Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 07.00–17.00 WIB, Alamat: Butuh, Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kini Nepal Van Java terkenal sebagai destinasi wisata favorit yang wajib untuk dikunjungi, jika Anda berkesempatan mampir ke daerah Temanggung, Magelang. Memiliki pemandangan dengan view gunung sumbing semakin menambah ke eksotisan obyek wisata satu ini. Wisatawan dapat berkeliling menik mati obyek ini sembari bersua foto ria. Meskipun terkenal ramai, tempat ini tetap menawarkan bayak daya tariknya.

Pemandangan dari tempat wisata yang mempunyai keindahan, dan keunikan pedesaan di Nepal akan memanjakan setiap pengunjung yang datang. Sangat direkomendasikan datang ke Nepal Van Java saat cuaca sedang cerah. Agar anda dapat menyaksikan keindahan dari gunung sumbing yang dilengkapi pedesaan yang sangat unik. Tak heran jika obyek wisata ini menjadi salah satu tempat yang hits.

Disana pengunjung dapat menikmati suasana alamnya yang cukup asri, sejuk, dan tentunya dapat mempesona bagi yang memandangnya. Selain itu di Nepal Van Java anda dapat menemukan beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola untuk pengunjung yang datang. Semua fasilitas tersebut, di rawat, di kelola, dan dijaga dengan baik, sehingga wisatawan dapat menikmatinya dengan lebih nyaman.

Daya Tarik yang Dimiliki Nepal Van Java

Daya Tarik Nepal Van Java
Image Credit: Google Maps choirul bhahari

Nepal Van Java merupakan salah satu obyek wisata yang menyuguhkan panorama keindahannya yang begitu indah, dan mempesona. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan sekitar, berbagai daerah, hingga negara, yang ingin menyaksikan pemandangannya tersebut. Keindahannya yang menakjubkan dan eksotis dapat memanjakan mata yang melihatnya.

1. Pemandangan Indah

Obyek wisata satu ini terkenal dengan pemandangannya yang serupa di Nepal. Pedesaannya yang tersusun secara rapi, dan gunung sumbing yang terlihat di sekitar desa ini semakin menambah keindahan dan keunikan bagi destinasi wisata tersebut. Hembusan udara segar juga dapat membuat anda menjadi tenang, setelah sibuk melakukan aktivitas.

Hiruk pikuk di perkotaan dan kegiatan yang cukup padat membuat anda terlalu stress, sehingga anda perlu untuk melepas kejenuhan dengan datang mengunjungi tempat wisata ini. Disini anda dapat menghembus udara sejuk, dengan melihat pemandangan yang indah. Dengan berekreasi atau berlibur disini anda akan merasa tenang dan fresh pikiran.

Sehingga anda dapat semangat kembali melanjutkan kegiatan sehari-harinya. Pemandangannya yang indah dapat menjadi salah satu daya tarik dari Nepal Van Java. Tak khayal jika destinasi wisata itu ramai dipadati oleh banyak pengunjung.

2. Panorama Sunrise Eksotis

Sebagai salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan pemandangannya yang indah, obyek wisata ini juga menyuguhkan panorama sunrisenya yang begitu eksotis dan mempesona para pengunjung yang melihatnya. Kilauan sinar matahari yang khas menambah kehangatan tersendiri bagi wisatawan.

Oleh karena itu banyak wisatawan yang datang untuk memanfaatkannya untuk melihat ke eksotisan sunrise disini. Jadi tak heran, jika panorama sunrise eksotis dari Nepal Van Java dapat menjadi salah satu daya tarik.

Daya Tarik Dimiliki Nepal Van Java
Image Credit: Instagram Rental Mobil Solo Jogja Smg

3. Lokasi Wisata Tertinggi di Magelang

Destinasi wisata satu ini terletak di sebuah desa bernama Butuh Kaliangkrik yang menjadi salah satu tempat wisata tertinggi yang berada di Magelang dengan ketinggian sekitar 1700 MDPL. Rumah warga berada di sekitar gunung sumbing, yang biasa dijadikan sebagai spot foto instagramble.

Sehingga banyak dari wisatawan memanfaatkan untuk mengambil foto dengan latar belakang berupa gunung dan dilengkapi rumah tersusun rapi, menambah foto yang diambil terlihat lebih bagus. Oleh karena itu, lokasi wisata tertinggi di magelang ini dapat menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang hendak berkunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Nepal Van Java
Image Credit: Google Maps Yani Rasjid

Nepal Van Java adalah obyek wisata yang terletak di daerah Magelang atau tepatnya di desa Butuh Kaliangkrik, yang selalu ramai dipadati oleh para wisatawan sekitar maupun berbagai daerah. Lokasi obyek ini berjarak 21,5 km atau waktu tempuh perjalanan 1 jam dari kota Magelang. Akses menuju lokasi tujuan tersebut sangatlah mudah karena banyak papan petunjuk jalan yang mengarah ke destinasi ini.

Waktu tempuh menuju pantai dapat berubah menjadi lama dari perkiraan, manakala kawasan ini terjadi kemacetan. Biasanya saat hari merah, weekend ataupun libur nasional jumlah wisatawan yang datang akan meningkat. Hal tersebutlah dapat mengakibatkan jalanan menuju lokasi pantai menjadi lebih padat. Para pengunjung yang datang dapat menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Rute menuju lokasi destinasi wisata dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Bagi anda yang berasal dari Semarang, anda dapat menempuh perjalanan menuju kota Magelang dari arah utara. Sedangkan apabila dari Yogyakarta anda bisa melakukan perjalanan untuk menuju kota Magelang dari arah selatan.

Kemudian, anda dapat melakukan perjalanan dari kota Magelang menuju wisata Nepal Van Java dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Setelah sesampainya disana anda dapat menikmati pemandangan destinasi wisata ini yang begitu indah, menawan, dan mempesona. Tentunya dapat memanjakan mata para wisatawan yang melihat dan menyaksikan panoramanya yang menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Nepal Van Java
Image Credit: Google Maps Fardiah Nafisah Oemar

Saat anda memasuki obyek wisata tentunya anda akan dikenakan biaya tiket masuk, begitupula ketika anda memasuki kawasan wisata Nepal Van Java ini anda juga perlu untuk membayar tarif masuk sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh para pengelola. Setiap pengunjung yang datang dikenakan besaran biaya sebesar Rp 8.000 per orangnya. Serta biaya sebesar Rp 2000 untuk menikmati teras Nepal.

Bagi anda yang ingin berkeliling obyek wisata ini, anda dapat menaiki ojek keliling yang telah ada disana dengan besaran biaya sebesar Rp 10.000 hingga Rp 30.000. Bagi para pengunjung yang membawa sebuah kendaraan pribadi baik motor maupun mobil akan dikenakan biaya parkir dengan besaran yang berbeda.

Untuk tarif motor sendiri biaya parkir sebesar Rp 2000. Sedangkan untuk biaya parkir mobil dengan besaran biaya parkir sebesar Rp 5000.

Setelah membayar semua tiket masuk dan biaya parkir anda dapat menikmati pemandangan dari obyek wisata satu ini dengan leluasa berkeliling, dan melihat pemandangan indahnya yang instagramble. Sehingga banyak orang memanfaatkan waktu berlibur atau rekreasi kesini, sebab menyuguhkan destinasi yang begitu bagus dengan biaya masuk yang cukup terjangkau.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Nepal Van Java

Aktivitas di Nepal Van Java
Image Credit: Google Maps wsn 13

1. Menikmati Pemandangan Indah

Tempat wisata ini menawarkan pemandangannya yang begitu indah, menawan, asri dan mempesona. Bentuk pedesaannya yang unik dan berada di sekitar gunung sumbing, semakin menambah ke eksotisan destinasi wisata ini. Disana anda dapat berkeliling untuk mengeksplor obyek wisata satu ini.

Serta menikmati pemandangan indah dengan hembusan angin dan udaranya yang sejuk membuat anda merasa lebih tenang. Tak khayal jika kegiatan menikmati pemandangan di Nepal menjadi salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan pengunjung ketika berada disana. Oleh karena itu, banyak wisatawan datang untuk memanfaatkan pemandangannya yang indah.

2. Menikmati Pemandangan Sunrise

Tak hanya terkenal dengan pemandangan indahnya saja, Nepal Van Java juga mempunyai pemandangan sunrise yang begitu cantik dan menawan. Para wisatawan yang datang dapat melakukan aktivitas tersebut, sembari menikmati secangkir teh yang dapat menambah suasana menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, kilauan khas dari sinar matahari terbit dapat membuat siapa saja yang melihatnya terpesona akan kecantikannya. Jadi tak heran manakala menikmati pemandangan sunrise di Nepal merupakan salah satu kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika sedang berlibur atau berwisata disana.

Aktivitas Menarik di Nepal Van Java
Image Credit: Google Maps Claudya Putri

3. Berfoto di Spot Instagramable

Kegiatan yang tidak boleh terlewatkan ketika mengunjungi suatu tempat yaitu berfoto-foto. Keindahan pemandangan dengan rumah warga yang tersusun rapi, dan dilengkapi dengan gunung sumbing yang berada di sekitarnya semakin menambah ke eksotisan, mempesona, dan instagramble. Jadi sangat sayang, manakala anda tidak mengabadikan moment berlibur anda.

Spot utama obyek wisata berupa rumah warga yang unik sebab berdiri di ketinggian 1700 MDPL dan gunung sumbing yang mempesona. Serta dapat membuat destinasi wisata ini terlihat bagus dan serupa dengan destinasi di luar negeri.

Oleh karena itu banyak dari wisatawan yang datang memanfaatkannya untuk mengambil foto atau mengabadikan momennya ketika berada di tempat wisata tersebut. Jadi tidak heran jika berfoto-foto di destinasi wisata ini adalah salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan ketika disana.

4. Menikmati Suasana Malam Hari

Selain menikmati pemandangan sunrise disana, anda juga dapat menikmati suasana malam di obyek wisata satu ini. Pada malam hari tempat ini menyuguhkan cahaya lampu rumah warga yang berada di kaki gunung sumbing seakan menghiasi perbukitan. Serta adanya siluet pada gunung di sekitar obyek wisata ini menambah kesan indah.

Suasana malam di Nepal Van Java sangat cocok untuk dinikmatinya dan diabadikannya melalui sebuah foto sebagai kenangan pernah berkunjung ke destinasi wisata satu ini. Tak hanya dapat merasakan suasana dan sensasi yang menyenangkan saat bermalam di tempat ini. Anda juga bisa untuk menyewa kamar di beberapa penginapan yang telah ada di obyek wisata tersebut.

Sehingga banyak orang yang datang kesana hanya untuk memanfaatkan suasana malamnya yang begitu indah. Jadi tidak heran jika hal ini menjadi salah satu kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika berkunjung disana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Wisata Nepal Van Java
Image Credit: Instagram One Point Ouw_ Aerial

Sebagai salah satu obyek wisata yang cukup terkenal di Magelang, tentunya keberadaan fasilitas bagi para pengunjung sangatlah penting. Oleh karena itu, pengelola kawasan wisata Nepal Van Java menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Sehingga para pengunjung dapat menikmati aktivitasnya dengan lebih menyenangkan.

Terdapat fasilitas untuk menunjang kegiatan wisatawan seperti telah disediakannya penyewaan motor atau ojek. Sehingga dapat digunakan oleh para wisatawan untuk melakukan aktivitas untuk berkeliling menyelusuri obyek wisata. Fasilitas yang disediakan oleh para pengelola tersebut nyaman untuk digunakannya.

Fasilitas pendukung lain seperti tempat parkir, tempat makan, warung atau kios-kios dan tempat penginapan yang mudah untuk ditemukan di sekitar kawasan wisata ini. Jadi para pengunjung kawasan wisata ini dapat menikmati perjalanan wisata atau berliburnya di tempat ini dengan lebih nyaman dan berkesan.

Itulah beberapa daya tarik, fasilitas, dan rute menuju kawasan wisata Nepal Van Java. Sarana dan prasarana pada tempat wisata satu ini telah disediakan dengan cukup lengkap sehingga para wisatawan dapat berlibur atau berwisata dengan menikmati keindahan destinasi wisata tersebut dengan lebih asyik dan menyenangkan.