15 Wisata Pantai di Karawang Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Karawang

Karawang adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat. Kabupaten Karawang memiliki berbagai macam pesona dan panorama alam yang indah dan menakjubkan. Selain itu, masih banyak keindahan alam yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang tidak tahu terkait tempat atau destinasi keindahan alam yang ada di Karawang.

Karawang juga memiliki tempat wisata dengan spot foto keren, seperti situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian, danau, air terjun, dan pantai yang wajib Anda kunjungi. Jika Anda punya rencana untuk berlibur di Karawang, Anda akan menemukan berbagai macam destinasi wisata alam yang menakjubkan. Sudah pasti Anda akan betah liburan di kota ini.

Untuk Anda yang suka dengan wisata pantai, Karawang juga memiliki banyak pantai yang memiliki pemandangan eksotis dan indah. Anda bisa menikmati sore dan bersantai dengan keluarga atau pasangan di pantai. Berikut ini adalah 15 rekomendasi pantai di Karawang yang wajib Anda kunjungi.

1. Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru

Image Credit: Cinta-wisatanusa.blogspot.com

Destinasi pantai di Karawang yang pertama adalah Pantai Tanjung Baru. Pantai ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Di pesisir pantai ini Anda juga bisa menikmati aneka kuliner laut yang pastinya enak dan segar. Setelah lelah bermain di laut, Anda bisa langsung makan makanan seafood yang enak.

Pantai yang memiliki pemandangan indah ini merupakan salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat Anda berlibur di Karawang. Di sekitar pantai ini juga terdapat banyak penginapan yang nyaman. Sehingga Anda bisa lebih lama menikmati keindahan Pantai Tanjung Baru.

Lokasi: Pasirjaya, Kec. Cilamaya Kulon, Kab. Karawang.

2. Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis

Image Credit: Disparbud.jabarprov.go.id

Pantai Tanjung Pakis merupakan salah satu pantai yang terkenal di Karawang. Pantai yang satu ini selalu ramai saat akhir pekan ataupun hari libur. Pantai Tanjung Pakis memiliki pasir yang berwarna putih dan ombak yang tidak terlalu besar. Sehingga pengunjung pantai ini selalu betah untuk berlama-lama bermain disini.

Selain itu, di Pantai Tanjung Pakis Anda bisa menyewa ban untuk bermain air. Oleh sebab itu, pantai ini sangat cocok untuk menjadi destinasi liburan bersama anak-anak. Sebab, sudah pasti anak-anak akan betah bersama bermain disini. Di sekitar pantai juga terdapat banyak penjual makanan, jadi kamu tidak usah repot membawa bekal dari rumah.

Lokasi: Tanjungpakis, Kec. Pakisjaya, Kab. Karawang.

3. Pantai Samdera Baru

Pantai Samdera Baru

Image Credit: Penginapankarawang.wordpress.com

Pantai Samudera Baru merupakan pantai yang selalu ramai saat akhir pekan atau musim liburan selain Pantai Tanjung Pakis. Pantai ini juga tidak memiliki ombak yang besar. Sehingga anak-anak bisa berenang dan bermain di pinggir pantai.

Pantai ini memang tidak memiliki pasir pantai seputih Pantai Tanjung Pakis. Namun, bermain di pantai ini juga tak kalah seru dengan di Tanjung Pakis. Anda juga masih bisa menikmati deburan ombak dan angin sepoi khas pesisir pantai.

Lokasi: Sungaibuntu, Kec. Pedes, Kab. Karawang.

4. Pantai Ciparage

Pantai Ciparage

Image Credit: Cintaihidup.com

Pantai Ciparege menawarkan pemandangan yang indah dan menawan. Sehingga sangat disayangkan jika Anda berlibur di Karawang tapi tidak mengunjungi pantai ini. Selain indah, pantai ini juga menawarkan keunikan di sekitar pantai dengan adanya sungai-sungai yang airnya terlihat mengalir dan bermuara di Pantai Ciparege

Disini Anda juga bisa melihat para nelayan yang siap mengantar para pengunjung ke Pulo Pasir dan Pulo Karang yang berada tak jauh dari Pantai Ciparege. Pada saat mengarungi lautan, Anda akan melihat rumah tradisional penduduk disana. Menarik kan?

Lokasi: Ciparagejaya, Kec. Tempuran, Kab. Karawang.

5. Pantai Pelangi

Pantai Pelangi

Image Credit: Tribunnews.com

Jika Anda menginginkan destinasi wisata dengan biaya terjangkau dan murah meriah, Pantai Pelangi adalah jawabannya. Pantai ini juga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Lokasi ini tidak jauh dari Pantai Samudra Baru, kurang lebih satu kilometer.

Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati indahnya pantai sambil naik perahu mengelilingi pantai ini. Cukup membayar lima ribu rupiah Anda juga sudah bisa menyewa perahu karet dan menggunakannya untuk berenang di pinggir pantai. Meski murah, namun pantai ini tak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Karawang.

Lokasi: Sungai Buntu, Kec. Pedes, Kab. Karawang.

6. Pantai Sedari

Pantai Sedari

Image Credit: Alexanews.id

Setelah diperbaiki dan dibangun oleh pemerintah Karawang, kini Pantai Sedari sudah sangat mudah untuk dikunjungi. Dari mulai perbaikan akses jalan dengan dibukanya jalur darat supaya laju perekonomian warga sekitar menjadi berkembang, serta pengunjung dapat menuju ke pantai dengan mudah.

Pantai ini menawarkan karakter yang hampir mirip dengan pantai-pantai yang berada di jalur utara. Seperti kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak terlalu besar. Hal ini membuat pantai ini cukup aman dan nyaman untuk dikunjungi. Selain itu, disini Anda bisa melihat keindahan hutan bakau yang memiliki fungsi sebagai pencegah abrasi.

Lokasi: Sedari, Kec. Cibuaya, Kab. Karawang.

7. Pantai Pisangan

Pantai Pisangan

Image Credit: Radarkarawang.id

Dulunya pantai ini sangat ramai oleh pengunjung, namun beberapa tahun terakhir mulai sepi karena akses jalan yang rusak akibat abrasi dan belum sepenuhnya diperbaiki. Tapi sebenarnya, pantai ini memiliki keindahan yang tersembunyi. Salah satunya adalah dengan adanya Masjid Nurjannah.

Masjid ini dulunya digunakan sebagai tempat rehabilitasi penyembuhan korban penyalahgunaan narkotika. Masjid ini terletak pas pada bibir pantai, sehingga membuat kesan unik dan juga indah dipandang.

Lokasi: Cemarajaya, Kec. Cibuaya, Kab. Karawang.

8. Pantai Pulau Putri Cikeong

Pantai Pulau Putri Cikeong

Image Credit: Portaljabar.net

Pantai Putri Ciekong ini asal mulanya dari gundukan tanah yang dulu dipercaya sebagai lautan, namun karena suatu hal, yaitu sebuah Delta yang ditumbuhi tanaman bakau, yang sebagian besar tidak di taman namun tumbuh dengan sendirinya. Itulah sepenggal cerita dari pantai ini.

Terlepas dari itu semua, Pantai Putri Cikeong termasuk rekomendasi pantai yang patut dikunjungi. Anda bisa menikmati indahnya pantai dan deburan ombak yang menenangkan jiwa.

Lokasi: Sedari, Kec. Cibuaya, Kab. Karawang.

9. Pantai Sarakan

Pantai Sarakan

Image Credit: Kompas.com

Pantai ini pernah menjadi salah satu pantai di Karawang yang tercemar oleh kerang hijau. Hal ini diduga karena adanya tumpahan minyak yang jatuh ke laut. Namun, jika Anda berkunjung kesini, Anda akan menemukan suasana pantai yang menyenangkan.

Ombak yang relatif kecil dan pemandangan khas pantai yang menenangkan. Tak ada salahnya jika mencoba untuk berkunjung ke pantai yang satu ini.

Lokasi: Tambaksari, Kec. Tirtajaya, Kab. Karawang.

10. Pantai Mutiara

Pantai Mutiara

Image Credit: Galeriwisatapantai.rikhania.id

Pantai Mutiara merupakan salah satu pantai yang cocok dikunjungi saat musim libur ataupun akhir pekan. Menawarkan pemandangan pantai yang tenang, membuat Anda bisa rileks dan merasa tenang.

Pantai ini juga pernah dikabarkan ketumpahan minya dari pertamina, sehingga di beberapa bagian sudah tercemar. Namun, terlepas dari itu, pantai ini cocok dijadikan destinasi wisata bersama keluarga.

Lokasi: sukamulya, Pusakajaya Utara, Kec. Cilebar, Kab. Karawang.

11. Pantai Wisata Mangrove

Pantai Wisata Mangrove

Image Credit: Karawangplus.com

Wisata Mangrove ini pasir putih merupakan salah satu kawasan konservasi yang berada di Karawang. Wisata Mangrove ini diproyeksikan untuk menyelamatkan kawasan tersebut dari abrasi pantai. Kawasan ini juga terkenal dengan penghasil ikan.

Selain itu, Pasir Putih juga terkenal sebagai tempat wisata pantai berupa hutan bakau. Disini ada beberapa jenis bakau yang ditanam, salah satunya adalah bakau yang paling kuat menahan abrasi laut. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung kesini?

Lokasi: Sedari, Kec. Cibuaya, Kab. Karawang.

12. Pantai Jalasena

Pantai Jalasena

Image Credit: Pantai-jalasena.business.site

Pantai Jalasena merupakan tempat rekreasi baru di Karawang. Hal ini tentu menjadi kabar gembira untuk warga sekitar yang berencana berlibur ke pantai. Tempat ini merupakan tempat yang asyik untuk liburan.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan tempat pemancingan. Jadi, buat Anda yang hobi mancing, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Lokasi: Sungaibuntu, Kec. Pedes, Kab. Karawang.

13. Pantai Cemara

Pantai Cemara

Image Credit: Regional.kompas.com

Pantai Cemara adalah pantai dengan pemandangan hutan bakau. Mengapa beberapa pantai di Karawang terdapat hutan bakau? Karena hutan bakau ini difungsikan sebagai pencegah abrasi.

Sehingga dengan adanya tanaman bakau, pantai-pantai ini masih bisa dinikmati oleh pengunjung. Serta dapat menjadi destinasi tambahan untuk spot foto di hutan bakau.

Lokasi: Cemara Jaya, Kec. Cibuaya, Kab. Karawang.

14. Pantai Wisata Alam Baru

Pantai Wisata Alam Baru

Image Credit: Jalanjalanyuk.com

Pantai Wisata Alam Baru merupakan pantai yang cocok untuk pelepas penat dari kebisingan kota. Memiliki pemandangan yang ini, pantai ini juga menawarkan destinasi wisata yang murah meriah.

Selain itu, pantai ini cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga. Sebab, pantai merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga yang nyaman.

Lokasi: Jl. Cemara Jaya No.2, Cemarajaya, Kec. Cibuaya, Kab. Karawang.

15. Pantai Wisata Bonza

Pantai Wisata Bonza

Image Credit: Winnetnews.com

Di Pantai Wisata Bonza, Anda bisa menemukan suasana pantai yang indah. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai macam kuliner yang dapat Anda coba selepas bermain-main di pantai.

Menikmati suasana pantai dengan ditemani kuliner lezat khas pesisir pantai tentu akan membuat liburan Anda jadi lebih menyenangkan.

Lokasi: Sungaibuntu, Kec. Pedes, Kab. Karawang.

Itulah 15 wisata pantai yang ada di Karawang. Semua pantai yang disebutkan sangat layak untuk dikunjungi ketika liburan. Terlebih untuk Anda yang hobi ke Pantai. Daftar pantai di atas dapat dimasukkan dalam list liburan Anda.