Indahnya Pantai Takisung, Wisata Bahari Terbaik di Tanah Laut

Pantai Takisung

Pantai Takisung, destinasi bahari yang menjadi ikon Tanah Laut. Keindahan pantai yang memesona dan didukung beragam fasilitas yang memadai untuk berwisata.

Lokasi: Desa Takisung, Kec. Takisung, Kab. Tanah Laut.
Map: Cek Lokasi

Pantai Takisung merupakan salah satu tempat wisata yang tak asing bagi masyarakat di Kalimantan Selatan, khususnya di daerah Pelaihari, Banjarmasin, dan Banjarbaru. Pantai ini termasuk destinasi yang populer, bahkan tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung, terutama ketika memasuki musim liburan. Hingga kini, tempat ini masih menjadi primadona, baik untuk wisata teman, keluarga, maupun instansi.

Nama pantai ini diambil dari nama desa letak pantai ini berada, yaitu Takisung. Pantai ini sangat populer di kalangan wisatawan. Hal ini tidak hanya karena pemandangannya yang sangat indah, melainkan juga karena fasilitas yang disediakan tergolong cukup lengkap. Variasi wisata yang dapat dipilih juga beragam, sehingga banyak orang tertarik untuk mencoba berkunjung di tempat ini.

Selain itu, cara penataan dan kondisi dari objek wisata di Pantai Takisung cukup baik dan terawat. Dinas Pariwisata daerah setempat memang mengelola dengan baik wilayah ini. Bahkan Pemerintah Kabupaten setempat juga turun langsung untuk mengawasi fasilitas yang telah tersedia di tempat ini. Sehingga wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan aman ketika akan menggunakan semua fasilitas.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Takisung

Daya Tarik Pantai Takisung

Image Credit: Twitter.com @banjarmasinpost

Pantai Takisung menawarkan pemandangan eksotis yang begitu elok dipandang. Luasnya hamparan pasir pantai serta deretan pepohonan kelapa yang tinggi menjulang menjadi daya tarik tempat ini. Ditambah dengan air laut yang berwarna biru membuat wisatawan begitu terpesona dengan keindahannya.

Ombak yang terdapat di Pantai ini tidak seperti besarnya ombak di daerah pantai selatan. Sehingga di pantai ini aman untuk melakukan kegiatan wisata maupun sebagai tempat pemukiman. Pantai Takisung termasuk dalam jenis pantai yang berpasir.

Pantai cantik di Tanah Laut ini mempunyai keunggulan tersendiri. Pantai ini memiliki keindahan alam berupa pantai yang landai serta pasir yang berwarna putih kecokelatan lengkap dengan warna biru pada air laut. Landainya pantai ini membuat pengunjung dapat menikmati aktivitas berlibur dengan aman hingga ke tepian pantai.

Daya Tarik Dari Pantai Takisung

Image Credit: Facebook.com @uptowtks

Bagi wisatawan yang senang dengan wisata pantai yang khas dan ingin membawa beberapa buah tangan, mereka dapat mengelilingi pedagang yang tersebar di sekitar pantai. Para pedagang di tempat wisata ini banyak menjajakan hiasan kerang, udang, ikan asin, bahkan hingga terumbu karang yang diambil langsung dari para nelayan.

BACA:  10 Wisata Pantai di Padang Paling Recommended

Pemerintah Kabupaten Tanah Laut terus melakukan inovasi dan peningkatan pelayanan pada tempat wisata yang satu ini. Pihak pemerintah selalu melakukan pembangunan beberapa fasilitas umum yang tidak semua pantai mempunyai fasilitas tersebut.

Tak jauh dari wilayah Pantai Takisung, ada sebuah batu dengan ukuran yang besar berada di tengah laut yang dikenal dengan sebutan batu bejanggut. Batu ini bernama batu bejanggut karena batu ini dipenuhi dengan lumut sehingga teksturnya licin. Sehingga penduduk setempat menggunakan bahasa daerah untuk menamainya. Untuk sampai di batu itu, wisatawan dapat menggunakan jasa perahu yang tersedia.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Takisung

Alamat Pantai Takisung

Image Credit: Facebook.com @rrtourtravel

Pantai Takisung terletak di Kabupaten Tanah Laut, salah satu daerah di Kalimantan Selatan. Jika dari Kota Pelaihari jaraknya kurang lebih 22 kilometer, sedangkan apabila dari Kota Banjarmasin jaraknya kurang lebih 90 kilometer. Karena jaraknya tidak begitu jauh dari pusat Kota Banjarmasin, tidak heran jika tempat ini menjadi pilihan banyak wisatawan.

Rute jalan menuju pantai memang sudah beraspal dan lebar, sehingga perjalanan menuju ke tempat ini terasa menyenangkan dan cukup nyaman. Untuk wilayah pantai ini memiliki luas berkisar 0,65 hektar dan batas panjang mencapai 85 meter serta lebar sejauh 80 meter yang terhitung dari pinggir pantai.

Untuk sampai di pantai ini cukup mudah. Sesampainya di Kota Pelaihari, tepatnya di bundaran kijang, Anda cukup lurus terus saja. Kemudian nanti akan menemukan tikungan yang setiap tikungan akan menuju ke pantai yang berbeda. Tikungan yang ada memiliki keterangan nama pantai masing-masing, yaitu Pantai Swarangan, Pantai Batakan, dan Pantai Takisung.

Selanjutnya Anda mengikuti jalan yang menuju ke arah pantai. Dari tikungan ini Anda cukup lurus terus sampai kurang lebih selama 40 menit. Maka anda akan sampai di pantai ini. Apabila dihitung jaraknya, pantai ini memang paling dekat Kota Pelaihari.

Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai Takisung

Harga Tiket Pantai Takisung

Image Credit:  Ksmtour.com

Untuk bisa merasakan sensasi berlibur di Pantai Takisung, wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Setiap orang yang berkunjung hanya dikenakan tarif sejumlah Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 10.000 ketika hari libur. Namun, biaya tersebut belum termasuk dengan biaya parkir serta ongkos perjalanan menuju tempat ini.

BACA:  17 Tempat Wisata di Banjarmasin Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat wisata ini juga menyediakan sewa tenda dan payung yang dipatok dengan biaya sewa Rp 50.000 setiap satu hari untuk tenda dan Rp 25.000 setiap satu hari untuk payung. Untuk motor racing mini yang disewakan memiliki tarif Rp 50.000 setiap setengah jam. Banana boat yang disewakan memiliki biaya sewa Rp 20.000 setiap orangnya untuk dewasa dan Rp 15.000 khusus anak-anak.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Takisung

Kegiatan di Pantai Takisung

Image Credit: Facebook.com @uptowtks

1. Menikmati Keindahan Pantai

Di tepi pantai, wisatawan dapat merasakan hembusan angin yang begitu sejuk serta menikmati keindahan panorama pantai sembari duduk santai di sebuah tenda. Pengunjung akan merasakan rileks dengan aktivitas ini.

2. Menyaksikan Aktivitas Warga

Di pantai ini para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas warga setempat, baik itu merupakan industri berskala rumahan yang meliputi membuat olahan khas Tanah Laut ataupun aktivitas masyarakat setempat yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

3. Berenang

Pengunjung yang senang bermain air, dapat dengan leluasa bermain di sini. Bahkan wisatawan juga dapat berenang, karena ombak di pantai ini tergolong kecil, sehingga tidak membahayakan apabila digunakan untuk berenang.

4. Bermain Pasir

Bagi Anda yang berlibur bersama keluarga dan anak-anak, biasanya sangat menyenangkan apabila bermain pasir di sini. Anak-anak senang untuk bermain di pasir dengan membuat bentuk berbagai jenis objek dari pasir.

5. Menikmati Sunset

Wisatawan juga dapat menikmati senja di tepian pantai, memandang matahari yang tenggelam. Aktivitas ini dapat dilakukan di pantai ini karena wilayah di sini termasuk dalam wilayah yang menghadap ke arah barat. Saat matahari yang sedang tenggelam ini merupakan waktu yang dinanti-nantikan oleh pengunjung karena seakan matahari ditelan oleh laut yang luas.

6. Bermain Motor Racing

Di tempat ini, wisatawan dapat mengelilingi Pantai Takisung dengan mengendarai motor racing. Pastinya mengendarai motor ini di daerah berpasir akan menciptakan pengalaman berlibur yang menyenangkan, karena medannya sangat berbeda dengan jalan yang beraspal.

BACA:  Danau Seran, Destinasi Liburan Favorit di Banjarbaru

7. Bermain Banana Boat

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan di tempat ini yaitu bermain banana boat. Banana boat ini nantinya akan ditarik dengan menggunakan perahu. Kecepatan perahu ini juga tergolong cepat, sehingga juga dapat memacu adrenalin.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Takisung

Fasilitas di Pantai Takisung

Image Credit: Twitter.com @visitkalsel

Pantai Takisung menyediakan berbagai jenis sarana untuk mendukung aktivitas berlibur para pengunjung. Fasilitas yang tersedia di tempat ini diantaranya perahu yang disewakan untuk berlayar di laut biru, pelampung dan ban yang disewakan untuk wisatawan yang ingin berenang, serta banana boat baik dewasa maupun anak-anak.

Selain itu, pantai ini juga menyediakan tempat persewaan tenda dan payung dengan ukuran yang besar dengan alas karpet. Sehingga pengunjung tidak akan khawatir akan merasa kepanasan atau khawatir kulitnya akan terbakar sinar matahari yang begitu terik.

Tempat ini juga menyediakan kelotok yang dapat mengantarkan Anda berkunjung menuju Pulau Datu. Perjalanan tersebut memakan waktu hingga setengah jam, lalu Anda dapat menikmati keindahan lain di sisi lain Pantai Takisung.

Bagi pengunjung yang senang dengan aktivitas petualangan di pasir pantai, tempat ini juga menyediakan persewaan motor racing mini. Di sekitar pantai juga terdapat banyak pedagang yang menawarkan berbagi jenis produk, mulai dari pernak pernik khas daerah setempat, kerajinan kulit kerang, ikan kering, maupun beragam jenis makanan ringan. Anda bisa menjadikan produk tersebut menjadi oleh-oleh.

Pada beberapa kesempatan tertentu, pihak pengelola menambah fasilitas berupa panggung hiburan, pentas seni yang menjunjung tinggi kearifan lokal daerah setempat, serta mengadakan bazaar sebagai penambah kemeriahan liburan para pengunjung. Sehingga Anda perlu menyiapkan biaya yang cukup jika ingin mencoba beberapa fasilitas tambahan yang disediakan.

Selanjutnya fasilitas lain yang juga terdapat di tempat wisata diantaranya pos polisi, halte, tempat bermain, restoran, area parkir, tempat ibadah, rumah pohon, kamar mandi, dan wc. Kelengkapan fasilitas yang tersedia di Pantai Takisung tujuannya agar para pengunjung tidak kebingungan ketika membutuhkan hal-hal tertentu ketika sedang berlibur.

Berwisata di alam seperti di Pantai Takisung memang dapat merefresh pikiran Anda. Akan tetapi, apabila Anda ingin berwisata ketika memasuki hari libur, maka Anda tak akan mendapatkan ketenangan dalam suasana. Karena pantai ini akan tampak ramai dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung. Sehingga apabila Anda ingin merasakan ketenangan ketika berwisata di sini, Anda dapat memilih hari biasa.