10 Pulau Cantik di Jakarta yang Populer Buat Liburan

Pulau Cantik Jakarta

Ingin Liburan ke Ibukota? Periksa List Wisata Pulau Terindah di Jakarta. Objek Wisata Bahari Eksotis, Populer dan Paling Hits yang Wajib Anda Jelajahi Saat Berlibur ke Jakarta.

Jakarta ternyata terkenal karena susunan pulaunya yang menarik untuk dikunjungi. Tempat tersebut berlokasi di Pulau Seribu yang tersusun dari sekitar 110 pulau dan secara administratif masuk dalam wilayah regional ibukota DKI Jakarta. Jika Anda berdomisili di Jakarta dan wilayah yang berdekatan dengannya, tidak ada salahnya berlibur ke kota berikut ini.

Ada banyak pilihan jenis aktivitas yang bisa Anda lakukan di berbagi pulau tersebut, mulai dari menikmati pemandangan alam yang lebih alami dan segar, bermain aktivitas air, hingga sekedar melakukan aktivitas santai di pantainya. Anda bisa datang seorang diri atau datang beramai-ramai dengan teman dan keluarga.

Untuk Anda yang ingin datang mengunjungi pulau-pulau tersebut, berikut merupakan rekomendasi pulau yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Masing-masing pulau memiliki keunikannya sendiri, Anda bisa memilihnya sesuai dengan ketertarikan dan pilihan aktivitas yang hendak dilakukan. Berikut daftar pulau tercantik di Jakarta yang menarik untuk dijelajahi.

1. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari

Image Credit: Twitter.com @phototriwahyu

Pulau ini dekat dengan pelabuhan feri yang ada di Ancol, sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan. Anda bisa kesana menggunakan feri ataupun kendaraan lain yang tersedia, sebab jaraknya tidak terlalu jauh. Hanya sekitar 30 menit perjalanan dari pantai yang ada di Ancol. Objek wisata yang terkenal disana, adalah wisata sejarah.

Di Pulau Bidadari, Anda akan menemukan situs benteng Martello yang dibangun pada abad ke-17 ketika penjajahan kolonial masih dilakukan. Situs bersejarah ini masih terawat dengan baik dan dibuka untuk umum, Anda bisa melakukan foto disana karena tempatnya yang fotogenik.

Koleksi flora di pulau ini juga menarik untuk ditelaah lebih jauh, terdapat pohon langka yang tumbuh di Pulau Bidadari ini, yakni pohon perdamaian, pohon kayu hitam, dan pohon setinggi. Pohon tersebut hanya bisa ditemukan di pulau ini, begitu juga dengan berbagai buah dan pohon bakau yang tumbuh dengan subur.

Lokasi: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

2. Pulau Putri

Pulau Putri

Image Credit: Instagram.com @morio_vagabond

Jika Anda ingin berwisata cukup jauh dari Jakarta demi menghindari kebisingan kota, Pulau Putri adalah pilihan yang tepat. Lokasinya jauh dari pusat kota dan memiliki pemandangan alam yang masih segar dan alami. Pulau ini menawarkan aktivitas air yang menarik, serta pemandangan air yang menakjubkan.

BACA:  15 Mall Favorit di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Air yang berada di sekitaran pulau ini masih bening dan belum tercemar dengan limbah apapun, sehingga memberikan pemandangan air bagaikan kaca. Dari pelabuhan Marina yang ada di Ancol, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 setengah hingga 3 jam untuk sampai di pulau ini.

Keindahan lain yang ada di Pulau Putri adalah pantainya yang indah dan sama bersihnya. Anda bisa mengunjungi pulau ini setiap hari, tanpa perlu memilih untuk datang di akhir pekan atau hari libur. Fasilitas penginapan dan makanan di tempat ini juga cukup lengkap, Anda tidak perlu khawatir kekurangan pelayanan.

Lokasi: Pulau Harapan, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

3. Pulau Ayer

Pulau Ayer

Image Credit: Instagram.com @seribuislandofficial

Pulau selanjutnya yang sering direkomendasikan adalah Pulau Ayer, yang menawarkan berbagi pilihan aktivitas bagi wisatawan. Aktivitas yang paling menarik adalah bersantai dan tinggal di pondok terapung yang dekat dengan wilayah pantai. Anda juga dapat tinggal di pondok kecil yang dibuat semirip mungkin dengan rumah tradisional Papua.

Berbagai resort yang ada di Pulau Anyer dikembangkan di tahun 1950-an, jadi kualitas dan pelayanannya tidak perlu Anda ragukan. Pulau Anyer juga menjadi tempat beristirahat Presiden Soekarno ketika ia masih menjabat menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Terdapat berbagai fasilitas menarik yang sudah ditambahkan disana, antara lain restoran, tempat karaoke, tempat arena olahraga dan permainan, serta kolam renang dengan ukuran yang besar. Hanya 25 menit dari pantai Marina yang ada di Ancol, Anda dapat berkunjung ke pantai ini kapan saja.

Lokasi: Jl. K.H. Samanhudi No.47-49, Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

4. Pulau Macan

Pulau Macan

Image Credit: Facebook.com @kyradronegraphy

Untuk Anda yang ingin berbulan madu namun dekat dengan wilayah Jakarta, Pulau Macan menjadi tempat yang cocok. Tersedia berbagai tempat wisata alami, pondok yang nyaman dan romantis, serta pemandangan alam yang indah, sesuai dengan bayangan Anda untuk tempat bersantai dengan pasangan.

Gaya hunian di tempat ini dibuat sedemikian rupa, menyerupai gubuk yang sederhana. Dimana Anda akan merasa terpencil namun tetap menemukan kedamaian karena lokasinya yang agak jauh dari pusat kota, yakni sekitar 1,5 jam jika berangkat dari Pantai Ancol.

Pulau Macan juga menyediakan tempat beristirahat yang dekat dengan bibir pantai, sehingga Anda bisa menikmati matahari terbenam tanpa perlu beranjak jauh dari hunian yang ada disana. Airnya cukup jernih, begitu pula pantainya yang bersih. Ada berbagai aktivitas dan permainan air yang bisa dimainkan jika Anda sedang longgar.

BACA:  22 Tempat Makan Enak di Jakarta Favorit Wisatawan

Lokasi: Pulau Harapan, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

5. Pulau Onrust

Pulau Onrust

Image Credit: Instagram.com @jakarta_tourism

Jika ingin berwisata sejarah, bersantai, sekaligus menikmati pemandangan alam yang indah, Pulau Onrust biasanya direkomendasikan oleh wisatawan lokal dari Jakarta. Merupakan pulau kecil yang dulunya digunakan sebagai benteng bersejarah masa Belanda, kini ia dialihkan menjadi museum dan tempat wisata.

Disana Anda bisa mengunjungi museum untuk melihat berbagai benda peninggalan yang ditinggalkan oleh masa penjajahan kolonial. Onrust, yang merupakan nama dari pulau tersebut berasal dari Bahasa Belanda, yang jika diartikan memiliki makna kerusuhan. Tapi sumber lain mengatakan bahwa ia diambil dari nama bangsawan yang tinggal disana.

Pulau tersebut sudah digunakan sebagai aktivitas militer sejak tahun 1800-an dan berakhir ketika penjajan selesai. Pada waktu itu, fungsi pulau ini adalah sebagai gelanggang kapal penting perusahaan yang dibangun oleh Belanda, baik VOC, serikat dagang, hingga menjadi penjara dan tempat untuk karantina orang yang hendak berhaji.

Lokasi: Kab. Kepulauan Seribu.

6. Pulau Pelangi

Pulau Pelangi

Image Credit: Traveloka.com

Jarak pulau ini dari Pantai Marina Ancol dan pelabuhannya sekitar 70 kilometer, tidak begitu jauh namun juga tidak begitu dekat dari wilayah ibu kota. Untuk menuju akses ini, tentunya Anda harus naik kapal dengan jarak tempuh sekitar 1 sampai 1,5 jam.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini, misalnya dengan menaiki banana boat atau melakukan permainan air. Anda juga bisa mengendarai Alaska, kapal semi selam yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan air laut dan faunanya dengan cara yang lebih modern.

Jika Anda penat, jangan lupa beristirahat di pondok kecil dan bungalow yang ada disana. Pondok tersebut memiliki atap jerami, sehingga memberikan kesan tradisional yang menarik untuk ditinggali. Untuk makanan, Anda bisa mencicipi berbagai restoran seafood yang tersebar di dekat pantai pulau ini.

Lokasi: Pulau Pelangi, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

7. Pulau Tidung

Pulau Tidung

Image Credit: Twitter.com @tripntourid

Pulau Tidung merupakan pulau yang tepat jika Anda ingin berkunjung ke pulau kecil di sekitar Jakarta, sebab ia sering menjadi tempat berakhir pekan banyak masyarakat di sekitar pulau tersebut. destinasi wisata menarik yang ada di pulau ini adalah jembatan cinta.

Jembatan tersebut memiliki panjang hingga 800 meter jauhnya dan menghubungkan pulau Tidung yang besar dan yang kecil. Legenda dan mitos setempat mengatakan bahwa jembatan ini merupakan simbol harapan cinta yang abadi, sehingga pasangan kekasih disarankan melewati jembatan ini.

BACA:  27 Tempat Wisata di Jakarta Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Dengan tampilan yang fotogenik, Anda juga dapat menjadikannya sebagai spot foto. Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah bersepeda, karena terdapat persewaan sepeda dengan harga terjangkau di pulau tersebut.

Lokasi: Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

8. Pulau Sepa

Pulau Sepa

Image Credit: Wikipedia.org

Pulau dengan luas tujuh hektar ini juga menarik untuk dikunjungi, sebab ia memiliki garis pantai yang tidak jauh menakjubkan dibandingkan dengan pulau lain. Anda bisa ke Pulau Sepa dengan berkendara menggunakan kapan dari pantai Marina Ancol, menggunakan dermaga nomor 19 adalah cara tercepat.

Kapal memiliki jadwal untuk lewat ke Pulau Sepa, yakni dua kali dalam sehari untuk mengantarkan wisatawan dari Ancol dan menjemput mereka dari Pulau Sepa. Sebaiknya Anda datang ke pantai Ancol kurang dari jam 8 pagi, sebab kapal berangkat dari jam tersebut.

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan disini, mulai dari aktivitas dan permainan air, menikmati pemandangan alam, hingga mampir di tempat penangkaran kura-kura. Kapal akan menjemput Anda dari pulau tersebut pada pukul 2 sore hari.

Lokasi: Kab. Kepulauan Seribu.

9. Pulau Pari

Pulau Pari

Image Credit: Traveloka.com

Sebagai pulau yang baru dibuka untuk tempat wisata, pulau ini sudah menawarkan aktivitas yang menarik untuk wisatawan. Anda bisa melakukan pengambilan foto, menikmati suasana yang asri, dan menikmati nuansa naik perahu nelayan yang sederhana.

Pantai yang ada di pulau ini putih dan bersih, sehingga memberikan kesan yang kontras dengan air laut yang biru dan langit. Bagian Pulau Pari yang cukup mempesona adalah virgin sands, dimana pantai di bagian tersebut belum banyak di eksplor.

Lokasi: Pulau Pari, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

10. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka

Image Credit: Facebook.com @best-travel

Rekomendasi terakhir adalah Pulau Pramuka yang memang sudah terkenal menjadi objek wisata menarik di sekitar kota Jakarta. Pulau ini menarik untuk dikunjungi karena memiliki penangkaran penyu hijau yang langka.

Di pulau ini fasilitas sudah tersedia dengan lengkap, yakni mushola, fasilitas perbankan yang aktif, dan juga sekolah. Pulau Pramuka sudah banyak dihuni oleh masyarakat dan memiliki berbagai aktivitas menarik untuk dilakukan, dari melihat biota laut hingga melakukan olahraga air.

Lokasi: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

Itulah daftar wisata pulau yang ada di Jakarta dari rangkaian pulau seribu. Biaya transportasi menuju wisata bahari tersebut harganya tidak terlalu mahal, jadi bisa dijangkau dengan mudah.