Kediri merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki budaya yang khas. Jika Anda sedang berada di Kediri, Anda bisa berkunjung ke berbagai wahana dan tempat wisata menarik yang ada disana.

Sayangnya, banyak masyarakat yang belum mengetahui daerah-daerah menarik di Kediri yang bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata. Walhasil berkunjung ke Kediri menjadi kurang menyenangkan karena Anda hanya pergi ke tempat yang sama setiap kalinya.

Untuk bisa mencoba suasana baru, berikut 33 Tempat Wisata di Kediri menarik yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga tercinta dalam rangka liburan, sehingga suasana liburan yang Anda lakukan menjadi sangat menyenangkan.

1. Monumen Syu

Monumen Syu
Image Credit: Jawapos.com

Monumen Syu Kediri bertempatkan di depan bekas rumah dinas residen Kediri. Monumen ini sebetulnya merupakan patung dari burung garuda yang yang mengepakkan sayapnya. Sedangkan Syu menjadi bentuk pemerintah tertinggi yang ada di Jawa setingkat keresidenan yang pada saat masa penjajahan Jepang.

Meskipun menjadi monumen untuk mengenang jasa-jasa para pasukan PETA. Monumen ini tetap sering dikunjungi oleh beberapa warga lokal ataupun wisatawan dari luar kota untuk melihat ataupun berfoto dengan latar belakang monumen tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KH Wachid Hasyim, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

2. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo
Image Credit: Putratravel.net

Destinasi wisata memang memiliki beragam tema. Ada yang terfokus untuk menghadirkan keasrian dan keindahan alamnya, ada juga yang terfokus pada keunikan tempatnya, dan lain-lain. Bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata alam, Air Terjun Dolo ini adalah salah satunya.

Berada pada ketinggian 1800 Mdpl menjadikan air terjun yang memiliki tinggi hampir 25 meter ini sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat Anda dari padatnya aktivitas rutin dengan merasakan sensasi segarnya air terjun yang jatuh dari ketinggian.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kec. Mojo, Kota Kediri, Jawa Timur.

3. Candi Surowono

Candi Surowono
Image Credit: Swetadwipa.blogspot.com

Candi Surowono ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Kediri namun juga menjadi cagar budaya dengan ukuran yang besar. Sebetulnya candi ini sudah runtuh dengan menyisakan bagian kaki candi saja.

Yang paling unik dari relief candi surowono ini adalah mengenai alur cerita yang sama sekali tidak runtut. Wisata ini cukup menarik minat para warga lokal yang ada di sana, banyak sekali orang yang menjadikan candi ini sebagai latar untuk bisa memperoleh hasil foto yang keren.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Surowono, Canggu, Kec. Badas, Kota Kediri, Jawa Timur.

4. Arung Jeram Konto

Arung Jeram Konto
Image Credit: Tips-indonesia.com

Salah satu destinasi wisata yang sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin memacu adrenalin dengan mencoba olahraga arung jeram. Sensasi mendebarkan tidak akan pernah Anda lupakan setelah melewati track raftingnya yang memiliki panjang hingga 13 km.

Bagi Anda yang penasaran dengan arung jeram ini, Anda bisa mengunjungi Desa Kediri Siman yang berada di Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

Harga Tiket: Rp 199.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kediri Siman, Kec. Kepung, Kota Kediri, Jawa Timur.

5. Taman Kilisuci

Taman Kilisuci
Image Credit: Silviananoerita.com

Untuk destinasi wisata yang ada di Kediri selanjutnya adalah taman kilisuci, yang mana taman ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan kampung Inggris bahkan jika ditempuh dengan menggunakan sepeda ontel hanya memakan waktu 10 menit.

Destinasi yang terbilang asli ini telah memiliki banyak fasilitas, seperti halnya fasilitas wi-fi gratis. Taman kilisuci juga menjadi tempat bermain bagi anak-anak. Kemudian banyak sekali fasilitas umum yang bisa Anda nikmati seperti toilet dan juga mushola.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Puhrejo, Tulungrejo, Kec. Pare, Kota Kediri, Jawa Timur.

6. Kolam Renang Tirtoyoso

Kolam Renang Tirtoyoso
Image Credit: Travelspromo.com

Masih seputar air, di Kediri Anda juga bisa menikmati salah satu destinasi wisata keluarga yang cukup terkenal yaitu Kolam Renang Tirtoyoso. Walaupun hanya berupa kolam renang, namun tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga lokal Kediri. Lokasi yang strategis ditambah dengan suasana kolam yang nyaman menjadi daya tarik kolam renang ini.

Selain itu, fasilitas yang dihadirkannya juga tergolong lengkap dan letaknya yang sangat strategis di Jalan Ahmad Yani menjadikan tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Terutama bagi pengunjung yang membawa rombongan keluarga dan anak-anak.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 123, Banjaran, Kec. Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

7. Petilasan Sri Aji Jayabaya

Petilasan Sri aji Jayabaya
Image Credit: Lotusgardenhotel.com

Destinasi wisata petilasan Sri aji Jayabaya Kediri adalah salah satu tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi ketika datang ke Kota Kediri. Apalagi wisata ini memiliki makna historis yang cukup kental. Para penduduk lokal yang ada di kawasan destinasi wisata tersebut juga sangat ramah terhadap wisatawan.

Destinasi wisata ini mempunyai tiga lokal yang yang menjadi fase moksa atau menghilangnya Sri aji Jayabaya. Untuk fasilitas yang ada di nasi wisata ini ada area parkir kendaraan, terdapat mushola terdapat kamar mandi, dan juga terdapat tempat istirahat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pamoksan Menang, Menang, Kec. Pagu, Kota Kediri, Jawa Timur.

8. Kediri Water Park

Kediri Water Park
Image Credit: Wisataku.id

Jika ingin mencari wahana permainan air yang lebih besar dan lengkap, maka Anda wajib berkunjung objek wisata Kediri Water Park. Terletak langsung di lereng kaki Gunung Wilis Jawa Timur menjadikan sensasi terjun dari water slide terpanjang di Asia ini tidak akan pernah Anda lupakan seumur hidup.

Dengan water slide yang memiliki tinggi 350 meter dan panjang hingga 206 meter dijamin akan membuat Anda tertantang. Anda juga bisa mengajak sahabat dan keluarga terdekat Anda untuk menguji adrenalin dengan bermain di wahana air terbesar se-Jawa Timur ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Pagung, Desa Pagung,  Kec. Semen, Kota Kediri, Jawa Timur.

9. Wisata Pagora

Wisata Pagora
Image Credit: Ihategreenjello.com

Untuk yang berikut ini merupakan wisata pagora yang menjadi salah satu alternatif ketika berlibur ke kota Kediri. Meskipun berada di area perkotaan, namun tetap saja destinasi wisata ini sangat cocok untuk Anda yang lelah dengan hirup piruk kendaraan dan kemacetan.

Dalam wisata ini terdapat masjid yang memiliki arsitektur joglo khas yang bernama masjid al-ikhlas. Kemudian Anda akan melihat kolam ikan, yang mana para pengunjung bisa melakukan aktivitas memancing di kolam tersebut.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani No. 123, Banjaran, Kec. Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

10. Candi Setono Gedong

Candi Setono Gedong
Image Credit: Aroengbinang.com

Selain wahana air yang menakjubkan, Kediri juga memiliki berbagai tempat dan situs peninggalan sejarah yang wajib dikunjungi untuk memperkaya wawasan Anda. Candi Setono Gedong sendiri merupakan salah satu candi di Kediri yang sudah ada dari zaman Kerajaan Singosari.

Pada zaman Kerajaan Singosari, candi ini selalu digunakan sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu. Yang tidak kalah menarik dari candi ini adalah adanya relief dan artefak yang bergambar burung Garuda. Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari jejak peninggalan kebudayaan, tempat wisata ini dapat menjadi pilihan utama Anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Setono Gedong, Kec. Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

11. Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo
Image Credit: Eastjava.com

Meskipun menjadi salah satu kota yang sangat terkenal dengan cuaca yang panas, rupanya di Kota Kediri terdapat salah satu destinasi wisata yaitu air terjun irenggolo. Seiring berjalannya waktu destinasi wisata ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dari luar kota.

Wisata ini akan semakin ramai ketika pada hari weekend, seperti liburan Natal dan juga liburan tahun baru. Selain itu, banyak sekali para wisatawan yang melakukan camping di area air terjun. Tentu ketika datang ke tempat ini liburan Anda akan semakin seru.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Besuki, Jugo, Kec. Mojo, Kota Kediri, Jawa Timur.

12. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi
Image Credit: Canditegowangikediri.blogspot.com

Jalan-jalan ke Kediri juga tidak terbatas pada satu tempat sejarah. Kota ini masih menghadirkan banyak sekali situs-situs kebudayaan yang sangat sayang bisa terlewatkan. Apalagi bagi Anda yang sangat mencintai sejarah. Candi merupakan benda dan situs peninggalan umat Hindu.

Candi Tegowangi sendiri merupakan salah satu situs candi yang berbentuk kompleks. Jika Anda mengamati dengan seksama, relief pada dinding candi ini sangat menarik karena banyak sekali menceritakan mengenai sejarah dan kehidupan masyarakat Kediri pada zaman dahulu.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tegowangi, Kec. Plemahan, Kota Kediri, Jawa Timur.

13. Klenteng Tjoe Hwie Kiong

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong
Image Credit: Penerbit-menara-madina.blogspot.com

Di Kota Kediri terdapat salah satu destinasi wisata yang bernama Kelenteng Tjoe Hwie Kiong. Yang mana kelenteng ini masih sangat terawat dan memiliki pesona yang indah, jadi tak heran bukan jika banyak para wisatawan yang datang ke tempat ini.

Kelenteng tjoe hwie Kiong pertama kali dibangun di tahun 1985 oleh warga Kediri yang masih ber keturunan Tionghoa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Yos Sudarso No. 148, Pakelan, Kec. Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

14. Candi Surawana

Candi Surawana
Image Credit: Wisatalogi.com

Di Kediri juga terdapat salah situs peninggalan abad ke 13 yaitu Candi Surawana. Tidak seperti candi lain yang tergolong sangat besar dengan area yang luas, candi ini berukuran lebih sempit yaitu hanya sekitar 8×8 m2.

Walaupun tergolong memiliki ukuran yang lebih sempit dibanding dengan candi-candi lain di Kediri lainnya. Candi Surawana mampu menghadirkan suasana yang asri, belum lagi berbagai relief dan ukiran menarik yang berada pada dinding candi dapat menjadi wawasan dan pelajaran baru bagi para pengunjung yang ingin mempelajari sejarah.

Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi Candi Surawana ini, Anda sangat beruntung karena mengunjungi destinasi wisata ini tidak akan dipungut biaya masuk sepeser pun.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Canggu, Kec. Pare, Kota Kediri, Jawa Timur.

15. Alun-Alun Kota Kediri

Alun-Alun Kota Kediri
Image Credit: Pinterest.com @nerbyanal

Kediri selanjutnya adalah alun-alun Kediri, yang masih menjadi wisata favorit bagi beberapa sebagian orang. Apalagi jika Anda menyusuri setiap jalan di alun-alun Kota Kediri maka Anda bisa melihat banyaknya wisata kuliner yang ada di pinggir jalan.

Dengan letaknya yang cukup strategis, membuat destinasi wisata ini paling sering dikunjungi oleh keluarga. Terlebih dengan fasilitasnya yang cukup memadai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panglima Sudirman, Kampung Dalem, Kec. Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

16. Gunung Kelud

Gunung Kelud
Image Credit: Genpi.co

Kediri seperti tidak ada habis-habisnya menghadirkan berbagai macam destinasi wisata yang sangat mengagumkan. Bagi Anda para pendaki gunung, jangan sampai melewatkan keindahan gunung Kelud yang satu ini. Gunung Kelud merupakan salah satu gunung terkenal di Jawa Timur karena menghadirkan berbagai pesona wisata yang indah.

Walaupun dikatakan masih aktif, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa Gunung Kelud menyimpan berbagai pesona alam indah yang masih jarang terjamah orang. Bagi Anda yang memiliki nyali lebih, Anda bisa mencoba mendaki dan menjelajahi Gunung Kelud bersama teman-teman untuk menemukan pesona tersembunyi tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Ngancar, Kota Kediri, Jawa Timur.

17. Kebun Binatang Gudang Garam

Kebun Binatang Gudang Garam
Image Credit: Wikimapia.org

Untuk wisata yang satu ini merupakan taman yang memang secara khusus dirancang untuk bisa mengundang para wisatawan. Dan wisata ini adalah salah satu simbol dari perusahaan Gudang garam yang ada di Kota Kediri.

Hal unik yang dimiliki oleh wisata ini ialah bisa berfoto dengan berbagai macam spot menarik. Karena dirancang secara apik sehingga banyak para pasangan yang datang ke tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dandangan, Kec. Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

18. Bukit Gandrung

Bukit Gandrung
Image Credit: Fotopiknic.blogspot.com

Jika Anda melihat sekilas destinasi wisata ini, Anda pasti teringat dengan salah satu tempat wisata di Bandung yaitu Lodge Maribaya. Memang tidak sepenuhnya salah karena Bukit Gandrung sendiri merupakan salah satu tempat wisata buatan yang tergolong baru. Bukit Gandrung didesain oleh sebagai salah satu spot foto yang menarik.

Para pengelolanya juga lebih mengedepankan fungsi wisata ini sebagai destinasi wisata instagenik yang menjadi salah satu wisata favorit anak muda di Kediri. Oleh karena itu, tidak heran jika pengunjung yang banyak mengunjungi destinasi terbaru d Kediri ini lebih didominasi oleh anak-anak muda.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Medowo, Kec. Kandangan, Kota Kediri, Jawa Timur.

19. Taman Hijau SLG

Taman Hijau SLG
Image Credit: Dailymotion.com

Untuk wisata terakhir ini memang sangat ramah bagi anak. Karena taman keren ini menawarkan berbagai macam wahana permainan menarik.

Anak-anak bisa bermain di ayunan, kemudian di papan seluncur. Bahkan terdapat arena bersepeda secara gratis oleh pengunjung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kediri–Plosoklaten No.163, Dadapan, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kota Kediri, Jawa Timur.

20. Kebun Bunga Matahari

Kebun Bunga Matahari
Image Credit: Suaramuslim.net

Anda suka membayangkan berada di taman bunga matahari yang luas ketika kecil? Kini hal tersebut bukan lagi khayalan. Jika Anda sedang berkunjung ke Kediri, Anda bisa mampir ke Kebun Bunga Matahari yang berada di wilayah Mojoroto, Kediri. Di Kebun Bunga Matahari, mata Anda akan dimanjakan dengan luasnya padang rumput yang dipenuhi dengan bunga matahari yang sangat indah.

Destinasi wisata tersebut memberikan kesempatan bagi Anda untuk merasakan sensasi berada pada taman bunga yang luas. Ditambah lagi dengan adanya spot foto yang memukau menjadikan Anda tidak akan pernah bisa beranjak dari tempat ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Selomangleng No. 143, Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

21. Kampoeng Anggrek

Kampoeng Anggrek
Image Credit: Gendies.com

Selain Bunga Matahari, Anda juga bisa menemukan tempat wisata lain yang dipenuhi dengan bunga. Tempatnya yaitu di Kampoeng Anggrek. Menghadirkan berbagai macam Bunga Anggrek yang indah dan berwarna warni, menjadikan Objek Wisata di Kediri ini dijamin mampu menyehatkan mata Anda.

Apalagi bagi para pecinta anggrek, berada di tempat ini seperti berada di taman surga sehingga sangat sulit untuk meninggalkannya. Bagi Anda yang penasaran dengan tempatnya, Anda bisa pergi ke wilayah Sempu, yang berada di Kecamatan Ringinsari.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ringinsari, Sempu, Kec. Ngancar, Kota Kediri, Jawa Timur.

22. Gunung Klotok

Gunung Klotok
Image Credit: Inntechmistery.blogspot.com

Jika di Gunung Kelud Anda dapat melakukan uji nyali untuk menemukan titik spot menakjubkan. Lain halnya dengan destinasi wisata Gunung Klotok ini. Gunung Klotok menghadirkan penawaran bagi para pengunjungnya untuk dapat melihat pemandangan kota Kediri yang sangat indah dari atas bukit

Jika Anda mendaki Gunung Klotok pada malam hari dan mengunjungi Bukit View 138, Anda akan mendapatkan pemandangan menakjubkan dengan keindahan gemerlap kota Kediri yang bisa Anda lihat dengan luas sejauh mata memandang. Sangat tenang dan nyaman.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kelurahan Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

23. Monumen Simpang Lima

Monumen Simpang Lima
Image Credit: Reresepan.com

Ingin melihat secara nyata suasana Kota Kediri di malam hari? Maka Anda wajib mengunjungi monumen terkenal yang satu ini. Menghadirkan bentuk monumen yang eksotik seperti bangunan Arc de Triomphe di Prancis, menjadikan destinasi wisata ini sebagai tempat favorit para fotografer.

Monumen Simpang Lima merupakan salah satu monument terkenal yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan luar kota yang sedang berkunjung ke Kediri. Bagi Anda yang penasaran dengan bentuk monumen terkenal yang satu ini, Anda dapat pergi ke daerah Simpang Lima Gumul yang berada di Jalan Erlangga Kota Kediri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tugurejo, Kec. Ngasem, Kota Kediri, Jawa Timur.

24. Sumber Ubalan

Sumber Ubalan
Image Credit: Jejakpiknik.com

Para pecinta lingkungan hidup pasti tidak ingin melewatkan salah satu destinasi wisata terbaik ini. Sumber Ubalan merupakan salah satu tempat wisata di Kediri yang menghadirkan konsep hutan lindung. Konsep ini membuat tempat wisata Sumber Ubalan sangat difavoritkan terutama bagi para pengunjung yang ingin menikmati segarnya alam.

Untuk menambah kenyamanan para pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan berbagai wahana yang dapat Anda coba bersama teman dan sanak keluarga antara lain kolam pemancingan, kolam renang, sepeda air dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sagi, Jarak, Kec. Plosoklaten, Kota Kediri, Jawa Timur.

25. Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island
Image Credit: Meilya-dita.blogspot.com

Jika Anda belum sempat berkunjung ke Kediri Waterpark, Gumul Paradise Island ini dapat menjadi salah satu alternatif wisata yang bisa Anda kunjungi. Tidak kalah dari Kediri Water Park, tempat wisata ini juga menghadirkan berbagai macam wahana air yang menyenangkan yang bisa Anda nikmati bersama teman dan keluarga.

Lokasinya yang strategis di daerah Simpang Lima juga membuat tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Anda yang sedang berkunjung ke Monumen Simpang Lima, sebaiknya mampir juga ke Gumul Paradise Island ini untuk merasakan sensasi bermain air yang menyenangkan. Tertarik mengunjungi tempat wisata yang satu ini?

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kompleks Simpang Lima Gumul, Dadapan, Sumberejo, Kec. Ngasem, Kota Kediri, Jawa Timur.

26. Museum Fotografi

Museum Fotografi
Image Credit: Bosniatravel.net

Beralih ke destinasi wisata lain, di Kediri Anda juga bisa mengunjungi salah satu museum yang tergolong unik bernama Museum Fotografi. Disebut sebagai museum fotografi karena museum ini menghadirkan beragam foto-foto sejarah dan perkembangan Kota Kediri.

Anda juga dapat mengetahui berbagai tempat tempat bersejarah dan monumental di Kediri melalui museum ini. Bagi Anda yang tertarik untuk mengenal dan mempelajari sejarah Kota Kediri, maka berkunjung ke museum fotografi merupakan hal yang sangat wajib Anda lakukan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kapten Tendean No. 60/160, Ngronggo, Kec. Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

27. Museum Airlangga

Museum Airlangga
Image Credit: Wisatalengkap.com

Selain Museum Fotografi, Kediri juga memiliki satu museum lagi yang tidak boleh terlewatkan. Museum ini bernama Museum Airlangga. Airlangga sendiri merupakan salah satu tokoh kerajaan yang hidup pada masa Kerajaan Mataram Hindu.

Untuk memperkaya wawasan Anda mengenai seluk beluk kerajaan kuno di Indonesia, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke museum yang satu ini. Selain dapat menambah wawasan, Anda juga akan dibuat takjub dengan berbagai benda-benda peninggalan kerajaan yang masih terjaga hingga sekarang.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lingkar Maskumambang, Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

28. Menara Asmaul Husna

Menara Asmaul Husna
Image Credit: Siduta.com

Bagi Anda para traveler muslim yang berencana mengunjungi tempat wisata di Kediri bernuansa Islam. Maka Menara Asmaul Husna ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Disebut dengan Asmaul Husna karena menara ini memiliki tinggi 99 meter yang sesuai dengan Asmaul Husna yang berjumlah 99.

Bagi masyarakat Kediri, Menara Asmaul Husna ini sudah menjadi ikon khas masyarakat Kediri. Bagi Anda yang berencana melakukan kunjungan ke Kediri, maka destinasi wisata religi yang satu ini wajib untuk dimasukkan kedalam daftar list perjalanan Anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Letjend Sutoyo Gg. I No.22, Burengan, Kec. Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

29. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng
Image Credit: Ulinulin.com

Jika sedang berwisata ke Gunung Klotok, jangan lupa pula untuk mampir ke Goa Selomangleng. Destinasi wisata ini tergolong sangat unik karena penampakan batunya yang dari luar tampak miring.

Hal ini juga yang menjadikan masyarakat setempat menyebutnya dengan Selomangleng. Selong berarti batu dan Mangleng berarti miring. Bagi Anda yang penasaran dengan goa ini, Anda bisa berkunjung ke daerah wisata Gunung Klotok dan mampir ke tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Selomangleng, Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

30. Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare
Image Credit: Analisa.id

Merupakan tempat terkenal di Kediri yang hampir dikunjungi berbagai masyarakat dari seluruh daerah untuk belajar bahasa inggris. Kampung Pare terkenal sangat unik karena para warga lokal maupun penduduk luar kota yang tinggal disana selalu menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.

Bagi Anda yang ingin menguji kemampuan bahasa inggris Anda , maka berkunjung ke Kampung Inggris Pare ini adalah hal yang sangat tepat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kamboja No. 29, Tulungrejo, Kec. Pare, Kota Kediri, Jawa Timur.

31. Gereja Puhsarang

Gereja Puhsarang
Image Credit: Labuancermin.blogspot.com

Selain Gereja GKJW, Kediri juga memiliki Gereja bersejarah lain yang berada di daerah Puhsarang. Yang menjadikan Gereja ini menarik dan banyak dikunjungi para wisatawan adalah adanya Goa Maria yang dibangun didalam Gereja ini.

Uniknya Goa Maria ini sangat persis dengan Gua Maria yang berada di daerah Lourdes, Prancis. Hal ini menjadikan Gereja Puhsarang menjadi salah satu destinasi wisata religi yang sangat berkesan bagi umat kristiani.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukorame, Puhsarang, Kec. Semen, Kota Kediri, Jawa Timur.

32. Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang
Image Credit: Manusialembah.com

Satu lagi destinasi wisata gunung yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Kediri yaitu Gunung Makumambang. Destinasi wisata yang satu ini tergolong unik bagi daerah wisata gunung karena menghadirkan anak tangga yang memanjang di sekitar gunung. Para wisatawan biasa menggunakannya sebagai area tracking.

Selain itu ketika telah sampai di puncak gunungnya, maka Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan dan sulit Anda temui di lokasi lain.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

33. Kediri Eco Park

Kediri Eco Park
Image Credit: Kompasiana.com

Menghadirkan konsep wisata alam, menjadikan destinasi wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Selain berwisata dengan menikmati keindahan alam, disini Anda juga akan mempelajari berbagai ilmu bermanfaat seperti belajar melakukan budidaya jamur, penanaman hidroponik, hingga pembuatan kompos hijau.

Anda juga akan dimanjakan dengan hadirnya berbagai fasilitas outbound yang melengkapi destinasi wisata ini seperti kolam pemancingan ikan, kolam perahu kano, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda dapat pergi ke Jalan Perintis Kemerdekaan No 90, Desa Ngronggo Kediri.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kelapa, Ketami, Kec. Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Kediri yang dapat menjadi rekomendasi untuk Anda yang berencana menghabiskan liburan di Kota ini. Semoga dengan melakukan kunjungan ke tempat-tempat wisata tadi, Anda dapat memperoleh berbagai ilmu dan pengalaman yang berharga yang akan terkenang sepanjang hidup.