Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Mencari tempat wisata bernuansa alam di Indonesia tidak pernah akan ada habisnya. Wisatawan bisa menemukan gunung, bukit, danau, pantai, dan tempat-tempat wisata lainnya yang bernuansa alam. Termasuk daerah Subang yang ada di kawasan Jawa Barat, ada banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi yang menyajikan panorama alam seperti Upas Hills.

Dari segi nama mungkin wisatawan lebih mengenal pemandian air panas Ciater daripada tempat wisata ini. Akan tetapi, meski belum populer, wisatawan tidak akan merasa kecewa ketika mengunjunginya. Sesuai namanya, tempat wisata yang ada di kawasan Subang ini merupakan puncak pegunungan sehingga perjalanan menuju ke lokasi cukup melelahkan.

Sampai saat ini, tempat wisata alam yang menyuguhkan panorama alam pegunungan masih banyak digemari oleh wisatawan. Mayoritas yang datang ke Upas Hills ini didominasi oleh kalangan anak muda. Untuk orang tua hingga lansia kurang direkomendasikan datang kesana karena perjalanan ke lokasi tergolong menanjak.

Daya Tarik yang Dimiliki Upas Hills

Daya Tarik Upas Hills
Image Credit: Google Maps Wisata Offroad Adventure

1. Menyuguhkan Panorama Alam Berupa Kawah

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah keberadaan kawah yang bisa disaksikan dari atas bukit. Lokasinya berada di ketinggian kurang lebih 2.084 meter di atas permukaan laut. Jika biasanya tempat wisata alam yang ada di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl tidak direkomendasikan untuk keluarga, berbeda dengan Upas Hills.

Tempat wisata yang ada di kawasan Subang tersebut layak dikunjungi dengan keluarga termasuk anak-anak. Hal ini dikarenakan wisatawan tidak perlu hiking untuk bisa mencapai lokasi, namun wisatawan bisa menggunakan jasa layanan open trip sehingga tidak harus menguasai jalur menuju ke lokasi.

Dengan menggunakan jasa layanan tersebut, perjalanan menuju ke puncak bukit akan memanfaatkan fasilitas motor trail atau mobil land rover. Sampai di puncak, wisatawan akan disuguhkan dengan panorama kawah yang bentuknya berkelok. Terdapat pepohonan liar yang tumbuh alami di samping area kawah.

Dari atas, panorama pepohonan liar tersebut tampak seperti semak belukar. Pemandangan kawah semakin cantik dengan asap putih tebal yang mengepul di atasnya lalu warnanya menyatu dengan warna tumbuhan yang hijau. Saat memandang lurus ke arah depan, panorama perbukitan lain terlihat sangat jelas.

2. Pesona Hutan Pinus di Gunung Tangkuban Perahu

Selama perjalanan menuju ke lokasi Upas Hills, wisatawan akan menyaksikan panorama hutan pinus yang berada di kawasan Gunung Tangkuban Perahu. Hutan pinus tersebut tampak begitu rapat karena masih asri dan alami sehingga tampak sedikit menyeramkan.

Walaupun sedikit menyeramkan, namun bagi wisatawan pecinta alam pasti akan menganggap bahwa hutan pinus disana tampak begitu eksotis karena keasrian dan kealamiannya. Pepohonan pinus terletak berderet dan jarang ditumbuhi oleh dedaunan.

Selain hutan pinus, disana wisatawan juga akan mendapati satwa liar dan tempat konservasi tumbuhan. Saat perjalanan turun dari bukit, wisatawan akan melewati kolam pemandian air panas yang ada di kawasan Maribaya. Yang menarik dari kolam pemandian air panas tersebut adalah tidak adanya kandungan belerang.

Oleh karena itu, sepanjang perjalanan ke Upas Hills wisatawan akan banyak melewati beberapa spot menarik untuk dikunjungi seperti hutan pinus, tempat konservasi tumbuhan, satwa liar, hingga kolam pemandian air panas yang berada di kawasan Maribaya.

3. Menyajikan Pemandangan Kebun Teh Sukawana

Kebun teh yang merupakan salah satu tempat wisata favorit masyarakat Bandung ini juga akan dilewati wisatawan ketika perjalanan menuju ke lokasi. Kebun teh milik PT. Perkebunan Nusantara VIII tersebut sangat memanjakan mata wisatawan karena warnanya didominasi dengan warna hijau yang begitu menyegarkan.

Lokasi kebun teh ada di kaki bukit sehingga wisatawan yang melakukan perjalanan ke lokasi tujuan pasti akan melewati kebun teh ini. Sebelum sampai ke lokasi Upas Hills, wisatawan juga bisa mampir ke kebun teh Sukawana untuk hunting foto dan menikmati udara segar sepoi-sepoi saat berada di kawasan kebun teh.

Karena berada di kaki bukit, maka wisatawan tidak perlu capek-capek melakukan tracking. Dari kawasan kebun teh tersebut, panorama yang tampak di depan mata tidak hanya hamparan kebun teh berwarna hijau saja, namun juga pegunungan yang berjajar dan tampak berwarna hijau.

Sebelum sampai di Upas Hills, keberadaan kebun teh ini berhasil menyita perhatian wisatawan. Mayoritas wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata tujuan biasanya menjelang matahari terbit bukan menjelang matahari terbenam sehingga pemandangan kebun teh yang hijau akan tampak begitu mempesona di depan mata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Upas Hills
Image Credit: Google Maps Tjahjaningrum Sunarko

Lokasi Upas Hills secara administratif ada di kawasan Jawa Barat tepatnya Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tempat wisata yang terletak di Cicadas, Kecamatan Sagalaherang bisa ditempuh dari pusat kota Subang maupun kota Bandung sekitar 1 jam perjalanan. Dari Subang, jaraknya adalah sekitar 32 kilometer. Sementara itu, dari Bandung jaraknya kurang lebih 30 kilometer.

Rute yang bisa ditempuh adalah dari pusat kota Bandung menuju ke arah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Selanjutnya arahkan kendaraan menuju ke Jalan Dr. Setiabudi lalu Jalan Raya Lembang. Wisatwan bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Grand Hotel kemudian alun-alun Lembang. Sampai di Jalan Tangkuban Perahu, ikuti saja jalur utama.

Jalur utama tersebut akan mengarah ke Terminal Bus Jayagiri. Wisatawan bisa mengikuti papan petunjuk menuju ke Upas Hills karena lokasinya tidak jauh dari jalur tersebut. Akan tetapi, wisatawan harus ingat bahwa rute ini akan mengantarkan sampai ke lokasi parkir saja. Untuk ke puncak bukit, wisatawan bisa menggunakan jasa layanan open trip atau jalan kaki.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Upas Hills
Image Credit: Google Maps TM

Wisatawan yang ingin menggunakan paket open trip ke tempat wisata Upas Hills dengan keberangkatan dari Bandung perlu mengeluarkan budget Rp 550.000 untuk low season. Untuk libur nasional, lebaran dan tahun baru harganya berbeda dengan harga paket low season. Untuk harga tiket di luar paket open trip adalah Rp 20.000 – Rp 300.000 per orang.

Wisatawan bisa memarkirkan kendaraan pribadi baik kendaraan roda dua maupun roda empat di lahan rumah warga setempat dan juga warung sekitar. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua adalah Rp 12.000. Sementara itu biaya parkir kendaraan roda empat adalah Rp 25.000. Untuk bus roda enam biaya parkirnya adalah Rp 110.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Upas Hills

Aktivitas Menarik Upas Hills
Image Credit: Google Maps TM

1. Hunting Foto

Upas Hills menyuguhkan panorama alam berupa kawah yang bisa disaksikan wisatawan ketika sampai di puncak bukit. Selain pemandangan kawah, di tempat wisata ini wisatawan bisa menyaksikan panorama kebun teh berwarna hijau di kaki bukit yang akan ditemukan sepanjang perjalanan menuju ke lokasi.

Wisatawan juga akan menemukan hutan pinus yang tampak rapat antara satu pohon dengan pohon lainnya. Dengan berbagai panorama alam yang disuguhkan ketika wisatawan berkunjung ke tempat wisata ini, akan sangat disayangkan jika wisatawan tidak melakukan kegiatan hunting foto saat berada disana.

2. Berkemah di Alam Terbuka

Bagi wisatawan yang hobi berkemah, berkunjung ke tempat wisata ini pasti tidak hanya mengunjungi sekedar hunting foto saja. Bagian puncaknya sangat luas sehingga wisatawan bisa menggelar tenda di puncak dan bermalam disana. Keindahan alam akan tampak sangat indah ketika wisatawan keluar dari tenda ketika sunrise.

Yang terpenting ketika berkemah di puncak bukit tersebut adalah menyiapkan persiapan fisik dan juga logistik. Oleh karena itu, berkunjung ke Upas Hills sangat direkomendasikan untuk mengajak keluarga maupun teman-teman. Semakin ramai, maka suasana malam yang tampak sunyi tentu tidak akan menjadi terlalu sunyi.

3. Hiking ke Puncak Upas Hills

Wisatawan yang hobi mendaki gunung pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk melakukan kegiatan pendakian di bukit ini. Dengan ketinggian 2.084 mdpl, medan jalanan menuju ke puncak masih berupa tanah dan bebatuan. Jika memang wisatawan ingin hiking dengan berjalan kaki, bisa sekaligus pemanasan mendaki.

Wisatawan yang memilih untuk hiking berjalan kaki dari kaki bukit menuju ke puncak bukit membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam. Sehingga kondisi fisik harus benar-benar fit dan pastikan membawa perbekalan yang cukup. Waktu terbaik untuk melakukan hiking ke puncak bukit tersebut adalah ketika musim kemarau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Upas Hills
Image Credit: Google Maps Reza Adhi Pramudia

Terkait fasilitas yang ada di Upas Hills, wisatawan tidak perlu khawatir karena ada banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan. Fasilitas tersebut adalah seperti tempat parkir untuk mobil, motor, hingga bus.

Tersedia jasa layanan open trip bagi wisatawan yang tidak ingin hiking dengan berjalan kaki selama 6 jam perjalanan. Dengan menggunakan jasa layanan tersebut, wisatawan akan difasilitasi dengan motor trail atau mobil land rover.

Fasilitas lainnya adalah kamar mandi, mushola, dan kedai makanan. Fasilitas disana semuanya bersih dan memadai sehingga wisatawan tidak akan kecewa ketika mengunjungi tempat wisata ini.

Upas Hills merupakan salah satu tempat wisata menarik yang ada di kawasan Subang. Ketika mengunjungi Bandung, wisatawan bisa naik ke kawasan Subang untuk mencoba mengunjungi tempat wisata bernuansa alam tersebut.