Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Seloprojo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Sumuran memang belum lama dikelola sebagai destinasi alami, tetapi keberadaannya sudah sukses menarik animo banyak pelancong. Terletak di Magelang, keindahannya sulit diabaikan karena menyajikan langsung pesona lereng Gunung Telomoyo. Pada waktu bersamaan, suasana di sekitarnya diliputi hawa dingin.

Ikon utama yang menjadi daya tariknya adalah air terjun setinggi 30 meter dengan kejernihan luar biasa. Persis di bawah air terjun, Anda bisa menyaksikan sebuah kolam alami yang kedalamannya bisa mencapai 30 meter berdasarkan kesaksian warga setempat. Atas dasar ini, air terjun eksotis tersebut sangat cocok dijadikan wahana bermain air.

Adanya lubang menyerupai sebuah sumur di bawah pancuran air terjun juga membuatnya dilabeli sebagai Sumuran. Nama lainnya yakni Air Terjun Seloprojo menyesuaikan nama desa tempatnya berada. Bermain di sini, Anda akan merasakan pengalaman seru guna menjelajahi perairan yang super jernih.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Sumuran

Daya Tarik Air Terjun Sumuran
Image Ctredit: Google Maps Albertdigda Buana

1. Kolam Dangkal

Benar bahwa ada lubang menyerupai sumur sedalam kira-kira 30 meter di bawah pancuran langsung Air Terjun Sumuran. Namun, pihak pengelola secara khusus membuat kolam untuk memanjakan wisatawan yang airnya bersumber langsung dari aliran sungai ini.

Dalamnya kolam ini hanya diatur 1 meter saja sehingga relatif lebih aman dipakai bermain oleh segala usia. Anda bisa mengajak keluarga atau kawan dekat mampir ke kolam tersebut lalu berenang sepuasnya.

Udara yang segar juga mendukung suasana refreshing sehingga membuatnya jadi lebih terkesan. Jika merasa malas mandi, Anda dapat mengambil posisi di pinggir kolam lalu menceburkan kaki ke dalam air. Ini merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan sambil melihat-lihat pemandangan sekitar.

2. Tersedia Area Camping

Sebenarnya Air Terjun Sumuran tidak beroperasi selama 24 jam penuh, tetapi tidak akan ada yang melarang Anda jika ingin ke sini saat malam hari. Di luar kawasan perairannya yang memukau, tempat eksotis ini menawarkan lapangan cukup luas.

Pelancong dapat membangun tenda mereka di lapangan tersebut untuk menikmati suasana malam. Cobalah untuk mengajak teman terdekat dalam jumlah setidaknya lima orang agar semakin semarak.

Anda bisa mengusulkan untuk melakukan permainan tertentu selama menghabiskan waktu di sini, jangan hanya menginap saja. Bagaimanapun, perkemahan tanpa kegiatan yang terstruktur berpotensi besar menimbulkan kebosanan.

Jika memungkinkan, tidak ada salahnya membuat barbeku atau game mainstream seperti truth or dare. Pada dasarnya, lakukan apa pun agar pengalaman liburan menjadi lebih berkesan dan menambah kenangan yang sulit dilupakan sepanjang hidup.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa setidaknya di dalam rombongan Anda ada satu orang yang menguasai medan menuju destinasi di lereng Gunung Telomoyo. Pasalnya, air terjun eksotis tersebut tidak berada persis di pinggir jalan dan mengharuskan pelancong menyusuri hutan sejauh 3 km dari perkampungan.

3. Kisah Mistis Dibalik Keindahannya

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya memiliki kepercayaan terhadap hal gaib, tidak heran jika kisah-kisah mistis dapat bertransformasi menjadi daya tarik di sektor pariwisata. Hal semacam ini terjadi di Air Terjun Sumuran yang konon katanya dilindungi oleh seekor naga.

Tentu tidak ada warga yang pernah melihatnya secara langsung sebab kisah tersebut diembuskan dari mulut ke mulut. Asal-mulanya bersumber dari nenek moyang di Desa Seloprojo, yang selanjutnya terus dipertahankan hingga hari ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Sumuran
Image Ctredit: Google Maps Ruwanto

Mampirlah ke Kecamatan Ngablak untuk menyaksikan pesona air terjun yang mengagumkan. Adalah Air Terjun Sumuran, letaknya persis di lereng Gunung Telomoyo. Anda dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun dua jika bertolak dari pusat Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Namun, setibanya di Desa Seloprojo harus turun di area pemukiman warga kemudian melanjutkan perjalanan dengan menyusuri hutan. Kira-kira sejauh 3 km dari tepi jalan perkampungan, Anda akan disuguhi pemandangan kebun hortikultura hingga tiba di lokasi air terjun.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sumuran
Image Ctredit: Google Maps Albertdigda Buana

Mengalir indah di ketinggian 1.100 mdpl, untuk mencapai pusat Air Terjun Sumuran Anda bisa melakukannya dengan berjalan kaki atau menumpang motor. Rata-rata biaya pengguna motor sekitar Rp 10.000 per dua wisatawan dalam satu waktu. Sebanyak Rp 2.000 dari tarif ini dialokasikan untuk membayar lahan parkir.

Namun sebelum itu, kira-kira kurang lebih 10 menit lagi sebelum melihat keindahan air terjun eksotisnya, Anda harus membayar tiket masuk senilai Rp 4.000. Tiket ini bisa diperoleh di loket terdekat yang beroperasi setiap hari sejak pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Secara umum, bukankah total retribusi ke air terjun yang eksotis itu amat terjangkau? Ini merupakan hal wajar bila mengingat tahun operasionalnya belum cukup satu dekade. Artinya, biaya yang dibutuhkan bisa saja bertambah sesekali waktu seiring meningkatnya animo wisatawan terhadap objek pemandian ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Sumuran

Aktivitas Menarik di Air Terjun Sumuran
Image Ctredit: Google Maps Ruwanto

1. Berburu Sayuran

Perjalanan dari perkampungan menuju pusat Air Terjun Sumuran mengharuskan Anda menempuh perjalanan setidaknya 3 km. Sepanjang rute ini, banyak dijadikan lahan perkebunan hortikultura seperti sayuran.

Di lain pihak, warga lokal yang memiliki lahan pertanian tersebut sengaja menjual sayuran mereka. Maka dari itu, tidak hanya bepergian untuk tujuan jalan-jalan, wisatawan juga dimungkinkan membeli sayuran segar langsung dari pohonnya.

Anda bahkan bisa memilih sendiri, belajar memetik bagian terbaik, lalu melakukan negosiasi harga. Ini akan menjadi pengalaman liburan yang unik bila dibandingkan dengan destinasi pemandian lainnya.

Perlu diketahui pula bahwa standar harga yang ditawarkan relatif murah daripada kondisi di pasaran. Pasalnya, Anda akan membeli langsung dari para petani, pun demikian hasil tanamannya lebih meyakinkan.

2. Menjelajah

Apakah itu dimulai dari tepi jalan di pemukiman warga atau setiba di area wisata Air Terjun Sumuran setelah membeli tiket masuk, Anda bisa melakukan penjelajahan yang menyenangkan. Kegiatan ini barangkali akan membantu menyegarkan kembali perasaan Anda setelah jenuh menjalani rutinitas.

Akan lebih bagus jika Anda bersedia menjelajah dari tepi jalan di perkampungan, lalu melintasi kebun-kebun warga. Lihatlah bagaimana kehidupan di desa berpotensi memberikan ketenangan.

3. Memotret

Kegiatan fotografi amatir rasanya sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan liburan masa kini. Meskipun begitu, keadaan di lokasi yang cantik ini tidak akan membuat bosan dan bahkan terus-menerus menimbulkan keinginan Anda untuk eksis.

Bukan hanya air terjun setinggi 30 meter yang jadi ikonnya, melainkan pemandangan hutan di sekitarnya juga. Pada pohon-pohon yang menjulang tinggi, bukit tebing di beberapa sudut, hingga lalu-lalang wisatawan lain.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Air Terjun Sumuran
Image Ctredit: Google Maps Albertdigda Buana

Tidak perlu ragu soal fasilitas di Air Terjun Sumuran karena keperluan Anda dapat dipenuhi dengan cukup bagus. Sekalipun eksistensinya terbilang baru di daftar objek wisata Kabupaten Magelang, pihak pengelola tampaknya berupaya keras agar tidak tertinggal dari destinasi serupa lainnya di daerah yang sama.

Terbukti dari adanya saung berukuran kecil di dekat air terjun, di mana sering kali dijadikan sebagai tempat peristirahatan. Anda juga bisa membawa bekal dari rumah kemudian menyantapnya di saung ini sambil menikmati embusan udara segar. Jika suasananya sedang sepi, pengunjung bahkan bisa mengambil posisi berbaring atau berselonjor.

Di sisi lain, toilet untuk membilas diri sehabis bermain air juga telah tersedia dan dapat dipakai secara optimal. Selanjutnya, jika waktu kunjungan Anda bertepatan dengan jadwal salat, maka bisa mampir salat di musala yang berdekatan dengan pancuran air terjun. Termasuk saat ingin liburan praktis tanpa membawa bekal, maka hanya perlu mampir ke warung makan.

Air Terjun Sumuran adalah representasi pesona alami yang menyegarkan khas pegunungan. Destinasi cantik ini sangat layak dipertimbangkan untuk liburan bersama orang-orang terkasih guna mengeratkan hubungan. Anda bisa mendapatkan kombinasi kesegaran, suasana asri, dan fasilitas pendukung tanpa kesulitan.