16 Wisata Kuliner di Magelang yang Enak & Wajib Anda Coba

 

16 Wisata Kuliner di Magelang yang Enak & Wajib Anda Coba

Magelang mungkin sudah tidak asing bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Keberadaan Candi Borobudur menjadi daya tarik wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya.

Berada di sebuah destinasi wisata rasanya tidak lengkap jika belum mencicipi kuliner khasnya. Begitu pula di Magelang. Jangan lupa mencicipi kuliner khas Magelang yang bisa Anda temukan di beberapa tempat terkenal di Magelang.

Tempat-tempat wisata kuliner di Magelang menawarkan cita rasa kuliner yang lezat dan khas. Beberapa bahkan bisa dibilang tempat kuliner legendaris karena sudah berdiri sejak lama dan selalu mempertahankan cita rasanya.

1. Kupat Tahu

Kupat Tahu

Image Credit by Fimela.com

Kupat tahu merupakan makanan khas asli Magelang yang sudah terkenal hingga ke berbagai daerah di luar Magelang. Namun tak lengkap jika ke Magelang belum mencicipi makanan ini.

Satu porsi kupat tahu terdiri dari potongan kupat, tahu yang ditambah dengan berbagai lauk lain seperti bakwan goreng. Ada juga bahan lain seperti taoge, irisan kubis dan irisan daun seledri. Bahan-bahan ini kemudian disiram dengan saus yang terbuat dari kacang dan kecap.

2. Mangut Beong Sehati Borobudur

Mangut Beong Sehati Borobudur

Image Credit by Kompas.com

Berbicara tentang tempat makan khas di Magelang, mangut beong adalah tempat yang wajib Anda coba. Anda akan merasakan sensasi rasa masakan yang khas dari perpaduan menu ikan dan bumbu rempah.

Mangut beong sendiri terbuat dari bahan dasar ikan beong, sejenis ikan lele, yang dimasak di dalam kuah pedas dan bumbu rempah yang khas serta santan. Sekali mencoba Anda tidak akan bisa berhenti.

3. Soto Pak Trimo

Soto Pak Trimo

Image Credit by Arifsetiawan.com

Apa yang membuat soto Pak Trimo berbeda dengan soto-soto lainnya? Bedanya ada pada kuahnya yang terasa segar dan hangat.

Menu ini biasanya dipilih sebagai menu sarapan yang mengenyangkan dan hangat. Selain soto, Anda juga bisa menikmati berbagai pilihan lauk yang disediakan.

4. Sego Godog Pak Manto

Sego Godog Pak Manto

Image Credit by Liburmulu.com

Selanjutnya ada sego godog Pak Manto. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari nasi yang dimasak dengan cara direbus. Nasi direbus di dalam kuah yang sudah lebih dulu diberi bumbu.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Serang yang Enak & Wajib Anda Coba

Selain menu sego godog, di tempat makan ini juga disediakan berbagai jenis menu lainnya. Ditambah lokasinya yang strategis membuat Anda mudah menemukannya.

5. Sop Senerek Pak Parto

Sop Senerek Pak Parto

Image Credit by Ellafitria.com

Makanan ini merupakan menu yang sudah ada sejak zaman penjajahan. Cita rasa segar khas sop tetap bisa ditemukan di dalam makanan ini, dengan ada sedikit hal yang membedakannya dengan sop lain.

Hal yang membedakan dengan sop lain itu ada pada isian sayurannya. Selain berisi sayuran wortel, kentang, daun seledri, dan daun kacang, di dalam sop ini juga berisi kacang merah. Kacang merah ini akan membawa cita rasa berbeda pada sop.

6. Mie Godog

Mie Godog

Image Credit by Fimela.com

Jika sebelumnya ada sego godhog, kali ini ada menu mie godog yang harus Anda coba saat berkunjung ke Magelang. Seperti namanya, menu ini terbuat dari mie yang dimasak dengan cara direbus.

Meskipun bisa diartikan dengan mie rebus, namun jangan samakan mie ini dengan mie instan rebus. Mienya buatan sendiri dengan toping ayam suwir dan berbagai sayuran yang membuat rasanya semakin istimewa.

7. Bakmi Jawa Pak Yatno

Bakmi Jawa Pak Yatno

Image Credit by Travelingyuk.com

Menu bakmi memang sudah menjadi salah satu ciri khas makanan di daerah Magelang. Salah satu bakmi legendaris yang harus dicicipi adalah bakmi Jawa Pak Yatno ini.

Proses pembuatan yang terus dipertahankan sejak jaman dulu membuat cita rasa bakmi ini tak pernah berubah. Jangan heran kalau Anda harus mengantre lama jika ingin mencicipi menu ini.

8. Konro Bakar Bumbu Kacang

Konro Bakar Bumbu Kacang

Image Credit by Indonesia.go.id

Konro memang terkenal sebagai makanan khas dari daerah Sulawesi. Namun di Magelang ada konro modifikasi yang harus Anda coba untuk menikmati citarasa yang khas dari Magelang.

Berbeda dengan konro umumnya, di Magelang ini konro disajikan dengan bumbu kacang. Inilah yang membedakan dengan konro original dari Sulawesi. Belum lagi daging yang digunakan juga dimasak sedemikian rupa hingga menghasilkan daging yang empuk dan lembut.

BACA:  8 Wisata Museum di Solo yang Paling Favorit Dikunjungi

9. Buntil Lumbu

Buntil Lumbu

Image Credit by Grid.id

Buntil memang sudah menjadi ciri khas masakan Jawa. Di Magelang sendiri Buntil Lumbu ini menawarkan cita rasa yang berbeda dengan buntil yang bisa ditemukan di daerah lain di Jawa. Cita rasanya yang khas selalu berhasil menarik pengunjung berdatangan untuk mencicipi.

Buntil Lumbu ini dibungkus dengand daun keladi atau daun talas. Tidak seperti buntil lain yang dibungkus daun pepaya atau daun singkong. Isinya tetap sama, yaitu ikan teri yang dimasak dengan bumbu kelapa kemudian ditambahkan santan kelapa kental. Anda bisa menikmatinya dengan berbagai pilihan lauk.

10. Warung Makan Roda Tiga Pak No

Warung Makan Roda Tiga Pak No

Image Credit by Kaskus.co.id

Kalau Anda penggemar masakan berbahan dasar kambing, cobalah masakan di warung ini. Disini Anda bisa menikmati berbagai jenis olahan berbahan dasar kambing.

Ada sate goreng, tengkleng sumsum, nasi goreng dan gulai. Semua menu kambing disini memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan menu kambing lainnya.

11. Bebek Entok Pucang Setia Rasa

Bebek Entok Pucang Setia Rasa

Image Credit by Google Maps (Ruru Tri)

Ingin mencicipi menu makanan berbahan dasar bebek dan enthog dengan cita rasa berbeda dan lezat? Warung bebek enthog pucang setia rasa ini adalah pilihan terbaik.

Disini Anda bisa mencicipi menu bebek yang diolah dengan berbagai bumbu dan menu masakan. Bebek dan enthog dimasak dengan cara digoreng atau dijadikan opor maupun dimasak bumbu rica, semuanya menawarkan cita rasa nikmat yang berbeda. Belum lagi tambahan sambal ijo dan lalapan lengkapnya membuat olahan bebek dan entok semakin lezat.

12. Wedang Kacang Kebon

Wedang Kacang Kebon

Image Credit by Jateng.xplorenesia.co.id

Magelang terkenal dengan suhunya yang cukup dingin. Untuk menghangatkan tubuh, Anda bisa mencoba minuman hangat bernama wedang kacang.

Wedang kacang ini terbuat dari kacang tanah yang dimasak bersama dengan kuah yang berisi jahe, gula pasir dan gula merah. Inilah yang membuat wedang kacang ini memiliki cita rasa manis dan hangat. Wedang kacang ini biasanya disajikan bersama ketan.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Kudus yang Enak & Wajib Anda Coba

13. Es Murni

Es Murni

Image Credit by Makanjogja.com

Kalau Anda merasa cuaca di Magelang sangat panas, Anda mungkin bisa mencicipi es murni ini untuk mendinginkan suasana. Warung es murni ini cukup legendaris sehingga banyak pengunjung yang datang.

Disini Anda bisa mencoba berbagai jenis es dengan rasa manis dan segar. Ada es burjo, es teler, es duren dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain es, di tempat ini juga tersedia beberapa menu makanan yang bisa Anda pesan.

14. Getuk Lindri Pasar Ngasem

Getuk Lindri Pasar Ngasem

Image Credit by Fahmianhar.com

Magelang terkenal dengan olahan getuknya. Karena itu tak lengkap jika ke Magelang belum mencicipi gethuk, salag satunya gethuk lindri yang ada di Pasar Ngasem.

Getuk lindri disini menawarkan cita rasa yang manis namun tidak terlalu manis. Jadi sangat cocok untuk dijadikan kudapan. Harganya pun sangat terjangkau sehingga Anda bisa menjadikannya jajanan sambil menikmati berbagai daya tarik wisata di Magelang.

15. Depot Es Semanggi

Depot Es Semanggi

Image Credit by Piknikdigital.blogspot.com

Jawa Tengah juga memiliki hidangan es khas seperti es roti, es plered dan es klamud. Semua jenis es ini sudah sangat sulit ditemukan di Jawa Tengah, khususnya di Magelang. Namun Anda tak perlu khawatir karena depot es Semanggi masih menyajikannya.

Lokasinya sangat strategis, yakni di pusat kota Magelang. Meskipun depotnya berada di basement, namun Anda tak perlu meragukan citarasa khas es tradisional di depot es ini.

16. Es Krim Mahkota

Es Krim Mahkota

Image Credit by Travelingyuk.com

Kuliner terakhir yang harus Anda coba saat berada di Magelang adalah Es Krim Mahkota. Menu es krim legendaris ini hanya bisa Anda temukan di Toko Roti Mahkota. Sejak berdiri pada tahun 1945, cita rasa es krim disini tak pernah berubah.

Es krimnya memiliki cita rasa klasik dan khas. Es krim mahkota ini pun dibungkus dengan alumunium foil yang membedakannya dengan es krim di jaman sekarang. Di toko roti ini, Anda tidak hanya bisa menikmati es krim saja, namun juga berbagai jenis kue atau roti yang rasanya sama-sama klasik.

Berkunjung ke sebuah destinasi wisata tak lengkap jika tidak mencicipi masakan khasnya. Begitu pula jika Anda berkunjung ke Magelang. Ada berbagai menu masakan khas Magelang yang harus dicoba. Beberapa rekomendasi tempat kuliner di Magelang yang dijelaskan di atas mungkin bisa memberi referensi tempat makan yang bisa dicoba saat berkunjung ke Magelang.