Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Sukamukti, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Tasikmalaya adalah salah satu Kota di Jawa Barat yang menyuguhkan berbagai tempat menarik untuk dikunjungi. Terdapat perbukitan, pegunungan, bahkan perairan sebagai sektor pariwisatanya. Salah satu tempat yang akan direkomendasikan kali ini ialah keberadaan curug yang dibuka dari tahun 2016, yaitu Curug Badak.

Destinasi wisata Tasikmalaya ini menampilkan keindahan air yang mengalir dari curug. Udara di kawasan sangat asri dengan dibalut dengan bebatuan yang menghitam di sekitar lokasi curug. Tak hanya itu, pemandangan di area juga menyuguhkan keindahan khas alam yang menghijau.

Setiap harinya, objek wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang ingin menikmati suasana di Curug Badak. Curug dengan pesona air terjunnya ini menjanjikan pemandangan dan aktivitas yang seru untuk dilakukan, anda dapat menjadikan curug sebagai salah satu destinasi yang layak untuk didatangi.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Badak

Daya Tarik Curug Badak
Image Credit: Twitter Adhara Residence

1. Keindahan Curug

Curug Badak merupakan salah satu curug yang dibangun secara alami di Tasikmalaya. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 40 meter di atas permukaan air laut. Curug letaknya berada di bawah aliran curug batu Hanoman dan dekat dengan kawasan hutan pinus.

Awal mula penamaan dari curug ini adalah diambil dari batu yang berbentuk lonjong berada di aliran air terjun. Ketika aliran curug ini memiliki frekuensi yang besar dan deras, maka akan terlihat pemandangan keluar dari batu seperti bentuk cula badak.

Curug Badak mempunyai keunikan, air curug memiliki kandungan air dari belerang. Oleh karena itu, di bagian pinggir kawasan terdapat area air yang menguning dan berbau menyengat dari belerang. Karena itu justru warga sekitar percaya bahwa air ini dapat menyembuhkan penyakit.

Di sekitar curug terhampar pepohonan-pepohonan yang lebat dan rindang, pohon ini tumbuh dengan alami. Pepohonan tersebut diwarnai oleh berbagai macam serangga pohon. Kawasan ini juga disuguhkan dengan pemandangan rerumputan yang berwarna kecoklatan. Rumput tersebut dapat dijadikan alas untuk berduduk.

Di bagian sisi kanan dan kiri curug terdapat tebing-tebing tinggi yang ditutupi oleh tanaman-tanaman yang menghijau, hidup dengan subur. Di bawah aliran air terdapat banyak batu yang menjadi tempat terjangan arus turun. Bebatuan ini berwarna kehitaman.

Anda dapat bersantai sambil menikmati suasana di atas batu, tetapi harus tetap waspada. Lebih disarankan untuk memilih batu yang tidak ditumbuhi lumur, karena batu tersebut sudah dipastikan tidak aman dan licin. Beberapa aliran yang mengalir di kolam terus menerus menerjang bebatuan sampai ke sungai dan menyempit.

2. Batu Hanoman

Batu Hanoman atau curug hanoman adalah satu-satunya air terjun yang terdapat di kawasan Curug. Uniknya, bentuk dari curug ini sangat landai yang menyerupai dengan sungai, tetapi arus air di curug ini sedikit lebih deras. Jarak curug ini hanya sekitar 25 meter dari Curug Badak.

Pengunjung lebih banyak melakukan aktivitas berenang di curug ini karena memiliki kolam yang dangkal dan sangat luas. Selain itu bebatuan lebih sedikit terlihat di curug ini walaupun arus derasnya lebih keras.

3. Spot yang Menenangkan

Curug Badak berada di tempat tersembunyi dan jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota. Selain itu kawasan ini menyajikan keindahan alami. Hal ini yang dapat dijadikan daya tarik wisatawan yang menginginkan tempat tenang.

Keindahan alam yang diberikan serta udara sejuk menjadikan curug ini sebagai salah satu keindahan alam. Bahkan banyak yang mengunjungi curug hanya untuk melepas penat dan lelah yang dirasakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Badak
Image Credit: Google Maps Ikung forumproperti

Curug Badak yang menjanjikan keindahan alam ini berada di Provinsi Jawa Barat, lebih tepatnya terletak di Desa Sukasetia, Kampung Setiamulya, Kabupaten Tasikmalaya, termasuk dalam Kecamatan Cisayong. Lokasi curug merupakan bagian dari kawasan Gunung Talaga Bodas.

Rute yang dapat diambil oleh pengunjung ialah dari pusat titik kota Tasikmalaya. Lanjutkan perjalanan anda menuju ke Jalan Perintis Kemerdekaan. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan mengikuti Jalan SL. Tobing menuju ke Jalan Ir. H. Juanda sampai ke Jalan Letnan Harun, lurus ke Jalan Letnan yang mengarah Sukamajukidul.

Sesampai di sana, anda akan menemui persimpangan. Dari persimpangan tersebut belok kiri menuju ke Jalan Sukaratu. Luruskan perjalanan sampai bertemu persimpangan selanjutnya. Dari persimpangan belok kanan dengan melewati Jalan Cisinga.

Ikuti saja jalan lurus sampai bertemu di persimpangan menuju ke Kampung Leuwibodas. Lanjutkan perjalanan tersebut sampai dengan melihat gardu pintu masuk yang berada di sisi kanan jalan.

Namun, jika pengunjung berasal dari Bandung, maka rutenya dari pusat titik kota Bandng lurus masuk ke Jalan Tol Cipularang sampai keluar dari Tol Purbaleunyi. Setelah itu lanjutkan ke Jalan Nasional II. Lanjutkan perjalanan luas saja sampai ke persimpangan. Dari persimpangan belok ke kanan menuju ke Jalan Cisinga.

Setelah itu, anda akan teruskan menuju ke Jalan Kampung Leuwibodas. Beberapa menit dari Jalan tersebut terdapat gardu pintu masuk dari lokasi wisata Curug Badak. Selama perjalanan sangat strategis dengan jalanan yang sudah bagus beraspal dan tidak meliuk-liuk dan berbelok-belok.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Curug Badak
Image Credit: Facebook Aliyus ZA

Objek wisata Curug ini hanya dibebankan retribusi tiket sebesar Rp 10.000 per pengunjung di akhir pekan dan hari libur. Sedangkan untuk hari biasa hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 8.000 per pengunjung. Harga tiket ini sudah termasuk dalam biaya parkir kendaraan anda.

Adapun untuk waktu operasionalnya, Curug Badak dibuka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu dari pukul 07.00 WIB pagi hari sampai dengan pukul 17.00 WIB sore hari. Waktu terpadat dari pengunjung adalah menjelang sore hari atau pada akhir pekan dan hari libur.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Badak

Aktivitas di Curug Badak
Image Credit: Facebook Uda Indra

1. Berenang

Curug Badak memiliki arus yang tenang dan tidak deras, hal ini mempermudah anda yang ini melakukan kegiatan berenang di dalam kolam curug. Menikmati dinginnya air kolam yang menyentuh tubuh. Pengunjung juga dapat melakukan atraksi seperti melompat dari atas tebing menuju ke kolam curug.

Akan tetapi pengunjung harus tetap berhati-hati karena banyaknya bebatuan yang berada di sekitar curug serta disarankan untuk membawa baju ganti pakaian, karena sudah dipastikan baju yang terpakai akan basah terguyur air kolam. Air curug ini sangat jernih bahkan saat diselami dapat melihat aktivitas kehidupan di bawah kolam.

2. Bermain Air

Selain berenang, aktivitas yang berhubungan dengan air lainnya adalah bermain air. Pengunjung dapat duduk di sekitar kolam sambil menapakkan kaki di dalam air, atau sengaja berendam di air kolam. Kegiatan ini sangat menarik, bahkan bagi pengunjung yang tidak bisa berenang.

3. Berfoto

Aktivitas lainnya adalah berfoto. Sayang sekali jika berhasil sampai ke kawasan Curug Badak tapi lupa untuk mengabadikan momen yang indah. Banyak spot menarik yang dapat diabadikan, baik sendiri, bersama pasangan maupun dengan keluarga dan rekan-rekan teman.

Beberapa spot seperti di bebatuan kolam, di bawah air terjun langsung yang mengalir,, serta di sekitar kawasan curug yang masih sangat asri dan alami. Pesona ini akan semakin menarik ketika melihat pada waktu-waktu tertentu seperti di pagi hari saat matahari muncul atau di sore hari saat senja menjelang tenggelam.

Aktivitas Menarik di Curug Badak
Image Credit: Google Maps Lawas Channel

4. Berburu Kuliner

Selain menawarkan keindahan alam yang eksotis, curug cantik ini juga mempunyai berbagai macam warung-warung dan cafe yang dapat anda pilih. Warung ini berada di samping curug. Terdapat banyak menu-menu menarik yang lezat untuk dicoba. Bagi yang ingin merasakan sensasi kekinian dapat mencoba tongkrongan cafe-cafe di dekat warung.

5. Menaiki Rumah Pohon

Uniknya, kawasan Curug Badak juga menyediakan fasilitas rumah pohon yang terbuat dari kayu dan bambu. Anda dapat menaiki rumah pohon sambil menikmati keindahan curug di atas pohon tersebut.

6. Bersantai

Kegiatan lainnya adalah bersantai. Kawasan curug sudah menyediakan berbagai macam pondok-pondok untuk bersantai. Anda hanya dapat memilih sesuai selera saja. Pondok ini menghadap langsung ke curug dengan lanskap pemandangan yang indah disertai udara yang sejuk.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Badak
Image Credit: Google Maps Miftah Nashir

Terdapat lahan khusus untuk area parkir kendaraan. Anda tidak perlu khawatir karena parkir kendaraan tidak dibebankan retribusi tiket. Selain itu, kendaraan akan aman dijaga oleh pihak pengelola.

Kawasan Curug Badak juga menyediakan berbagai macam warung-warung yang menjual beberapa menu-menu makanan dan minuman khas daerah setempat. Terdapat juga beberapa toilet umum yang bersih untuk pria maupun wanita, dilengkapi dengan kamar ganti pakaian basah.

Selain warung makanan, disediakan juga beberapa cafe yang kekinian sebagai tempat tongkrong. Kawasan juga terdapat Musholla bagi para wisatawan yang ingin menunaikan sholat. Terdapat beberapa pondok atau gazebo untuk istirahat pengunjung yang lelah melakukan aktivitas sambil menikmati pemandangan.

Curug Badak menyajikan berbagai hal menarik dengan lanskap keindahan alam yang sempurna. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dengan sajian fasilitas yang cukup memadai. Itulah beberapa informasi menarik mengenai curug ini yang sangat sempurna sebagai salah satu destinasi wajib dikunjungi.