17 Tempat Makan Enak di Magelang Favorit Wisatawan

17 Tempat Makan Enak di Magelang Favorit Wisatawan

Jalan-jalan merupakan hal yang asyik untuk menghilangkan penat dan kejenuhan dalam kehidupan. Anda bisa menikmati waktu dan perjalanan itu dengan santai tanpa memikirkan banyak beban. Salah satunya tujuan jalan-jalan yang cocok adalah daerah Magelang yang ada di Jawa Tengah.

Magelang tidak hanya memiliki keindahan alam dan tempat bersejarah saja, tetapi juga memiliki kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Namun, tidak semua para pengunjung yang sudah ke Magelang mengetahui makanan khas yang ada.

Perlu diketahui, ada banyak makanan khas yang sangat populer dan menggugah selera lidah. Oleh sebab itu, berikut ini 17 rekomendasi tempat makan di Magelang yang harus Anda kunjungi.

1. Sop Senerek Pak Parto

Sop Senerek Pak Parto

Image Credit by Ellafitria.com

Sup Senerek merupakan makanan khas Magelang yang memiliki rasa berbeda dengan sop lainnya. Perbedaan sop ini dengan sop lainnya yaitu terdapat kacang merah di dalamnya.

Biasanya, sop berisi sayuran sederhana seperti wortel, bunga kol, bihun ataupun jenis sayuran lainnya. Berbeda dengan jenis sop ini, dimana sayurannya terdapat tambahan kacang merah dan dicampur dengan daging sapi yang semakin menggugah selera lidah Anda.

2. Tape Ketan Muntilan

Tape Ketan Muntilan

Image Credit by Transplo.com

Di daerah Magelang, terdapat satu Kecamatan yang memiliki makanan khas ini, yaitu Muntilan. Disini Anda bisa menemukan salah satu tape khas Magelang, yaitu Tape Ketan Muntilan.

Tape ini berbentuk seperti Nasi Ketan. Biasanya tape ini dikemas dengan daun kecil dan juga berwarna hijau. Selain itu, tape ini memiliki rasa manis legit yang menggugah selera lidah.

3. Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu

Image Credit by Fimela.com

Kupat tahu merupakan makanan khas Magelang dan pembuatan makanan ini cukup mudah, sehingga banyak orang yang membuka usaha tersebut. Makanan ini termasuk tradisional, namun banyak disukai wisatawan luar daerah.

Makanan ini bukan hanya terdiri dari kupat saja, melainkan juga banyak campuran lainnya. Diantaranya adalah bakwan goreng, bawang goreng, kubis, daun seledri dan juga tauge. Semua bahan dicampur lalu disiram dengan saus kacang dan juga saus kecap.

4. Buntil Daun Talas

Buntil Lumbu

Image Credit by Grid.id

Mungkin dari bahasanya tidak begitu menarik, tetapi jangan salah, buntil ini makanan tradisional jawa yang sangat digemari para pengunjung dari daerah luar. Dari nama tersebut bukan berarti isi semua makanan adalah talas.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Demak Paling Populer

Di dalamnya terdapat isian berupa parutan kelapa, udang asin dan petai. Makanan ini berbahan dasar sayuran dan sangat sederhana. Makanan ini dibungkus dengan daun talas, sehingga keunikan tersebut yang menjadi asal muasal nama Buntil Daun Talas.

5. Bakso Kerikil Pak Bendot

Bakso Kerikil Pak Bendot

Image Credit by Youtube.com (Domo Bramantyo)

Bakso merupakan makanan yang mudah dicari dan dinikmati. Hampir semua presentasi yang diberikan bakso adalah daging bakso yang dicampur dengan kuah. Selain itu, ada pula campuran sayuran dengan saus, kecap maupun sambal.

Bakso ini dinamakan bakso kerikil karena bentuk pentol dagingnya kecil, menyerupai kerikil dan jumlah isinya sangat banyak dalam satu mangkuk. Walaupun bentuk bakso tersebut kecil, jangan khawatir karena rasa sapinya tidak hilang dan sangat terasa.

6. Soto Kluwih

Soto Kluwih

Image Credit by Jatengpromo.com

Pastinya jenis makanan berkuah ini memiliki macam perbedaan isi dan juga resep. Ada yang bening dan juga memakai santan maupun koya. Soto Kluwih terbuat dari Kluwih yang memiliki banyak manfaat.

Pada jaman dahulu, kluwih digunakan sebagai obat sakit gigi. Selain itu, soto kluwih ini dimasak dengan presentasi kuah bening kemudian kluwih tersebut diolah menjadi abon.

7. Dapoer Gending

Dapoer Gending

Image Credit by Facebook.com (Dapoer Gending)

Dapoer Gending adalah sebuah restoran yang menyajikan makanan berupa penyetan. Beberapa diantaranya adalah ayam, ikan nila dan gurame dengan lalapan serta sambal. Para pengunjung bisa datang dari jam 10.00 sampai jam 21.00.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan beragam menu sayuran, seperti jamur, kentang kangkung, brokoli ataupun jenis lalapan lainnya. Dari harga juga standart, sesuai dengan makanan yang dijual.

8. Getuk Gondok

Getuk Gondok

Image Credit by Traveltodayindonesia.com

Getuk ini disebut sebagai gethuk gondok dikarenakan yang berjualan getuk ini menderita penyakit gondok, sehingga orang orang menamai getuk ini sebagai getuk gondok. Bukan menjadi masalah akan penyakitnya, hanya sebagai panggilan populer saja.

BACA:  10 Tempat Makan Enak di Pekalongan Favorit Wisatawan

Sedangkan untuk kualitas makanan dan rasa tidak akan mengecewakan wisatawan. Harga makanan ini juga cukup terjangkau.

9. Senthong Asri Restoran

Senthong Asri Restoran

Image Credit by Pegipegi.com

Tempat makan ini didesain kuno seperti pendopo dan dihiasi dengan lampu lampu kuning yang terang. Nuansa romantis dan nyaman sangat pas untuk dikunjungi para pasangan yang ingin makan bersama serta menghabiskan waktu.

Makanan yang dijual sangat beragam. Ada masakan nusantara maupun western. Anda bisa memilih makanan tersebut sesuai dengan sesuai selera. Jika Anda lelah dengan perjalanan setelah berkunjung di daerah Borobudur, Anda bisa berhenti sejenak di restoran ini dan menikmati variasi makanan yang tersedia.

10. Rumah Kopi Signature

Rumah Kopi Signature

Image Credit by Khansaannisaa.blogspot.com

Tempat ini sangat favorit digunakan sebagai tempat nongkrong para anak muda untuk berkumpul bersama teman-teman. Menikmati waktu bersama dan bertukar fikiran sambil menikmati makanan ataupun minuman yang disediakan menjadi salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan disini.

Tempat ini mengusung desain sesuai dengan jaman mileneal, sehingga sangat populer dijadikan tempat untuk berfoto. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai minuman lainnya, seperti Milks Base, Chocolate ataupun lainnya.

11. Manohara Resort Borobudur

Manohara Resort Borobudur

Image Credit by Indonesia-tourism.com

Disini Anda bisa menikmati pemandangan alam dan juga keindahan Candi Borobudur sambil menghabiskan waktu berkumpul dan menyantap makanan. Kisaran harga yang dipatok sesuai dengan makanan ataupun minuman yang disajikan dan tergolong cukup murah.

Tempat yang disediakan bernuansa cagar budaya dan alam, sehingga udara yang dirasakan sangat sejuk serta juga nyaman. Dengan demikian, Anda bisa menikmati makanan maupun minuman yang disediakan dengan melihat pemandangan alam yang sejuk.

12. Keripik Singkong Kwarasan

Keripik Singkong Kwarasan

Image Credit by Kaskus.co.id

Di Magelang juga menyediakan keripik yang tidak kalah enak dan populer seperti di daerah lainnya, yaitu Kripik Singkong kwarasan. Kripik ini sangat populer dikarenakan berbeda dengan yang lainnya, yaitu lebih gurih dan renyah.

Harga yang ekonomis dan sangat terjangkau, membuat pasokan kripik ini sangat laris dan diminati banyak orang. Anda cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 25.000 untuk mendapatkannya dan juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk pengunjung luar kota.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Jepara yang Enak & Wajib Anda Coba

13. Gudeg Kodim

Gudeg Kodim

Image Credit by Kaskus.co.id

Bukan hanya di daerah Jogja yang menjual makanan Gudeg. Gudeg Kodim terkenal dengan sebutan Gudeg Kodim dikarenakan terletak di dekat markas Komando Distrik Militer (Kodim).

Harga yang dipatok sekitar Rp 12.000 saja maka Anda sudah bisa menikmati gudeg yang menggugah selera. Untuk pilihan topping maupun isian lainnya, Anda dapat memilih sesuai dengan selera masing-masing.

14. Restoran Stupa

Restoran Stupa

Image Credit by Travelingyuk.com

Salah satu restoran terbaik di Magelang yang bernuansa alam adalah restaurant Stupa. Restoran yang dikelilingi sawah dan pepohonan memiliki kesejukan alami yang segar serta tidak bercampur dengan udara udara kotor. Desain restoran ini juga mengusung konsep paduan antara jawa dan modern.

Makanan yang dijual beraneka ragam, mulai dari appetizer, soup, main course, beserta minuman. Minuman yang disajikan juga beragam, seperti mocktail, smoothies dan lassies.

15. Paksi Coffee House

Paksi Coffee House

Image Credit by Traveloka.com

Desain restoran ini tampak jelas seperti rumah jaman dahulu. Nuansa jaman dulu yang unik ini disukainya banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Makanan yang disediakan merupakan asli Indonesia murni tanpa dicampur dengan menu barat lainnya. Disini Anda bisa menikmati bakmi, nasi goreng, gado-gado dan juga kwetiaw.

16. Warung Pak Manto

Sego Godog Pak Manto

Image Credit by Liburmulu.com

Namanya memang tidak begitu populer namun masakan yang di sajikan sangat menggugah selera. Tetapi di warung ini Anda bisa mencoba berbagai macam makanan khas Magelang yang cukup lezat.

Salah satunya adalah sego godog. Tidak semua daerah memiliki makanan khas ini. Makanan ini terbuat dari nasi yang diberikan kuah. Kata Godog sendiri berasal dari jawa yang artinya adalah rebus.

17. Warung Ijo Mbak Prih

Warung Ijo Mbak Prih

Image Credit by Makanjogja.com

Warung makan yang satu ini membuat para pengunjung merasa penasaran dengan apa yang dijual. Warna warung ini semua didesain berwarna hijau, sehingga disebut warung hijau. Menu yang ditawarkan pun cukup beragam dan mengunggah selera.

Salah satu makanan yang disajikan ialah Brongkos. Brongkos merupakan makanan sejenis rawon namun kuahnya lebih kental dan berisi tetelan, koyoran, daging sapi.

Demikian informasi tempak makan enak di Magelang yang wajib Anda kunjungi. Dengan demikian, maka Anda dapat menikmati perjalanan yang indah beserta tempat makan favorite yang memiliki cita rasa khas Jawa Tengah.