mengolahnya dengan beragam bumbu yang ditumis sehingga rasa pahit dari rotan tersamarkan bahkan tidak terasa. Biasanya rotan muda ini juga dijadikan lalapan dengan sambal yang pedas ditemani nasi hangat.

BACA:  11 Tempat Wisata di Metro Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

5. Pindang

Pindang

Image Credit: Ilmci.com

Selanjutnya ada pindang yang merupakan ikan dari tangkapan nelayan di laut. Orang Lampung mengolahnya dengan rangkaian bumbu dari cabai, serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk, serta tidak ketinggalan bawang merah dan putih.

Semua bumbu diracik dan dihaluskan lalu dicampurkan dengan pindang tadi. Biasanya selain pindang ditambahkan juga ikan tawar seperti ikan gabus, patin, atau bawal untuk menambah cita rasa.

6. Pempek Lampung

Pempek Lampung

Image Credit: Tribunnews.com

Ada lagi makanan khas yang harus dicoba. Pempek dari kota ini sudah menjadi kuliner wajib yang harus dicicipi. Bahan dasarnya tentu ikan yang diolah dengan tepung baik itu terigu atau sagu. Lalu menggunakan bahan lain seperti telur dan juga rempah.

Pempek ini beda dengan yang dari Palembang. Rasanya namun tidak kalah enak lho dengan yang dari Palembang. Wajib coba ya, dijamin pasti ketagihan.

7. Pisro

Pisro

Image Credit: Parenting.orami.co.id

Ada lagi makanan khas yang berbahan dasar ikan. Ikan yang digunakan untuk Pisro ini adalah ikan Betok atau Tembakang. Rasa ikan ini sangat guruh dan memiliki daging yang tebal. Tak heran jika penduduk setempat sangat suka mengkonsumsi ikan yang satu ini.

Pisro ini menggunakan gula aren, rempah dan juga cabai. Jadi cita rasa yang dihasilkan sangat lengkap. Sangat cocok dinikmati dengan sambal terasi dan nasi yang masih hangat.

8. Gulai Taboh

Gulai Taboh

Image Credit: Merahputih.com

Makanan khas ini juga tak kalah unik dengan yang lain. Jika bisanya gulai itu bahan dasarnya protein, di sini yang digunakan adalah ubi dan kacang. Ubi-ubian dan kacang-kacangan ini diolah dengan santan dan biasanya ditambahkan bahan tambahan seperti rebung atau kentang.

Biasanya warga setempat suka mengkonsumsinya dengan ditambah daun sirih dan juga terasi. Wisatawan yang datang wajib mencicipi makanan unik ini dan dijamin akan kurang jika makan cuma satu piring.

9. Lempuk Durian

Lempuk Durian

Image Credit: Sekitarlampung.com

Lempuk adalah sebutan lain dari dodol. Jadi bisa dikatakan ini merupakan dodol yang menggunakan bahan utama buah durian. Memang Sumatera itu terkenal dengan buah duriannya jadi tidak heran jika banyak makanan khas di kota-kota besar yang menggunakan buah berduri tersebut.

Lempuk durian ini mencampur buah durian dengan gula yang dimasak dengan kuali. Aroma durian yang khas semakin legit karena ditambah dengan gula.

10. Benjak Enjak

Benjak Enjak

Image Credit: Kaskus.co.id

Makanan yang berbahan dasar buah pisang ini juga sangat khas dan tidak ada duanya. Pisang yang digunakan adalah pisang raja yang sudah sangat matang atau tua. Kemudian pisang tersebut dicampurkan dengan beras ketan dan santan yang ditambahkan gula.

BACA:  17 Wisata Pantai di Lampung Favorit Dikujungi Para Wisatawan

Saat ada acara adat makanan ini sudah pasti ada di meja. Selain manis ada juga rasa gurih saat mengunyah makanan ini. Gizinya sangat tinggi sehingga ini aman untuk dikonsumsi siapa saja dan kapan saja.

11. Geguduh

Geguduh

Image Credit: Cookpad.com

Hidangan dengan bahan dasar pisang lainnya ini adalah Geguduh. Dapat dikatakan ini adalah pisang goreng khas Kota Pisang. Pisang yang digunakan tidak utuh. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan pisang terlebih dahulu baru dicampurkan dengan adonan terigu.

Adonan yang digunakan biasanya dicampur dengan gula dan juga susu. Umumnya makanan ini disajikan untuk sarapan. Ditemani dengan kopi panas atau teh hangat di pagi hari semakin menambah kenikmatan kudapan yang satu ini.

12. Pie Pisang

Pie Pisang

Image Credit: Shopee.co.id (auliaseptianip)

Jika biasanya yang terkenal adalah pia apel Di sini ada kudapan khas yakni pie pisang. Dari tampilannya, permukaan pie terlihat kering namun di dalamnya ada ragam isi yang memiliki tekstur yang lembut. Pie ini biasanya diberi isian cokelat, kadang juga kacang almon atau keju, bahkan ada yang mengganti isian dengan snack Oreo.

Kudapan ini cocok dijadikan oleh-oleh. Setelah matang pie pisang ini bisa tahan hingga 5 hari, jadi aman jika ingin dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat di rumah.

13. Engkak

Engkak

Image Credit: Youtube.com (Yuniar Loli Kitchen)

Salah satu makanan khas yang hanya ada saat ada acara adat dan perayaan besar. Jadi akan sedikit susah untuk mencicipi makanan ini jika tidak sedang ada perayaan. Tapi kalau sedang silaturahim di waktu hari raya idul fitri pasti makanan ini ada di meja.

Rasa kudapan ini dominan manis karena menggunakan gula dan susu kental manis. Selain itu ada rasa gurih dari mentega dan juga santan. Bahan utamanya adalah tepung ketan putih.

14. Kemplang

Kemplang

Image Credit: Traveloka.com

Bahan dasarnya adalah ikan dan cara memasaknya dengan cara dipanggang. Biasa dijadikan sebagai lauk yang menemani nasi hangat. Selain itu makanan ini cocok bagi yang tidak bisa makan makanan berminyak.

Rasa yang dihadirkan dari Kemplang adalah rasa gurih. Ini bisa dijadikan cemilan juga karena saat digigit sangat kriuk. Wajib dicoba ya Kemplang ini. Rasanya tidak ada duanya dan merupakan salah satu ikon dari kota Lampung.

15. Kue Sekubal

Kue Sekubal

Image Credit: Kumparan.com

Ini adalah kue unik dengan bahan dasar ketan yang dipadukan dengan santan. Cara memasaknya adalah dengan mengukus adonan yang sudah dibungkus dengan daun pisang. Masyarakat setempat biasanya menikmatinya dengan tape ketan atau bumbu rendang yang pedas.

BACA:  16 Oleh-Oleh Khas Lampung Paling Populer

Kue ini sendiri rasanya gurih dan selalu ada di perayaan besar atau perayaan adat. Bagi yang ingin membawa kue ini sebagai oleh-oleh bisa kok. Harganya terjangkau dan kue ini tahan lama juga.

16. Kopi Lampung

Kopi Lampung

Image Credit: Merdeka.com

Kalau dari tadi membicarakan makanan, saatnya untuk membahas minuman khas Lampung. Pertama ada kopi Lampung. Ini sangat terkenal sekali hingga ke seluruh pelosok negeri. Saat diseduh kopi ini cita rasanya sangat kuat.

Selain itu teksturnya sangat lembut. Ada beragam jenis olahan dari kopi Lampung ini. Ada yang dipadukan dengan kopi arabika, ada juga yang dipadukan dengan cokelat, bahkan dicampur dengan rempah juga ada.

17. Serbat Kweni

Serbat Kweni

Image Credit: Duniaindra.com

Serbat kweni ini sudah dikenal menjadi minuman khas yang wajib dicoba. Mangga kweni adalah bahan utamanya. Buah tersebut nantinya dicampur dengan air putih, gula, dan es batu. Ada juga yang biasanya mencampur mangga kweni ini dengan jahe dan gula aren.

Masyarakat sekitar biasanya menikmati minuman ini setelah makan Seruit. Rasa asam dan manis yang dipadukan dengan gula dan jahe jadi semakin nikmat.

18. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

Image Credit: Tokomesin.com

Minuman dingin satu ini juga merupakan salah satu minuman andalan. Bahan utamanya tentu saja kacang merah dan es batu. Bahan tambahannya ada kolang kaling dan juga sirup kelapa.

Bahan tambahan ini mengikuti selera yang membuat minuman. Penyajian es kacang merah ini biasanya diletakkan gelas cantik dengan ukuran yang agak besar.

19. Durian Kopi Luwak

Durian Kopi Luwak

Image Credit: Genpi.co

Selanjutnya ada minuman khas yang berbahan dasar buah durian dengan kopi luwak. Pasti sudah tahu bukan kopi yang diperoleh dari hewan Luwak. Nah, di sini buah durian dicampur ke dalam seduhan kopi luwak.

Jadi cara membuatnya dengan mengambil biji kopi luwak yang kemudian dimasukkan pada air mendidih. Jika sudah tinggal masukkan durian sesuai selera dan menambahkan gula. Jika sudah teraduk rata gunakan saringan saat menyajikannya pada cangkir.

20. Ice Kopi Jelly

Ice Kopi Jelly

Image Credit: Cookpad.com

Bahan utamanya adalah kopi, jeli, dan es batu. Buah jeli yang dipakai di sini adalah jeli dengan rasa kopi. Jadi orang yang menikmati minuman ini bisa menikmati kopi dalam dua bentuk yakni cair dan kenyal atau jeli.

Kopi yang digunakan sendiri bebas jenisnya. Bisa espresso, robusta, dan jenis kopi lainnya. Kuncinya adalah kopi harus dijadikan dua olahan yakni cair dan jeli. Lalu ditambahkan es batu dan gula sesuai selera. Semakin banyak es batu semakin segar.

Bagaimana, cukup banyak bukan makanan dan minuman unik dari Lampung. Semua makanan dan minuman di atas wajib Anda cicipi jika berkunjung. Rasanya sudah pasti enak dan nikmat. Jangan sampai ada yang terlewatkan untuk menu unik di atas.