40 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

25 Tempat Wisata di Jogja

Jogja merupakan salah satu kota di Pulau Jawa. Jogja memiliki kebudayaan yang masih dipegang dengan baik oleh warganya. Keunikan ini membuat Jogja banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Melihat potensi tersebut, banyak pengelola wisata yang mendirikan Tempat Wisata di DI Yogyakarta. Hasilnya jumlah wisatawan ikut meningkat seiring waktu. Jumlah wisatawan Jogja diprediksi akan terus meningkat melihat adanya perkembangan yang terus dilakukan.

Anda bisa mengajak keluarga atau sahabat untuk menikmati kota Jogja saat liburan. Saat ini Jogja telah menyediakan wisata budaya, edukasi, alam, sampai kuliner. Ada beberapa objek wisata di Jogja yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan.

1. Malioboro

Malioboro

Image Credit: Kitanesia.id

Wisatawan yang datang ke Jogja tidak akan pernah melewatkan Malioboro. Malioboro terletak di tengah Kota Jogja. Di tempat ini wisatawan bisa berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan kota. Wisatawan juga bisa berbelanja karena ada banyak jajaran pedagang di trotoar.

Selain itu, ada juga warung-warung makanan yang menyediakan makanan ringan khas Jogja seperti kopi jos atau makanan lain seperti penyetan. Malioboro bisa dikunjungi setiap hari pada jam berapapun.

Lokasi: Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Image Credit: Joglowisata.com

Untuk wisatawan yang membawa anak kecil, Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark bisa menjadi rekomendasi yang paling sesuai. Wisata ini memiliki 19 jenis wahana yang bisa dicoba oleh semua kalangan, salah satunya adalah Harbour Theater. Tempat wisata ini buka setiap hari pada pukul 09.00-18.00. Pada akhir pekan, jam buka dipercepat menjadi pukul 08.00

Harga tiket masuk yang harus dibayar untuk anak-anak berusia di atas 2 tahun adalah 60.000, dewasa adalah 90.000, dan lansia di atas 65 tahun adalah 60.000. Harga tersebut hanya berlaku pada hari biasa. Harga untuk weekend adalah 100.000 untuk dewasa serta 75.000 untuk anak dan lansia.

Lokasi: Jl. Utara Stadion, Maguwoharjo, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Image Credit: Gurusiana.id

Wisata sejarah menjadi alternatif yang bisa dilakukan ketika berlibur. Jogja terkenal dengan Candi Borobudur yang megah. Candi Borobudur termasuk dalam warisan dunia yang dicanang oleh UNESCO. Borobudur adalah candi terbesar di dunia dengan bentuk yang unik.

Lokasi Candi Borobudur adalah berjarak 40 km dari pusat kota. Saat wisatawan datang, mereka akan dibuat kagum dengan besarnya candi Budha ini. Jumlah stupa yang mencapai 72 stupa juga akan membuat wisatawan yang datang terkagum-kagum.

Lokasi: Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

4. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Image Credit: Maioloo.com

Jogja masih diatur oleh raja. Keraton merupakan tempat tinggal raja. Namun pihak Keraton mengizinkan wisatawan berkunjung pada jam tertentu. Dalam Keraton tersimpan banyak menyimpan kisah dan obyek-obyek pada masa kerajaan sebelumnya.

Lokasi Keraton ada di Jalan Rotowijayan nomor 1. Aksesnya cukup mudah. Wisatawan bisa menaiki kendaraan pribadi atau umum. Wisatawan cukup membayar 7.000 ketika ingin masuk. Keraton buka setiap hari pada pukul 09.00-14.00.

Lokasi: Jl. Rotowijayan, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru

Image Credit: Tempatwisatamu.com

Pengembangan wisata tidak hanya di tengah kota, tetapi juga di desa. Salah satunya adalah Kalibiru yang terletak di Kulon Progo. Desa Kalibiru menghadirkan pemandangan alam yang indah. Lokasinya yang cukup tinggi menawarkan pemandangan Waduk Sermo dan perbukitan.

Wahana yang disediakan salah satunya adalah flying fox. Wisatawan bisa berfoto di Desa Kalibiru dengan latar pemandangan yang indah. Wisatawan bisa berjalan-jalan dengan memilih trek yang disediakan, mulai dari 1,5 km sampai 7 km. Wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar 10.000 dan belum termasuk uang parkir. Desa Kalibiru dapat dikunjungi pada 06.00-17.00.

Lokasi: Jl. Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Image Credit: Gudeg.net

Mengunjungi Kota Jogja rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi objek wisata satu ini. Baru di resmikan di tahun 2009, anda bisa jadikan museum ini sebagai wisata edukasi. Pengunjung bisa mendapatkan informasi terkait dengan aktivitas gunung api.

Selain itu, juga ada pameran seni yang menampilkan lukisan dongeng asal Merapi. Berada di Kaliurang, anda bisa merasakan udara sejuk yang lengkap dengan pemandangan gunung yang cantik.

Lokasi: Jl. Kaliurang, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman.

7. Goa Jomblang

Goa Jomblang

Image Credit: Nginapdijogja.com

Goa Jomblang menjadi salah satu destinasi wisata menantang yang paling diminati. Bahkan banyak para wisatawan asing yang penasaran dan mencobanya sendiri. Pengunjung nantinya harus masuk ke dalam gua yang berada di bawah menggunakan tali. Setiap kali turun akan langsung dua orang. Meskipun begitu, keamanannya terjamin karena pengait tersebut di pasang pada badan anda. setiap masuk goa nanti dibatasi hingga 20 orang saja.

Untuk bisa mencapai spot andalan, atau yang juga disebut cahaya surga. Pengunjung harus menaklukkan perjalanan yang cukup terjal dan menantang. Apalagi di musim hujan dimana jalannya menjadi lebih becek. Ditemani oleh guide, anda seakan akan dibawa ke dunia lainnya yang begitu mempesona. Spot cahaya surga ini merupakan spot dimana cahaya matahari membentuk layaknya cahaya malaikat melalui langit goa.

Lokasi: Jetis Wetan, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul.

8. Goa Pindul

Goa Pindul

Image Credit: Tripjogja.co.id

Salah satu destinasi wisata yang hits di kalangan wisatawan adalah Goa pindul. Tak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal namun juga internasional. Mengunjungi goa pindul ada berkesempatan untuk susur sungai dengan menggunakan ban. Keseruan inilah yang akhirnya mengundang banyak wisatawan.

Ada beragam paket wisata yang disediakan, dan anda harus berhati hati untuk memilihnya. Karena ada banyak calo yang menawarkan paket wisata ke Goa Pindul.

Lokasi: Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul.

BACA:  25 Oleh-Oleh Khas Jogja Paling Populer

9. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Image Credit: Tripilarwisata.com

Candi Ratu Boko belakangan memang begitu populer di kalangan traveller, apalagi begitu foto fotonya tersebar di media sosial. Candi Ratu Boko memang memiliki pemandangan menawan selain bangunan candinya yang unik.

Moment yang paling ditunggu oleh pengunjung adalah ketika matahari mulai tenggelam. Efek siluet dengan cahaya jingga yang berpadu menjadi spot untuk foto yang begitu favorit.

Lokasi: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman.

10. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Image Credit: Pixabay.com

Candi Prambanan merupakan salah satu Objek Wisata di Jogja. Lokasinya berada di 17 km dari pusat kota. Jika Candi Borobudur merupakan candi Budha, maka Candi Prambanan merupakan candi Hindu.

Candi Prambanan memiliki banyak relief, salah satunya adalah kisah Ramayana dan Krisnayana. Pada malam purnama, akan digelar pertunjukan Rama Shinta di ruang terbuka. Wisatawan bisa mengunjungi lokasi ini dengan transportasi umum atau pribadi.

Lokasi: Jl. Raya Solo, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

11. Taman Sari

Taman Sari

Image Credit: Wikipedia.org

Taman Sari merupakan pemandian yang digunakan oleh putri raja pada zaman dulu. Kondisi tempat ini sudah mulai usang tetapi tetap meninggalkan kesan bangunan artistik. Saat ini Taman Sari lebih sering digunakan untuk lokasi foto prewedding.

Lokasi Taman Sari berdekatan dengan Keraton, lebih tepatnya ada di Jalan Taman. Taman Sari buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 14.00. wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 5.000 untuk bisa masuk ke lokasi ini.

Lokasi: Jl. Tamanan, Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

12. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora

Image Credit: 1001malam.com

Bagi wisatawan yang ingin menambah banyak koleksi foto liburan bisa datang ke Puncak Kosakora. Puncak Kosakora merupakan puncak bukit dengan pemandangan yang menawan. Wisatawan bisa melihat pemandangan pantai, bukit, dan sunset.

Harga tiket masuk yang dipatok adalah Rp 2.000. Wisatawan bisa mengambil rute Pantai Drini untuk ke Puncak Kosakora. Wisatawan bisa berkemah di sini. Ada banyak persewaan tenda yang tersedia. Harga untuk tenda kecil sebesar Rp 60.000 sedangkan untuk tenda besar sebesar Rp 100.000.

Lokasi: Banjarejo, Ngestirejo, Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

13. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Image Credit: Visitingjogja.com

Pantai menjadi destinasi wisata yang bisa dijadikan alternatif mengisi liburan. Pantai Indrayanti, Jogja, bisa menjadi pilihan Destinasi Wisata di Jogja. Pantai Indrayanti menawarkan pantai putih bersih dengan pemandangan khas laut yang indah.

Fasilitas yang dihadirkan di pantai ini cukup lengkap. Terdapat kamar mandi, tempat parkir, dan warung makanan. Wisatawan bisa berjalan-jalan santai di atas pasir putih. Lokasi Pantai Indrayanti dekat dengan pantai lain seperti Krakal, Sundak, atau Pok Tunggal.

Lokasi: Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

14. Taman Pintar

Taman Pintar

Image Credit: Dolanyok.com

Wisata edukasi di Taman Pintar sangat sesuai dengan anak-anak. Di Taman Pintar terdapat hiburan dan wahana yang dapat menambah wawasan anak. Wisatawan bisa mengajak anaknya untuk melihat teater 3D atau wahana bahari.

Lokasi Taman Pintar ada di Jalan Panembahan Senopati. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari Malioboro. Taman Pintar beroperasi setiap hari mulai 09.00 sampai 16.00. Akses untuk menuju Taman Pintar sangat mudah. Wisatawan bisa menaiki kendaraan pribadi atau umum.

Lokasi: Jl. Panembahan Senopati, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

15. Pantai Depok

Pantai Depok

Image Credit: Tempatasik.com

Pantai Depok masih satu garis pantai dengan pantai Parangtritis yang merupakan surga untuk pecinta kuliner ikan segar. Pantai depok memiliki pantai yang berwarna hitam dengan warung warungkuliner yang berjejer. Daya tariknya memang terletak pada menikmati kuliner ikan segar.

Selain bisa dinikmati ditemani deburan ombak, pengunjung juga bisa membawa pulang ikan segarnya untuk dijadikan oleh oleh. Fasilitas di Pantai Depok juga terbilang lengkap.

Lokasi: Jl. Raya Pasir Putih, Sawangan, Kec. Depok, Kab. Bantul.

16. Pantai Sundak

Pantai Sundak

Image Credit: Yogyakarta.panduanwisata.id

Pantai pantai di Jogja juga dikenal sebagai pantai pantai yang indah,terutama di kawasan Gunung Kidul. Pantai Sundak menjadi pantai yang bisa anda kunjungi ketika ke Gunung Kidul. Pantai Sundak terbilang memiliki pantai tenang dan juga landai sehingga pengunjung bebas bermain.

Debur ombaknya terbilang jauh, sehingga bisa aman untuk bermain air di tepian yang penuh dengan batu karang. Bersama keluarga pastinya sangat pas mengunjungi pantai satu ini.

Lokasi: Jl. Pantai Sundak, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

17. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Image Credit: Dakatour.com

Jogja juga memiliki air terjun indah yang akan membuat anda betah berlama lama. Air terjun kedung pedut ini tidak hanya memiliki suasana yang masih alami, namun juga pengelolaan yang baik. Pengunjung umumnya menyukai bermain air terjun dengan airnya yang jernih.

Nuansanya yang masih alam pedesaan, akan membuat semua penat anda hilang. Belum lagi ada beberapa wahana yang membuat air terjun ini makin menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo.

18. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Image Credit: Yogyes.com

Pantai Sepanjang, dari namanya kita bisa tahu jika pantai satu ini memiliki garis pantai yang panjang. Masih berada di kawasan gunung kidul, pantai satu ini tidak boleh dilewatkan. Tak jauh dari pantai ini, anda bisa menemukan situs Banyusepuh.

Dimana situs ini merupakan mata air yang konon digunakan oleh para wali untuk membersihkan senjata mereka. Pantai Sepanjang juga memberikan banyak spot foto yang cocok untuk aktivitas hunting foto.

Lokasi: Jl. nglolang,saglen, Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

19. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum

 Image Credit: Vizitrip.com

Kesan museum yang paling banyak adalah membosankan. Tidak dengan De Mata Trick Eye Museum. Di museum ini, wisatawan bisa berfoto dengan obyek yang menarik. Terdapat sekitar 120 gambar 3 dimensi dalam museum ini.

BACA:  15 Cafe Instagramable di Jogja yang Bikin Betah Nongkrong

Lokasi museum ada di Basement Gedung Umar Kayam, Jalan Veteran. Wisatawan akan diminta tiket masuk sebesar Rp 35.000. Museum buka pada 10.00-22.00. Apabila wisatawan datang pada pukul 10.00-15.00, wisatawan bisa mendapatkan potongan sehingga hanya membayar Rp 25.000.

Lokasi: Jl. Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

20. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Image Credit: Hoteldanwisata.com

Jogja memiliki lokasi untuk snorkeling. Kegiatan ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan. Cobalah untuk mengunjungi Pantai Nglambor. Spot snorkeling yang ada sangat mengasyikkan. Kondisi airnya tergolong tenang sehingga aman. Pemandangan bawah lautnya juga sangat indah sehingga menjadi incaran snorkeling bagi wisatawan.

Di dekat Pantai Nglambor terdapat pulau kecil yang bisa dikunjungi. Wisatawan bisa menyeberang menggunakan jembatan tali. Wisatawan bisa mengambil foto untuk mengabadikan momen ketika liburan di Pantai Nglambor.

Lokasi: Purwodadi, Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

21. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Image Credit: Anakteknik.co.id

Destinasi wisata di Jogja berupa pantai yang sangat populer adalah Pantai Parangtritis. Lokasi ini tidak menghadirkan pasir putih khas pantai selatan, melainkan berwarna hitam. Keunikan ini membuat Pantai Parangtritis menjadi incaran ketika wisatawan berlibur.

Wisatawan bisa menikmati fasilitas berupa All Terrain Vehicle saat berkunjung ke sini. Wisatawan juga bisa berjalan santai atau hanya duduk-duduk. Ada berbagai warung yang menjajakan makanan dan minuman untuk menemani wisatawan menikmati pemandangan di pantai.

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

22. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Image Credit: Travelingyuk.com

Tempat wisata yang baru saja dikembangkan adalah Kebun Buah Mangunan. Tempat ini memberikan pemandangan indah berupa Sungai Oya yang dilihat dari tempat tinggi. Kebun Buah Mangunan terletak di Kecamatan Dlingo, Bantul.

Kebun Buah Mangunan menyediakan fasilitas wisata berupa kebun buah dan tempat pembibitan sapi. Di sekitar Kebun Buah Mangunan terdapat penginapan untuk wisatawan, kolam renang, tempat oleh-oleh, dan tempat makan.

Lokasi: Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. –

23. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Image Credit: Jogjaonstage.com

Pantai Pok Tunggal merupakan pantai lain di Jogja yang wajib dikunjungi saat liburan. Pantai Pok Tunggal termasuk tempat wisata yang baru saja dikembangkan. Fasilitasnya masih belum selengkap pantai lain di sebelahnya.

Pantai Pok Tunggal memberikan pemandangan khas lokasi yang belum terjamah oleh manusia. Lokasi ini sangat cocok untuk wisatawan yang menginginkan tempat wisata sepi untuk menenangkan diri. Wisatawan bisa bersantai sambil menikmati makanan yang ada.

Lokasi: Desa Tepus, Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

24. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Glagah berada di Kulonprogo yang masuk sebagai pantai dengan jalan yang mudah di akses. Tidak hanya bisa memandang hamparan pantai yang luas, mengunjungi pantai Glagah anda juga bisa menyaksikan panorama yang mengagumkan.

Beberapa spot instagramable juga memanjakan bagi pecinta foto. Terdapat dermaga di pinggir pantai yang bisa dijadikan lokasi untuk menikmati keindahan pantai Glagah ini. Terdapat juga laguna yang tak kalah cantik.

Lokasi: Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo.

25. Pantai Krakal

Pantai Krakal

Image Credit: Pegipegi.com

Pantai Krakal menjadi pantai yang ikonik karena batu karangnya. Pengunjung yang mengunjungi pantai ini bisa melakukan berbagai kegiatan menarik. Salah satunya adalah snorkeling untuk mengintip bawah lautnya yang menawan.

Pengunjung juga bisa menyusuri pantai dengan berburu foto melimpah. Ada banyak spot swafoto menarik yang bisa dieksplor sembari menunggu matahari terbenam yang begitu indah.

Lokasi: Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

26. Pantai Siung

Pantai Siung

Image Credit: Alodiatour.com

Deretan pantai Jogja memang tidak pernah mengecewakan sekalipun. Salah satu pantai yang bisa anda kunjungi ketika ke Jogja, adalah pantai Siung. Ciri khas pantai ini adalah gugusan karang kokoh yang membentang luas.

Berbagai bentuk karang yang eksotis ini bisa anda temukan di sepanjag garis pantai. Ketika sunset, Pantai Siung akan menawarkan keindahan yang tidak akan pernah bisa anda tolak.

Lokasi: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul.

27. Puncak Becici

Puncak Becici

Image Credit: Dakatour.com

Di Jogja terdapat sebuah bukit yang tawarkan panorama yang memukau. Adalah puncak Becici yang menawarkan pemandangan perbukitan yang digemari oleh wisatawan. Saking cantiknya, puncak becici menjadi tempat favorit dari Barrack Obama ketika singgah di Jogja.

Jaraknya hanya sekitar 30 km dari pusat kota Jogja. Puncak becici menjadi spot yang paling pas untuk menikmati sunset yang mempesona.

Lokasi: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

28. Kebun Binatang Gembiraloka

Kebun Binatang Gembira loka

Image Credit: Travelnesia.xyz

Indonesia memiliki satwa yang beragam. Keberagaman ini dihadirkan oleh pengelola dengan Kebun Binatang Gembiraloka.  Ada banyak binatang yang bisa dilihat secara aman. Wisatawan diizinkan untuk memberi makan kepada binatang yang ada di dalamnya.

Kebun Binatang Gembiraloka mulai beroperasi sejak pukul 08.00 sampai 16.00. Biaya masuk yang harus dibayar adalah 30.000 untuk setiap orang. Jika ingin mengunjungi lokasi ini, datanglah ke Jalan Kebun Raya nomor 2.

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

29. Upside Down World Jogja

Upside Down World Jogja

Image Credit: Noniq.co

Wisata dengan fasilitas terbalik cukup populer di kalangan wisatawan. Obyek wisata tersebut juga dihadirkan ke Jogja. Upside Down World menghadirkan konsep perabotan rumah tangga. Terdapat 8 spot foto yang tersedia, mulai dari ruang tamu, kamar timur, dapur, dan lain-lain.

Tiket masuk yang dipatok adalah Rp 40.000 untuk anak-anak dengan di bawah 135 cm dan Rp 60.000 untuk dewasa. Wisatawan akan ditemani guest assistance. Upside Down World hadir di Jalan Ring Road Utara. Tempat ini buka pada pukul 10.00-19.00.

Lokasi: Jl. Utama Pugeran, Puyeran, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

30. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Image Credit: Sintiaastarina.com

Pasar Beringharjo terletak di sekitar Malioboro. Ada banyak penjual suvenir yang menjual dengan harga sangat murah. Banyak wisatawan yang memborong suvenir di Pasar beringharjo karena harganya yang murah.

BACA:  15 Wisata Museum di Jogja yang Paling Favorit Dikunjungi

Tidak hanya suvenir, Pasar Beringharjo juga menjajakan barang lain seperti batik, makanan, barang antik, sampai bahan dasar jamu. Pasar Beringharjo mulai beroperasi sejak pagi sampai malam. Wisatawan bisa berkeliling dari ujung ke ujung untuk mendapatkan suvenir yang cocok.

Lokasi: Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

31. Museum Affandi

Museum Affandi

Image Credit: 1001malam.com

Affandi adalah seorang pelukis yang tinggal di Jogja. Museum Affandi menyimpan berbagai macam lukisannya yang telah dia buat selama hidupnya. Museum Affandi juga menyimpan karya seni yang dibuat oleh seniman lain.

Penggemar seni sangat perlu mengunjungi tempat ini untuk melihat karya yang telah menjadi legenda. Museum Affandi ada di Jalan Laksda Adisucipto dan beroperasi pada pukul 09.00-14.00 setiap hari kecuali saat libur nasional. Untuk masuk, wisatawan perlu membayar sebesar Rp 20.000.

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

32. Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksi

Image Credit: Wisatacheria.com

Tebing Breksi terletak d Groyokan Sambirejo. Tebing Breksi menghadirkan spot foto menarik dan unik. Lokasi ini merupakan batuan yang dipahat dan diukir secara baik sehingga bisa menjadi obyek foto wisatawan. Salah satu ukuran yang ada adalah wayang.

Batuan di Tebing Breksi berwarna abu-abu. Pemandangan di sekitar Tebing Breksi sangat indah. Wisatawan hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp 5.000 untuk bisa masul. Tebing Breksi bisa dikunjungi saat pagi sampai sore. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di Tebing Breksi adalah saat sore hari.

Lokasi: Jl. Candi Ijo, Gn. Ciuk, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

33. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Wisata sejarah yang terkenal di Yogyakarta adalah Benteng Vredeburg. Benteng ini menjadi museum yang menunjukkan perjuangan bangsa Indonesia saat melawan Belanda. Dalam museum tersebut terdapat diorama yang akan menambah wawasan bagi wisatawan.

Benteng Vredeburg terletak di sekitar Jalan Malioboro. Benteng Vredeburg biasanya menjadi tempat festival budaya. Di sekitar Benteng Vredeburg bisa menjadi lokasi untuk berjalan-jalan sambil menikmati makanan di kafe sekitarnya.

Lokasi: Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

34. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark

Image Credit: Outingjogja.com

Edupark Jogja begitu banyak orang orang menyebutnya. Edupark merupakan wisata yang menawarkan banyak wahana bermain untuk orang dewasa atau anak anak. Meskipun terbilang baru, namun sangat pas untuk menghabiskan liburan di kota Gudeg ini.

Tidak terlalu jauh dari pusat kota, anda bisa mudah untuk menjangkaunya. Belum lagi ada banyak wahana menarik yang bisa anda jelajahi dan eksplore di dalam.

Lokasi: Jl. Kragilan, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman.

35. Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja

Image Credit: Sewamobiljogja.id

Jika anda ingin mengunjungi tempat yang menawarkan pemandangan dari ketinggian, Bukit Bintang Jogja tidak bisa dilewatkan. Bukit bintang menawarkan landscape kota Jogja yang menawan. Tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan dari ketinggian, pengunjung juga bisa menikmati banyak sajian kuliner.

Bagi pecinta foto, beragam spot menarik bisa anda jadikan spot untuk foto. Apalagi Bukit Bintang letaknnya tidak jauh dari pusat kota Jogja.

Lokasi: Srimulyo, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul.

36. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung

Image Credit: Dakatour.com

Jika anda ingin berburu sunrise Bukit Pangung Kediwung bisa menjadi alternatif. Spot sunrise satu ini terbilang terbaik di Jogja. Hamparan perbukitan dengan bukit panguk sebagai hits spotnya membuat pemandangannya begitu luar biasa.

Menanti mentari terbit di tempat ini akan jadi liburan yang terlupakan. Meskipun terbilang baru, namun fasilitas yang disediakan sudah terbilang lengkap dan memadai dengan harga tiket yang terjangkau.

Lokasi: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

37. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul

Image Credit: Pegipegi.com

Alun-Alun Kidul merupakan lapangan luas dengan pohon beringin di tengahnya. Di sini terdapat tradisi bernama ‘masangin’. Tradisi dilakukan dengan menutup mata seseorang dan memintanya untuk jalan lurus melewati pohon beringin.

Lokasi ini cukup ramai ketika hari sudah memasuki waktu sore menjelang malam. Di sekitar Alun-Alun Kidul ada banyak warung yang menyediakan makanan ringan seperti jagung bakar atau ronde. Wisawatan bisa bersantai atau berjalan-jalan di sekitar Alun-Alun Kidul.

Lokasi: Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

38. Kebun Buah Langka Sedayu

Kebun Buah Langka Sedayu

Image Credit: Kabarkota.com

Wisata yang sesuai untuk anak-anak adalah Kebun Buah Langka Sedayu. Berbeda dengan kebun buah biasa, di sini menyediakan buah yang langka. Terdapat sekitar 300 buah langka yang berasal dari Indonesia dan luar negeri yang bisa diamati.

Contoh buah langka yang ada antara lain anggur brasil, jeruk nagami, dan lain sebagainya. Wisata ini sangat cocok menjadi wisata edukasi bagi anak-anak. Lokasi Kebun Buah Langka Sedayu ada di Jalan Water KM 12, Kecamatan Sedayu, Bantul.

Lokasi: Jl. Argorejo, Sundi Kidul, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

39. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

Image Credit: Jejakpiknik.com

Museum menjadi lokasi menarik untuk dikunjungi saat liburan. Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang menyimpan koleksi dari Kejaraan Mataram. Wisatawan akan mendapatkan wawasan mengenai sejarah dan budaya Kerajaan Mataram.

Ketika mengunjungi Museum Ullen Sentalu, wisatawan tidak diizinkan untuk mengambil foto. Peraturan ini diberlakukan kepada siapapun agar wisatawan dapat fokus menikmati obyek bersejarah yang ada di dalamnya. Museum Ullen Sentalu terletak di Sleman. Museum ini mulai buka pada 09.00 sampai 16.00. Wisatawan perlu membayar Rp 25.000 sebelum masuk.

Lokasi: Jl. Boyong, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

40. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang

Image Credit: Liburananak.com

Kaliurang merupakan lokasi yang ada di sekitar Gunung Merapi. Di lokasi tersebut terdapat Tlogo Putri yang sering menjadi pilihan destinasi untuk wisatawan. Tlogo Putri menghadirkan suasana yang sejuk dan tenang khas dataran tinggi. Di sini terdapat banyak kuliner yang patut untuk dicoba, seperti sate kelinci, jadah tempe, dan lain-lain.

Wiatawan yang ingin mengunjungi tempat ini hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp 3.000 per orang. Sembari berjalan-jalan, wisatawan bisa mengambil foto pemandangan di sekitar. Di Tlogo Putri, wisatawan bisa menginap di banyak tempat penginapan yang ada. Harga penginapan yang dipatok sangat terjangkau. Wisatawan bisa menikmati waktu bersama dengan keluarga.

Lokasi: Jl. Tlogo Putri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jogja menjadi kota yang tidak pernah bosan untuk dikunjungi ketika berlibur. Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja di atas dapat menjadi referensi saat menikmati liburan. Selamat berlibur di Yogyakarta.