Pantai Minang Rua salah satu wisata pantai yang populer di Lampung Selatan. Pantai pasir putih yang menyuguhkan pesona alam menakjubkan dan memiliki banyak spot foto keren yang wajib Anda eksplor saat liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kelawi, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pantai Minang Rua terletak di Lampung bagian Selatan. Pantai ini dikelola oleh masyarakat sekitar yang menjaga dan menata kerapian dari pantai. Pantai indah tersebut dikelilingi oleh perbukitan dan pohon-pohon hijau yang memanjakan mata.

Pantai yang terbilang cukup baru ini memiliki lokasi yang adem dan asri. Suasana indah itu membuat pantai pasir putih ini selalu diserbu saat libur panjang tiba.

Kawasan pantai yang menjadi andalan ini memiliki bibir pantai yang panjang dan luas. Lokasi tersebut sangat strategis untuk Anda jika ingin melakukan permainan seru atau outbond asik bersama teman kampus. Selain itu Anda juga menikmati keindahan pantai cantik tersebut dan berfoto bersama.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Minang Rua

Daya Tarik Dimiliki Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Selegram Id)

1. Laut Indah di Minang Rua

Keindahan laut dan jernihnya air di pantai membuat Anda tergoda untuk berenang dan berendam. Tidak akan lengkap ke pantai jika tidak mandi pantai. Selain airnya yang jernih, pasir pantainya yang lembut dan putih juga menjadi pendorong utama bagi pengunjung untuk mandi.

Pengelola pantai juga sangat aktif menjaga kebersihan dan keamanan pantai. Sehingga Anda tidak akan menemukan sampah berserakan di sekitar pantai. Hal ini juga menjadi daya tarik untuk kedatangan wisatawan ke lokasi.

2. Menikmati Sunset Cantik di Pantai Andalan

Pantai Minang Rua mengarah ke Barat sehingga menjadikan pantai ini sebagai spot menikmati matahari terbenam terbaik di Lampung. Penikmat sunset pasti akan memilih lokasi pantai ini untuk menikmati detik-detik tenggelamnya matahari sore.

Berfoto, merekam video menjadi kegiatan utama pengunjung saat matahari terbenam. Menikmati keindahan sunset yang hanya beberapa menit ini menjadi saat terindah dan romantis jika bersama pasangan Anda.

Daya Tarik Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Gusti Winata)

3. Green Canyon di Sekitar Pantai

Spot foto ini menjadi daya tarik yang mengundang wisatawan berdatangan. Green canyon tersebut adalah berupa teluk kecil dengan batu karang yang mengelilingi. Lokasi ini menjadi lokasi favorit bagi wisatawan, entah untuk berfoto atau berenang.

Air yang ada di tempat ini jernih dan kebiruan. Pengujung sering mandi dan berendam di lokasi tersebut. Para pengunjung sering melompat menggunakan akar tanaman dan terjun ke air.

Anda bisa berjalan-jalan di pinggir pantai ke arah ujung kiri. Anda bisa berjalan sekitar 300 meter. Kemudian tidak jauh Anda akan menemukan lokasi green canyon yang fenomenal ini.

Anda tidak perlu lagi jauh-jauh ke Amerika untuk menikmati green canyon. Anda bisa menikmati tebing-tebing batu yang tinggi dengan hiasan semak-semak dan pepohonan yang menghiasi. Semak-semak dan vegetasi lainnya tumbuh subur di tebing bebatuan pantai.

4. Banyak Spot Foto Unik

Di setiap sudut yang ada di pantai ini dijadikan spot berfoto yang bagus. Karena keindahan pantai, sehingga semua lokasi ditata menjadi tempat yang cocok untuk dimasukkan dalam frame foto.

Ada ayunan yang diletakkan di pinggir pantai. Anda bisa menjadikan ayunan ini sebagai tempat berfoto yang asik. Sambil main ayunan Anda bisa mengambil foto. Ada tulisan Pantai Minang Rua yang juga dijadikan spot berfoto yang khas di lokasi tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Minang Rua

Alamat Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Mas Gon)

Pantai Indah ini berada di Lampung Selatan. Lokasi tepatnya yaitu di Bakauheni di Desa Kelawi. Rute perjalanan untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Minang Rua bisa dengan menggunakan google map. Dimana jarak perjalanan yang akan Anda tempuh sejauh 90 km, jika berada di Kota Bandar Lampung.

Anda bisa juga mengikuti jalur berikut untuk lebih mudahnya. Dari pusat kota ikuti jalan menuju pelabuhan Bakauheni. Setelah dari pelabuhan Anda akan melihat banyak petunjuk arah menuju pantai.

Untuk lebih detailnya, jika berada di Kota ikuti jalur menuju jalan Soekarno. Kemudian lurus saja menuju kota Kalianda. Setelah itu arahkan kendaraan Anda menuju jalan lintas Sumatera Bakauheni dan lurus saja.

Setelah itu tidak jauh dari pelabuhan akan ada sebuah patung garuda dan belok ke arah kanan. Usai itu lurus terus dan Anda akan menemukan sebuah gang, masuk ke dalam gang tersebut dan ambil jalur lurus. Kemudian Anda akan sampai di Pantai Minang Rau. Waktu yang dihabiskan selama perjalanan berkisar 2 jam.

Setiap pengunjung yang datang ke pantai Minang Rua akan dikenakan tarif saat masuk. Anda akan membayar Rp 5.000 untuk masuk ke pantai. Sedangkan bagi pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000 untuk kendaraan bermotor. Untuk mobil akan membayar parkir sebesar Rp 10.000.

Pada saat hari libur Nasional seperti hari raya dan libur panjang, pengunjung tidak akan dikenakan tarif atau membayar tiket saat masuk. Hanya saja setiap kendaraan akan dikenakan biaya Rp 10.000 untuk kendaraan bermotor. Kendaraan roda empat akan membayar Rp 20.000 saja dan tidak membayar tiket masuk lagi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Minang Rua

Aktivitas Menarik di Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Heri Junna)

1. Bermain Air

Pantai dengan air kehijauan yang jernih ini menjadi tempat bermain asik para pengunjung. Berenang dan bermain air adalah kegiatan utama di pantai.

Selain mandi dan berenang, Anda bisa bermain-main di pinggir pantai. Anda bisa menyewa ban karet yang bisa digunakan untuk berenang. Ada penyewaan perahu bagi Anda yang ingin berkeliling di sekitar pantai.

2. Mengunjungi Penangkaran Penyu

Para masyarakat di sekitar Pantai Minang Rua memiliki tim penyelamat telur penyu. Semua telur penyu yang ditemukan dieramkan kemudian setelah menjadi tukik, maka dilepaskan ke air pantai.

Keberadaan pasir pantai putih dan lembut ini menjadikan penyu-penyu suka bertelur di hamparan pasir tersebut. Hal ini dilakukan supaya penyu sisik di pantai itu tidak punah.

Aktivitas di Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ikhsan)

3. Melihat Gua Lalai

Terdapat gua kecil dan cantik di pinggir Pantai tersebut bisa menjadi lokasi yang ramai dikunjungi. Anda bisa mengambil foto sendiri maupun bersama teman-teman Anda di depan gua.

Di gua ini Anda tidak boleh masuk ke dalamnya. Hal ini karena di dalam gua merupakan tempat tinggal bagi kelelawar. Selain untuk menjaga keamanan, dan untuk menjaga supaya kelelawar tidak terganggu oleh aktivitas manusia.

4. Camping Seru di Pinggir Pantai

Pantai Minang Rua tidak memiliki jam akses yang ditentukan. Anda bisa datang dan berkunjung kapan saja. Sehingga bisa memudahkan untuk para pengunjung menginap dan mendirikan tenda di pinggir pantai.

Dimana pinggir pantai dengan pasir lembut ini sangat luas dan cocok dijadikan tempat camping bersama teman. Keamanan di pantai sangat baik sehingga jika ingin camping bersama sudah dipastikan keamanan Anda terjaga. Hanya perlu untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Penginapan Murah Dekat dari Pantai Minang Rua

Penginapan Dekat Pantai Minang Rua
Image Credit: Booking.com

1. Kedas Home Stay and Resort

Keberadaan penginapan ini di wilayah pantai. Fasilitas dan pelayanan yang diberikan sangat pas dan sesuai dengan penginapan lainnya. Anda hanya butuh Rp 500.000 untuk bisa bermalam di sini.

Bangunan dari penginapan yang mengangkat desain Bali ini sangat indah. Anda serasa di Bali jika bermalam di penginapan itu. Bangunannya yang khas dengan bangunan di Bali membuat pengunjung tertarik untuk datang.

2. Villa Miang

Villa ini milik seorang warga yang berada di sekitar kawasan pantai. Villa tersebut menyediakan fasilitas lengkap seperti penginapan lainnya. Dimana pemilik villa itu juga menyediakan pemesanan makanan dan minuman dengan biaya tambahan di akhir.

Jika ingin bermalam di villa pinggir Pantai Minang Rua, Anda hanya perlu membayar Rp 300.000 saja. Anda bisa menikmati semilir angin pantai dari villa ini. selain itu Anda juga bisa menikmati matahari terbenam secara langsung dari penginapan.

3. Villa Maliha

Penginapan dengan nuansa batik ini memberikan harga Rp 300.000 setiap malam. Villa itu bisa untuk 3 sampai 5 orang. Anda akan mendapatkan fasilitas tempat tidur ala lesehan, kamar mandi dan makanan dengan menu seafood.

Dengan biaya murah tersebut Anda bisa bermalam bersama teman-teman Anda. Saat malam tahun baru atau saat libur panjang, villa itu adalah tempat menginap andalan bagi wisatawan yang datang. Penginapan Maliha juga berada di kawasan pantai pasir putih ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Minang Rua

Fasilitas di Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Bambang Bahwono)

Karena kepedulian dari kelompok sadar wisata yang mengelola pantai, membuat pantai ini selalu indah, tertata dan terjaga kebersihannya. Selain itu pihak pengelola pantai juga menyediakan beberapa fasilitas umum yang cukup lengkap untuk wisatawan.

Ada toilet, tempat bilas bagi pengunjung yang selesai mandi di pantai dan ada mushola. Tempat bermain voly yang luas. Selain itu ada area parkir yang aman. Fasilitas lain yaitu tempat penyewaan alat bermain air seperti ban karet dan perahu.

Pantai Minang Rua Indah ini bisa dijadikan sebagai lokasi berlibur selanjutnya bersama keluarga. Selain dekat dengan pusat kota, lokasinya juga sangat strategis.