Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Ke Candi Gedong Songo, Beroken, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Taman Bunga Celosia merupakan salah satu destinasi wisata di Bandungan, Semarang, yang memiliki banyak sekali spot-spot foto yang instagramable. Tempat ini menjadi sangat populer terutama di kalangan anak-anak muda. Tidak hanya pengunjung dari warga lokal, tapi banyak juga pengunjung dari luar daerah yang datang jauh-jauh hanya untuk berlibur di kawasan taman bunga ini.

Awalnya, kawasan ini hanyalah taman yang ditumbuhi dengan bunga-bunga Celosia yang memiliki berbagai warna mencolok. Dari waktu ke waktu, berbagai fasilitas dan spot-spot foto bagus mulai ditambahkan untuk menambah daya tarik dari destinasi taman ini. Kini, taman bunga ini menjadi salah satu tempat rekreasi yang populer di Semarang.

Taman ini di bagi menjadi beberapa bagian yaitu Celosia 1, Celosia 2, dan juga Celosia 3. Di setiap bagian memiliki spot-spot yang berbeda-beda, beberapa tempat juga memiliki tema-tema tertentu sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi yang berbeda. Dengan keseruan yang ditawarkan, kawasan wisata ini tidak akan menguras kantong karena merupakan wisata yang murah meriah.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Bunga Celosia

Daya Tarik Dimiliki Taman Bunga Celosia
Image Credit: Google Maps Indah Kusuma Rahmawati

Taman Celosia kini tidak hanya menawarkan keindahan bunga Celosia dengan warna-warnanya yang mencolok. Berbagai spot menari yang mulai dipersiapkan juga semakin membuat destinasi wisata ini populer terutama di kalangan muda-mudi. Berikut beberapa daya tarik dari kawasan taman bunga yang membuat kawasan wisata ini menjadi destinasi favorit.

1. Taman Bunga

Daya tarik dari taman bunga sudah tentu adalah bunga-bunga berwarna-warni, begitu juga destinasi wisata ini. Seperti namanya destinasi wisata ini sendiri, bunga celosia merupakan daya tarik utama yang menjadi primadona. Namun tidak hanya itu, taman ini juga memiliki berbagai macam bunga lainnya seperti lavender, hebras, gerbera, diantus, krisan, dan lain sebagainya.

Semua bunga-bunga ini selalu tampak mekar dan cantik karena terawat dengan baik. Semakin tampak cantik dan rapi karena pengelola juga mengatur setiap bunga sedemikian rupa. Ada bunga yang ada di dalam pot, ada juga yang digantung, termasuk yang ditata dengan ornamen unik. Salah satu spot yang favorit adalah lorong dengan bunga-bunga gantung berwarna merah muda.

2. Miniatur Landmark

Daya tarik lainnya selain bunga adalah miniatur dari landmark berbagai negara di dunia. Salah satu yang sangat ikonik di kawasan ini adalah Menara Eiffel yang banyak menjadi spot foto favorit. Selain ada juga miniatur dari Patung Merlion dari Singapura. Patung ini juga sudah disertai dengan air mancur dan juga kolam mini.

Kincir angin yang berukuran besar khas Negara Belanda juga ada. Di sekitarnya juga ditanami dengan bunga-bunga dengan berbagai warna. Selanjutnya yang tidak kalah menarik perhatian adalah miniatur dari Face Head yang berada di Easter Island dan juga miniatur Stonehenge yang berada di United Kingdom.

3. Piramida Louvre Museum

Spot ini berada di bagian Celosia dua dan salah satu yang menjadi spot favorit bagi para pengunjung. Bentuknya seperti piramida dan sekilas mengingatkan dengan Museum Louvre yang terkenal. Banyak pengunjung yang mendapatkan foto yang cantik dengan latar piramida ini. Apalagi jika datang saat matahari akan terbenam. Pantulan cahaya matahari membuat hasil foto menjadi lebih cantik.

4. Little Amsterdam

Spot ini akan membuat pengunjung merasa seperti berada di Amsterdam. Terdapat bangunan-bangunan miniatur unik dengan warna-warni dan juga kincir angin mungil yang sangat cocok untuk spot foto. Yang menjadi khas adalah telepon umum dengan warna merah dan tentu saja berbagai macam bunga warna-warni yang menghiasi sekitarnya.

Daya TarikTaman Bunga Celosia
Image Credit: Facebook Panjol Sudawirat

5. Little Korea

Tidak hanya Little Amsterdam, ada juga spot Little Korea. Spot ini menjadi favorit bagi para K-popers untuk dapat merasakan sensasi berada di Korea. Dari penataan maupun bangunan di spot ini didesain seperti Negara Gingseng tersebut. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menyewa kostum khas Kore dan mengambil foto di kawasan tersebut.

6. White Marine Park

White Marine Park berada di Celosia 2. Pengunjung dapat mengambil foto di jembatan dengan dominasi berwarna putih dan lantai kayu. Spot ini juga juga menawarkan replika seperti Garden by The Bay yang ada di Singapura namun dengan warna putih. Spot ini juga dihiasi dengan bunga-bunga yang tertata rapi dan siluet gunung di latarnya.

7. Taman Lampion

Taman lampion berada di Celosia 3 dan sangat cocok sebagai wisata malam. Pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai bentuk lampion dengan lampu dan warna-warni yang cantik. Terdapat juga kolam yang juga dihiasi dengan lampion yang cantik. Wahana yang memiliki tema jungle night camp ini juga menjadi tarik yang banyak dikunjungi.

8. Spot La Villette

Spot ini juga sangat ikonik di Taman Bunga Celosia. Bentuknya seperti globe raksasa sehingga banyak juga yang menyebutnya spot globe. Terdapat kursi taman tempat pengunjung duduk dan berfoto. Di sekitar spot ini juga dihiasi dengan tumbuh-tumbuhan hijau dan juga bunga-bunga warna-warni. Menjadi tempat yang khas sehingga menarik banyak pengunjung untuk datang.

9. Museum Selfie

Di taman ini juga memiliki wahana yang tidak boleh dilewatkan yaitu museum selfie. Spot ini berada di area indoor dengan latar-latar cantik berupa gambar ilusi 3 dimensi yang ditata dengan sangat baik oleh pengelola. Selain itu ada juga area berkonsep dunia terbaik dan spot dengan hiasan lampu cantik. Tersedia juga berbagai dekorasi unik dengan properti-properti yang mendukung.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Taman Bunga Celosia
Image Credit: Facebook Wawan’z

Taman Bunga Celosia berada di Bandungan, Kabupaten Semarang. Jika Anda berada di pusat Kota Semarang, jaraknya sekitar 51 kilometer menuju arah selatan. Perjalanan yang diperlukan kurang lebih 1 jam perjalanan saja menggunakan kendaraan pribadi. Jalannya sendiri satu arah menuju Candi Gedong Songo. Untuk lebih mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi GoogleMap.

Taman bunga ini buka setiap hari. Jam operasional sendiri mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Untuk harga tiket sendiri tidak terlalu mahal. Hari biasa, tiket masuk yang ditarik seharga Rp 20.000 sedangkan untuk weekend atau tanggal merah akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 25.000. Anak usia 3 tahun sudah diberlakukan harga tiket normal.

Sedangkan jika Anda ingin berwisata di Taman Lampion, Anda dapat datang pada malam hari di mana lampu-lampu lampion sudah mulai menyala. Untuk biaya masuk di taman ini hanya Rp 15.000 saja. Anda sudah akan mendapatkan spot foto dengan berbagai macam bentuk lampion yang berwarna-warni.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Bunga Celosia

Aktivitas Menarik di Taman Bunga Celosia
Image Credit: Google Maps Muhammad Setyo

Taman Celosia merupakan destinasi wisata yang semakin lama semakin populer di Semarang. Banyak pengunjung datang untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menarik. Mengisi liburan di kawasan ini memang tidak akan membosankan. Tidak hanya anak muda, destinasi wisata ini juga dapat digunakan sebagai rekreasi keluarga untuk melakukan aktivitas seru di wahana yang tersedia.

1. Rekreasi

Taman Bunga Celosia memang sangat cocok sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan rekreasi. Anda dapat berjalan-jalan menikmati berbagai spot dan wahana yang tersedia. Selain itu, Anda juga dapat merasakan sensasi berkeliling dunia dengan miniatur-miniatur bangunan khas dari berbagai negara di dunia.

Untuk anak-anak, telah disediakan juga taman bermain anak. Dengan begitu, anak-anak bisa puas bersenang-senang dan bermain-main dengan gembira. Adanya taman bermain ini akan membuat kegiatan liburan anak menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

2. Menikmati Taman Bunga

Berbagai macam jenis bunga dengan warna-warnanya yang beragam sudah tentu sangat memanjakan mata. Taman ini memang surga bagi para pecinta bunga karena dapat dengan sepuas hati menikmati tanaman yang tertata rapi baik berjajar di tanah, ornamen, maupun yang digantung di pot-pot. Bunga Celosia sudah tentu menjadi objek utama, namun jenis bunga lainnya juga banyak tersebar.

3. Merasakan Sensasi Berada di Luar Negeri

Ingin merasakan berada di luar negeri dengan budget yang minim, Anda dapat datang ke Taman Bunga Celosia. Bukan hanya spot-spot dari miniatur bangunan khas, terdapat juga miniatur dari suasana Amsterdam dan juga Korea. Dengan penataan bangunan yang khas dengan negara-negara itu, pengunjung seperti dibawa ke luar negeri.

Bagi pecinta K-pop, kawasan little Korea juga akan memanjakan Anda. Pepohonan mirip sakura tertanam di bangunan-bangunan khas Negeri Gingseng. Anda bahkan juga dapat menyewa pakaian khas Korea untuk lebih merasakan sensasi liburan yang berbeda.

Aktivitas di Taman Bunga Celosia
Image Credit: Instagram K H O I R I Y A H

4. Berburu Souvenir

Anda tidak perlu khawatir membawa tangan kosong jika berlibur di kawasan ini. Ada buah tangan yang dapat Anda beli sebagai oleh-oleh pulang. Bagi Anda yang suka berkebun, Anda dapat membeli berbagai bibit bunga yang dikemas di dalam polybag. Jika tidak, Anda juga bisa membeli kerajinan tangan khas yang diproduksi oleh masyarakat setempat.

5. Berfoto

Dengan segudang spot foto yang telah disediakan, maka kegiatan satu ini sudah sangat wajib untuk dilakukan. Pengunjung dari kalangan anak-anak muda juga banyak yang datang ke Taman Bunga Celosia untuk berfoto-foto. Dengan latar yang beragam dan instagramable, hasil foto sangat bagus untuk diunggah di sosial media.

6. Wisata Malam

Anda juga dapat berwisata malam di kawasan ini. Menikmati beragam bentuk lampion dengan warna-warna yang indah tentu sangat menyenangkan untuk dilakukan. Anda juga dapat menggunakannya sebagai latar atau sekedat berjalan-jalan bersama pasangan atau teman di antara lampion-lampion ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tersedia di Kawasan Wisata
Image Credit: Google Maps Godho Wijoseno

Taman Bunga Celosia memiliki fasilitas yang sangat memadai untuk kenyamanan pengunjung. Selain tempatnya yang telah tertata dengan estetik, kawasan ini juga terjaga kebersihannya sehingga pengunjung dapat menikmati setiap spot tanpa terganggu dengan sampah berserakan. Berbagai wahana juga terus dikembangkan dan dijaga untuk menambah daya tarik pengunjung.

Fasilitas-fasilitas umum juga sudah tersedia. Toilet ada dalam jumlah yang cukup banyak. Tersedia juga musala untuk beribadah. Jika untuk mengisi perut, sudah tersedia pula food court yang menyajikan beragam menu makanan. Serta tersedia lahan parkir yang luas bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Wahana bermain juga tersedia untuk anak-anak agar tidak bosan. Jika sudah lelah berjalan-jalan, sudah tersedia juga fasilitas tempat duduk yang banyak tersebar. Selain itu, juga tersedia fasilitas-fasilitas lainnya untuk pengunjung.

Taman Bunga Celosia menjadi tempat wisata dengan banyak sekali spot foto. Destinasi wisata ini sangat cocok bagi para pencari spot foto. Anda juga dapat merasakan berada di luar negeri dengan miniatur-miniatur bangunan khas dunia. Dengan berbagai fasilitas yang memadai, liburan di destinasi wisata ini tidak akan membuat Anda menyesal.