Candi Borobudur, Candi Buddha Terbesar di Dunia Favorit Wisatawan

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar dan termasuk warisan budaya dunia diakui UNESCO. Wisata candi populer yang mampu memikat perhatian wisatawan mancanegara.

Lokasi: Jl. Badrawati, Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.
Map: Cek Lokasi

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi berskala internasional yang ada di Indonesia. Setiap tahun, wisata ini mampu menarik hingga jutaan orang. Pengunjungnya bukan hanya wisatawan yang berasal dari wilayah Indonesia, melainkan wisatawan mancanegara yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Candi yang dibangun bada abad ke-9 ini, dibangun dengan dua juta balok yang tersusun dengan rapi dan kuat. Memiliki relief yang panjangnya mencapai 6 km yang terdiri dari 2672 panel relief. Relief ini menceritakan empat buah kisah utama dan merekam keadaan masyarakat Jawa pada masa itu.

Borobudur merupakan candi terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen terbesar di dunia. Candi ini memiliki 72 buah stupa dengan bentuk lonceng yang terletak di atas bangunannya. Stupa-stupa ini mengelilingi sebuah stupa terbesar yang ada di puncak candi.

Daya Tarik Wisata yang Dimiliki Candi Borobudur

Daya Tarik Candi Borobudur

Image Credit: Facebook.com @backpacker-nusantara

1. Meraih Banyak Penghargaan

Kemegahan dan keunikan candi cantik ini membuat banyak pihak tertarik. Salah satu gelar yang dimiliki dan telah banyak diketahui masyarakat adalah Warisan Budaya Dunia (World Heritage Site) dari UNESCO.

Selain dikenal sebagai candi terbesar di dunia, Candi Borobudur nyatanya meraih banyak penghargaan seperti penghargaan kawasan wisata bebas rokok dari SEATCA di tahu 2018, penghargaan sebagai candi terbesar di dunia menurut Guinnes World Record di tahun 2012. Serta PATA Gold Awards di tahun 2011 untuk kategori Heritage.

2. Cerita di Relief

Relief di dinding candi Borobudur ternyata merupakan sebuah kisah. Relief ini terbagi menjadi empat kisah utama yang merupakan perjalanan dari sang Buddha. Jika Anda ingin mengetahui ceritanya bisa mengikuti relief sesuai arah jarum jam.

Pembacaan relief dengan searah jarum jam akan membuat wisatawan memulai dan mengakhiri di bagian timur candi. Hal ini menunjukkan bahwa gerbang utama menghadap ke timur sebagaimana candi Buddha pada umumnya.

3. Pusat Ibadah Umat Buddha di Indonesia

Borobudur merupakan pusat ibadah bagi penganut Buddha di Indonesia. Maka, pengunjung yang datang pada hari hari ibadah umat Buddha dapat melihat ritual yang dilakukan di candi ini. Candi akan ramai pada hari besar khususnya pada setiap perayaan waisak.

Waisak jatuh pada setiap bulan Mei atau Juni jika tahun kabisat. Waisak merupakan peringatan kelahiran, kematian dan saat Siddharta Gautama memperleh kebijaksanaan tertinggi menjadi Buddha Shakyamuni.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Wonogiri yang Enak & Wajib Anda Coba

Upacara dilakukan ketika bulan purnama penuh dengan berpusat pada tiga buah candi yaitu Mendut, Pawon dan Borobudur. Hari waisak menjadi momen berkumpulnya penganut Buddha dari seluruh Indonesia.

Daya Tarik dari Candi Borobudur

Image Credit: Google Maps (M. Steinhauer)

4. Arsitektur yang Megah dan Kaya Makna

Borobudur memiliki terdiri dari 10 tingkat. Tingkatan ini terdiri dari enam tingkat yang berbentuk bujur sangkar, bentuk lingkaran sebanyak 3 tingkat dan sebuah puncak dengan stupa utama. Di setiap terdapat beberapa stupa.

Sepuluh tingkat di candi ini memiliki makna perjalanan melalui sepuluh tingkat Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha. Sebuah keyakinan yang ada dalam filsafat Buddha. Stupa utama di puncak candi melambangkan kesempurnaan.

Jika dilihat dari atas, struktur yang ada di candi Borobudur membentuk mandala yang menggambarkan kosmologi Buddha dan cara manusia berfikir.

Terdapat empat pintu gerbang di empat sisi candi dan tangga yang bertingkat yang keseluruhannya membentuk piramida. Dalam filosofi Buddha, hal ini menggambarkan semua kehidupan yang berasal dari batu hingga mengalami reinkarnasi dan berakhir dengan kembalinya jiwa ke nirwana. Setiap proses ini juga ada di relief yang ada di dinding.

Candi ini memiliki ketinggian total 42 meter. Batu-batu yang disusun menjadi bangunan yang utuh ini tersambung tanpa menggunakan perekat atau semen. Batu-batu ini tersambung sesuai dengan pola yang ditumpuk.

5. Kebun Binatang

Di kawasan candi terdapat safari gajah. Wisatawan yang datang dapat menikmati atraksi gajah yang diadakan khusus untuk menghibur pengunjung. Lokasi atraksi tidak jauh dari kawasan utama candi sehingga tidak sulit untuk ditemukan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Harga Tiket Candi Borobudur

Image Credit: Google Maps (Bgnk 13)

Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 40 km dari kota Yogyakarta. Beralamat di Jalan Badrawati, Kecamatan Borobudur.

Jika Anda menggunakan pesawat dan turun di bandara Adi Sutjipto Yogyakarta, setelah sampai dari bandara Anda dapat menggunakan shuttle bus menuju Candi Borobudur. Bus akan mengantarkan Anda hingga depan pintu masuk tanpa harus naik turun atau mencari kendaraan lain lagi.

Biaya untuk menggunakan shuttle bus Joglo Semar dengan rute Yogyakarta-Magelang ini sekitar 85 ribu rupiah. Lama perjalanan yang ditempuh untuk sampai ke Magelang adalah satu jam.

Untuk Anda yang menggunakan kereta api sebagai moda transportasi, Anda dapat turun dari stasiun Tugu, Yogyakarta. Setelahnya Anda hanya perlu menggunakan shuttle bus menuju Candi Borobudur.

Jika menggunakan bus, wisatawan dapat langsung turun di Terminal Borobudur yang ada di Magelang. Namun, tidak semua jenis bus berhenti di terminal ini.

BACA:  Candi Plaosan, Candi Kembar yang Kaya Pesona di Klaten

Harga tiket yang harus dibayar setiap orang yang ingin memasuki kawasan candi adalah Rp 50.000 untuk dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak berusia 3-10 tahun. Untuk rombongan pelajar atau mahasiswa yang datang dengan minimal 20 orang, akan mendapat diskon sebanyak 50 %.

Tersedia pula paket Borobudur Sunrise yang menawarkan wisatawan supaya dapat menikmati sunrise dari lokasi ini, biayanya adalah Rp 350.000 per orang. Pengunjung yang membeli paket ini akan dapat masuk wilayah candi dari pukul 04.30 pagi melalui Manohara. Sementara, waktu beroperasi Candi Borobudur adalah 06.00 hingga jam 5 sore.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Candi Borobudur

Kegiatan di Candi Borobudur

Image Credit: Google Maps (Save Santos)

1. Melihat Relief Dari Dekat

Relief yang memenuhi dinding-dinding candi menjadi suatu hal yang tak boleh dilewatkan. Bukan hanya untuk dilihat sekilas namun diketahui kisah dibaliknya serta makna dari setiap goresan yang ada. Relief ini merupakan pahatan kisah yang terjadi pada masa sebelum Anda lahir di dunia, maka akan sangat menyenangkan jika didalami.

Anda tentu saja akan membutuhkan tour guide untuk menjelaskan makna dari masing-masing pahatan yang ada di dinding candi. Tidak mungkin Anda hanya mengandalkan insting untuk mengetahui sejarah yang terpatri apik tersebut.

2. Berfoto Ria

Berfoto jadi kegiatan yang tak boleh dilewatkan. Apalagi kesempatan mengunjung kawasan yang merupakan salah satu keajaiban dunia yang menjadi kebanggaan bangsa. Tentu, Anda harus menyiapkan alat dokumentasi terbaik agar gambar yang diambil menjadi sempurna.

Suasana candi ini pun sangat mendukung untuk pengambilan gambar. Banyak lokasi yang dapat Anda manfaatkan untuk spot foto. Lingkungan yang hijau juga menjadi daya tarik tersendiri untuk mengambil gambar. Apalagi jika Anda berkesempatan untuk datang saat matahari terbit di candi ini.

3. Mengelilingi Kompleks Candi

Area candi Borobudur sangat luas. Dengan tinggi total 42 meter, Anda memerlukan waktu untuk melihat keseluruhan bagian dengan detail. Anda dapat berputar mengelilingi kawasan candi sambil melihat stupa yang ada.

4. Menikmati Sunrise

Menikmati sunrise dari candi Borobudur akan menghadirkan pengalaman baru yang sangat luar biasa. Cahaya matahari pagi dilihat dari ketinggian candi dengan latar kehijauan dari pepohonan dan bukit bukit, serta kabut-kabut tipis yang menghias udara, merupakan perpaduan ciamik yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Kesempatan ini telah diambil oleh banyak orang. Pengelola Borobudur memang membuka kesempatan untuk pengunjung yang ingin menikmati matahari terbit dari wilayah candi. Dengan tiket seharga Rp 325.000 untuk orng dewasa dan Rp 162.500 untuk anak-anak, wisatawan sudah dapat memasuki kawasan candi mulai pukul 04.30.

BACA:  Brown Canyon, Tebing Batu Mempesona di Semarang Layaknya Grand Canyon

Tidak hanya itu, Anda akan mendapatkan snack dan air minum. Tiket untuk melihat sunrise ini bisa didapatkan di Manohara Hotel. Jadi sangat menarik untuk Anda dapatkan.

5. Bersepeda

Kawasan candi yang luas dapat Anda manfaatkan untuk melakukan kegiatan bersepeda. Anda dapat bersepeda mengelilingi taman dengan sepeda yang disediakan oleh pengelola. Sebelum melakukan kegiatan ini, Anda harus memastikan wilayah mana saja yang boleh dan tidak boleh untuk dilewati.

6. Safari Gajah

Pengelola menyediakan safari gajah dan atraksi gajah sebagai hiburan untuk pengunjung. Jika di candi Prambanan pengunjung akan melihat rusa-rusa yang berkeliaran, di Borobudur wisatawan akan bertemu dengan gajah-gajah yang aktif dan menawan.

7. Berbincang Dengan Native Speaker

Pengunjung Candi Borobudur tidak hanya wisatawan lokal, melainkan wisatawan mancanegara. Kesempatan bertemu dengan orang mancanegara dapat Anda manfaatkan jika Anda sedang belajar bahasa asing.

Dengan bertemu penutur asli, Anda dapat belajar dengan lebih detail mengenai logat dan cara bicara. Selain menambah skill berbahasa, Anda sekaligus mendapat kenalan baru untuk meluaskan relasi.

8. Jogging di Area Candi

Dalam sebuah agenda tahunan, kawasan candi Borobudur masuk menjadi wilayah yang dilintasi pelari marathon. Jika Anda, belum memiliki kesempatan untuk mengikuti agenda tersebut, mungkin Anda dapat melakukannya ketika berkunjung secara pribadi ke situs ini.

Pastikan Anda telah mengantongi izin dan bertanya terlebih dahulu mengenai rute yang ingin Anda lalui. Barangkali ada beberapa tempat yang harus terjaga karena masuk wilayah konservasi.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Borobudur

Fasilitas di Candi Borobudur

Image Credit: Instagram.com @aliensilvi

Sebagai destinasi yang memiliki pengunjung lokal dan mancanegara dengan jumlah jutaan per tahun, fasilitas di Borobudur dapat dikatakan membantu kebutuhan wisatawan. Fasilitas umum yang tersedia diantaranya mushola yang terletak di beberapa titik dengan perlengkapan untuk sholat. Ada toilet yang tersebar di kawasan candi ini.

Tak perlu takut kelaparan di lokasi ini karena tersedia warung tempat makan dengan beragam menu dan pemandangan Borobudur di depan mata. Ada pula pusat oleh-oleh yang tersedia di sekitar candi. Pedagang akan menjajakan souvenir miniatur candi yang cantik.

Anda dapat pula mendapat hiburan dengan atraksi gajah yang berlokasi tidak jauh dari kawasan utama candi dan bersafari dengannya. Selain itu, pengelola menyediakan sepeda yang dapat digunakan untuk mengelilingi area taman. Anda bisa menyewa sepeda bersama teman ataupun orang tercinta.

Candi Borobudur yang merupakan salah satu keajaiban dunia menjadi destinasi yang wajib dikunjungi minimal satu kali dalam hidup. Selain karena kemegahan arsitektur dan keindahan relief di dinding yang memiliki cerita, candi merupakan manifestasi dari kecerdasan bangsa yang telah berhasil membangun bangunan yang membanggakan.