Jika membahas tentang tempat wisata pada sebuah daerah tidak akan ada habisnya. Karena setiap saat banyak daerah yang melakukan pembaharuan untuk menarik para pengunjung untuk ke daerahnya. Salah satu daerah yang banyak memiliki tempat wisata menarik yakni Kulon Progo.

Kulon Progo menjadi salah satu daerah bagian di Yogyakarta yang sangat banyak menarik perhatian para wisatawan. Karena di Kulon Progo terdapat berbagai tempat wisata yang lengkap mulai dari wisata pegunungan, wisata pantai, wisata kota maupun wisata bersejarah.

Karena banyaknya Tempat Wisata di Kulon Progo mengakibatkan banyak wisatawan yang bingung untuk mengunjungi tempat wisata yang mana terlebih dahulu. Untuk itu akan diulas beberapa tempat wisata yang paling menarik untuk Anda kunjungi. Rekomendasi ini dibuat agar Anda tidak bingung ketika berkunjung ke Kulon Progo.

1. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo
Image Credit: Loveheaven07.com

Goa Kiskendo ini menjadi tempat wisata yang menarik karena memiliki stalagmit yang indah. Konon katanya goa ini merupakan tempat pertempuran empat ksatria pada zaman dahulu kala. Anda bisa melihat cerita sejarahnya melalui dinding relief.

Pada dinding goa Anda bisa melihat tentang gambaran besar dari cerita sejarah yang tersimpan di goa tersebut. Karena hal tersebutlah banyak para wisatawan yang berkunjung karena ingin mengetahui tentang cerita sejarahnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

2. Gunung Lanang

Gunung Lanang
Image Credit: Sobatjogja.com

Gunung Lanang merupakan salah satu destinasi wisata berupa bukit yang ada di Kulon Progo. Gunung ini memiliki nama lain Badraloka Mandira dan Astana Jingga. Dinamakan demikian karena saat pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno, gunung ini dijadikan sebagai tempat bertapa oleh Nyi Rantam Sari serta Kyai Lanang. Mengunjungi tempat ini, Anda akan menemukan sebuah sumur dan sasana.

Setiap tanggal 1 Suro, di tempat ini diadakan upacara adat yang menjadikan tempat ini ramai untuk dikunjungi. Selain itu, terdapat mitos bahwa jika seseorang bertapa membawa gula jawa dan gulanya terbakar, maka orang tersebut berhasil mendapat kesaktian.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sibolong, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

3. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu
Image Credit: Pegipegi.com

Nama Air Terjun Grojogan Sewu ini berasal dari masyarakat sekitar yang melihat air terjun ini memiliki banyak grojongan. Saking banyaknya grojongan yang terdapat disana maka dinamakan seperti itu. Grojongan merupakan jalur air terjun.

Karena air terjun ini memiliki jalur yang banyak sehingga arus terlihat sangat kencang disana. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil mendengar air terjun yang tentunya akan menenangkan. Tempat ini menjadi favourite para pengunjung yang mencari tempat tenang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beteng, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

4. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Dimaselvi.blogspot.com

Kebun teh ini erat kaitannya dengan kisah Pangeran Diponegoro melawan tentara Belanda. Menurut cerita yang beredar, tiga prajurit Pangeran Diponegoro menyusun strategi untuk digunakan berperang. Guna mengingat jasanya, tempat ini diabadikan dengan nama salah satu prajuritnya.

Bagi pecinta trekking, Anda bisa mencoba untuk berjalan santai melewati lereng berundak penuh dedaunan hijau sembari menikmati lanskap pemandangan delapan puncak gunung yang sangat memanjakan mata. Diantaranya gunung Merapi, gunung Sumbing, gunung Merbabu, gunung Prau, gunung Andong, gunung Sindoro, gunung Telomoyo, dan gunung Ungaran,

Kabut tipis sering datang menghampiri, yang membuat udara di tempat ini semakin sejuk dan menyegarkan. Sampai di puncak, Anda bisa mengabadikan cahaya kekuningan khas matahari terbit sebagai kenang-kenangan dari destinasi wisata alam ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

5. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Wartawisata.id

Air Terjun Kembang Soka ini memiliki keunikannya tersendiri karena aliran air disana sangat jernih dan tidak deras. Jalur air terjun memiliki beberapa tingkatan sehingga ketika air jatuh hal tersebut memiliki nilai keindahannya tersendiri.

Disana juga disediakan ayunan bagi Anda yang ingin duduk dan berfoto di air terjun tersebut. Banyak pengunjung yang menyukai tempat ini karena memiliki udara yang segar. Untuk mengunjungi tempat ini Anda tidak perlu bersusah payah karena jalannya cukup mudah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

6. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo
Image Credit: Jogjapedia.net

Air terjun yang menjadi salah satu wisata alam yang jarang diketahui oleh wisatawan luar daerah. Air terjun ini memiliki ketinggian 75 meter. Untuk bisa sampai ke tempat ini, diperlukan perjuangan keras karena akses jalan yang cukup sulit seperti banyaknya tanjakan curam dan jalanan yang berliku.

Air terjun ini juga memiliki nama lain yaitu Air Terjun Perawan. Dibubuhkan kata ‘perawan’ sebab yang pertama kali menjumpai air terjun ini ialah seorang gadis. Datang ke tempat ini, pengunjung akan melihat pemandangan tebing terbesar di Yogyakarta dengan pepohonan hijau di sekitarnya. Banyak ditemukan bunga liar di sepanjang perjalanan menuju tempat ini.

Karena masih belum terlalu ramai, fasilitas yang tersedia juga belum terlalu lengkap. Disarankan bagi wisatawan yang ingin datang ke tempat ini untuk membawa perbekalan agar tidak kelaparan setelah lama berjalan dan bermain-main air di sana.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gerbosari, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

7. Pantai Trisik

Pantai Trisik
Image Credit: Infolibur.com

Pantai Trisik ini sangatlah direkomendasikan bagi Anda yang menyukai berlibur ke pantai. Disana Anda bisa melihat berbagai jenis burung yang berterbangan di pinggir pantai. Disana Anda juga bisa melihat tempat penangkaran penyu yang unik dan langka.

Pantai Trisik ini memiliki pemandangan yang bagus dan asri. Namun pantai ini memiliki gelombang ombak yang cukup tinggi sehingga tidak cocok bagi Anda yang ingin berenang di pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Brosot, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

8. Pantai Glagah

Pantai Glagah
Image Credit: Traveloka.com

Pantai ini merupakan pantai yang terkenal dengan ombak tingginya. Hal yang ikonik dari tempat ini adalah adanya tetrapod beton yang digunakan sebagai pemecah ombak agar tidak mengenai bibir pantai, Tempat ini cocok untuk didatangi bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk berlibur setelah sampai di Bandara Internasional Yogyakarta.

Aktivitas yang bisa dilakukan ketika sampai di tempat ini yakni berswafoto, memandangi deburan ombak lewat dermaga, berwisata di laguna, menikmati pemandangan matahari terbenam, berkeliling pantai menggunakan motocross, hingga wisata kuliner. Fasilitas yang disediakan di pantai ini terbilang lengkap dengan adanya kamar mandi, toilet, tempat ibadah, toko oleh-oleh, dan kolam anak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

9. Hutan Mangrove Pantai Congot

Hutan Mangrove Pantai Congot
Image Credit: Titislutfita.blogspot.com

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata populer di Kulon Progo. Dengan konsep hutan magrove banyak pengunjung yang menyukai tempat ini. Anda bisa berfoto seperti ala sedang di hutan. Beberapa bangunan disana dibangun dari konsep bambu.

Hal tersebutlah yang menjadi daya tariknya. Meskipun terlihat cukup tradisional namun tempat ini sangat enak untuk dijadikan tempat nongkrong Anda bersama dengan keluarga. Anda bisa masuk ke tempat wisata ini dengan gratis dengan keluarga.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Pasir Mendit, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

10. Bendungan Ancol

Bendungan Ancol
Image Credit: Kalibawang.kulonprogokab.go.id

Bendungan ini sudah ada sejak masa kolonial Jepang. Bendungan ini dulunya dibuat oleh Sultan Hamengkubuwono IX sebagai cara peralihan agar masyarakat Yogyakarta tidak dikirim sebagai romusha.

Dibalik maksud tersembunyi pembangunan ini, Bendungan Ancol juga digunakan sebagai irigasi pertanian. Di sini, Anda dapat duduk bersantai di bawah pohon rindang, berswafoto, memancing ikan, atau membakar hasil tangkapan ikan bersama orang terkasih karena jarangnya warung makanan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantok Wetan, Banjaroyo, Kalibawang, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

11. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo
Image Credit: Kotajogja.com

Puncak Suroloyo ini terletak di daerah perbukitan Menoreh. Puncak Suroloyo ini memiliki tinggi yang tidak terlalu jauh sehingga Anda bisa dengan mudah untuk menjangkau puncak ini. Dari atas puncak Anda bisa melihat pemandangan gunung dan juga sawah.

Jika Anda beruntung maka Anda bisa melihat keindahan Candi Borobudur dari atas puncak. Hal ini bisa terlihat jika saat Anda di atas cuaca tidak berkabut. Jarak tempuh menuju puncak ini juga relatif sangat singkat dan mudah. Sehingga Anda bisa kesana kapan saja.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Onggosoro, Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

12. Goa Kebon

Goa Kebon
Image Credit: Google Maps (Affif Surya)

Gua satu ini merupakan wisata alam yang baru dibuka di Kulon Progo. Selain air terjun, rencananya akan ditambah bumi perkemahan yang menampung kapasitas 200 orang untuk menambah daya tarik wisata ini.

Seperti tempat-tempat lain, gua ini juga menyimpan sebuah kisah. Yaitu kedatangan seorang kiai yang membuka lahan agar penduduk bisa bercocok tanam. Konon, gua yang terdapat di dalam air terjun digunakan sang kiai untuk mengajar muridnya. Dari kisah inilah cikal bakal nama Goa Kebun diberikan.

Gua ini terkenal dengan keistimewaan airnya yang tidak pernah mengering. Selain itu, juga terdapat batu stalaktit dan stalakmit yang bisa menjadi latar belakang pengunjung untuk berswafoto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krembangan, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

13. Pantai Bugel

Pantai Bugel
Image Credit: Ksmtour.com

Mungkin banyak wisatawan yang sulit untuk menemukan tempat wisata yang satu ini. Namun jika Anda menggunakan petunjuk arah maka Anda akan sampai ke pantai ini. Untuk masuk ke area pantai ini Anda hanya akan dikenakan biaya parkir saja.

Pantai ini memberikan panorama pemandangan yang indah. Tidak lengkap jika kesana Anda tidak mencoba makanan khas disana. Sangat menyenangkan untuk duduk menyantap makanan khas sambil menikmati pemandangan laut yang tenang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Panjatan, Gumuk Waru, Kec. Bugel, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

14. Mangrove Jembatan Api-Api

Mangrove Jembatan Api-Api
Image Credit: Google Maps (Deana Nelvina)

Mangrove Jembatan Api-api merupakan hutan bakau yang dipenuhi dengan tumbuhan jenis ‘api-api’. Di tempat ini, terdapat jembatan unik yang menjadi ikon dari tempat ini. Memasuki tempat ini, wisatawan akan berjalan menyusuri rerimbunan tanaman bakau yang dibuat berliku mirip labirin.

Mulanya, tempat ini hanya digunakan sebagai tempat budidaya tanaman bakau hingga kemudian dijadikan sebagai destinasi wisata alam karena keindahannya yang menarik. Aktivitas yang bisa dilakukan saat sampai di tempat ini yaitu berswafoto, wisata kuliner, hingga memandangi keindahan sungai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Mendit, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

15. Kalibiru

Kalibiru
Image Credit: Infobudaya.net

Kalibiru merupakan salah satu Objek Wisata di Kulon Progo yang sudah terkenal di dalam maupun di luar negeri. Karena sudah banyak sekali wisatawan asing yang datang ke tempat ini. Wisata Kalibiru menghadirkan pemandangan alam yang sangat indah dan asri.

Wahana yang paling disukai oleh para pengunjung adalah pohon besar yang terletak disana. Anda bisa berfoto diatas pohon tinggi dengan latar belakang pegunungan yang indah. Namun, karena ramai maka Anda harus bersabar mengantri untuk mendapatkan spot foto terbaik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Waduk Sermo, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

16. Goa Sriti

Goa Sriti
Image Credit: Alodiatour.com

Goa Sriti ini merupakan goa dengan unsur sejarah yang kental. Diketahui bahwa goa ini merupakan tempat persembunyian yang digunakan oleh Pangeran Diponegoro untuk mengasingkan diri dan bertapa. Dari goa ini dipercaya akan memberikan rasa damai dan ketenangan.

Jika dibandingkan dengan goa yang lainnya memang Goa Sriti ini terlihat sangat biasa. Namun, banyak wisatawan yang datang kesana karena tertarik dengan cerita sejarah yang terkandung dalam goa ini. Ketika kesana maka pemandu akan menceritakan sejarah di balik goa ini.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purwoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

17. Wildlife Rescue Center

Wildlife Rescue Center
Image Credit: Bmb.gov.ph

Jika Anda merupakan orang yang menyukai binatang maka Anda harus mengunjungi Wildlife Rescue Center ini. Disana Anda bisa bertemu dengan berbagai hewan liar ataupun langka. Karena tempat ini dijadikan sebagai tempat perawatan hewan-hewan liar.

Tempat ini sangatlah bagus dimana organisasi disana merawat hewan-hewan liar yang hampir punah. Disana Anda akan diberikan edukasi tentang binatang liar. Berlibur ke tempat ini bisa meningkatkan pengetahuan dan rasa peduli kota terhadap bintang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pengasih-Nanggulan, Derwolo, Sendangsari, Kec. Pengasih, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

18. Gunung Ijo

Gunung Ijo
Image Credit: Travel.kpnetworks.net

Sesuai namanya, Gunung Ijo menghadirkan pemandangan alam yang luas biasa. Bagi Anda yang menyukai hiking maka akan sangat cocok untuk berkunjung kesana. Gunung Ijo merupakan gunung tertinggi di Kulon Progo sehingga Anda harus menyiapkan diri dengan baik untuk dapat kesana.

Terdapat dua jalur untuk pendakian yaitu jalanan yang bagus namun jarak tempuhnya agak jauh atau jalan dengan jarak yang pendek namun jalanannya agak rusak. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan Anda. Tempat wisata ini akan memberikan Anda pengalaman yang berbeda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tirto, Hargotirto, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

19. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal
Image Credit: Piknikdong.com

Jika Anda menyukai basah-basahan bersama keluarga maka Anda akan cocok jika berkunjung ke Taman Sungai Mudal ini. Disana terdapat kolam dengan air yang jernih sehingga Anda bisa berendam atau berenang di kolam tersebut. Sungguh sangat menyenangkan.

Sumber air yang mengalir ke kolam tersebut adalah dari goa yang terdapat di sekitar kolam tersebut. Pada musim kemarau pun air ini tidak akan berkurang atau kering. Sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan air dari sumber air tersebut untuk kebutuhannya.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

20. Rafting Kalibawang

Rafting Kalibawang
Image Credit: Arus-progo-rafting.business.site

Bagi Anda yang menyukai tantangan dan wahana air yang ekstrim maka Anda akan cocok jika ke Kalibawang. Tempat ini merupakan pusat wahana air yang banyak disukai oleh para pengunjung. Anda bisa melakukan wahana air ini secara berkelompok agar lebih seru.

Anda bisa menikmati keseruan untuk meningkatkan adrenalin Anda. Sambil bermain air Anda bisa menikmati keindahan tebing-tebing yang mengelilingi sungai. Anda bisa bersenang-senang bersama keluarga ataupun teman Anda disana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kisik Kreo, Banjararum, Kec. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

21. Waduk Sermo

Waduk Sermo
Image Credit: Pegipegi.com

Seperti pada umumnya Waduk Sermo ini merupakan tempat untuk mengumpulkan air. Dimana nantinya air akan digunakan untuk mengairi sawah yang terdapat di daerah tersebut. Namun, karena memiliki pemandangan yang cukup indah akhirnya para warga menyulapnya menjadi tempat wisata.

Disana dibangun taman bambu. Bambu disusun membentuk sebuah gubuk kecil dimana para pengunjung bisa berfoto disana. Di Waduk Sermo juga sudah dibangun toilet sebagai fasilitas untuk para pengunjung. Disana Anda bisa mengambil gambar dengan latar rumah bambu tradisional.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sremo Lor, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

22. Bukit Isis

Bukit Isis
Image Credit: Alodiatour.com

Jika Anda pertama kali kesana tentu Anda akan merasakan tempat wisata ini begitu menakutkan karena tempatnya berada diatas bukit yang cukup tinggi. Namun, disana Anda bisa menikmati langsung keindahan laut dari atas bukit. Awalnya tempat ini belum banyak dikenal orang.

Berkat para pengunjung yang berfoto dan mempostingnya di media sosial maka semakin banyak wisatawan yang berkunjung kesana. Anda bisa berfoto dengan latar belakang tanaman merambah yang berbentuk hati sambil duduk diatas bukit.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

23. Puncak Widosari

Puncak Widosari
Image Credit: Sobatjogja.com

Puncak Widosari ini merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang ingin berlibur cantik. Puncak Widosari ini memberikan Anda hiburan dengan pemandangan yang asri dan indah. Jalan menuju ke puncak ini juga tidak jauh dan mudah untuk Anda lalui.

Dari atas puncak ini Anda akan diberikan pemandangan dengan dominasi warna hijau. Anda bisa melihat sawah yang membentang luas dan pegunungan yang indah. Pada bagian tebing puncak merupakan spot foto yang paling bagus dan menarik.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tritis, Ngargosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

24. Puncak Dipowono

Puncak Dipowono
Image Credit: Sobatjogja.com

Tempat wisata yang satu ini mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Karena memang tempat wisata ini baru dibuka pada tahun 2015. Dari atas puncak Dipowono Anda bisa melihat pemandangan yang indah.

Anda bisa berfoto di ujung puncak dengan berada diatas jembatan yang terbuat dari kayu. Ketika Anda berfoto di sana disarankan untuk berhati-hati dan tidak bersandar ke jembatan bambu.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Clereng Tamanan, Hargowilis, Kec.  Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

25. Kedung Pedut

Kedung Pedut
Image Credit: Kompas.com

Wisata Kedung Pedut ini dikatakan sebagai wisata yang tersembunyi. Karena belum banyak wisatawan yang mengetahui tentang tempat wisata yang satu ini. Karena masih belum sering terjamah maka tempat ini masih sangat segar dan asli.

Di Kedung Pedut Anda bisa menikmati mandi langsung di bawah air terjun yang jernih dan bersih. Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat berfoto underwater. Anda bisa merasakan ketenangan dan kesejukan sejenak ketika Anda merendamkan diri ke kolam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Kulon Progo yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Anda bisa memilih jenis wisata yang paling Anda sukai terlebih dahulu barulah kemudian mengeksplore tempat yang lainnya. Anda bisa mencoba beberapa tempat wisata yang berbeda untuk mendapatkan pengalaman yang menarik.