Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kab. Aceh Tengah, Aceh; Map: Cek Lokasi

Danau Laut Tawar merupakan destinasi yang terdapat di ujung utara pulau Sumatera tepatnya di provinsi Aceh. Objek wisata alam ini memberikan panorama indah guna memikat para pengunjung yang datang baik dari dalam maupun luar Aceh.

Masyarakat setempat lebih mengenal objek wisata ini dengan sebutan Lut Tawar yang merupakan kependekan dari Laut Tawar. Danau indah ini terbentuk karena peristiwa alami tekto vulkanik dimana terbentuk bersamaan dengan Sesar Semanko.

Selain sebagai tempat wisata, danau ini juga menjadi simbol kebanggaan masyarakat setempat karena ia juga berperan sebagai tempat sumber mata pencarian warga. Oleh karena itu, objek wisata ini sangat dijaga oleh warga setempat dengan merawat serta menambahkan fasilitas pada area danau supaya pengunjung berdatangan.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Laut Tawar

Daya Tarik Danau Laut Tawar
Image Credit: Google Maps (Sarjana Politik)

1. Suasana yang Sejuk dan Nyaman

Danau Laut Tawar menawarkan udara yang sejuk dan nyaman dimana tempat tersebut cocok dijadikan pilihan saat Anda dan keluarga berkumpul. Danau ini berada tempat yang strategis karena ia dikelilingi oleh pegunungan. Setidaknya danau ini berada di dataran tinggi 1500 m di atas permukaan laut.

Letaknya yang berada di ketinggian ini membuat beberapa pengunjung merasa nyaman karena suasananya nan sejuk. namun juga tidak sedikit diantara pengunjung yang merasa kedinginan terlebih mereka yang tidak tahan dengan hawa dingin. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membawa jaket atau berpakaian lumayan tebal supaya tidak masuk angin.

2. Kawasan Hijau

Lut Tawar ini berada di kawasan gunung yang sudah tidak aktif sehingga di sekelilingnya ditumbuhi oleh pohon-pohon hijau. Panorama hijau yang adem ini sangat kontras dengan danau jernih di pemukiman penduduk. Bahkan jika diabadikan, tempat ini tampak layaknya lukisan tangan seorang seniman profesional.

3. Danau dengan Goa yang Unik

Selain menawarkan keindahan alam baik dari danau maupun pegunungan hijau, danau ini juga memiliki sebuah goa yang patut dikunjungi. Keberadaan goa ini menjadi daya tarik serta keunikan tersendiri yang dimiliki oleh Lut Tawar.

Daya Tarik Dimiliki Danau Laut Tawar
Image Credit: Facebook.com @wegoindonesia

4. Banyak Spesies yang Hidup di Bawah Danau

Daya tarik yang dimiliki oleh Danau Laut Tawar yaitu mempunyai beragam variasi spesies baik di daratan maupun perairan. Setidaknya terdapat 37 berbagai jenis ikan dan plankton yang hidup di danau. Sementara itu, fauna yang hidup juga tidak kalah bervariasi beberapa diantaranya 49 macam serangga dan hewan dilindungi seperti orang utan, trenggiling dan lain sebagainya.

5. Danau Luas dan Bersih

Dinamakan laut tawar karena danau ini memiliki luas layaknya lautan serta air yang tidak memiliki rasa alias tawar. Adapun kawasan danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar serta panjang sekitar 17 km. saking luasnya danau inilah yang membuatnya memiliki pemandangan seperti pantai. Sementara itu, beberapa titik memiliki kedalaman yang berbeda namun airnya tetap jernih.

6. Memiliki Banyak Misteri

Tidak jauh berbeda dengan destinasi alam lainnya, danau Laut Tawar ini juga diselimuti mitos yang beredar di masyarakat. Konon di dalam danau tersebut terdapat seekor putri duyung yang dan makhluk yang mirip dengan drakula. Kehadiran makhluk ini dipercaya sebagai penunggu danau yang mengincar darah segar.

Meskipun hanya mitos banyak warga yang percaya sehingga mereka membuat aturan-aturan tertentu. Namun di balik mitos tersebut, danau indah tidak kehilangan pesonanya karena ia memiliki beragam kejutan yang ditawarkan untuk pengunjung.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Danau Laut Tawar

Alamat Danau Laut Tawar
Image Credit: Google Maps (Azzam Fadhil)

Danau Laut Tawar merupakan kawasan wisata alam yang terletak di Aceh, tepatnya jalan Raya Takengon, Bintang, Kecamatan Blangkejeren, kabupaten Aceh Tengah di sebuah Dataran Tinggi Gayo. Danau ini berada di pemukiman penduduk suku Gayo yang sebagian besar berprofesi sebagai petani dan nelayan.

Sebenarnya, objek wisata berada di wilayah yang strategis karena di sebelah barat danau merupakan ibukota kabupaten Aceh Tengah yaitu kota Takengon. Rute menuju lokasi wisata bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota Takengon sekitar 10 menit saja. Sementara itu, dari kota Lhokseumawe ke kota Takengon bisa ditempuh sekitar 3 jam dengan jarak sekitar 119 km.

Di sepanjang perjalanan pengunjung bisa mengikuti papan petunjuk menuju danau sehingga tidak perlu khawatir tersesat. Setelah sampai, pengunjung bisa menuju area parkir dan akan disambut dengan jajaran speed boat di kawasan danau.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati panorama keindahan Danau Laut Tawar tidak perlu merogoh kocek yang dalam karena harganya sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 5.000 per orang. Selain membayar tiket masuk, bagi pengunjung yang membawa kendaraan bermotor baik rod dua maupun empat harus membayar biaya parkir yaitu sekitar Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat.

Selain harga yang terjangkau pengunjung juga bisa datang saja ke tempat ini kapan saja karena terbuka 24 jam untuk umum. Meskipun begitu waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam danau dan sekitarnya adalah pagi hari saat matahari terbit dan cuaca cerah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Laut Tawar

Kegiatan Dilakukan di Danau Laut Tawar
Image Credit: Google Maps (Alasroban)

1. Naik Speed Boat

Saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan wisata Lut Tawar pengunjung akan disambut dengan speed boat untuk berkeliling danau. Speed boat berkapasitas enam orang ini disediakan untuk memanjakan pengunjung yang ingin menikmati danau langsung dari kapal. Bagi pengunjung yang berminat naik speed boat akan dikenakan tarif sekitar 20.000 per orang.

2. Mencoba Kopi Khas Aceh

Datang ke Aceh tentu kurang lengkap jika tidak mencicipi kopi khasnya yang mendunia yaitu Kopi Gayo. Kegiatan menarik ini sebaiknya jangan sampai dilewatkan karena menikmati secangkir kopi etnik nan legendaris langsung dari tempat asalnya merupakan pengalaman yang menarik. Belum lagi ditemani dengan pemandangan alam sekitar danau yang hijau dan asri.

Selain menikmati langsung secangkir kopi, pengunjung juga bisa ikut petani kopi yang tengah memetik kopi dan memprosesnya hingga menjadi bubuk kopi. Namun kesempatan ini hanya bisa dilakukan jika musim panen tiba, jadi tidak semua pengunjung bisa melakukannya.

3. Camping

Letak danau yang berada di dataran tinggi menjadi tempat favorit para pecinta alam mendaki. Maka tidak heran di sekitar danau banyak pengunjung yang mendirikan tenda untuk bermalam. Dengan camping ini pengunjung mempunyai kesempatan menikmati keindahan alam sekitar danau lebih lama bahkan hingga mereka puas.

4. Memancing

Di Danau Laut Tawar ini pengunjung bisa memancing bersama keluarga untuk santapan siang. Spesies ikan yang beragam di danau ini memang layak dikonsumsi sehingga pengunjung jadikan sebagai lauk untuk dimakan dengan keluarga.

Kegiatan di Danau Laut Tawar
Image Credit: Google Maps (Amry Channel)

5. Berenang

Berenang menjadi kegiatan yang tidak bisa dilewatkan. Air yang jernih dan segar menjadi godaan tersendiri apalagi jika datang saat cuaca panas. Mengingat danau ini cukup dalam sebaiknya berenang di tepian atau tidak terlalu menengah. Dan yang paling penting, jangan lupa membawa baju ganti saat memutuskan untuk berenang di danau ini.

6. Berkeliling Area Danau

Selain menggunakan perahu, pengunjung juga bisa berkeliling di area sekitar danau dengan berjalan santai. Kegiatan ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mencari ketenangan dan lebih suka kegiatan ringan.

7. Hunting Foto

Panorama menawan yang dimiliki Lut Tawar ini menjadikannya sebagai spot foto yang menarik. Pemandangan indah mulai dari bukit, danau hingga perkampungan seakan menjadi daya tarik yang enggan dilewatkan. Apalagi, wisata alam ini belum terlalu banyak diketahui masyarakat sehingga setiap foto yang diambil adalah hasil yang sangat berharga.

8. Bersantai di Gazebo

Lelah hunting foto, pengunjung bisa beristirahat di gazebo yang terdapat di kawasan danau. Selain untuk istirahat, gazebo tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan tas atau tempat berkumpul dan makan bersama keluarga. Suasana nyaman di sekitar danau sambil ditemani pemandangan alam nan indah akan menjadi hari yang sempurna.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Laut Tawar Aceh Tengah

Fasilitas di Danau Laut Tawar
Image Credit: Google Maps (Rezka Kenara Bp)

Berada di dataran tinggi bukan berarti tidak dilengkapi sarana dan prasarana, justru sebaliknya. Danau Laut Tawar ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai meskipun tidak sepenuhnya lengkap. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya toilet, mushola dan area parkir kendaraan yang cukup luas.

Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal dan ingin mengisi perut tidak perlu khawatir karena di tempat ini sudah banyak warung yang menjual aneka hidangan rumahan khas Aceh. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin bermalam di sekitar danau bisa menyewa penginapan terdekat yang letaknya tidak jauh dari danau. Fasilitas yang cukup komplit ini membuat pengunjung betah berlama-lama di objek wisata indah satu ini.

Itulah informasi seputar Danau Laut Tawar atau Lut Tawar yang terletak di kabupaten Aceh Tengah. Danau yang menjadi kebanggaan suku Gayo ini tidak hanya sebagai objek wisata yang diciptakan Tuhan namun juga berperan sebagai objek mata pencarian warga setempat.