11 Wisata Pantai di Jakarta Paling Recommended

Wisata Pantai Jakarta

Hiruk pikuk kota Jakarta sebagai salah satu kota besar di Indonesia sekaligus ibu kota negara tentu tak bisa dihindari lagi. Meskipun begitu, Anda tidak perlu jauh-jauh mencari tempat untuk sejenak lari dari rutinitas pekerjaan saat penat melanda. Ternyata Jakarta memiliki sejumlah pantai yang indah untuk tempat rekreasi dan relaks serta menjauh sebentar dari kemacetan pusat kota.

Kebanyakan pantai di Jakarta ini terletak di Kepulauan Seribu yang berada di sebelah utara Jakarta. Kawasan ini memiliki potensi besar sebagai salah satu objek wisata sehingga oleh pemerintah khususnya pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu dikembangkan sebagai kawasan budidaya laut dan pariwisata.

Selain sebagai objek wisata alam, beberapa pulau di kawasan Kepulauan Seribu juga dimanfaatkan sebagai pulau suaka alam dan pulau cagar budaya. Hal ini makin menambah daya tarik Kepulauan Seribu sebagai atraksi wisata alam utama di Jakarta. Beberapa pantai sekitaran Jakarta ini bisa menjadi alternatif tempat liburan atau menghabiskan akhir pekan Anda.

1. Pantai Ancol

Pantai Ancol

Lokasi: Jl. Pantai Nusadua No.13, RT.5/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara. – Image Credit by Era.id

Warga Jakarta atau bahkan wisatawan dari luar Jakarta tentu tidak asing dengan Pantai Ancol. Karena kepopulerannya, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung terutama pada musim liburan. Berbagai atraksi wisata ditawarkan oleh Ancol seperti gelanggang samudra, seaworld dan dunia fantasi atau dufan.

Salah satu atraksi yang sangat digemari di pantai Ancol adalah Atlantis Water Adventure, yaitu sebuah arena permainan air. Atraksi ini memiliki delapan kolam renang dengan bermacam-macam wahana yang bisa dinikmati seluruh keluarga, seperti seluncuran air dengan ketinggian tertentu dan dengan jalur berkelok-kelok.

2. Pantai Anyer

Pantai Anyer

Lokasi: Jl. Raya Anyer-Sirih, Sindanglaya, Kec. Cinangka, Kab. Serang. – Image Credit by Pantainesia.com

Menawarkan keindahan panorama pantai, Anyer menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Jakarta saat liburan. Wisatawan dari luar Jakarta juga banyak yang mengunjungi kawasan ini untuk menikmati pemandangan indah di tepi pantai terutama saat matahari tenggelam.

Pantai Anyer terletak kurang lebih 30 km di barat Jakarta. Selain tempat wisata, kawasan ini juga memiliki akomodasi wisata yang cukup lengkap yaitu penginapan dengan harga ekonomis hingga hotel berbintang lima. Panorama yang tidak boleh dilewatkan di pantai ini adalah menyaksikan Gunung Rakata yang merupakan anak Gunung Krakatau dari tepi pantai.

3. Pantai Carita

Pantai Carita

Lokasi: Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang. – Image Credit by Wikipedia.org

Daya tarik utama pantai ini adalah pasir putih di sepanjang pantai yang bersih. Air lautnya tampak jernih kebiruan membuat mata para pengunjung menjadi lebih segar. Jajaran pohon kelapa juga menambah keindahan pantai ini. Anda dapat menghabiskan waktu bersantai di tepi pantai, di bawah pohon yang rindang sambil menikmati suasana alami bersama hembusan angin.

Di kawasan Pantai Carita telah dilengkapi akomodasi yang lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir menghabiskan liburan di pantai ini. Banyak pilihan vila atau penginapan yang dapat Anda manfaatkan. Selain itu, berbagai fasilitas liburan seperti restauran atau cafe juga bisa Anda nikmati di sekitar kawasan pantai.

4. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Lokasi: Jl. Sawarna Km. 12 No.1, Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak. – Image Credit by Idntimes.com

Pantai yang cukup sepi ini menyajikan keindahan pantai dengan suasana tenang dan alami. Karena belum maksimal pengembangannya sebagai destinasi wisata, pantai ini memang belum banyak dikunjungi. Jika Anda ingin menginap di pantai ini, warga sekitar menawarkan homestay yang bisa Anda sewa.

Pantai Sawarna memiliki tiga kawasan pantai utama yaitu Pantai karang Taraje, Pantai Bokor, dan Pantai Karang Ciantir. Di kawasan ini Anda dapat melakukan cave tubing atau menyusuri gua dengan ban dalam karena di kawasan ini terdapat banyak gua batuan kapur yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

5. Pantai Perawan

Pantai Perawan

Lokasi: Jl. Pantai Perawan, Pulau Pari, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu. – Image Credit by Pariseribu.com

Pantai Perawan yang terletak di Pulau Pari ini menyajikan pemandangan laut dengan deburan ombak yang cukup tenang, sehingga Anda dapat merasa relaks saat berada di tepi pantainya. Airnya berwarna biru kehijauan dan tampak jernih menambah daya tarik pantai ini.

Beberapa aktivitas seperti bermain banana boat atau sofa boat, kano, dan menaiki jet ski sambil berkeliling pantai dapat menjadi pilihan kegiatan saat Anda berwisata ke pantai ini. Moment menyaksikan matahari terbenam dari bibir pantai juga tidak boleh Anda lewatkan.

6. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari

Lokasi: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu. – Image Credit by Nusatour.co.id

Masih di Kepulauan Seribu, Pulau Bidaari juga menjadi salah satu tujuan wisata para turis baik lokal maupun mancanegara. Dengan menggunakan speed boat selama kurang lebih 30 menit dari marina Ancol Anda sudah dapat sampai ke pulau ini.

Banyak wisatawan mengunjungi pulau ini karena pantainya terkenal dengan pasir pantai yang putih dan bersih serta air laut yang tampak biru jernih. Anda dapat menginap di cottage yang banyak disediakan. Menariknya terdapat beberapa penginapan yang dibangun di tengah laut sehingga memberikan sensasi tersendiri saat Anda menginap.

7. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka

Lokasi: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu. – Image Credit by Pulau-seribu.com

Nama Pramuka disematkan pada pulau ini karena tempat ini cukup sering digunakan sebagai area kegiatan pramuka. Awalnya, nama pulau ini adalah Pulau Elang karena menjadi habitat Elang Bondol. Namun kini elang tersebut sudah tidak lagi dapat ditemukan sehingga pulau ini berganti nama menjadi Pulau Pramuka.

Panorama matahari tenggelam sangat dinantikan wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Selain itu Anda dapat berkeliling pulau dan melihat pemandangan dengan menggunakan kapal wisata. Terdapat kawasan penangkaran penyu yang dapat Anda kunjungi di pulau ini. Untuk mencapai pulau ini, Anda dapat berangkat melalui Pelabuhan Muara Angke atau Marina Ancol.

8. Pulau Pari

Pulau Pari

Lokasi: Pulau Pari, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu. – Image Credit by Mdlinkcard.id

Sesuai namanya, pulau ini dinamai Pulau Pari karena bentuknya yang mirip ikan pari jika dilihat dari atas. Pantai di pulau ini memiliki pasir pantai berwarna putih dan semakin kontras dengan warna birunya laut sehingga menambah daya tariknya. Pantai ini terkenal dengan suasananya yang tenang dan menyegarkan, cocok bagi Anda yang ingin bersantai dan melepas penat karena rutinitas pekerjaan.

Selain itu, pantai ini menjadi salah satu tempat Pusat Penelitian Kelautan LIPI. Sembari mengunjungi Pulau Pari, Anda dapat juga singgah ke Pulau Rambut, Pulau Pramuka, Pulau Tidung dan Pulau Lancang.

9. Pulau Tidung

Pulau Tidung

Lokasi: Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu. – Image Credit by Pesona.travel

Pulau Tidung terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil. Kedua area ini dihubungkan oleh jembatan yang disebut dengan Jembatan Cinta yang menjadi ikon tempat wisata ini. Di sini wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang pulau dan panorama laut yang indah.

Selain itu, beberapa kegiatan lain juga dapat Anda lakukan di pantai ini, seperti berenang, bermain banana boat atau bahkan melakukan snorkeling. Karena letaknya yang dekat dengan Pelabuhan Muara Angke, yaitu sekitar 2-3 jam dengan mengendarai speed boat, lokasi pulau ini sangat mudah dijangkau.

10. Teluk Jakarta

Teluk Jakarta

Lokasi: Teluk Jakarta, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu. – Image Credit by Wikipedia.org

Masih di kawasan Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta merupakan pantai yang terdekat dengan Jakarta sehingga kawasan ini menjadi salah satu tujuan utama banyak wisatawan. Selain daya tarik utama pemandangan pantai yang indah, di kawasan ini disediakan beragam pilihan kegiatan wisata air, di antaranya snorkeling atau berkeliling Teluk Jakarta dengan kapal.

Selain itu, Anda dapat menikmati suasana pantai Teluk Jakarta pada malam hari dengan menyewa dan menginap di cottage yang disediakan di kawasan ini. Pemandangan pantai pada malam hari tidak kalah indah, dengan hamparan laut yang luas serta pemandangan langit bertabur bintang saat langit cerah.

11. Marunda Beach

Marunda Beach

Lokasi: Gg. VII, RT.3/RW.7, Marunda, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara. – Image Credit by Dreamstime.com

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan atau akhir pekan adalah pantai Marunda yang berada di Cilincing, Jakarta Utara. Karena lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota, kawasan ini mudah dijangkau dan bisa Anda kunjungi satu hari tanpa menginap.

Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang dermaga sambil menikmati hembusan angin dan panorama laut yang terbentang dengan latar belakang yang cukup unik yaitu tampilan beberapa gedung yang menjulang. Selain itu Anda juga dapat menikmati pemandangan sunset yang romantis di sekitar dermaga.

Untuk mendapatkan suasana yang menenangkan dan relaks, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Beberapa destinasi pantai di atas yang terletak di sekitaran Jakarta dapat Anda kunjungi untuk melepas lelah setelah bergelut dengan aktivitas pekerjaan dan stres akibat kemacetan ibu kota. Lokasinya yang mudah dijangkau dapat menjadi alternatif tempat menghabiskan akhir pekan sehingga Anda merasa lebih segar saat kembali bekerja, dan tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk melakukan rekreasi.