Harga Tiket: Rp 13.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Keindahan kota Jogja memang tidak hanya terlihat dari Budayanya saja, tetapi juga alamnya. Salah satu dari begitu banyak tempat wisata alam yang menarik di kota pelajar ini adalah Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul.

Destinasi wisata bertema alam ini sudah cukup familiar bagi para wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Bentangan alamnya yang cantik memang menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak menghabiskan waktu liburannya.

Rute yang perlu dilalui untuk menuju ke air terjun ini juga tidak terlalu sulit, terutama bagi mereka yang baru pertama kali. Berbagai macam kegiatan pun bisa dilakukan disni seperti menaiki perahu di sungai hingga sekadar menikmati air terjun bisa dilakukan di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Sri Gethuk

Daya Tarik Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Twitter.com @traveloka

1. Sungai Cantik dengan Airnya yang Sejuk

Setiap destinasi air terjun lainnya pastinya memiliki sungai yang menjadi sumber mata airnya. Demikian juga dengan Air Terjun Sri Gethuk dimana memiliki aliran sungai yang indah. Para pengunjung akan dibuat terpesona akan keindahan sungai yang ada di bagian bawah aliran air terjun tersebut.

Sebuah sungai akan nampak begitu pengunjung selesai melalui jalur track darat untuk menuju ke lokasi air terjun. Inilah yang selanjutnya akan dilewati pengunjung untuk sampai ke lokasi, yakni melewati jalur air.

Wisatawan harus menggunakan beberapa perahu kecil yang sudah disediakan oleh pihak pengelola untuk dapat sampai ke air terjun. Momen inilah yang banyak ditunggu-tunggu oleh wisatawan yang berlibur ke tempat wisata ini. Sungai ini nampak cukup lebar jika dibandingkan dengan kebanyakan sungai yang ada di daerah Jogja. Aliran air tersebut bernama sungai Oyo.

Sungai Oyo memang seringkali menarik perhatian, tidak kalah dengan keberadaan air terjunnya itu sendiri. Hal tersebut tidak membingungkan karena aliran airnya tidak terlalu deras sehingga dapat menenangkan hati dan pikiran saat singgah ke sana. Kejernihan airnya juga membuat para wisatawan dapat melihat langsung apa yang ada di bagian dasarnya meskipun samar-samar.

Namun, jika musim penghujan tiba para pengunjung harus berhati-hati. Hal itu lantaran debit air sungai tersebut semakin tinggi, bahkan membludak. Terlebih lagi, air yang mengalir pun juga berwarna coklat karena arus deras membuatnya mudah bercampur dengan sedimen tanah di bawahnya. Karena itulah, jika ingin datang ke sana lebih baik pada musim kemarau atau setidaknya tidak ketika hujan tiba.

2. Tebing Tinggi di Sekitar Sungainya

Keberadaan tebing-tebing yang menjulang cukup tinggi di pinggir sungai memang menjadi salah satu ikon tersendiri dari Air Terjun Sri Gethuk. Pasalnya, jarang ada tebing yang tinggi mengelilingi sungai apalagi jika terdapat air terjun di dalamnya. Dengan adanya tebing-tebing ini, juga menjadi wahana bermain tersendiri bagi mereka yang gemar memacu adrenalin.

Tak jarang ada pengunjung yang nampak naik ke atas tebing tersebut dan akhirnya melompat ke sungai. Walaupun ini terkadang bisa sangat membahayakan, namun sensasi yang dirasakanlah yang dicari-cari. Untuk itulah, pengelola juga telah mengatur titik mana saja yang diperbolehkan sebagai tempat untuk melakukan lompat ke air ini.

Beberapa vegetasi juga nampak menghiasi dinding-dinding alam sekitar lokasi. Bermacam-macam tumbuhan mulai dari semak belukar hingga pepohonan yang kokoh ada di berbagai sisi tebingnya. Hal itulah yang mencegah tempat ini dari longsor walaupun mungkin saja terjadi hujan yang sangat lebat.

3. Panorama Indah Menuju ke Lokasinya

Agar dapat sampai ke Air Terjun Sri Gethuk, maka pengunjung harus melalui medan yang sangat cantik dipenuhi dengan banyak pepohonan yang rindang. Inilah yang menjadikan tempat wisata ini begitu menarik untuk dikunjungi. Sebelum sampai ke lokasi, pesona tempat tersebut sudah bisa didapatkan oleh para pengunjung.

Banyak vegetasi alam yang hidup begitu subur di sekitar lokasi. Beberapa macam pepohonan yang menjulang tinggi semakin menambah kesejukan area wisata. Nampak pula rumput-rumput yang muncul dari permukaan tanah sekitar jalur tersebut.

Track alami menjadi sajian pertama tatkala berkunjung ke destinasi wisata ini. Keelokan alamnya yang asri selalu berhasil menghipnotis orang-orang untuk terkesima dengan kenampakannya. Kondisi alam yang rindang memang akan selalu berhasil dalam membuat nuansa menjadi lebih nyaman untuk ditempati.

Itulah sebabnya suasana di sana cukup sejuk, atau setidaknya teduh meskipun sinar matahari nampak begitu menyengat. Ketika matahari tepat berada di atas kepala, pepohonan yang ada menjadi kanopi yang melindungi pengunjung dari sengatan mataharii. Sajian alam ini memang selalu berhasil dalam membuat tempat wisata itu lebih menyenangkan lagi untuk disinggahi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Alamat Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ikhsan)

Jika ingin menikmati keindahan Air Terjun Sri Gethuk, maka para pengunjung harus melewati sejumlah rute untuk sampai di sana. Keberadaannya ada di daerah Gunung Kidul, tepatnya di Kecamatan Playen. Destinasi wisata ini tepatnya berada di desa Bleberan. Untuk mencapainya, pengunjung harus menuju arah Wonosari dari pusat kota Yogyakarta.

Ikuti saja arah tersebut hingga sampai di kawasan Pathuk, Gunung Kidul. Sesampainya di Pathuk, ikuti jalanan untuk sampai di pertigaan Gading, ambil arah kanan untuk tiba di kawasan Playen. Ikuti terus jalanannya dan sampai di Kecamatan Paliyan. Jika menemui sebuah pertigaan, maka akan dijumpai pula papan penunjuk jalan menuju destinasi ini dan ikuti jalan tersebut.

Pengunjung akan tiba di lokasi yang berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat keramaian Jogja. Lama perjalanan yang harus ditempuh oleh para wisatawan yakni sekitar 1.5 jam. Namun sesampainya di sana, semua penat dan tenaga yang dikeluarkan akan terbayarkan dengan keindahan alamnya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Harga Tiket Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Google Maps (Hafidz Muzakki)

Air Terjun cantik ini buka setiap hari, termasuk di hari-hari besar. Pengunjung bisa datang ketika hari Senin hingga Minggu, namun harga tiketnya akan berbeda. Ya, untuk mengakses segala sesuatu yang ada di sana memang diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya untuk tiket masuk. Biasanya, pengunjung akan dibebankan biaya sebesar Rp 13.000 setiap orangnya.

Jika ke sana membawa kendaraan sendiri, maka juga wajib untuk membayar tarif parkir. Untuk kendaraan roda dua cukup membayar Rp 3.000 saja, sedangkan untuk mobil membayar sebesar Rp 5.000. Karena rute yang harus dilalui agar sampai di lokasi perlu melewati sungai, maka juga wajib membayar biaya menaiki perahu. Wisatawan perlu membayar Rp 10.000 untuk perjalanan air ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Sri Gethuk

Kegiatan di Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Google Maps (Artine Indonesia)

1. Menikmati Kesegaran Air Terjun

Jika datang ke sana tentu saja wisatawan harus melakukan kegiatan yang satu ini. Sudah melalui perjalanan yang lelah dan menguras waktu, pastinya terasa kurang lengkap jika tidak benar-benar sampai di bawah airnya yang terjun dari atas ketinggian dan menikmatinya.

Ketinggiannya cukup rendah, hanya sekitar kurang lebih 25 meter dari titik tertingginya hingga sungainya. Itulah sebabnya tidak terlalu berbahaya untuk berada di bawah aliran airnya dan menikmati sensasi tersendiri dari Air Terjun Sri Gethuk tersebut.

Sensasi segar juga bisa dirasakan oleh para pengunjung, karena percikan air yang memantul dari permukaan tanah di bawahnya akan mengenai siapapun yang sedang berwisata di sana. Inilah momen yang cukup menyenangkan ketika berkunjung ke sana.

2. Lompat Air dari Tebing

Kegiatan ini bisa dilakukan ketika menyusuri sungai Oyo. Namun, hanya spot-spot tertentu saja yang dianjurkan oleh pihak pengelola untuk melakukan kegiatan ini. Meski demikian, kesegaran air sungai dan sensasi melompat dari tebing akan terasa begitu berkesan. Jadi, jika berkunjung kesini wajib untuk melakukan kegiatan ini.

3. Menikmati Aliran Sungai Oyo

Sungai yang ada di sekitar air terjun memang menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut lagi. Dengan bentuk alamnya yang cukup indah, membuat sungai tersebut cocok untuk dinikmati walau hanya menikmatinya dari atas perahu. Sebenarnya, ini juga menjadi bagian dari kunjungan ke destinasi tersebut.

Hal ini lantaran keberadaan Air Terjun Sri Gethuk memang cukup unik terutama jika dibandingkan dengan kebanyakan tempat wisata yang serupa. Itulah yang menyebabkan pengunjung perlu untuk menyusuri area sungai agar dapat sampai di titik lokasinya.

Kegiatan Dilakukan di Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Google Maps (Siti Zaenab)

4. Berfoto-foto

Mendatangi sebuah destinasi wisata memang wajib untuk mengabadikan seluruh momen yang tercipta di sana. Tak terkecuali tempat wisata yang satu ini. Berbagai titik yang ada di sana bisa menjadi latar belakang yang sangat apik, menghiasi gambar-gambar yang diciptakan untuk kenang-kenangan tersebut. Kenampakan air terjun, sungai, dan masih banyak lagi begitu cocok untuk dipotret.

5. Singgah Sejenak di Bawah Pepohonan yang Ada

Aktivitas yang dilakukan di tempat wisata tidak selalu harus seperti yang fenomenal dan juga berbeda dari kebanyakan. Hal-hal kecil seperti berteduh di bawah pepohonan yang tumbuh rindang juga dapat bernilai lebih bagi siapapun yang datang ke sana untuk sekadar rehat sejenak ataupun benar-benar lama dalam menghabiskan waktu.

Banyaknya vegetasi yang tumbuh menyediakan wadah tersendiri bagi mereka yang ingin menikmati lebih dekat alam sekitar. Seringkali hal tersebut yang nantinya akan membuat kunjungan menjadi lebih menyenangkan. Momen liburan pun akan semakin indah jika dihabiskan bersama dengan orang-orang terdekat.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Fasilitas di Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Instagram.com @kampoengbaron

Berbagai fasilitas dapat dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata ini. Mulai dari bilik-bilik toilet, hingga warung makan sudah disediakan oleh pengelola wisata ini. Area parkir yang tersedia juga cukup luas, bahkan bisa menampung beberapa unit bus, jika datang bersama dengan rombongan.

Pengelola Air Terjun Sri Gethuk juga membuat sebuah mushola agar pengunjung yang beragama Islam dapat melakukan ibadah sewaktu-waktu. Nampak pula beberapa penyewaan alat untuk membuat rekreasi semakin menyenangkan. Penyewaan ban serta pelampung dapat dijumpai dengan mudah di pinggir sungai. Ada pula penitipan barang untuk memastikan keamanan barang bawaan.

Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, Air Terjun Sri Gethuk dengan segala pesonanya mampu membuat orang yang berkunjung menjadi terpana akan keindahannya. Beragam hal bisa diperoleh dari kunjungan ke tempat wisata tersebut, sehingga liburan pun akan semakin menarik. Jika pergi ke provinsi tersebut, akan terasa kurang memang jika tidak berkunjung ke sana.