Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Distrik Sunsweni, Kec. Manokwari Barat, Kab. Manokwari, Papua Barat; Map: Cek Lokasi

Pesona keindahan Papua memang tak bisa diragukan lagi, apalagi pada keindahan pantainya. Salah satu wisata yang bisa menjadi referensi liburan seru yaitu Pantai Bakaro di Manokwari. Ketika sampai di lokasi yang satu ini, dijamin anda akan terpesona dan terpukau dengan keindahan pantai tersebut. Sederet keindahan tersajikan di kawasan pantai yang satu ini.

Wisatawan akan disuguhi dengan bentang alam dari pantai favorit di Manokwari. Daya tarik pantai ini sangat diminati oleh wisatawan domestik serta mancanegara karena pesonanya. Pantai ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang asyik untuk dimasukkan ke dalam list liburan seru anda. Berikut informasi selengkapnya yang bisa anda ketahui!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bakaro

Daya Tarik Pantai Bakaro
Image Credit: Google Maps Joya Lengkong

1. Pantai yang Memiliki Keindahan Menawan

Tak bisa dipungkiri, ada banyak pantai indah di Manokwari yang selalu menjadi destinasi bagi para wisatawan. Salah satu yang bisa anda kunjungi yaitu Pantai Bakaro. Pesona alam yang memukau dimilikinya memang tidak akan membuat anda mengelak dengan sanjungan tersebut. Apalagi pantai cantik yang satu ini berada jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan.

Bahkan, keindahan dari pantai bisa langsung dilihat ketika pertama kali menginjakkan kaki. Wisata bahari di Manokwari ini memiliki pasir putih yang begitu halus dan lembut. Hal ini memberikan perpaduan yang pas dan begitu jernih. Berkat suara deburan ombak dan angin pantai yang sepoi sepoi, dijamin akan membuat anda betah untuk berlama lama dalam menikmati keindahan tersebut.

2. Memiliki Ombak yang Bersahabat

Selain memiliki pantai yang cantik, ombak yang ada di Pantai Bakaro ini bisa dikatakan cenderung tenang. Membuat pantai satu ini menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Pengunjung bisa dengan mudah untuk bermain main di pinggir pantai tanpa khawatir terbawa ombak besar. Meskipun begitu anda juga perlu berhati hati agar nyaman berlibur.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Bakaro
Image Credit: Google Maps taufik sae

3. Suasana yang Asri dan Rindang

Hadirnya pepohonan di pinggir pantai memang menjadi pesona tersendiri yang dapat dinikmati bagi para pengunjung. Pantai cantik di Manokwari ini memiliki deretan pepohonan rindang yang tumbuh subur di area tepi pantai. Membuat suasana di kawasan pantai yang dicap panas menjadi lebih sejuk dan asri. Tak heran jika para pengunjung bisa beristirahat santai di sini.

4. Pantai dengan Suasana Tenang

Lokasi pantai yang satu ini memang jauh dari hiruk pikuk dan suasana kesibukan perkotaan, sehingga pantai satu ini masih sepi. Pantai Bakaro juga termasuk pantai indah yang menawarkan banyak pesona luar biasa. Karena masih terbilang sepi, pengunjung akan disuguhkan dengan pantai yang bersih dan terjaga.

Mengingat lokasinya yang cukup jauh, untuk menjangkau pantai ini anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi saja. Dibutuhkan perjalanan yang tak panjang dan sebentar saja. Namun dengan perjalanan yang lumayan cukup menguras tenaga tersebut, tentunya akan terbayarkan dengan keindahan alam yang memukau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Bakaro
Image Credit: Google Maps Indrianti Pratiwi

Pantai Bakaro ini sama seperti pantai kebanyakan di Papua yang memiliki pasir berwarna putih. Jika ingin menikmati keindahan tersebut, anda tinggal menuju pantai pasir putih saja yang terletak 3 km setelah pantai pasir putih Manokwari. Perlu diketahui, destinasi yang satu ini cukup populer, sehingga akan sangat ramai sekali pada saat hari libur atau weekend.

Untuk menjangkaunya anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat pribadi. Namun akan lebih cepat lagi bila menggunakan sepeda motor, sebab anda bisa dengan mudah dalam menembus kemacetan dan melewati jalanan kecil. Bisa dikatakan, rute yang ditempuh menuju ke pantai ini tak terlalu sulit, sehingga anda tidak akan menjumpai medan yang terjal.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Bakaro
Image Credit: Google Maps Rini Naffie

Untuk masuk ke pantai cantik ini, maka tidak perlu khawatir kehabisan uang. Karena pengunjung hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp 20.000 saja untuk merasakan kedamaian dan panorama alamnya.

Harga yang ditawarkan memang sangat terjangkau mengingat Papua menjadi surga yang memanjakan mata dan jiwa para petualang hanya dengan biaya tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Bakaro

Aktivitas Menarik di Pantai Bakaro
Image Credit: Google Maps kaki panjang

1. Menikmati Sunset di Pantai Manokwari

Salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan para wisatawan ketika mengunjungi pantai ini yaitu melihat sunset atau matahari tenggelam. Cukup dengan menghadap ke arah yang tepat, tentunya anda sudah bisa mendapatkan view menawan pada pemandangan matahari tenggelam. Keindahan pantai ini bisa terlihat sangat jelas apabila senja menyongsong.

2. Berenang dan Bermain Air

Mengingat Pantai ini memiliki air yang cukup tenang, maka anda bisa dengan leluasa untuk berenangan di tepian pantai. Bahkan anda juga bisa melakukan kegiatan berenang dengan seru karena ombaknya yang begitu bersahabat. Namun, anda juga harus tetap waspada ketika berenang di pantai ini agar menghindari hal hal yang tak diinginkan.

3. Mengunjungi Desa Bakaro

Perlu diketahui, pantai ini merupakan bagian dari sebuah desa yang bernama Bakaro. Apabila ingin mendapatkan suasana yang baru, maka anda bisa berjalan menyusuri pedesaan yang asri dan juga sejuk. Tak heran jika para warga juga mencicipi berbagai macam kuliner lezat yang ada di sana. Warga desa akan dengan sangat terbuka menyambut kehadiran anda di desa ini.

Aktivitas di Pantai Bakaro
Image Credit: Instagram Rizky Ginanjar

4. Memancing di Kawasan Pantai Manokwari

Bagi anda yang memiliki hobi memancing, maka bisa melakukan aktivitas seru ini jika berada di Pantai Bakaro. Kegaitan emamncing bis adilakuamdne dengan mudah bagai para penginking. Anda juga bisa menyewa alat pancing dan umpannya untuk menyalurkan hobi yang satu ini. Sambil menikmati suasana, anda bisa dengan mudah mendapatkan tangkapan ikan.

5. Menikmati Keindahan dari Pantai Pasir Putih

Pantai yang ada di Manokwari memang terkenal dengan pasir putihnya yang begitu lembut. Jadi, jangan sampai lewatkan untuk menikmati keindahan dari pantai pasir putih yang menawan. Pasalnya, pasir yang ada di kawasan pantai ini begitu sayang jika tidak dijadikan sarana untuk bermain dan lain sebagainya.

6. Stay di Penginapan

Jika ingin berlama lama di kawasan pantai yang satu ini, maka solusinya adalah dengan menyewa pondok. Pihak pengelola sudah melengkapinya dengan pondok untuk menunjang para wisatawan yang ingin menikmati Pantai Bakaro lebih intens. Plus, pondok ini sudah dilengkapi dengan fasilitas dan juga perlengkapan yang mumpuni.

7. Berwisata Kuliner

Kalau anda ingin mengisi perut, terdapat aneka macam kuliner menarik yang tersedia di kawasan pantai yang satu ini. Anda bisa dengan leluasa untuk merasakan masakan semuanya, terdapat kulineran ikan bakar yang langsung diambil dari pantai serta makanan khas papua lainnya. Tak ketinggalan, anda juga dapat menikmati kelezatan papeda di warung setempat.

Seperti yang sudah diketahui keindahan dari Pantai Bakaro Manokwari memang tak tertandingkan. Hamparan pasir putih lengkap dengan airnya yang biru menjadi keindahan yang tiada tara. Dengan suasana yang nyaman dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, dijamin liburan anda bisa sangat berkesan. Sangat cocok bagi anda yang sedang mencari tempat untuk melepas penat.