25 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Banjarbaru

Banjarbaru merupakan sebuah kota yang secara administratif menjadi bagian Provinsi Kalimantan Selatan. Kota yang terletak di sebelah tenggara Banjarmasin ini sebagian besar topografinya berupa dataran rendah, sungai, perbukitan serta pegunungan di daerah utara dan timur.

Kota Banjarbaru kaya akan potensi wisata, baik wisata alam maupun buatan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari kebun raya, agrowisata, bukit, danau dan sebagainya dapat memanjakan wisatawan. Perkembangan dunia pariwisata Banjarbaru juga tergolong maju karena fasilitas dan akses menuju wisata sudah relatif baik.

Karena terlalu banyak destinasi wisata di kota ini, mustahil kamu bisa mengunjungi semua dalam satu dua hari. Oleh karena itu, berikut rekomendasi 25 tempat wisata terbaik di Banjarbaru yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Wisata Danau Seran

Wisata Danau Seran

Image Credit: Twitter.com @okezonenews

Danau Seran menjadi tujuan destinasi wisata bermain air yang cukup terkenal di wilayah Kalimantan Selatan. Luas tempat ini mencapai 10 hektar dengan panorama yang begitu indah. Tiket masuk untuk dapat menikmati suasana di tempat ini yakni sebesar Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

Sebelum menjadi danau, tempat ini sebelumnya merupakan galian tambang intan. Setelah penambangan dihentikan, cekungan bekas galian ini dibiarkan sehingga terisi air dan membentuk sebuah danau.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

2. Kebun Raya Banua

Kebun Raya Banua

Image Credit: Kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id

Kebun Raya Banua masih tergolong destinasi wisata baru yang diresmikan pada tahun 2016. Tempat yang terletak di Cempaka ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai di taman sambil mengabadikan momen dengan backgorund yang menawan.

Di kebun raya ini terdapat taman labirin yang mengasyikkan untuk petak umpet. Selain itu, ada pula taman bunga yang indah dan taman buah yang menyegarkan. Kebun Raya Banua juga menjadi area konservasi ribuan tanaman langka yang dibudidaya dan dijaga kelestariannya.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Aneka Tambang, Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

3. Embung Sidodadi

Embung Sidodadi

Image Credit: Kanalkalimantan.com

Embung merupakan sebuah cekungan yang memiliki fungsi sebagai tempat menampung air. Akan tetapi, di Banjarbaru terdapat sebuah embung bernama Embung Sidodadi yang justru juga dimanfaatkan sebagai tempat pemancingan.

Embung ini cukup dalam dan berukuran besar. Pada bagian tepinya dibuat menggunakan beton dan diberi sebuah pagar demi keamanan para wisatawan. Embung Sidodadi diresmikan oleh walikota Banjarbaru menjadi destinasi wisata sejak tanggal 27 April 2019.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sidodadi 2 No.96, Loktabat Selatan, Kec. Banjar Baru Selatan, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

4. Danau Caramin

Danau Caramin Banjarbaru

Image Credit: Tribunnews.com

Danau yang terletak di daerah Landasan Ulin ini agak unik dan berbeda dari danau pada umumnya. Danau Caramin memiliki permukaan air yang menyerupai cermin raksasa dengan warna biru yang jernih.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di Danau Ceramin, seperti berenang, menjelajah danau dengan perahu sampan atau perahu bebek, dan sebagainya. Dari tempat ini juga tampak panorama kehijauan di seberang sungai yang bisa kamu nikmati sambil bersantai.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Guntung Manggis, Landasan Ulin Timur, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

5. Danau Kota Citra

Danau Kota Citra

Image Credit: Banjarbaruklik.com

Nama danau ini diambil dari nama perumahan letak danau ini berada. Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata air yang memiliki fasilitas yang tergolong lengkap. Wahana yang ada pun begitu menarik minat para wisatawan, seperti outbound, karaoke, dan wahana lainnya.

Di sini, wisatawan dapat menyusuri danau menggunakan sebuah perahu bebek. Pihak pengelola wisata telah menyediakan fasilitas ini, sehingga wisatawan hanya perlu membayar biaya sewanya. Bagi Anda yang suka memancing ikan, tempat ini juga bisa menjadi pilihan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gambut, Kec. Gambut, Kota Banjar, Kalimantan Selatan.

6. Bekantan Park

Bekantan Park

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Bekantan merupakan salah satu fauna khas Indonesia yang habitat alaminya di Pulau Kalimantan. Bekantan Park yang terletak di Kecamatan Landasan Ulin ini memberikan kamu kesempatan untuk bertemu satwa langka bekantan secara langsung.

BACA:  Pesona Keindahan Alam Bukit Telang di Kota Pelaihari yang Menawan

Tak hanya bekantan, di area konservasi ini terdapat biawak, kura-kura, beruang dan sebagainya. Selain bercengkerama dengan binatang-binatang yang ada di sana, kamu juga bisa menikmati keseruan flying fox atau kegiatan outbond lain di Bekantan Park. Kamu juga bisa berfoto di replika Jembatan Barito yang terdapat di taman ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

7. Kampung Pelangi Banjarbaru

Kampung Pelangi Banjarbaru

Image Credit: Fatimahaqila.com

Seperti namanya, kampung ini memiliki pesona berupa warna-warni menarik dari berbagai bangunan di tempat ini. kampung ini berada di tepi Sungai Kemuning dan termasuk dalam kawasan Kelurahan Guntung Paikat.

Sebelum menjadi seindah ini, tempat ini sebelumnya hanya merupakan sebuah perkampungan yang tampak kumuh. Setelah ditata sedemikian rupa dan diberi cat yang berwarna-warni jadilah sebuah kampung yang tampak indah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kemuning Ujung/Delima Ujung, RT.03/RW.01, Loktabat Selatan, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

8. Rumah Pohon

Rumah Pohon

Image Credit: Rumah-pohon-banjarbaru.business.site

Ingin bersantai di tengah nuansa sejuk, pepohonan rindang, sekaligus memiliki spot foto estetik? Kamu wajib berkunjung ke Rumah Pohon yang terletak di Kecamatan Cempaka ini. Ada banyak rumah pohon yang dibangun secara “menggantung”. Sebagian berdiri disangga tiang tinggi, sebagian berdiri di atas ranting pohon besar.

Kamu bisa menikmati kesegaran dan kesejukan alam di Rumah Pohon. Selain itu, pepohonan rindang yang menaungi sekitar akan memberikan suasana asri yang masih alami. Di sini ada pula wahana untuk bermain dan outbond, serta spot foto yang menarik untuk selfie.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangkal, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

9. Taman Van Der Pijl

Taman Van Der Pijl

Image Credit: Satubantal.blogspot.com

Taman Van Der Pijl merupakan destinasi wisata keluarga di Banjarbaru. Di sini tersedia berbagai wahana bermain untuk anak-anak, seperti permainan memancing, perosotan, dan becak mini. Di samping itu, di kawasan ini juga terdapat beberapa patung binatang yang sudah jarang ditemukan, seperti jerapah dan dinosaurus.

Tak jarang kelompok hiburan rakyat juga menggelar wahananya di tempat ini sebagai salah satu perjalanannya berkeliling. Perlu Anda ketahui, taman ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Presiden Soekarno. Nama taman tersebut diambil dari nama perancang desain tempat ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

10. Rumah Jomblo

Rumah Jomblo

Image Credit: Maulanamu.blogspot.com

Destinasi wisata ini sering disebut Rumah Sangkut Gunung Kupang karena memang bangunannya seolah “tersangkut” di atas bukit pasir yang tinggi. Rumah Jomblo berbahan kayu sebagai dinding dan pondasinya, meski demikian sangat kokoh menghadapi serangan angin.

Rumah Jomblo bisa menjadi spot foto yang sangat istimewa. Di mana lagi kamu bisa mendapati bangunan kayu yang berdiri tangguh “seorang diri” padahal di sekelilingnya hanya hamparan pasir tanpa ada rumah lain.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gunung Kupang, Cempaka, Kec. Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

11. Kampung Purun Dalam

Kampung Purun Dalam

Image Credit: Reportase9.com

Kampung Purun Dalam termasuk destinasi wisata yang berada di Kecamatan Cempaka. Yang dimaksud dengan purun yaitu sejenis tanaman yang tumbuh liar, seperti rumput, hanya saja bentuknya bulat dan panjang. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah rawa-rawa.

Oleh warga setempat, tanaman purun digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai jenis kerajinan. Beberapa produk yang berhasil dibuat diantaranya tas, tikar, sandal, topi, dompet, dan lain-lain. Berbagai kerajinan tersebut dipajang di depan rumah para warga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Palam, Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

12. Masjid Agung Al-Munawwarah

Masjid Agung Al-Munawwarah

Image Credit: Febry-febrian.blogspot.com

Kota Banjarbaru juga memiliki destinasi wisata religi yang wajib kamu kunjungi. Masjid Agung Al-Munawwarah berada di Landasan Ulin dan memiliki bangunan yang megah. Karena merupakan tempat ibadah bagi umat muslim, maka kamu diharuskan menutup aurat saat berkunjung ke masjid ini.

BACA:  Bukit Matang Kaladan, Wisata Alam Menawan di Kalimantan

Di area masjid terdapat kawasan terbuka hijau yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana Islami yang sangat kental. Saat memasuki bangunan masjid, kamu diharapkan tetap tenang karena banyak orang beribadah di dalamnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat:  Jl. Trikora No.9, Kemuning, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

13. Mustika Dunia Fantasy

Mustika Dunia Fantasy

Image Credit: Wisata-pribadi.blogspot.com

Mustika Dunia Fantasy merupakan sebuah tempat bermain yang menawarkan berbagai macam wahana yang cukup seru. Tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda berwisata bersama keluarga Anda.

Destinasi wisata ini beralamat di daerah Kecamatan Liang Anggang. Pengunjung dapat berkunjung di hari apa saja, karena tempat ini dibuka setiap hari. Untuk tiket masuknya dipatok seharga Rp 30.000 untuk hari Senin sampai Jumat, sedangkan hari Sabtu dan Minggu ataupun hari libur seharga Rp 50.000.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kayu Bawang, Kec. Gambut, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

14. Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat

Image Credit: Naldoleum.blogspot.com

Museum yang berada di Kecamatan Banjarbaru Utara ini memamerkan berbagai koleksi yang memiliki nilai kesejarahan tinggi. Kamu bisa berwisata sekaligus menambah wawasan dari peninggalan bersejarah yang dipamerkan.

Museum ini memiliki arsitektur bangunan yang unik, dengan model rumah adat Kalimantan berpadu dengan gaya modern yang menampilkan kesan elegan. Bagian luar museum tersedia taman dan beberapa pohon rindang untuk bersantai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Komet, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

15. Monumen ALRI Divisi IV

Monumen ALRI Divisi IV

Image Credit: Facebook.com @rudi.kurniawan

Monumen ini terletak di kawasan pemakaman Brigjen Hasan Basri, yakni di daerah Liang Anggang. Didirikannya bangunan ini bertujuan untuk memperlihatkan kiprah ALRI untuk menjaga keutuhan Indonesia, terutama di Kalimantan Selatan.

Di sini, pengunjung dapat melihat meriam yang berjenis howitzer kaliber dengan ukuran 105 mm yang merupakan milik TNI Angkatan Laut. Selain itu, ada pula tank jenis amfibi yang mempunyai berat mencapai 14,5 ton.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. A. Yani KM.20, Kayu Bawang, Kec. Gambut, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan.

16. Danau Galuh Cempaka

Danau Galuh Cempaka

Image Credit: Sany-sofyan.blogspot.com

Danau Galuh Cempaka dulunya merupakan area bekas pertambangan yang lama-kelamaan menjadi tempat genangan air berkumpul hingga membentuk danau secara alami. Kamu bisa menikmati panorama biru dari hamparan air yang jernih.

Kamu bisa menyewa perahu yang disediakan untuk mengelilingi danau. Kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah disaksikan. Air di Danau Galuh Cempaka menyerupai pantai karena memiliki ombak kecil yang menyapu tepian danau.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purnawirawan, Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

17. Lapangan Murjani

Lapangan Murjani

Image Credit: Tribunnews.com

Lapangan ini terletak di depan Balai Kota. Lapangan ini kerap dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur di kawasan ini. Selain itu, lapangan tersebut juga kerap dijadikan sebagai tempat berkumpul para warga masyarakat.

Nama lapangan ini diambil dari nama gubernur yang pernah menjabat di tahun 1950-1953 yakni Dr Murjani. Dirinya merupakan bagian dari perjalanan sejarah di Kota Banjarbaru. Pada saat itu, dirinya merancang kota ini bersama seorang berkebangsaan Belanda yaitu Van Der Pijl.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Comet Raya, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

18. Agrowisata Kebun Durian

Agrowisata Kebun Durian

Image Credit: Instakalimantan.blogspot.com

Agrowisata Kebun Durian atau disebut juga Meek Farm menjadi tempat yang sangat cocok jika kamu ingin menikmati sajian buah durian langsung dari alam. Di tempat ini juga tersedia berbagai hasil olahan buah durian yang bisa kamu dapatkan dengan harga relatif terjangkau.

Jika kamu ingin mencoba budidaya durian secara mandiri, kamu juga bisa mendapatkan bibit durian unggul berbagai varietas. Suasana tenang dan asri di lingkungan kebun akan membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Guntung Manggis, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

19. Aquatica Waterpark & Playground

Aquatica Waterpark & Playground

Image Credit: Twitter.com @cometobjb

Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati berbagai wahan bermain air. Waterpark ini berlokasi di daerah Gantungmanggis. Letaknya cukup dekat dengan Bandar Udara Syamsuddin Noor, yakni hanya sekitar 7 kilometer.

BACA:  Pantai Asmara, Wisata Bahari Kaya Pesona di Tanah Laut

Untuk memudahkan para pengunjung, destinasi wisata ini bahkan menyediakan fasilitas berupa jasa sewa mobil. Sehingga pengunjung tidak akan kesulitan jika akan berkunjung ke tempat lain di sekitar Aquatica Waterpark & Playground.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Trikora Komplek Griya Pesona Bhayangkara, Guntung Manggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

20. Kampung Iwak Mentaos

Kampung Iwak Mentaos

Image Credit: Wikipedia.org

Destinasi wisata Kampung Iwak yang terletak di daerah Mentaos inin memberikan kamu pengalaman mengasyikkan bersama ikan-ikan, mulai dari membeli bibit ikan unggulan, memancing ikan sepuasnya, hingga menikmati berbagai olahan ikan yang memuaskan lidah.

Tempat ini bisa menjadi wisata alternatif bagi kamu yang punya kegemaran memancing. Pada waktu tertentu sering diadakan event lomba memancing yang seru diikuti. Kamu juga bisa mendapatkan spot foto menarik untuk selfie di beberapa sudut tempat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Veteran, Sungai Sipai, Cindai Alus, Kec. Martapura, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan.

21. Amanah Borneo Park

Amanah Borneo Park

Image Credit: Ruliretno.com

Amanah Borneo Park memadukan objek wisata berupa agrowisata dan taman yang menarik dikunjungi. Tempat ini sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga karena ada banyak wahana seru dan menyenangkan dari yang untuk anak-anak hingga dewasa.

Ada beragam keseruan yang bisa kamu dapatkan di Amanah Borneo Park. Kamu bisa menguji adrenalin dengan wahana flying fox yang disediakan. Ada juga sepeda udara yang seru dan menantang untuk dicoba. Dan masih banyak lagi wahana lain yang tidak akan membuatmu bosan berada di sini.

Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taruna Bhakti, RT.12 RW.04, Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

22. Kampung Pejabat

Kampung Pejabat

Image Credit: Kalsel.kamikamu.co.id

Kampung Pejabat, dari namanya sudah terdengar unik. Namun siapa kira jika Kampung Pejabat ternyata memiliki kepanjangan Kampung Penjual Jamu dan Obat. Di kawasan Kampung Pejabat kamu akan mendapati berbagai jenis tanaman obat yang dijajar rapi di rumah penduduk.

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik karena rumah-rumah penduduk yang aneka warna tampak sangat indah dan enak dipandang mata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Loktabat Selatan, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

23. Hutan Pinus Mentaos

Hutan Pinus Mentaos

Image Credit: Mentaos.kim.banjarbarukota.go.id

Bagi kamu yang ingin merasakan udara segar dan keasrian hutan pinus, maka wajib berkunjung ke Hutan Pinus yang terdapat di Kelurahan Mentaos ini. Kamu akan bisa merasakan kesegaran udara dipadu rindangnya pohon pinus yang tumbuh di berbagai tempat.

Tempat ini menjadi wisata alternatif unggulan para pemburu spot foto karena menawarkan pemandangan estetik hutan pinus alami yang dipadu properti buatan untuk semakin menambah indah foto yang kamu hasilkan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Suriansyah Ujung, Kelurahan Mentaos, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

24. Bukit Batas

Bukit Batas

Image Credit: Zianarmie.blogspot.com

Bukit Batas merupakan destinasi wisata alternatif di Banjarbaru yang sangat sesuai untuk kamu para pecinta alam. Dari atas bukit kamu bisa menyaksikan panorama menakjubkan dari lanskap alam yang memanjakan mata.

Pemandangan Danau Riam yang kebiruan dipadu deretan pegunungan yang tampak hijau di kejauhan akan memberikanmu nuansa alam yang asri dan menentramkan hati. Kamu juga bisa camping dan melakukan berbagai aktivitas outbond lain di Bukit Batas.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:  Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan.

25. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan

Image Credit: Cumilebay.com

Pasar Terapung ini berada di atas anak Sungai Martapura, yang menjadi pusat ekonomi warga Lok Baintan. Kamu bisa merasakan sensasi berbelanja di atas perahu yang mengapung di atas sungai.

Ada banyak dagangan yang dijual di sini, seperti sayur-mayur, buah-buahan dan beraneka kue pasar yang semuanya bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Tandipah, Kec. Sungai Tabuk, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan.

Itulah beberapa objek wisata di Kota Banjarbaru yang wajib kamu singgahi saat berlibur. Pastikan untuk selalu menjaga etika dan attidude saat berwisata, ya! Agar keindahan dan eksotisme tempat-tempat wisata tersebut terjaga dan bisa tetap dinikmati hingga beberapa tahun mendatang.