17 Tempat Wisata di Magelang

Liburan menjadi bagian terpenting dalam kehidupan. Karena liburan dilakukan selain untuk mengenal beberapa daerah lain, liburan juga dilakukan untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan keluarga dengan lebih berkualitas.

Jika membahas tentang keindahan alam tentu Magelang menjadi kota yang tidak boleh terlewatkan. Kota dengan sebutan sejuta bunga ini merupakan kota yang cocok sebagai tempat berlibur Anda. Magelang memiliki udara yang sejuk serta pemandangan alam yang sangat indah.

Magelang merupakan kota yang dekat dengan Yogyakarta sehingga banyak wisatawan asing maupun lokal yang datang ke kota tersebut. Magelang merupakan kota yang kaya akan pemandangan alamnya karena diapit oleh 4 gunung sehingga pemandangan alam disana tentunya sangat menawan.

Berlibur ke Magelang merupakan pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang sudah bersantai dan menghirup udara segar. Untuk itu berikut akan diulas beberapa Tempat Wisata di Magelang yang wajib Anda kunjungi ketika disana.

1. Pinusan Kragilan

Pinusan Kragilan

Lokasi: Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Bakpiamutiarajogja.com

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang banyak disukai oleh anak muda. Disana Anda bisa mengambil berbagai foto yang bisa memperindah halaman sosial media Anda. Deretan pohon pinus yang berjejer dengan indah menambah keindahan disana.

Anda bisa mengambil di tengah-tengah pohon yang seolah-olah Anda sedang diluar negeri. Ini merupakan salah satu tempat yang paling cozy dan menarik perhatian banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda bisa mendapatkan foto-foto yang menarik dan berbeda di tempat ini.

2. Alun-Alun Magelang

Alun-Alun Magelang

Lokasi: Kec. Magelang Tengah, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Perpus.jatengprov.go.id

Alun-alun merupakan salah satu ikon kota Magelang dimana banyak masyarakat yang berkumpul untuk nongkrong atau sekedar berkumpul dengan keluarga. Di alun-alun biasanya akan banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai makanan dan juga beberapa permainan anak-anak.

Banyak keluarga yang sering berkumpul di alun-alun karena anak-anak bisa sambil menikmati permainan dan orang tuanya dapat menikmati kuliner setempat. Alun-alun sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Anda juga bisa mengabadikan momen liburan Anda dan keluarga dengan berfoto bersama.

3. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Lokasi: Tlogorejo, Grabag, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Eyeem.com

Jika menginginkan suasana yang sejuk dan juga asri saat liburan maka pilihan tepat jika Anda mengunjungi tempat wisata Air Terjun Sekar Langit ini. Air terjun ini merupakan air terjun bidadari yang konon ada pada kisah Jaka Tingkir.

Dimana Jaka Tingkir melihat bidadari mandi dan menyembunyikan kain bidadari tersebut dan akhirnya Jaka Tingkir menikah dengan bidadari tersebut. Jalan menuju ke air terjun ini cukup berliku dan terjal sehingga Anda haruslah lebih berhati-hati. Sebaiknya Anda menghindari batu-batu licin dan berjalan di batu yang tidak terlalu berkerikil.

4. Rumah Kamera

Rumah Kamera

Lokasi: Jl. Pahlawan No. 55, Kec. Magelang Tengah, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Akurat.co

Sesuai namanya Rumah Kamera ini sangat unik karena rumah ini dibangun dengan bentuk kamera. Desain rumah inilah yang menjadi salah satu daya tarik tempat wisata yang satu ini. Letak Rumah Kamera ini tidak jauh dari Candi Borobudur. Sehingga Anda bisa sekalian singgah setelah ke Borobudur.

Rumah Kamera ini dibangun oleh seorang pelukis. Di dinding bangunan ini terdapat berbagai karya indah dari pelukis tersebut. Anda bisa naik ke lantai dua untuk bisa menikmati indahnya pemandangan serta sejuknya daerah Magelang. Anda bisa mengambil beberapa pemandangan atau selfie diri Anda.

5. Ketep Pass

Ketep Pass

Lokasi: Jl. Blabak – Boyolali KM. 16, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Bakpiamutiarajogja.com

Ketep Pass ini merupakan tempat wisata di Magelang yang cukup terkenal. Karena setiap hari libur pasti tempat ini sangat ramai dengan para pengunjung. Ketep Pass merupakan pagar panjang yang mengelilingi Museum Gunung Merapi. Di musim tersebut juga diberitahukan dimana saja titik erupsi.

Disana juga terdapat beberapa miniatur dari gunung merapi. Jalan ketempat ini cukuplah mudah karena tidak berbelok dan jalannya telah diaspal. Sehingga track untuk kesana sangat mudah dan Anda bisa menggunakan kendaraan kesana. Anda bisa menggunakan mobil atau motor karena jalan telah diaspal.

6. Kedung Kayang

Kedung Kayang

Lokasi: Jl. Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Kompas.com

Kedung Kayang merupakan tempat rekreasi di Magelang yang populer di kalangan anak muda. Kedung Kayang merupakan air terjun yang letaknya tidak terlalu jauh dari Ketep Pass. Kedung Kayang ini hanya bisa dijangkau dengan jalan kaki dan jaraknya cukuplah jauh. Sehingga ketika Anda kesana Anda harus mempersiapkan perbekalan Anda.

Anda akan melewati beberapa batuan yang cukup licin. Sehingga Anda harus sangat berhati-hati ketika menyusuri jalan ini. Namun semua kerja keras Anda akan terbayarkan ketika Anda sampai. Pemandangan diatas sana akan sangat tentram dan indah.

7. Taman Badakan

Taman Badakan

Lokasi: Jl. Pahlawan No. 190, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Tribunnews.com

Taman Badakan merupakan taman yang sangat disukai oleh anak-anak pada umumnya. Meskipun taman ini tidak memiliki ukuran yang luas namun taman ini dilengkapi dengan berbagai mainan anak-anak. Mulai dari mobil-mobilan, ayunan, andong-andong dan lain sebagainya.

Sehingga tentunya akan mengasikkan jika mengajak anak Anda bermain di taman ini. Selain itu, terdapat juga beberapa kios makanan yang bisa Anda nikmati. Tempat ini menjadi salah satu tempat piknik yang sangat cocok bagi Anda sekeluarga untuk menggunakan waktu dalam kebersamaan.

8. Candi Mendut

Candi Mendut

Lokasi: Jl. Magelang Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Pegipegi.com

Magelang memiliki beberapa candi yang digunakan sebagai tempat wisata. Salah satunya adalah Candi Mendut. Candi Mendut ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah sejak zaman prasejarah terdahulu. Didalam Candi ini berisikan beberapa cerita dan barang peninggalan sejarah.

Biasanya para siswa akan melakukan study tour ke candi ini. Meskipun candi ini sudah diperbaiki berkali-kali namun candi ini masih memiliki bagian yang asli dan terawat. Karena candi ini merupakan peninggalan sejarah yang sangat berharga maka harus terus dipelihara oleh generasi ke generasi.

9. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Lokasi: Jl. Borobudur Ngadiharjo KM. 4, Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Piknikasik.com

Punthuk Setumbu merupakan objek wisata yang wajib Anda datangi ketika ke Magelang. Karena tempat satu ini akan sangat cocok sekali dengan Anda para pemburu sunrise. Banyak sekali wisatawan yang datang kesini untuk menikmati sunrise.

Jika tidak heran jika tempat ini selalu ramai akan pengunjung. Disana juga dibangun beberapa wahana yang bisa mempercantik foto Anda. Dengan melihat sunrise maka Anda bisa merasakan ketenangan dan kesegaran udara disana.

10. Bukit Grenden

Bukit Grenden

Lokasi: Pakis-Ngablak, Kuwiden, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Borobudurnews.com

Bukit grenden menjadi populer karena spot foto yang menarik. Bukit Grenden ini terdapat di jalur  pendakian ketika ingin berkunjung ke gunung Merapi. Spot foto yang paling disukai oleh para kalangan muda adalah rumah kurcaci.

Disana Anda bisa berfoto dengan ornamen topi serta rumah bambu. Anda bisa merasakan sejuknya udara disana. Di Bukit Grenden Anda juga bisa menikmati sunrise dan sunset yang indah dan tidak akan terlupakan.

11. Gereja Ayam

Gereja Ayam

Lokasi: Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Wikipedia.org

Siapa yang tidak kenal Gereja Ayam, Objek Wisata di Magelang yang satu ini sangatlah terkenal. Banyak sekali wisatawan yang mendatangi tempat wisata ini. Gereja Ayam ini unik karena berbagai lukisan yang terpampang di gereja tersebut. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik tempat wisata ini.

Gereja ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga tidak bisa menampung orang banyak. Jadi ketika Anda berkunjung ke gereja ini Anda haruslah sabar mengantri karena banyak wisatawan yang datang.

12. Bukit Sleker Asri

Bukit Sleker Asri

Lokasi: Bandongan, Grenjeng, Gandusari, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Masduqi118.blogspot.com

Jika mencari tempat wisata yang asri dengan pemandangan yang indah maka sangat tepat Anda memilih bukit sleker asri. Tempat ini dikenal dengan desa hutan. Disana terdapat hutan pinus yang indah ditambah dengan gazebo-gazebo untuk Anda bersantai.

Disana Anda bisa mengambil foto yang instagramable banget. Anda juga bisa tiduran diayunan yang diikatkan pada pohon pinus. Tempat ini sangat enak sebagai tempat bersantai dan mengobrol. Anda bisa membebaskan beban pikiran Anda sejenak.

13. Kebun Strawberry

Kebun Strawberry

Lokasi: Banyuroto, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Agrowindo.com

Kebun Strawberry di Magelang ini merupakan tempat wisata yang sangat disukai oleh banyak anak-anak. Strawberry yang dihasilkan dari kebun ini sangat besar dan memiliki rasa yang manis dan juga asam. Anak-anak kebanyakan akan menyukai kegiatan bercocok tanam ataunya masak-masakan.

Sehingga akan cocok untuk membawa anak Anda ke Kebun Strawberry ini. Selain bisa bermain anak tersebut juga bisa belajar bercocok tanam. Disana anak Anda juga bisa bertemu dengan teman-teman baru.

14. Candi Pawon

Candi Pawon

Lokasi: Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Alodiatour.com

Candi merupakan tempat wisata yang banyak disukai oleh para turis lokal maupun mancanegara. Ukiran dan bangunan candi memiliki ciri khasnya masing-masing. Selain itu Candi Pawon ini memiliki unsur sejarah yang kental. Disana Anda bisa berlibur dan mempelajari sejarah.

Candi ini memiliki tinggi sekitar 1,5 meter. Untuk bisa mencapai atas candi maka Anda harus menaiki anak tangga satu persatu. Anda membutuhkan fisik yang sehat ketika berlibur ke candi ini karena cuaca disana juga cukup panas.

15. Sungai Elo Progo

Sungai Elo Progo

Lokasi: Jl. Sendangsono KM. 2, Kanden, Progowati, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Arungjerameloprogo.com

Sungai Elo Progo ini sangat populer dikalangan wisatawan sebagai wahana air terbaiknya. Biasanya para wisatawan yang kesana akan melakukan rafting ataupun kegiatan olahraga yang lainnya. Meskipun olahraga ini cukup ekstrim namun keselamatan Anda akan terjamin.

Biasanya jika Anda bermain rafting ataupun arum jeram maka akan menghabiskan waktu kurang lebih dua jam. Karena Sungai Elo Progo ini merupakan sungai yang cukup panjang. Anda bisa menikmati pemandangan yang segar sambil bermain wahana air.

16. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

Lokasi: Jl. Cemp. No. 6, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Kyailanggeng.com

Taman Kyai Langgeng ini sudah terkenal dengan kenyamanan dan keindahan tempatnya. Taman Kyai Langgeng ini merupakan taman yang cukup luas dengan berbagai wahana seperti wahana belajar, wahana air dan wahana permainan. Sehingga anak Anda bisa belajar sambil bermain.

Wisata Taman Kyai Langgeng ini sangat dipadati oleh para pengunjung ketika hari libur maupun weekend. Anda bisa membawa makanan dan berpiknik bersama keluarga sambil anak-anak bermain dengan leluasa.

17. Kebun Durian Candimulyo

Kebun Durian Candimulyo

Lokasi: Munung, Surodadi, Candimulyo, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Durian-candimulyo.blogspot.com

Jika Anda berlibur ke Magelang maka Anda harus mencoba buah durian khas Candimulyo ini. Buah durian khas ini memiliki kulit yang tebal dan rasa yang manis. Selain itu Durian Candimulyo memiliki aroma yang enak dan kualitas buah yang sangat bagus.

Sehingga buah durian ini dikirim ke berbagai daerah maupun mancanegara. Durian Candimulyo ini sudah terkenal dengan keenakannya. Anda bisa merasakan sensasi memakan durian yang pohonnya langsung. Tentunya sensasinya akan berbeda dari biasanya.

Itulah beberapa rekomendasi Destinasi Wisata di Magelang yang patut Anda datangi ketika berlibur dengan keluarga. Selain bisa menikmati pemandangan Anda juga bisa memberikan edukasi kepada anak-anak tentang sejarah. Dengan begitu tentunya Anda dan keluarga bisa berlibur sekaligus belajar.