10 Tempat Wisata di Palopo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Palopo

Palopo merupakan nama kota yang terletak di Sulawesi Selatan. Di kota inilah tersimpan banyak sekali tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di sela-sela waktu liburan Anda. Karena tidak dapat dipungkiri, Kota Palopo memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik minat pengunjung.

Di Kota dengan julukan Kota Idaman ini Anda dapat menemukan destinasi wisata seperti tempat hiburan, cagar budaya, pantai, maupun air terjun. Semua destinasi wisata itu tentunya memiliki daya tarik masing-masing yang memukau. Dapat Anda kunjungi bersama sahabat, keluarga, sanak saudara ataupun orang tercinta untuk menyaksikan beragam pesona keindahan di Palopo.

Jika Anda ingin berkunjung, dan masih bingung untuk menentukan destinasi wisata manakah yang patut untuk dikunjungi, Anda dapat menyimak 10 tempat wisata di Kota Palopo ini yang dapat Anda coba kunjungi.

1. Bukit 513

Bukit 513

Image Credit: Karebatoraja.com

Bukit 513 merupakan tempat wisata yang banyak digemari oleh kaum muda. Tempat ini telah dibenahi pada tahun 2015 dan menjadi kawasan yang ramah pengunjung. Terdapat panorama alam yang sangat memukau dari atas bukit, menjadikan pengunjung menyukai tempat ini untuk berfoto maupun sekedar bersantai.

Di Bukit 513 ini Anda dapat menikmati panorama alam yang sejuk di sekitar tempat. Kawasan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bertamasya dengan keluarga maupun kerabat untuk sekedar bersantai ataupun berfoto-foto.

Lokasi: Battang Barat, Lebang, Kec. Wara Selatan, Kota Palopo.

2. Air Terjun Latuppa

Air Terjun Latuppa

Image Credit: Awaluddintahir.files.wordpress.com

Jika Anda berkunjung ke Kota Palopo, jangan lewatkan pesona Air Terjun Latupa yang akan memanjakan Anda. Disini Anda akan menikmati aliran air terjun yang menyegarkan disertai dengan panorama alam yang masih terjaga keasriannya.

Di Air Terjun Latupa Anda dapat bermain air, berendam, ataupun sekedar bersantai bersama keluarga. Dengan suasana alam yang menentramkan ini, Anda tentunya akan mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan.

BACA:  15 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Latuppa, Kec. Mungkajang, Kota Palopo.

3. Gua Kallo Dewata

Gua Kallo Dewata

Image Credit: Indonesia-tourism.com

Perlu Anda ketahui bahwa kawasan Gua Kallo Dewata ini dahulunya pernah digunakan sebagai  banteng pertahanan oleh para pejuang di jaman kemerdekaan Indonesia. Namun, sekarang ini telah dimanfaatkan sebagai kawasan wisata yang juga menarik untuk dikunjungi.

Gua Kallo Dewata ini memiliki lorong yang panjang dan terhubung ke gua-gua yang lain. Disini Anda juga dapat menemukan benda-benda kuno yang terbuat dai batu. Menjadikan kawasan Gua Kallo Dewata ini berhasil menarik pengunjung yang penasaran akan pesona di dalamnya.

Lokasi: Lebang, Kec. Wara Utara, Kota Palopo.

4. Pantai Labombo

Pantai Labombo

Image Credit: Palopopos.fajar.co.id

Pantai Labombo merupakan destinasi wisata yang cocok Anda kunjungi untuk sekedar  bersantai atau bermain air. Disini Anda juga dapat mencoba berbagai permainan yang disediakan seperti outbond, sepeda air, flying fox, dan berbagai hal lainnya yang pastinya menyenangkan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin bersenang-senang bersama teman.

Selain itu, Pantai Labombo juga telah disediakan fasilitas gazebo-gazebo bagi Anda yang ingin hanya sekedar bersantai menikmati suasana yang menyegarkan. Pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin melakukan aktifitas piknik bersama keluarga maupun sahabat.

Lokasi: Salekoe, Kec. Wara Timur, Kota Palopo.

5. Masjid Jami Tua Palopo

Masjid Jami Tua Palopo

Image Credit: Wikipedia.org

Kota Palopo memiliki kisah sejarah yang sangat panjang dan menarik untuk diulik. Salah satu bukti sejarah di Kota Palopo sendiri adalah pada Masjid Jami Tua Palopo. Disini Anda akan disuguhkan tradisi berbau tradisional yang sangat melekat pada desain arsitektur masjid. Budaya dan adat masyarakat sekitar juga tercermin dalam bangunan ini.

Masjid Jami Tua ini dibangun oleh Datu Puyung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi, yang merupakan salah satu Raja Luwu pada tahun 1604. Hal ini menjadikan Masjid Jami Tua memiliki corak khas Kesultanan Luwu. Anda dapat mengunjungi tempat ini untuk mengetahui budaya dan adat yang tersirat pada masjid ini.

BACA:  17 Tempat Wisata di Banjarmasin Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Andi Djemma No.88, Batupasi, Kec. Wara Utara, Kota Palopo.

6. Bukit Kambo

Bukit Kambo

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Bukit Kambo merupakan destinasi wisata di Palopo yang menarik untuk dikunjungi terutama bagi kaum milenial. Di kawasan Bukit Kambo ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki spot-spot cantik yang dapat Anda gunakan untuk berfoto.

Selain itu, di Bukit Kambo ini tersedia pemandian yang telah didesain menarik juga. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, Anda dapat mempersiapkan peralatan fotografi yang memadai agar pengalaman berfoto Anda semakin maksimal.

Lokasi: Kambo, Kec. Mungkajang, Kota Palopo.

7. Taman Segitiga

Taman Segitiga

Image Credit: Wisatasia.com

Jika Anda mengunjungi Kota Palopo, sempatkanlah untuk mengunjungi Taman Segitiga. Dikarenakan tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling indah dan menarik di Palopo yang patut untuk dikunjungi. Banyak pengunjung yang datang kemari untuk berfoto di spot-spot ikonik Palopo.

Taman Segitiga ini dibangun pada tahun 2017. Dan telah menarik banyak pengunjung karena memiliki spot-spot yang menarik untuk dijadikan tempat berfoto. Salah satu spot yang ikonik adalah tulisan ‘Love Palopo City’ yang seringkali dijadikan pengunjung sebagai background untuk berfoto.

Lokasi: Binturu, Kec. Wara Selatan, Kota Palopo.

8. Istana Kedatuan Luwu

Istana Kedatuan Luwu

Image Credit: Bataritours.com

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi kawasan yang kental akan kebudayaan, Anda dapat mengunjungi Istana Kedatuan Luwu. Disini Anda akan menyaksikan arsitektur unik yang dirancang khusus. Tentunya cocok bagi Anda yang ingin melakukan kunjungan wisata berkonsep edukasi untuk mengetahui budaya dan sejarah dengan lebih menyenangkan.

Perlu Anda ketahui bahwa Istana Kedatuan Luwu ini merupakan istana kerajaan tertua yang ada di Sulawesi Selatan. Hal ini menjadikan tempat ini sarat akan kebudayaan masyarakat dan nilai-nilai sejarah yang kental. Merupakan pilihan wisata edukasi yang tepat bagi Anda yang penasaran mengenai sejarah yang ada.

BACA:  Bukit Matang Kaladan, Wisata Alam Menawan di Kalimantan

Lokasi: Jl. Landau No.18, Batupasi, Kec. Wara Utara, Kota Palopo.

9. Kolam Renang Agrowisata

Kolam Renang Agrowisata

Image Credit: Palopokota.go.id

Kawasan Kolam Renang Agrowisata ini berada dalam lingkungan Hotel Agrowisata. Merupakan tempat wisata yang tepat bagi keluarga. Disini Anda dapat menikmati berbagai macam permainan yang disediakan juga pastinya kolam renang. Anak-anak tentunya akan sangat senang bermain air di tempat ini.

Selain itu, Anda juga dapat menginap di hotel tersebut apabila Anda ingin singgah sementara di kawasan ini untuk menikmati suasana yang menyenangkan. Tiket masuk ke tempat ini dikenakan biaya sebesar  Rp 50.000 rupiah per orang. Kolam Renang Agrowisata ini seringkali akan ramai pengunjung terutama pada akhir pekan atau musim liburan.

Lokasi: Jl. Pongsimping, Tampotikka, Wara, Murante, Kec. Mungkajang, Kota Palopo.

10. Pulau Libukang

Pulau Libukang

Image Credit: Koranseruya.com

Pulau Libukang merupakan destinasi wisata yang sangat cocok terutama bagi pecinta aktifitas bawah laut. Disini Anda dapat mendapatkan pengalaman diving atau snorkeling yang sangat memuaskan. Selain itu, pulau ini juga menyimpan pesona alam yang sangatlah memikat. Air laut yang biru nan jernih serta pasir putih bersih membuat Anda betah tinggal disini.

Pulau ini juga memiliki makam yang dipercaya sebagai makam penghuni pertama di pulau ini, yaitu nenek Hawang dan nenek Poko’, yang tentunya dapat menambah rasa penasaran untuk berkunjung.

Lokasi: Temmalebba, Kec. Bara, Kota Palopo.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Palopo yang menarik untuk dijadikan referensi berlibur. Jangan lewatkan kesempatan Anda untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata  tersebut. Karena di tempat-tempat tersebut Anda akan memiliki pengalaman berlibur bersama sahabat, keluarga, ataupun sanak saudara yang tentunya menyenangkan dan berkesan. Semoga bermanfaat!