Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Sarjono, Kec. Bawen, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Eling Bening Ambarawa merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal dan wajib dikunjungi ketika berada di Semarang, Jawa Tengah. Mempunyai panorama alam yang begitu indah dengan baground utama yaitu rawa pening. Serta gunung Andong, Telomoyo, dan Merbabu yang semakin menambah keindahan pemandangannya. Para wisatawan yang datang dapat bersua foto menikmati suasana alamnya.

Tempatnya yang terkenal mempunyai pengunjung yang selalu ramai dan memadati obyek wisata ini, menawarkan banyak daya tariknya. Pemandangannya dari destinasi wisata ini mempunyai panoramanya yang begitu cantik nan menawan, dan tentunya sangat mempesona bagi setiap pengunjung yang datang.

Tak hanya menawarkan panorama keindahannya saja, Eling Bening juga menawarkan berbagai fasilitasnya seperti tempat makan, outbound, kolam renang, hingga trekking. Semua fasilitas yang telah disediakan tersebut dirawat, dan terjaga dengan baik oleh para pengelola obyek wisata. Sehingga anda dapat menikmati liburan anda menjadi semakin nyaman dan menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Eling Bening

Daya Tarik Eling Bening
Image Credit: Instagram E R V I N A

Eling Bening merupakan salah satu destinasi wisata di Ambarawa yang setiap harinya dikunjungi oleh para wisatawan sekitar, berbagai daerah hingga mancanegara. Obyek wisata ini menjadi satu dengan beberapa destinasi favorit di sekitar Ambarawa. Banyak para pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan pemandangannya yang alami dengan baground yang begitu indah.

1. Lokasinya Berada di Perbukitan

Eling Bening Ambarawa memiliki lokasi yang berada di dataran tinggi. Hal itu dapat menjadi salah satu kelebihan dari destinasi wisata ini, letaknya yang berada di ketinggian menyuguhkan pemandangan utamanya yang berlatar belakang rawa pening. Dengan deretan gunung-gunungnya di sekitar obyek wisata tersebut.

Hembusan anginnya yang segar, dengan suasana alamnya yang asri dan pemandangannya yang begitu mempesona, seakan menambah kenikmatan tersendiri bagi para pengunjungnya. Hal itu juga dapat menjadi salah satu daya tarik dari obyek wisata hits di Ambarawa ini. Sehingga banyak orang yang memanfaatkannya untuk berlibur atau berwisata kesana.

2. Menikmati Pemandangan Sunset

Eling Bening terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang begitu menawan dan mempesona. Deretan gunung di sekitar obyek wisata ini, yang cantik menjulang tinggi semakin menambah pelengkap keindahan tempat ini. Pemandangan kilauan warna khas waktu senja seakan memanjakan mata bagi pengunjung yang datang.

Pemandangan cantik, menawan, dan sangat mempesona menjadikannya sebagai salah satu daya tarik dari wisata hits ini. Banyak para wisatawan yang memanfaatkannya untuk bersua foto ria sembari menikmati panorama keindahannya yang begitu menakjubkan.

3. Menikmati Keindahan Taman Bunga

Tak hanya panorama obyek wisatanya saja yang sangat mempesona setiap pengunjungnya, Eling Bening Ambarawa ini juga menyediakan taman bunganya dengan keindahan berbagai jenis bunga. Taman ini juga menyuguhkan bunganya dengan warna yang beraneka macam. Serta mengelompokan warna-warna tersebut, seperti kelompok dengan warna biru, dan lainnya.

Meskipun tempat ini tidak begitu luas, namun dengan adanya berbagai jenis bunga dengan warna yang beraneka macam tersusun secara rapi, menambah keindahan bagi yang memandangnya. Tak heran jika hal ini dapat menjadi daya tarik dari obyek wisata satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Eling Bening
Image Credit: Google Maps Shinta Pradita

Eling Bening merupakan salah satu obyek wisata yang berada di kabupaten Semarang, yang selalu ramai dan dipadati oleh para wisatawan. Lokasinya berjarak sekitar 48 menit dari kota Semarang. Akses menuju lokasi ini sangat mudah karena telah disediakan banyak papan petunjuk arah yang menuntun anda menuju destinasi wisata tersebut.

Waktu tempuh perjalanan itu dapat berubah menjadi lebih lama dari perkiraan, manakala akses jalan menuju kesana terjadi kemacetan. Biasanya terjadi saat musim liburan yakni antara Juli hingga September atau hari libur nasional, jumlah wisatawan yang datang akan meningkat. Hal itulah yang mengakibatkan jalanan menuju obyek wisata tersebut menjadi ramai dan padat.

Para pengunjung yang datang dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk mencapai lokasi tujuan. Lokasinya yang mempunyai panorama begitu indah dan mempesona dapat memanjakan mata siapa saja yang datang kesana. Sehingga banyak wisatawan yang datang memanfaatkan waktu libur untuk berwisata atau berekreasi ke tempat menawan ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Eling Bening
Image Credit: Google Maps Ratna Zulia

Eling Bening mempunyai biaya tiket masuk yang cukup terjangkau di kalangan wisatawan. Setiap pengunjung yang datang akan dikenakan tiket masuk dengan besaran biaya sebesar Rp 20.000 per orangnya. Setelah membayar tiket masuk itu, anda dapat leluasa menikmati keindahan panorama yang begitu eksotis.

Tak hanya biaya tiket masuk saja, anda juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan bagi anda yang datang membawa kendaraan pribadi. Biaya parkir untuk kendaraan beroda dua yakni sebesar Rp 2000. Sedangkan untuk biaya kendaraan beroda empat yaitu sebesar Rp 5000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Eling Bening

Aktivitas di Eling Bening
Image Credit: Instagram informasi ungaran

1. Menikmati Keindahan Suasana Alam

Sebagai salah satu obyek wisata terkenal dan favorit, Eling Bening menyuguhkan panorama keindahan dengan latar belakang rawa pening, dan deretan gunung yang begitu mempesona. Suasana alam dengan tiap hembusan anginnya yang segar menambah keasyikan ketika berada disana.

Dengan menikmati keindahan suasana alam tersebut dapat membuat anda menjadi lebih rileks dan tenang. Serta dapat menghilangkan kejenuhan atau hiruk pikuk di perkotaan. Sehingga tak heran jika menikmati keindahan di tempat ini merupakan salah satu kegiatan menarik yang dapat anda lakukan.

2. Melakukan Aktivitas Senam

Agar tubuh anda senantiasa sehat, maka diperlukannya olahraga dengan salah satunya yaitu senam. Pada hari minggu obyek wisata ini mempunyai jam operasional buka lebih pagi daripada hari lainnya. Hal itu dikarenakan di hari minggu disediakannya komunitas senam, untuk para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan senam.

Hembusan udara yang segar di pagi hari dengan panorama indah, membuat kegiatan senam menjadi salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan ketika berada disana. Sehinga tidak heran, apabila banyak orang yang datang kesana untuk memanfaatkan moment tersebut.

3. Menikmati Keindahan Sunset

Kegiatan menarik selanjutnya yang dapat anda lakukan ketika berada disana yakni menikmati keindahan sunset. Moment ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagi wisatawan. Anda dapat duduk di sepanjang obyek wisata dengan menghadap ke matahari yang hendak tenggelam secara perlahan dengan sinarnya yang begitu cantik dan menawan.

4. Melakukan Outbound

Obyek wisata ini tak sekedar menyuguhkan panoramanya saja, tetapi juga tersedianya fasilitas berupa outbound. Bagi anda para wisatawan yang mengajak anak-anak, anda dapat mengajaknya untuk menikmati permainan outbound ini. Tentunya kegiatan ini selain menarik bagi anak-anak juga dapat melatih perkembangan dan pertumbuhan motorik, serta keberanian.

Fasilitas outbound yang disediakan disini sangatlah beraneka macam, mulai dari permainan menyusuri tali, memanjat tali, trampoline, hingga permainan flying fox. Semua fasilitas yang diberikannya tersebut dilengkapi dengan keamanannya, sehingga anak-anak akan tetap aman ketika bermain outbound tersebut.

Aktivitas Menarik di Eling Bening
Image Credit: Facebook Wisata Semarang

5. Menikmati Suasana Malam di Eling Bening

Pada pagi dan siang hari suasana di obyek wisata ini tampak alami, dengan warna hijau yang menyelimutinya. Panorama itu dapat membuat ketenangan bagi anda yang melihatnya. Sementara di waktu sore hari kilauan sinar khas yang begitu cantik dan menawan juga cantik dan menawan, serta banyak yang memanfaatkan untuk mengabadikan moment itu dengan berfoto.

Sedangkan pada malam hari cahaya lampu di kota Ambarawa seakan menghiasi perbukitan. Serta adanya siluet pada gunung di sekitar obyek wisata ini menambah kesan indah. Suasana malam disini sangat cocok untuk dinikmatinya dan diabadikannya sebagai kenangan pernah berkunjung ke tempat hits ini.

Sehingga banyak orang yang datang kesana hanya untuk memanfaatkan suasana malamnya yang begitu indah. Jadi tidak heran jika hal ini menjadi salah satu kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika berkunjung disana.

6. Melakukan Kegiatan Berenang

Selain wahana outbound, Eling Bening juga menyediakan fasilitas kolam renang. Tempat ini disediakan oleh para pengelola dengan menghadap gunung-gunung di sekitar obyek wisata ini. Menjadi salah satu kegiatan menarik dengan cara berenang menikmati airnya yang sejuk berpadu dengan pemandangan yang eksotis.

Direkomendasikan bagi anda yang ingin menghilangkan kejenuhan setelah beraktivitas atau hiruk pikuk di perkotaan. Dengan berenang anda akan menjadi fresh pikiran maupun tubuh anda. Bagi anda yang ingin menggunakan fasilitas kolam renang ini, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000.

7. Menikmati Kuliner

Eling Bening ini menyediakan tempat makanan dengan menghadap ke rawa pening dan berkonsep garden restoran. Semua makanan yang tersedia sangatlah beraneka macam jenisnya. Tentunya mempunyai cita rasa yang enak dan lezat. Dengan harga yang ditawarkan cukup terjangkau bagi kalangan para wisatawan.

Menikmati makanan di tempat dapat menjadi salah satu kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika berada disana. Tempat makan dengan konsep yang unik atau khas tersebut bertujuan agar para pengunjung yang datang dapat menikmati makanan yang tersaji dengan suasana beda dari tempat makan lainnya. Sehingga tidak heran jika banyak orang memanfaatkan waktunya disini untuk menikmati berbagai makanan yang tersedia disana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Wisata Eling Bening
Image Credit: Google Maps Jona Dekorasi, MUA & WO Ungaran Salatiga Ambarawa

Sebagai salah satu obyek wisata yang cukup terkenal di Jawa Tengah, tentunya keberadaan akan fasilitas penunjang kebutuhan para wisatawan sangatlah penting. Oleh karena itu, pengelola Eling Bening menyediakan berbagai fasilitas yang dapat anda gunakan dengan cukup lengkap. Agar nantinya para pengunjung yang datang dapat menikmati liburan atau berwisata semakin nyaman dan berkesan.

Fasilitas yang dapat menunjang aktivitas wisatawan ketika berada disini yaitu wahana outbound, tempat kolam renang, dan lain sebagainya. Semua fasilitas yang disediakan tersebut memiliki keamanan masing-masing. Agar para wisatawan dapat tetap tenang, nyaman dan menikmati fasilitas penunjang kegiatan tersebut.

Sedangkan fasilitas pendukung seperti tempat parkir, tempat beribadah, dan dua jenis tempat makan yaitu yang pertama tempat makan dengan menyuguhkan pemandangan beberapa gunung di sekitar tempat wisata, dan yang kedua tempat makan dengan konsep garden resto. Agar para wisatawan dapat menikmati wisata ini dengan lebih nyaman.

Itulah beberapa daya tarik, alamat dan rute menuju kawasan wisata Eling Bening di Ambarawa, Semarang. Serta harga tiket masuk dan berbagai fasilitas tersedia dengan cukup lengkap. Sehingga wisatawan dapat berlibur dan menikmati destinasi wisata ini dengan lebih menyenangkan.