Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Korom, Aitinyo, Kab. Maybrat, Papua Barat; Map: Cek Lokasi

Daerah Papua memang memiliki banyak destinasi yang masih begitu alami dan asri. Bahkan siapa sangka jika surga tersembunyi bisa anda temukan di balik rimbunnya hutan lebat di Papua Barat. Permata wisata tersebut berupa sebuah danau yang dikenal dengan nama Danau Uter di Kabupaten Maybrat. Apa yang menarik dari danau yang menawan ini ? Yuk simak ulasan berikut.

Mengenal Danau Cantik di Maybrat

Danau Cantik di Maybrat
Image Credit: Google Maps Andi Bxd

Danau Uter merupakan sebuah danau yang berada di tengah hutan belantara Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Hutan hutan yang mengelilingi danau membuat airnya tetap terjaga bersih dan jernih, terlebih area ini belum terkena polusi sampah maupun tanah. Bahkan banyak yang menyebut bahwa danau satu ini merupakan danau terjernih di dalam negeri.

Di balik keindahannya, danau ini juga menyimpan cerita rakyat yang diwariskan dari generasi ke generasi mengenai asal usulnya. Jadi dikisahkan bahwa pada zaman dahulu kala terdapat seorang pemuda yang tengah berburu di wilayah danau tersebut. Pemuda ini berburu menggunakan tombak dan parang bersama seekor anjingnya.

Sebelum sang pemburu sampai di mata air danau, pemburu ini telah berhasil mendapatkan seekor babi hutan. Ketika pemuda tersebut berjalan sembari memikul babi hasil buruannya, ia mendengar suara anjingnya yang terus mengonggong. Pemuda ini kemudian menghampiri anjingnya yang tengah berusaha menggali tanah di bawah bandar kayu.

Karena penasaran, sang pemuda kemudian menaruh tombak dan menggantung babi hasil buruan, kemudian ikut menggali bersama anjingnya. Di saat menggali akar akar kayu, sang pemuda mendapati siput, pasir, serta batu batu kecil di sana. Selain itu, ia merasakan bahwa tanahnya mulai basah.

Ketika pemuda tersebut terus menggali, keluarlah seekor tikus dari dalam bandar kayu dan membuat si anjing dengan spontan mengejarnya. Setelah itu, secara tiba tiba keluar air dari arah tempat galian sang pemuda bersama anjingnya. Dengan ketakutan, pemuda tersebut kemudian ikut berlari searah dengan tikus dan anjingnya.

Air yang keluar dari hasil galian pun terus mengalir mengikuti jejak dari tikus, anjing, dan pemuda tersebut. Namun karena air mengalir seperti air bah, tidak lama si pemuda dan anjingnya tergulung air. Tinggal seekor tikus yang kemudian terus berlari hingga masuk ke lubang batu yang jaraknya lebih dari 8 kilometer. Di sanalah kemudian menjadi batas danau menawan di Maybrat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Uter

Daya Tarik Danau Uter
Image Credit: Google Maps Andreas Bimar Setiari

1. Danau Terbersih di Indonesia

Berada di tempat yang tersembunyi dan dikelilingi oleh hutan dengan pohon pohon lebat, Danau Uter memang mempunyai air yang begitu jernih dan suasana sekitarnya juga sangat asri. Danau ini belum terkena polusi sehingga disebut sebut sebagai salah satu danau terbersih yang ada di Indonesia.

Saking jernihnya danau tersebut, anda dapat melihat tembus ke dasar danau dan menyaksikan berbagai spesies ikan berenang di dalamnya. Semakin cantik, warna air danau yang bening memiliki gradasi warna biru muda. Membuat siapapun yang melihatnya akan terpesona dan terkagum kagum.

2. Belum Ramai Dikunjungi

Mengingat bahwa letak Danau Uter yang berada di tengah hutan belantara, maka tempat wisata satu ini tergolong masih sepi didatangi oleh para wisatawan. Namun hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler. Khususnya bagi mereka yang ingin berlibur sembari mencari ketenangan.

Tidak ada kerumunan, tidak ada keributan, dan juga tidak ada antrean panjang. Anda hanya akan menemukan ketenangan yang mempesona di tengah keindahan alam ciptaan Tuhan. Ditemani dengan udara yang sejuk dan segar, berkat banyaknya pepohonan lebat yang mengelilingi area danau.

3. Tebing Batuan Kapur yang Seolah Melayang

Danau berbentuk cekung yang berisikan air tawar di kawasan distrik Aitinyo, Kabupaten Maybrat tersebut tidak hanya dikelilingi oleh hutan belantara. Namun danau ini juga menampilkan tebing tebing tinggi yang berasal dari batuan kapur di sekitarnya. Yang mana banyaknya batuan kapur ini terlihat seperti gugusan pulau yang tersebar.

Meskipun untuk tebing tebingnya terkesan gersang lantaran hanya beberapa rumput kering saja yang tumbuh di sudut tebing, namun pemandangan itu justru membuatnya menjadi semakin unik. Pasalnya warna tebing yang didominasi oleh cokelat muda hingga tua ini sangat kontras dengan warna air danau yang bening dengan gradasi biru atau hijau.

Perpaduan tersebut membuat tampilan yang sangat eksotis dan begitu memanjakan mata. Beberapa wisatawan yang pernah berkunjung dan melihat secara langsung pemandangan tersebut bahkan mengatakan bahwa tebing di sana terlihat seolah melayang. Sehingga makin menyempurnakan tampilan keindahan dari danau cantik ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Danau Uter Maybrat
Image Credit: Google Maps Joko sulistyo

Danau Uter berada di balik lebatnya hutan Papua yang masih rimbun. Lebih tepatnya alamatnya berada di Kampung Korem, Distrik Aitinyo, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Dari Kota Sorong berjarak kurang lebih 200 kilometer, dan dari Bandara Kambuaya sejauh sekitar 30 kilometer.

Jika sudah sampai di Bandara Kambuaya, anda hanya membutuhkan waktu kira kira 1 jam perjalanan untuk berkendara menuju lokasi. Untuk mencapai danaunya sendiri, anda perlu melewati rangkaian hutan sekunder serta perkebunan milik penduduk terlebih dahulu. Menuju tepi danau, sudah ada jalan bersemen yang dibuat untuk mengakses tempat pemandian bagi para pengunjung.

Setelah danau ini mulai dikenal beberapa wisatawan dari luar wilayah Papua, akhirnya objek wisata ini mulai dikenakan pungutan karcis untuk membantu perekonomian rakyat. Harga tiket masuknya diberlakukan dalam 3 jenis, yaitu sekitar Rp. 15.000 untuk kendaraan roda 4, Rp. 5.000 untuk kendaraan roda 2, dan Rp. 3.000 saja untuk yang tidak membawa kendaraan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Danau Uter

Aktivitas Menarik di Danau Uter
Image Credit: Google Maps Andreas Bimar Setiari

1. Trekking Menyusuri Danau

Trekking atau jelajah alam menjadi salah satu kegiatan menarik yang wajib untuk anda coba ketika berada di kawasan Danau Uter, mengingat bahwa bagaimana asrinya daerah tersebut. Di sekitar danau sendiri sudah ada jalan setapak yang bisa anda lalui untuk menikmati keindahan alam yang ada.

2. Berenang Merasakan Kesegaran Danau

Danau ini mempunyai tingkat kedalaman yang bervariasi, ada yang cukup dangkal di bagian dekat tepian dan ada juga yang mencapai lebih dari 5 meter. Warga lokal sendiri cukup banyak yang berenang di kawasan danau tersebut. Sehingga anda pun bisa mencoba kesegaran danau yang jernih ini asalkan tetap selalu berhati hati.

Aktivitas di Danau Uter
Image Credit: Instagram Nilam

3. Naik Perahu Mengitari Danau

Warga sekitar biasanya ada yang menyiapkan perahu di tepi danau untuk disewakan bagi para pengunjung. Jadi, anda bisa menikmati keindahan Danau Uter Maybrat dengan lebih dekat tanpa harus basah basahan. Perahu yang digunakan masih bertenaga manual dan dioperasikan oleh warga sendiri, sehingga menambah syahdu suasana selama menyusuri danau.

Fasilitas di Danau Uter memang masih kalah bila dibandingkan dengan berbagai tempat wisata hits lainnya. Namun soal keindahan dan panorama alam yang mampu dihadirkan, destinasi satu ini bisa dibilang sebagai juaranya. Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai danau terbersih di Indonesia, lantaran kejernihan dan keasrian kawasan tersebut yang masih belum terkena polusi.