Indahnya Ketep Pass, Objek Wisata Alam Kaya Pesona di Magelang

Ketep Pass Magelang

Ketep Pass salah satu objek wisata yang menawarkan pesona alam menakjubkan di Magelang. Pengunjung bisa menyaksikan pesona 5 puncak gunung sebagai daya tariknya.

Lokasi: Jl. Blabak-Boyolali No.KM.16, Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang.
Map: Cek Lokasi

Ketep Pass, sebuah nama dari destinasi wisata yang terdapat di Puncak Bukit Sawangan, Magelang. Dengan ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, dari tempat ini Anda dapat melihat pemandangan yang memesona dari puluhan gunung dan bukit yang memiliki keindahan memukau. Tempat ini tidak pernah sepi dari wisatawan bahkan di hari biasa.

Keberadaan destinasi wisata yang indah ini diapit oleh Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, hal ini menjadikannya sangat cocok untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Selain kedua gunung itu, terdapat juga Gunung Slamet, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Kelimanya merupakan gunung tertinggi dan terdekat yang bisa dilihat dari tempat ini.

Tidak hanya itu, jejeran pegunungan dan perbukitan yang seolah melingkari puncak ini terlihat indah dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Anda dapat merasakan rasanya mengamati puluhan puncak gunung dalam satu waktu. Dengan fasilitas teropong yang tersedia, Anda sudah dapat mengakses pemandangan indah tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Ketep Pass

Daya Tarik Wisata Ketep Pass

Image Credit: Twitter.com @marlina_pm

Sebuah tempat yang menuntun Anda mengetahui bagaimana pemandangan dari gunung dan bukit yang berjejer-jejer indah. Ketep Pass adalah satu dari sekian destinasi wisata di Magelang yang memiliki keindahan dari pegunungan yang menjulang yang melukiskan kenangan tidak mudah terlupakan.

1. Pemandangan Gunung dan Bukit yang Memukau

Berada di antara dua gunung, yaitu Merbabu dan Merapi membuat Ketep Pass memiliki pemandangan yang luar biasa. Pada ketinggian 1200 mdpl dan luas 8000 meter persegi ini, Anda dapat merasakan kesejukan dan kealamian dari pemandangan yang ditawarkan. Puncak di kedua tempat tersebut dapat terlihat jelas, bahkan terlihat juga bekas erupsi Gunung Merapi.

Tempat ini berada di ketinggian yang ideal untuk mengamati keindahan yang diperlihatkan alam kepada Anda. Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung, mungkin tempat ini bisa menjadi referensi untuk berlibur dan melihat pemandangan gunung-gunung dari sudut pandang berbeda.

Di tempat ini juga terdapat sebuah spot bernama Pelataran Panca Agra. Tempat yang akan menunjukkan kepada Anda pemandangan terindah dari lima gunung yang memancarkan keindahannya. Panca Agra sendiri berarti lima gunung. Sesuai namanya, pemandangan di sini sangat indah dan asri.

2. Adanya Bioskop Mini dan Museum

Museum Vulcanologi. Dari namanya tentu Anda dapat membayangkan wisata museum bertema pegunungan. Ternyata tidak hanya wisata alam yang ditawarkan, tempat ini juga menyediakan wisata edukasi yang unik dan menarik minat para wisatawan untuk berkunjung. Edukasi di tempat ini bertema geografi dan pegunungan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Tegal Paling Populer

Museum tersebut dibangun untuk mengajarkan kepada para pengunjung segala pengetahuan tentang Gunung Merapi. Mulai dari sejarah terbentuk, peta jalur pendakian, serta semua hal yang berkaitan dengan gunung yang terakhir erupsi pada 21 Juni 2020 ini.

Tidak hanya museum ini. Terdapat juga sebuah bioskop mini. Bioskop ini adalah tempat yang pas bagi Anda menilik ke masa lalu, tepatnya tentang pembentukan Gunung Merapi dan hal-hal runtut yang terjadi setelahnya. Semua itu dikemas dalam sebuah film dokumenter berdurasi 30 menit.

Terdapat dua buah teropong besar yang menjadi pelengkap fasilitas hiburan di sini. Dengan alat ini Anda dapat menikmati keindahan dari puncak Sawangan. Teropong-teropong ini terletak di dua tempat berbeda, yang satu ada di Gardu Pandang dan yang satunya terdapat di Puncak Panca Arga.

Daya Tarik Ketep Pass

Image Credit: Google Maps (Imron Anshori Shodiq)

3. Suasananya yang Sejuk dan Nyaman

Destinasi wisata Ketep Pass yang ada di Puncak Sawangan sendiri memiliki ketinggian 1200 mdpl. Hal ini membuat area wisata menjadi sejuk dan dingin, serta luasnya adalah 8000 meter persegi. Dengan suasana ini, menikmati pemandangan yang ditawarkan tempat ini akan menambah kenyamanan dalam berlibur.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Ketep Pass

Alamat Ketep Pass

Image Credit: Google Maps (TraveLife Expedition)

Destinasi wisata yang menawarkan keindahan pemandangan dari lima gunung ini dapat Anda temukan di Magelang. Alamat lebih tepatnya berada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan. Salah satu tempat wisata yang ada di Jawa Tengah ini diapit oleh dua gunung besar terdekat yakni Merapi dan Merbabu.

Tempat yang diresmikan pada tahun 2002 oleh Presiden ke 5 Megawati Soekarno Putri ini bisa diakses dari beberapa rute perjalanan, salah satunya adalah Kota Yogyakarta. Dari pusat kota ini, Anda dapat mengambil jalan menuju Jalan Mataram, setelahnya lalu Jalan Abu Bakar Ali. Anda dapat melewati Jalan Tentara Rakyat Mataram sebelum akhirnya harus melewati Jalan Besar Magelang – Yogyakarta.

Dari jalur tersebut, Anda hanya harus berkendara menuju Jalan Blabak – Boyolali, sebelum akhirnya sampai ke tujuan setelah melewati Jalan Ketep Kopeng. Dengan jalur ini, Anda akan sampai ke Ketep Pass setelah menempuh jarak 43 kilometer dan 1.5 jam perjalanan. Jalur yang Anda lewati sepanjang perjalanan ini merupakan jalan utama dari rute yang ada di Yogyakarta.

Atau, jika Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Magelang, Anda akan menempuh perjalanan selama 0.5 jam dengan jarak tempuh 27 kilometer. Dimulai dengan melewati Jalan Pajang I, lalu berkendara menuju Jalan Magelang – Yogyakarta.

BACA:  Alun-Alun Kidul, Taman Rekreasi & Tempat Kulineran Favorit di Boyolali

Setelah itu, Anda harus melewati Jalan Blabak Mungkid / Jalan Candimulto sebelum kemudian sampai ke Jalan Ketep Kopeng. Perjalanan akan berakhir ketika Anda berkendara pada jalur Magelang – Boyolali, lalu berhenti di tanda masuk wisata Ketep Pass. Rute ini juga termasuk rute utama dan paling terdekat.

Harga Tiket Masuk Wisata Ketep Pass Magelang

Harga Tiket Ketep Pass

Image Credit: Google Maps (Bintang Kejora)

Seperti halnya sebuah tempat destinasi wisata, tempat ini juga mematok harga bagi siapapun yang ingin memasukinya. Dengan harga tiket Rp 10.500 pada hari biasa dan Rp 12.500 pada hari libur atau weekend, Anda sudah bisa menikmati pemandangan menakjubkan dari bukit ini.

Untuk wisatawan dari luar negeri dipatok harga US 3 $ atau sekitar Rp 50.000 untuk biaya tiket pada hari biasa. Selain itu, di hari libur atau weekend berlaku harga yang berbeda, yakni Rp 60.000. Dengan harga tiket sejumlah itu dan dibayarkan pada awal masuk, wisatawan luar negeri tersebut sudah dapat menikmati semua fasilitas yang tersedia di Ketep Pass.

Harga yang tertera untuk wisatawan domestik belum termasuk biaya penggunaan fasilitas seperti teropong, bioskop, dan museum. Masing-masing dikenai harga yang bisa dibilang cukup ramah di kantong, seperti Rp 5.000 untuk sewa teropong dan Rp 7.000 untuk bioskop mini.

Adapula biaya parkir yang ditanggung oleh wisatawan, yaitu Rp 2.000 untuk kendaraan beroda dua, Rp 5.000 untuk mobil, Rp 7.000 untuk kendaraan mini bus, dan Rp 12.000 untuk bus pariwisata besar.

Jam buka untuk tempat ini adalah dari jam 6 pagi hingga 5 petang, dari sini Anda dapat mengamati pemandangan pagi dan sore hati di pegunungan yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Harga yang tertera di atas merupakan update terbaru, bisa saja terjadi perubahan sewaktu-waktu mengenai harga-harga tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Ketep Pass

Kegiatan di Ketep Pass

Image Credit: Instagram.com @settiawan_07

1. Bersantai Menikmati Pemandangan

Ada banyak cara yang bisa Anda pilih untuk menikmati kenyamanan Anda selama berlibur di sini. Pemandangan indah dari gunung-gunung yang terlihat di puncak Sawangan ini bisa Anda lihat dengan mata telanjang sambil bersantai di Gardu Pandang. Tempat ini merupakan sebuah spot dimana Anda dapat menemukan salah satu teropong besar dan melihat keindahan di kejauhan.

Teropong itu terdapat di dekat Gardu Pandang, sementara yang satunya berada di Panca Agra. Kedua benda ini bertujuan untuk menambah kesan para pengunjung ketika berlibur kemari.

BACA:  Punthuk Setumbu, Intip Keindahan Alam & Sunrise di Magelang

Gardu Pandang sendiri merupakan sebuah gazebo atau saung yang terletak di beberapa titik destinasi wisata ini. Dari sini Anda dapat memerhatikan pemandangan sekeliling Anda yang indah sambil bersantai. Sementara itu, ketika Anda berada di Panca Agra, Anda dapat melihat pemandangan menakjubkan dari lima gunung yang ada di sana.

2. Berlibur Sambil Belajar

Di Ketep Pass Anda dapat menemukan sebuah bioskop mini bernama Vulcanical Theater dan Museum Vulcanic. Di kedua tempat ini Anda akan mendapat pengalaman mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan Gunung Merapi dan beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan pegunungan.

Di dalam bioskop mini yang bisa menampung 78 pengunjung, Anda akan menyaksikan film dokumenter tentang Gunung Merapi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi setelah letusan gunung berapi tersebut. Sementara itu, jika Anda mengunjungi museumnya, Anda akan mendapatkan ilmu baru tentang pergunungan dan seluk-beluk Gunung Merapi.

Dengan luas 550 meter persegi, bangunan museum ini berdiri dengan banyak pelajaran tentang pegunungan di dalamnya. Sebuah miniatur yang berbentuk Gunung Merapi juga terdapat di dalam museum ini. Benda tersebut disebut sebagai alat bantu mengajar untuk mengenalkan apa saja yang ada di Gunung Merapi mengingat miniatur ini berbentuk seperti aslinya.

3. Mencicipi Kuliner

Sebuah tempat makan berdinding kaca seolah didesain khusus untuk para wisatawan yang lapar dapat menikmati makanannya sambil melihat pemandangan di luar. Dengan menu-menunya yang lezat membuat tempat ini banyak direkomendasikan untuk dikunjungi selagi berlibur di Ketep Pass. Anda juga dapat menikmati lezatnya jagung bakar di sini.

4. Mencari Spot Foto Terbaik

Pemandangan gunung-gunung yang indah yang tidak setiap hari Anda lihat cukup menjadi alasan mengapa harus mengabadikan foto di sini. Beberapa spot foto seperti Panca Agra dan Gardu Pandang akan semakin mempercantik foto Anda bersama sahabat atau keluarga Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Ketep Pass Magelang

Fasilitas di Ketep Pass

Image Credit: Google Maps (Severinus Dewantara)

Destinasi wisata yang memukau pengunjung dengan pemandangan puncak gunungnya ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Untuk fasilitas hiburannya seperti teropong, museum, hingga bioskop mini ini sudah sangat baik untuk menunjang kenyamanan wisatawan ketika berlibur kemari.

Fasilitas tambahan seperti toilet umum, mushola, dan tempat makan di sini juga sudah tersedia. Pengembangan dan penambahan fasilitas bukan hal yang mustahil mengingat tempat wisata ini sangat ramai walau di hari biasa sekalipun. Dengan begitu, wisatawan dapat berlibur dengan nyaman dan santai di wisata alam ini.

Ketep Pass, sebuah wisata yang ada di Puncak Bukit Sawangan. Tempat yang akan menunjukkan kepada Anda bentuk keindahan dari jejeran pegunungan dan bukit di sekitarnya. Memilih tempat liburan ini akan membuat Anda memiliki pengalaman tidak terlupakan tentang pegunungan yang menjulang indah di bawah langit.