Pulau Tidung, Tempat Rekreasi Seru di Kepulauan Seribu

Pulau Tidung

Lokasi: Kel. Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.
MapCek Lokasi

Pulau Tidung di Kepulauan Seribu, Jakarta menjadi salah satu tempat wisata favorit dikunjungi oleh penduduk Jakarta dan sekitarnya. Pulau yang menawarkan pemandangan eksotis untuk liburan yang lebih berkesan.

Jakarta memang salah satu kota padat penduduk yang mempunyai banyak tempat wisata untuk dikunjungi. Mulai dari tempat wisata dengan tujuan untuk edukasi atau rekreasi. Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jakarta adalah Pulau Tidung. Ketika Anda memutuskan untuk pergi liburan, maka Pulau cantik ini merupakan solusi destinasi wisata terbaik.

Zaman sekarang, orang-orang lebih banyak sibuk dengan kegiatannya dan membutuhkan waktu untuk menghibur diri. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghibur diri yaitu dengan pergi berlibur. Setiap orang mempunyai pilihan masing-masing mengenai tempat wisata, termasuk pergi ke pantai yang ada di Pulau ini.

Pulau Tidung merupakan destinasi wisata yang terletak di Kepulauan Seribu. Pulau ini menawarkan panorama alam yang begitu memukau sehingga pengunjung yang datang tidak hanya dari Jakarta saja melainkan luar daerah hingga mancanegara. Jika Anda tertarik mengetahui mengenai wisata Pulau Tidung, simak penjelasan berikut ini untuk memuaskan rasa penasaran Anda.

1. Terdapat 2 Pulau Berbeda

Terdapat 2 Pulau Berbeda

Image Credit: Fotocommunity.com

Di Pulau Tidung terdapat dua pulau yang saling terpisah dan terhubung oleh suatu jembatan. Kedua pulau yang terpisah tersebut mempunyai nama Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung kecil. Hal itu dikarenakan ukuran keduanya yang dibedakan menurut besar kecilnya. Masing-masing Pulau tersebut dimanfaatkan untuk hal yang berbeda.

Pulau Tidung Besar merupakan pulau yang akan Anda pijak pertama kali saat masuk ke wisata ini. Bagian Pulau menawan ini juga digunakan sebagai tempat pemukiman penduduk. Meskipun penduduk disana beraktivitas cukup padat, akan tetapi Pulau Tidung Besar masih nyaman dijadikan obyek wisata karena dapat melihat pantai dengan perairan biru dan pasir halus.

Selain itu, fasiltas yang disediakan di Pulau Besarnya cukup lengkap. Meliputi akomodasi yang dibutuhkan saat sedang liburan. Sehingga para wisatawan tidak akan kebingungan mencari peralatan yang dibutuhkan. Disini juga tersedia penginapan bagi para wisatawan yang ingin bermalam.

Sebaliknya, Pulau Tidung Kecil tidak dihuni oleh penduduk melainkan digunakan sebagai tempat khsusus melestarikan budidaya dan tanaman mangrove serta bakau. Hutan bakau dan mangrove dilestarikan dengan tujuan untuk melindungi pesisir dari abrasi. Tak hanya itu, terkadang setiap waktu tertentu wisatawan bisa ikut membantu menanam pohon bakau kecil di Pulau Tidung Kecil.

2. Fasilitas Tersedia di Pulau Tidung

Fasilitas Tersedia di Pulau Tidung

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Untuk melancarkan acara liburan Anda, maka perlu didukung fasilitas-fasilitas yang mumpuni. Di Pulau cantik ini sendiri terdapat berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan untuk bersenang-senang. Misalnya saja seperti bersepeda, snorkeling, bermain banana boat, atau membutuhkan penginapan.

BACA:  20 Oleh-Oleh Khas Jakarta Paling Populer

Anda bisa dengan leluasa bersepeda mengelilingi Pulau Tidung karena mobil tidak memiliki akses untuk masuk. Maka dari itu, tersedia toko yang menawarkan sewa sepeda dengan harga yang murah per hari. Nyatanya, bersepeda di Pulau ini sangat menyenangkan karena suasananya yang begitu asri. Selain itu, Anda juga bisa menyewa peralatan snorkeling.

Disana juga terdapat fasilitas umum yang bisa ditemukan dengan mudah. Misalnya seperti kamar mandi atau toilet umum, mushola untuk beribadah, tempat beristirahat, dan lain-lain. Tidak perlu bingung lagi karena fasilitas di Pulau Cantik Tidung termasuk lengkap.

3. Jembatan Cinta di Pulau Tidung

Jembatan Cinta di Pulau Tidung

Image Credit: Javaexotictour.com

Salah satu objek wisata di Pulau ini yang terkenal ialah jembatan cinta. Jembatan cinta merupakan jembatan yang menghubungkan antara Pulau Tidung besar dengan Pulau kecil. Panjang jembatan ini hampir mencapai 1 km dengan tinggi sekitar 2 m. Jembatan cinta seringkali jadi spot foto yang tak pernah dilewatkan para wisatawan.

Anda bisa langsung meloncat dari jembatan ini jika ingin berenang di laut. Namun, pastikan Anda sudah profesional melakukannya. Tak jarang banyak wisatawan yang melakukan atraksi kecil untuk melompat dari atas jembatan untuk menceburkan diri ke laut.

Selain itu, perlu diketahui jembatan ini diberi nama jembatan cinta karena mempunyai mitos yang beredar di masyarakat. Mitos tersebut berkembang bahwa siapapun yang melintasi jembatan itu akan mendapat dorongan positif dalam menjalin hubungan asmara. Konon, bagi pasangan yang datang bersama akan langgeng sedangkan yang datang sendiri akan mendapat pasangan.

4. Tempat Pemakaman Raja Tidung XIII

Tempat Pemakaman Raja Tidung XIII

Image Credit: Detik.com

Di Pulau Tidung terdapat makam sakral disana. Makam tersebut ialah milik seseorang yang dulunya disegani dan berperan serta dalam memberantas kolonial Belanda. Beliau tak lain ialah Panglima Hitam dari Cirebon, Banten. Panglima Hitam berasal dari Kerajaan Syarif Hidayatullah. Setelah pasukan Cirebon kalah, Panglima Hitam ini melarikan diri ke Pulau ini.

Setelah itu, Beliau menetap disana sampai sisa-sisa hari terakhirnya. Kemudian makamnya dikuburkan di kawasan Pulau Tidung kecil. Saat ini, makam tersebut menjadi salah satu objek wisata sejarah yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari luar pulau. Selain itu, terdapat peninggalan berupa keris, pedang, peralatan ibadah, dan lain sebagainya.

5. Wahana Olahraga Air

Wahana Olahraga Air

Image Credit: Iinsquall.wordpress.com

Ketika Anda memutuskan berlibur ke Pulau Tidung tentunya tidak boleh melewatkan olahraga air seperti snorkeling atau diving. Keadaan air laut yang biru serta jernih mampu membius Anda untuk merasa nyaman dalam air dan menikmati keindahannya. Mulai dari melihat-lihat ikan kecil yang berenang atau hamparan terumbu karang.

BACA:  27 Tempat Wisata di Jakarta Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wisatawan dapat memesan peralatan snorkeling dengan harga murah. Apabila masih amatir dalam melakukan snorkeling sendiri, maka Anda bisa meminta pemandu untuk menemani. Namun, untuk diving dilakukan di kawasan perairan lepas yang membutuhkan sewa perahu atau kapal untuk sampai ke sana.

6. Wahana Air Banana Boat

Wahana Air Banana Boat

Image Credit: Qtiket.com

Tidak hanya snorkeling dan diving, Anda juga bisa mencoba wahana air banana boat. Apalagi jika Anda seseorang yang menyukai tantangan dan ingin mencoba wahana air satu ini. Seperti namanya, banana boat mempunyai bentuk menyerupai pisang. Banana boat bisa diisi dengan 3 sampai 6 penumpang ditambah satu pemandu.

Banana boat akan ditarik oleh speed boat sampai mengelilingi Pulau Tidung. Kecepatan ditariknya mungkin bisa memacu andrenalin Anda. Wahana air satu ini diakui sangat menyenangkan untuk dicoba karena banana boat akan diputar balik sehingga para penumpangnya akan jatuh di laut. Maka dari itu, penumpang wajib memakai pelampung.

7. Pantai Pulau Tidung

Pantai Pulau Tidung

Image Credit: Blibli.com

Jangan pernah melewatkan keindahan panorama yang disajikan oleh pantai di Pulau Tidung. Apalagi ketika Anda datang untuk menyaksikan sunrise atau sunset di pesisir pantai. Pasti akan menjadi kenangan yang sangat indah. Selain itu, pasir putih halus dari Pantai Tidung sangat lembut untuk dipijak serta airnya berwarna biru jernih tanpa sampah.

Untuk Anda yang membawa anak kecil kesini, tentu bisa diajak bermain bersama ke pantai dan menikmati segarnya air laut. Bisa juga berenang di dekat bibir pantai karena airnya masih terbilang dangkal. Meskipun begitu, bagi anak-anak yang ingin bermain akan lebih aman jika berada dalam pengawasan orang tua.

8. Berenang Bersama Ikan Hiu

Berenang Bersama Ikan Hiu

Image Credit: Berkabar.id

Tenang, hiu disini bukan seperti hiu yang biasa tayang di film-film layar lebar. Kalau seperti itu, pastinya para wisatawan tidak berani datang untuk melihat. Nyatanya, ikan hiu yang ada di Pulau Tidung bisa diajak berenang bersama wisatawan. Tidak hanya dengan satu ikan hiu, melainkan puluhan ikan hiu yang pastinya dapat membuat jantung Anda berdegup was-was.

Tempat penangkaran hiu terletak di Pulau Pramuka yang lokasinya masih berdekatan dengan Pulau Tidung. Jika berniat berenang bersama ikan hiu, pastikan tidak ada bekas luka pada tubuh Anda karena takutnya ikan hiu malah menganggap Anda sebagai mangsa. Penangkaran hiu ini dibangun dengan tujuan supaya dapat melindungi mamalia yang terancam punah.

BACA:  15 Wisata Museum di Jakarta yang Paling Favorit Dikunjungi

9. Rute Perjalanan Menuju Pantai Tidung

Rute Perjalanan Menuju Pantai Tidung

Image Credit: Missnidy.com

Untuk bisa mencapai Pulau Tidung terdapat beberapa rute jalan yang bisa dilalui. Namun sebelum itu, pertama-tama Anda harus memulai start di Jakarta Utara terlebih dahulu. Baru memilih salah satu dari dua pelabuhan yang ada yaitu dermaga Mariana Ancol atau pelabuhan Kali Adem di Muara Angke.

Disarankan jika mencari biaya transportasi yang murah tapi perjalanan lama maka pergilah ke pelabuhan Kali Adem. Disana, nantinya akan ditawari menaiki dua opsi kapal. Kapal tersebut antara lain yaitu kapal tradisional dengan lama perjalanan sekitar 3 jam dan kapal bahari ekspress yang mengantar kurang lebih dari satu jam.

Namun, jika ingin segera sampai di Pulau Tidung maka bisa pergi ke dermaga Mariana Ancol. Anda bisa menaiki kapal dengan kecepatan tinggi dan sampai di Pulau dalam waktu kurun sejam. Pilihlah rute yang sekiranya ingin ditempuh. Entah rute perjalanan yang cepat atau lambat.

10. Kelebihan yang Dimiliki Pulau Cantik Ini

Kelebihan yang Dimiliki Pulau Cantik Ini

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Setiap destinasi wisata tentunya mempunyai kelebihan yang menonjol masing-masing. Begitupula dengan Pulau Tidung, destinasi wisata ini mempunyai beberapa kelebihan yang menjadikannya terkenal oleh wisatawan. Pergi ke Pulau eksotis di Jakarta ini tidak membutuhkan biaya yang mahal sehingga ramah untuk rekreasi keluarga.

Kelebihan dari pulau ini yaitu banyaknya objek wisata yang dapat dijelajahi. Di sekitar Pulau Tidung ada Pantai Saung Perawan yang lokasinya tak jauh dari pulau ini. Selain itu, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas disana mulai dari bersepeda, berenang, snorkeling, dan lain sebagainya. Pulau ini termasuk pulau populer yang sering dijadikan rekomendasi tempat wisata.

11. Harga Paket Wisata Pulau Tidung

Harga Paket Wisata Pulau Tidung

Image Credit: Exploretidung.wordpress.com

Supaya tidak bingung dengan paket harga wisata di Pulau Tidung, maka kini telah tersedia daftar paket yang bisa Anda jadikan referensi. Tarif nantinya akan disesuaikan dengan berapa lama waktu menginap dan fasilitas yang didapat. Misalnya saja seperti wisatawan bisa membeli paket peserta 5 orang dengan lama menginap 2 hari satu malam yang berkisar Rp 640.000.

Contoh lain jika memesan paket peserta 7 orang dengan lama menginap 3 hari dua malam maka akan dikenai biaya Rp 770.000 dan seterusnya. Anda akan mendapat berbagai fasilitas mulai dari tiket kapal, konsumsi makanan, alat sewa sepeda, penginapan, tiket gratis masuk Ancol, dan masih banyak lainnya.

Itulah beberapa info menarik yang dapat diketahui dari Wisata Pulau Tidung. Panorama keindahan dari pantai dan objek wisata di pulau inilah yang menjadikan Pulau ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Berkunjung kemari bersama teman dan kerabat keluarga merupakan pilihan yang tepat untuk merelaksasikan diri dari penatnya aktivitas sehari-hari.