Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00-22.00 WIB, Alamat: Sebalang, Tarahan, Kec. Katibung, Kab. Lampung Selatan, Lampung; Map: Cek Lokasi

Berlokasi di Provinsi Lampung, Pantai Sebalang mempunyai daya tarik yang mempesona. Pantai ini memiliki pasir putih dan cafe yang memanjakan para wisatawan yang datang untuk bersantai dan berlibur. Cafe yang ada di pantai ini memiliki keunikan tersendiri dengan cafe-cafe lainnya, dimana dengan beralaskan pasir putih atau balon untuk tempat duduk para wisatawannya.

Pantai ini cocok untuk liburan bersama keluarga, teman, atau bersama pasangan. Dengan konsep cafe milenial yang mengutamakan keindahan alam namun menawarkan makanan yang sedang tren di kalangan remaja. Tidak hanya cafenya saja yang menjadi daya tarik dalam mendatangkan wisatawan, terdapat pohon mangrove di sekitar pasir putih yang membuat keindahan pantai semakin terlihat.

Ditambah dengan jam buka yang hampir 24 jam yaitu dari 09:00 sampai 00:00 waktu setempat membuat Pantai Sebalang begitu ramai dengan wisatawan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, juga dari yang datang beramai-ramai hingga yang datang berdua dengan pasangan menjadikan pantai yang berada di Kabupaten Lampung Selatan ini begitu ramai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sebalang

Daya Tarik Pantai Sebalang
Image Credit: Google Maps (Geo Evhans)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya hampir setiap hari pantai ini begitu ramai dengan para wisatawan yang datang berkunjung. Semua itu tidak lepas dari daya tarik pantai ini yang berhasil membuat para wisatawan berdatangan, berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Pantai Sebalang.

1. Cafe Outdoor

Sebelum adanya cafe yang diberi nama Cafe Sebalang Kuy pantai ini tidak terlalu ramai, mengingat lokasinya yang berada tidak jauh dari daerah perindustrian membuat pantai ini semakin redup. Namun, ketika cafe Sembalang Kuy ini mulai beroperasi banyak wisatawan yang datang berlibur dan bersantai di pantai ini.

Hal ini karena cafe ini menawarkan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan cafe yang bisa ditemui di beberapa tempat. Dengan beragam pernak pernik pendukung, suasana pantai dengan angin lautnya ditambah keindahan pasir putih di pantai ini membuat cafe ini menjadi tempat instagramable. Jadi tidak heran jika kebanyakan wisatawan yang datang adalah remaja yang ingin berfoto di cafe tersebut.

2. Pasir Putih Dengan Pohon Mangrove

Tidak banyak pantai yang menawarkan keindahan yang berpadu antara pasir putih dan pepohonan mangrove, apalagi dengan hadirnya Cafe Sebalang Kuy yang instagramable membuat pantai ini sangat populer di kalangan wisatawan sekitaran Kota Bandar Lampung. Suasana akan lebih indah ketika sang fajar mulai tenggelam di antara pepohonan mangrove dan mengubah warna langit menjadi merah.

3. Sunset di Sore Hari

Bersantai di cafe yang trendi sambil melihat matahari terbenam diantara pepohonan mangrove sepanjang pasir putih Pantai Sebalang akan membuat pengelaman yang berbeda bagi para wisatawan yang datang, terlebih lagi ketika menikmati moment ini bersama orang terdekat atau pasangan. Suasana romantis seakan tercipta secara alami sesaat.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Sebalang

Alamat Pantai Sebalang
Image Credit: Google Maps (Sammy Sammy)

Berjarak sekitar 27 Kilo Meter dari Kota Bandar Lampung, Pantai Sebalang berlokasi di Desa Sebalang yang menjadi nama dari pantai tersebut. Lokasi tepatnya di Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan. Untuk lama perjalanan akan memakan waktu sekitar 55 menit dari pusat Kota Bandar Lampung dengan mengambil jl. Lintas Sumatera.

Sedangkan untuk rutenya dari pusat Kota Bandar Lampung ambil jl. Pulau Bacan menuju SMA Negeri 10 Bandar Lampung kemudian tetap di jl. Gatot Subroto hingga ke pertigaan jl. Yos Sudarso lalu ambil jalur menuju Hotel Shaid Bandar Lampung dan tetap di jl. Yos Sudarso hingga masuk ke jl. Suban Bandar Lampung.

Dari jl. Suban Bandar Lampung atau yang lebih di kenal dengan nama jl. Lintas Sumatera tetap di jalur ini sampai di pertigaan Rumah Makan Ra/Sul lalu keluar jalur di pertigaan jl. Patih Canggih dan tetap di jalan ini hingga menemukan Warung Makan Ara Pantai Sebalang Taraham kemudian belok kiri dan lurus terus sampai ke lokasi pantai.

Untuk harga tiket masuk ke area pantai tergolong murah yaitu Rp 5.000 perorangnya. Sedangkan untuk biaya parkirnya beragam. Dari parkir kendaraan roda 2 adalah Rp 5.000 perkendaraan dan untuk kendaraan roda 4 adalah Rp 10.000 perkendaraan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sebalang

Kegiatan di Pantai Sebalang
Image Credit: Google Maps (Pantai Sebalang)

Dengan ramainya daerah pantai pasir putih ini seakan memberitahukan bahwa banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sepanjang pantai tersebut. Dari yang berhubungan dengan air laut hingga yang berhubungan dengan Cafe Sebalang Kuy. Berikut beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sebalang.

1. Nongkrong di Cafe Sebalang Kuy

Pusat dari pantai ini adalah Cafe Sebalang Kuy dengan pesona instagramablenya. Nongkrong bersama orang terdekat sampai ke pasangan sangat terasa nyaman di sini. Menikmati menu yang di hidangkan sambil menikmati pesona pantai dengan pasir putih dan pepohonan mangrove memang menjadi pengelaman tersendiri.

Tidak heran jika banyak sekali remaja yang datang ke pantai ini hanya untuk bersantai sambil melihat pemandangan alam dan para wisatawan cantik yang datang untuk berlibur di pantai ini juga. Tidak perlu takut dengan harga yang ditawarkan oleh cafe ini, karena dengan Rp 10.000 para wisatawan sudah bisa mendapatkan minuman untuk menemani waktu bersantai mereka.

2. Bermain Pasir Putih

Berikutnya adalah bermain di sepanjang pasir putih di Pantai Sebalang. Banyak permainan yang bisa di lakukan bersama teman atau orang terdekat ketika datang ke tempat wisata ini seperti membangun istana pasir, bermain voly pantai, sepak bola, atau kejar-kejaran sepanjang pantai. Ketika sore hari akan terlihat beberapa tenda yang berdiri di sekitaran pantai untuk para wisatawan bemalam melakukan camping.

3. Camping

Seperti yang sudah di singgung pada point sebelumnya, dimana ketika sore hari akan terlihat beberapa wisatawan membangun tenda di pinggir pantai untuk melakukan kegiatan camping atau bermalam di alam bebas di pantai ini. Dengan suara ombak dan suara angin di malam hari serta lampu-lampu warna warni yang ada di sekitaran pantai membuat moment camping terasa berbeda.

Kegiatan Menarik di Pantai Sebalang
Image Credit: Google Maps (Sunny Days)

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Kegiatan menarik selanjutnya adalah berjemur di bawah sinar mentari. Biasanya yang melakukan kegiatan ini adalah turis manca Negara yang datang untuk berlibur ke pantai ini. Para wisatawan manca Negara ini akan berjemur di pinggir pantai dengan beralasan pasir pantai.

5. Bermain Air Laut

Kegiatan menarik lainnya adalah bermain air laut. Untuk kegiatan ini tidak terlalu banyak wisatawan yang melakukannya karena tujuan utama para wisatawan untuk datang ke pantai ini adalah ke Cafe Sebalang Kuy untuk bersantai. Biasanya hanya anak-anak yang melakukan kegiatan ini, atau para wisatawan yang ingin berfoto dengan latar belakang pepohonan mangrove yang mengharuskan mereka masuk ke air laut.

6. Berfoto

Dan kegiatan yang terakhir adalah berfoto. Dengan adanya cafe yang trendi dengan banyaknya pernak pernik pendukung yang membuatnya terlihat sangat menarik mengundang para wisatawan untuk berfoto di cafe-cafe tersebut.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Traveloka.com

Ada beberapa penginapan yang ada di sekitar pantai bagi mereka yang ingin bermalam namun tidak ingin melakukan kegiatan camping. Berikut adalah beberapa penginapan yang ada di Pantai Sebalang.

1. Airy Eco Tarahan Soekarno Hatta

Berjarak sekitar 2 kilo meter dari pantai penginapan ini menawarkan pengelaman bermalam dengan harga mulai dari Rp 220.000 permalamnya. Dengan fasilitas seperti ac, free wifi, dan free parkir.

2. RedDoorz Near Pantai Pasir Putih Lampung

Dengan harga permalamnya sekitar Rp 300.000 perkamar dengan fasilitas tambahan seperti free wifi, tv, mineral water, dan free parkiran. Jarak penginapan ini dengan pantai sekitar 4 kilo meter.

3. Suak Sumatera Resort

Berjarak sekitar 12 kilo meter resort ini menawarkan pengelaman bermalam dengan harga Rp 1.500.000 permalam. Dengan fasilitas seperti free wifi, free parkir, tv, dan pemandangan pantai yang indah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sebalang Lampung

Fasilitas di Pantai Sebalang
Image Credit: Facebook.com @nofa.mastaroza

Tidak hanya Cafe Sebalang Kuy yang ada di pantai ini namun ada beberapa fasilitas pendukung lainnya yang ada di pantai pasir putih sini. Berikut beberapa fasilitas yang ada di Pantai Sebalang tersebut.

1. Cafe

Yang pertama adalah Cafe Sebalang Kuy yang menjadi tempat utama para wisatawan datang ke pantai ini. Dengan harga yang terjangkau cafe ini banyak memiliki pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Bahkan ada beberapa yang datang hanya untuk berfoto saja.

2. Tempat Duduk

Tempat duduk yang ada di pantai ini tergolong unik. Dengan beberapa payung berwarna-warni para wisatan bisa duduk di atas balon atau pasir putih membuatnya sangat unik, Ditambah ketika malam hari akan ada lampu warna-warni yang menerangi pantai membuat suasana terasa elegan namun tetap alami dan nyaman untuk bersantai.

3. Lahan Parkir

Fasilitas berikutnya adalah lahan parkir yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk memarkirkan kendaraan mereka ketika berkunjung ke Pantai Sebalang. Tidak perlu takut terjadi sesuatu dengan kendaraan tersebut karena akan di jaga oleh para petugas yang ada. Untuk mencegah sesuatu yang tidak di inginkan sebaiknya barang-barang berharga para wisatawan dibawa bersama wisatawan.

4. Lahan Kosong

Di sekitaran pantai juga terdapat sebuah lahan kosong yang biasanya di gunakan oleh para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan camping atau bermalam di pesisir pantai. Untuk para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan camping sebaiknya menyiapkan lotion anti nyamuk agar tidak digigit nyamuk ketika tidur di alam terbuka ketika malam hari.

5. Toilet Umum

Ada toilet umum juga yang bisa digunakan oleh para wisatawan yang datang. Jadi para wisatawan tidak perlu khawatir ketika mau membuang air kecil atau air besar.

6. Mushola

Ada mushola juga bagi para wisatawan yang ingin menunaikan ibadah sholat. Untuk para wanita yang ingin sholat disarankan membawa mukenah dari rumah untuk mencegah jika tidak ada mukenah di mushola ini.

Dari keseluruhan Pantai Sebalang adalah tempat yang sangat di rekomendasikan bagi para remaja. Karena tempat ini memiliki kesan milenial namun tetap alami. Banyak wisatawan yang datang untuk bersantai dan berfoto di cafe pantai ini. Banyak juga para wisatawan yang datang bersama pasangannya karena moment romantis yang di tawarkan oleh Cafe Sebalang Kuy.