Indahnya Grojogan Sewu, Air Terjun Eksotis di Kulon Progo Jogja

Grojogan Sewu Kulon Progo

Grojogan Sewu salah satu wisata air terjun yang menawan di Kulon Progo, Jogja yang menarik dijelajahi. Wisata air yang berada di perbukitan Menoreh menyajikan panorama alam yang memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Beteng, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta, salah satu provinsi yang masih mempertahankan adat istiadat serta terkenal dengan kepemimpinan keratin. Siapa sangka daerah yang satu ini juga menjadi tempat bermukimnya berbagai destinasi wisata yang patut ditilik lebih jauh. Tidak hanya terkenal akan pegunungan, serta pantai yang memukau. Grojogan Sewu  di Kulon Progo pun menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi.

Air terjun ini menjadi tempat menarik untuk menghabiskan liburan Anda. Pasalnya disinilah Anda bisa mendapatkan gambaran dari surga tersembunyi di Yogyakarta. Tempat wisata yang baru dibuka pada tahun 2014 ini nyatanya memiliki daya tarik yang tidak bisa terelakkan. Kini kepopulerannya bahkan tersebar hingga luar kota.

Berbagai daya tarik yang dimiliki oleh Grojogan Sewu Kulon Progo memang beragam. Tidak heran jika banyak yang akhirnya ingin bertandang kesini saat liburan tiba. Apalagi dengan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan. Tentunya akan sangat seru untuk menjadi tempat liburan keluarga. Sebelum berkunjung ke air terjun eksotis ini, ada beberapa fakta menarik yang wajib Anda ketahui.

Daya Tarik yang Dimiliki Grojogan Sewu

Daya Tarik Grojogan Sewu

Image Credit: Google Maps (Mustafa Al Azmi)

1. Dilengkapi Taman Cantik

Saat memasuki wana wisata Grojogan Sewu, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan taman cantik di area pintu masuknya. Taman ini sengaja dirawat agar kawasan wisata semakin cantik. Taman tersebut juga dilengkapi dengan aneka bunga yang berwarna-warni. Ada berbagai tanaman yang bisa Anda temukan.

Bahkan untuk memberi kenyamanan pada pengunjung yang datang, lokasi taman dilengkapi dengan gazebo untuk tempat istirahat sementara. Sehingga pengunjung juga bisa sambil duduk santai menikmati pemandangan indah di sekitar lokasi.

2. Ketinggian Air Terjun yang Memukau

Daya tarik utama dari wisata alam ini adalah air terjunnya yang memukau. Di sini Anda akan melihat tebing tinggi dengan aliran air yang cukup deras. Selain itu di sekitarnya juga dipenuhi dengan pepohonan rindang serta tumbuhan paku.

Jadi suasana sejuk pun begitu terasa di wisata alam ini. Anda akan merasakan bagaimana rasanya bersatu dengan alam dan beberapa penghuninya. Burung, hewan-hewan kecil yang bahkan tak sungkan menampakkan diri kepada pengunjung.

Tebing yang terkena aliran air terus menerus membuatnya menjadi seperti cekungan. Sehingga posisi air terjun seakan diapit oleh dua tebing tinggi sekaligus.

BACA:  26 Wisata Kuliner di Jogja yang Enak & Wajib Anda Coba

Apalagi saat Anda berkunjung sekitar pagi dan sore hari, sungguh hanya kesejukan yang akan terasa. Suara air yang jatuh ditambah dengan kicauan burung seakan menjadi harmoni yang begitu syahdu.

Daya Tarik dari Grojogan Sewu

Image Credit: Google Maps (Nur Azizah)

3. Tersemat Legenda Pewayangan Mahabarata

Perlu Anda ketahui dibalik keindahan serta pesona alam yang dimiliki oleh Grojogan Sewu Kulon Progo. Nyatanya tempat ini juga tersemat sebuah legenda pewayangan mahabarata yang tersebar dari mulut ke mulut.

Diceritakan, bahwa bertahun-tahun yang lalu objek wisata ini pernah menjadi tempat bertapa oleh seorang bernama Prabu Baladewa. Ia adalah kakak dari Prabu Kresna. Saat itu Prabu Kresna menyuruh kakaknya untuk bertapa di air terjun tersebut. Langkah itu diambil semata-mata untuk mencegah Prabu baladewa mengikuti perang besar Baratayuda.

Prabu Kresna mengambil tempat Grojogan Sewu sebab debit airnya yang deras. Dengan air terjun setinggi 15 meter menurutnya dapat meredam suara dari adu senjata tersebut.

Akhirnya Prabu Baladewa pun menuruti keinginan sang adik dengan bertapa di lokasi air terjun tersebut. Karena serius untuk melakukan pertapaan, Prabu Baladewa pun tidak menyadari jika perang Baratayuda telah dilaksanakan.

4. Air yang Jernih dan Segar

Lokasinya yang berada di daerah jauh dari kendaraan bermotor. Membuat udara di sekitar air terjun begitu sejuk. Selain itu, air yang bersumber dari pegunungan juga begitu jernih. Sehingga nampak bebatuan alami yang berada di dasar airnya. Airnya yang segar ditambah dengan panorama khas dataran tinggi akan membuat Anda terpesona.

Di sinilah tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan liburan. Bahkan semakin waktu sore menjelang, juga semakin banyak pengunjung datang. Grojogan Sewu menjadi tempat yang begitu eksotis di Kulon Progo. Airnya yang berwarna kebiruan seolah memberi magis tersendiri kepada wisatawan yang datang.

Apalagi saat hari masih begitu pagi. Tempat ini sering dipenuhi oleh pengunjung yang menantikan cahaya senja menyinari tebing air terjun.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Grojogan Sewu

Alamat Grojogan Sewu

Image Credit: Google Maps (Adi Nurtantyo)

Untuk yang memiliki keinginan bertandang ke tempat wisata eksotis nan indah satu ini, bisa langsung ke alamat terkait. Grojogan Sewu terletak di daerah Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Agar bisa sampai di lokasi yang tepat, ada beberapa rute yang bisa dipilih. Anda pun bebas menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Tempat wisata ini mudah dicari, karena lokasinya yang dekat dengan tempat wisata lainnya. Apalagi jika Anda mengambil jalur dari Tugu Jogja. Lajukan kendaraan hingga menuju Jalan Godean dengan mengambil jalur barat.

BACA:  21 Tempat Kuliner Malam di Jogja yang Enak & Murah

Setelah itu, Anda akan sampai di perempatan Ring Road Demak Ijo. Ikuti jalan hingga tiba di daerah perempatan Pasar Kenteng. Saat berada di sini maka secara langsung Anda bisa melihat pemandangan dari Gunung Menoreh.

Dari sini, Anda harus melalui medan yang cukup sulit. Jalan berkelok disertai dengan tanjakan dengan tingkat kecuraman sedang, siap menemani perjalanan Anda. Meski begitu sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan kenampakan alam yang begitu indah.

Lajukan kendaraan Anda hingga menemukan pertigaan, ambil jalur kanan dan Anda akan menemukan papan nama atau petunjuk jalan yang bertuliskan Grojogan Sewu. Dengan melewati medan yang ada, Anda akan sampai di lokasi air terjun eksotis ini.

Perjalanan berliku yang penuh tanjakan tersebut akan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Ketika sampai di lokasi parkirkan kendaraan Anda di tempat yang sudah disediakan.

Setelah itu pengunjung harus berjalan kaki sekitar 15 menit dengan melewati hutan. Sudah tersedia jalan setapak untuk jalan menuju tempat wisata ini. Jadi Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang sudah disediakan oleh pengelola.

Harga Tiket Masuk Grojogan Sewu Kulon Progo

Harga Tiket Grojogan Sewu

Image Credit: Google Maps (Nugraha Kusuma)

Seperti tempat wisata pada umumnya, untuk mengembangkan tempat wisata menjadi lebih baik. Pengunjung juga dikenakan tarif tertentu agar bisa eksplore segala bentuk keindahan alam di tempat ini. Namun Anda tidak perlu resah.

Pasalnya pengelola Grojogan Sewu Kulon Progo masih mematok harga bersahabat untuk tiap wisatawan yang datang. Hanya dengan bermodalkan Rp 6000 Anda sudah bisa menikmati air yang segar serta udara sejuk khas pegunungan.

Sedangkan untuk biaya parkirnya sendiri dibanderol sekitar Rp 2000 untuk kendaraan bermotor. Sedangkan mobil dipatok harga lebih tinggi yaitu Rp 4000.

Setiap hal yang tersaji di tempat ini akan sangat berkesan. Bagaimana tidak, berlibur di salah satu kenampakan alam ciptaan Tuhan memang tidak pernah mengecewakan. Harga yang tercantum di atas boleh jadi berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan pengelola.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Grojogan Sewu

Aktivitas di Grojogan Sewu

Image Credit: Twitter.com @nana_sanchez9

1. Berenang & Bermain Air

Aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Grojogan Sewu adalah menikmati kesegaran air khas pegunungan yang disajikan oleh alam. Ini tentu akan menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus mengesankan untuk liburan Anda.

Apalagi dengan airnya yang berwarna agak kebiruan juga begitu jernih. Anda pasti betah berendam di air alami yang bersumber dari pegunungan ini.

Apalagi alam Jogja juga terkenal akan perkebunan serta udara sejuk. Pengunjung juga dapat berdiri dengan kokoh di bawah guyuran air terjun. Grojogan Sewu Jogja memang tidak pernah mengecewakan.

BACA:  Museum Ullen Sentalu Sleman, Destinasi Terbaik Bagi Pecinta Sejarah & Budaya Jawa

Meski begitu pastikan Anda memiliki kemampuan untuk berenang ya. Pasalnya kolam air di sini juga cukup dalam. Apalagi untuk yang membawa anak-anak pastikan untuk terus mengawasi gerakan mereka.

2. Bersantai Sembari Menikmati Keindahan Alam

Bagi yang tidak bisa berenang bukan berarti tidak ada aktivitas lain yang bisa dilakukan. Anda perlu tahu bahwa tempat ini menyimpan keindahan alam yang enak untuk dipandang. Duduk bersantai menikmati panorama alam yang ada akan membuat Anda terpukau. Lokasi grojogan yang berada di belantara hutan membuatnya nampak asri dan sejuk.

Tidak jarang beberapa burung akan terbang merendah seolah menyapa pengunjung. Ini merupakan pemandangan yang jarang bisa ditemukan di kota besar. Pastikan Anda tidak melewatkan sapaan dari alam tersebut. Terdapat pula pepohonan yang seakan menjadi payung teduh lokasi wisata.

3. Berkeliling Taman

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa pengelola wisata alam ini juga mengembangkan adanya taman bunga di bagian gerbang masuk. Anda juga bisa berkeliling taman bunga sambil mengobrol dengan pengunjung lainnya.

Menikmati indahnya taman bunga warna-warni, serta kesejukan dari alam. Seolah membuat pikiran rileks seketika. Bahkan meski pada siang hari sekalipun, lokasinya masih begitu sejuk. Hal ini juga dikarenakan pepohonan rindang yang seolah menjadi payung dari alam. Biasanya pengunjung memilih waktu sore hari untuk bertandang kesini. Karena pada saat itulah, Anda bisa melihat cahaya jingga menyorot batuan tebing cadas dan membuat warna airnya terbias seketika.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Grojogan Sewu Kulon Progo

Fasilitas di Grojogan Sewu

Image Credit: Google Maps (Jake Bo)

Tempat wisata yang satu ini sudah mengalami pengelolaan yang baik dari komunitas terkait. Jadi tidak heran dari segi fasilitas pun, Grojogan Sewu sudah cukup memadai. Hal ini dibuktikan dengan adanya gazebo yang dibangun untuk tempat bersantai pengunjung. Selain itu terdapat pula ruang ganti atau kamar mandi untuk membersihkan diri setelah berenang di air terjun ini.

Ketika sedang asik melakukan aktivitas seru, waktu sholat pun tiba. Pengunjung tidak perlu bingung, sebab pengelola sudah menyediakan mushola untuk tempat ibadah kaum muslim. Jadi Anda hanya perlu menuju lokasi mushola untuk melakukan ibadah ritual tersebut.

Bagi yang membawa kendaraan bisa langsung menuju ke penitipan atau area parkir yang berada tidak jauh dari gerbang masuk wisata. Di sini Anda tentu harus membayar biaya parkir sesuai dengan aturan pengelola. Sehingga pengunjung pun dapat dengan tenang menitipkan kendaraan mereka kepada pihak yang bertugas.

Berbagai hal mengenai Grojogan Sewu Kulon Progo di atas tentunya membuat Anda semakin ingin eksplore segala keindahan alamnya. Hal ini juga membuktikan bahwa alam Indonesia memiliki sektor pariwisata yang begitu berkembang. Apalagi dengan mengunjungi wisata di Indonesia Anda juga turut menyokong perekonomian masyarakat.