Biaya Wisata: Mulai Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gili Ketapang, Sapia, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Gili Ketapang merupakan kawasan wisata berupa sebuah pulau yang ada di sekitar laut utara Kabupaten Probolinggo. Ketika berkunjung ke tempat wisata satu ini, Anda akan dimanjakan dengan panorama keindahan bawah lautnya yang sangat menakjubkan, yaitu keindahan batuan karang serta berbagai biota laut yang luar biasa cantik.

Selain terkenal dengan keindahan bawah lautnya, objek wisata ini juga memiliki keindahan lain yang tidak kalah menariknya. Keindahan tersebut misalnya keberadaan pasir putih yang memanjang di area pesisir pulau ini. Ditambah lagi dengan hamparan laut indah dengan warna biru jernih yang dapat memanjakan mata.

Objek wisata Gili Ketapang ini sangat cocok menjadi pilihan tempat liburan yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Ombak yang ada di kawasan pantai pulau ini juga terbilang cukup tenang, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keamanan ketika sedang berenang atau bermain air laut di kawasan ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Gili Ketapang

Daya Tarik Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps MASTA Aja

1. Keindahan Pemandangan Pesisir Pulau

Berada di kawasan Pulau Gili Ketapang, Anda dapat menikmati keindahan pemandangan pesisir pantai yang ada di tempat ini. Pulau ini memiliki pesona pasir putih yang bukan hanya cantik, tetapi juga lembut dan halus, sebab wilayah di sini yang sangat terjaga kebersihannya. Maka tidak heran apabila banyak wisatawan yang tertarik untuk berlibur ke tempat ini.

Bukan hanya hamparan pasir putihnya saja yang indah, tetapi luasnya laut biru yang nampak juga semakin memperkuat keindahan di kawasan wisata ini. Pastikan Anda mengabadikan momen dengan berfoto di kawasan wisata ini, sebab sangat disayangkan bila melewatkan keindahan di sini.

2. Keindahan Alam Bawah Lautnya

Bukan hanya hamparan pasir putih dan lautannya saja yang memiliki keindahan luar biasa. Objek wisata ini juga menawarkan keindahan dari alam bawah laut yang ada di sini.

Berbagai jenis ikan dan tumbuhan laut yang begitu lucu dan cantik dengan warna-warna yang unik dapat Anda nikmati ketika menjelajah dan menyelam ke area bawah laut tempat ini. Selain itu keindahan terumbu karang yang menjadi rumah tinggal berbagai ikan kecil juga memiliki pesona yang luar biasa cantik.

Apabila pernah melihat film Finding Nemo pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan ikan Nemo yang menjadi tokoh dalam film tersebut. Anda dapat secara langsung bertemu dengan ikan badut yang berperan menjadi Nemo ini dengan menjelajahi area bawah laut dari kawasan wisata ini.

3. Ombak Tenang

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Gili Ketapang yaitu ombak laut yang relatif tenang. Hal ini disebabkan karena pulau ini terletak di antara deretan pantai selatan Jawa yang memang sudah terkenal dengan ombak tenangnya. Dengan ombak yang tenang ini, membuat Anda merasa lebih bebas dan aman ketika akan bermain air atau berenang renang di area pantai pulau ini.

Selain itu, karena ombaknya yang cukup tenang, membuat area bawah lautnya memiliki keindahan alam yang begitu mengagumkan berupa terumbu karang dan berbagai biota laut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps FANTA Dhea

Gili Ketapang merupakan sebuah pulau sekaligus desa kecil yang memiliki luas sekitar 70 hektar. Kawasan wisata pulau ini masuk ke dalam Kecamatan Sumberasih yang berada di Kabupaten Probolinggo.

Akses jalan yang akan Anda lewati untuk dapat sampai di objek wisata ini terbilang cukup mudah dan tidak akan menguras banyak tenaga. Terdapat dua rute yang dapat Anda lalui untuk dapat sampai di tempat wisata ini. Apabila memulai perjalanan dari Surabaya, Malang, atau sekitarnya maka Anda dapat mengambil rute perjalanan menuju Probolinggo dengan melalui Kabupaten Pasuruan.

Setelah berada di Probolinggo, Anda dapat meneruskan perjalanan dengan menuju Jalan Pantura. Jalan ini akan membawa Anda menuju Pelabuhan Tembaga. Dari pelabuhan ini Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menyeberangi lautan menggunakan kapal dan sampailah di kawasan Pulau Gili Ketapang.

Dan Apabila Anda berasal dari Jember, Lumajang, atau sekitarnya maka Anda dapat melewati rute untuk menuju pusat kota atau alun-alun Probolinggo. Kemudian, Anda dapat menuju arah utara hingga sampai ke Pelabuhan Tembaga.

Waktu tempuh yang akan Anda lalui yakni sekitar dua hingga tiga jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua atau pun kendaraan roda empat. Apalagi untuk sekarang Anda dapat memanfaatkan jalan tol dengan tujuan Probolinggo Barat yang tersedia dengan hanya memakan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pulau Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Rio Wija

Untuk memasuki kawasan wisata Gili Ketapang, Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Namun, ketika melalui pelabuhan, Anda diharuskan membayar biaya yang terbilang masih sangat murah, yakni hanya sebesar Rp 2.000 saja per orangnya. Sedangkan untuk menyebrang lautan dari pelabuhan menuju lokasi pulau, Anda akan dikenai biaya sebesar Rp 20.000.

Biaya lain yang terdapat di kawasan wisata ini yaitu biaya untuk memarkir kendaraan Anda di pelabuhan. Biaya yang dibebankan untuk parkir ini diperkirakan hanya sebesar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 saja.

Apabila Anda ingin menikmati keindahan pulau ini dengan rombongan, baik rombongan keluarga atau teman, disarankan untuk menggunakan paket wisata saja. Dengan menggunakan paket wisata yang tersedia di sini, Anda dapat mengurangi pengeluaran dengan memilih paket sesuai kebutuhan Anda. Paket-paket liburan di sini tersedia mulai harga 95 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gili Ketapang

Aktivitasdi Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps frans sinatra

1. Camping Sambil Menikmati Keindahan Sunset

Ketika camping di kawasan pulau Gili Ketapang Anda akan dapat merasakan berbagai pengalaman yang pastinya sangat seru. Sembari menunggu malam hari, Anda dapat menikmati keindahan matahari tenggelam yang begitu cantik di kawasan pulau ini. Semburat warna oranye dari langit berpadu dengan hamparan laut biru yang memantulkan warna langit terlihat begitu eksotis.

Anda bisa membangun tenda di pinggiran pantai dan menikmati indahnya matahari sore. Apabila tidak ingin repot membawa peralatan camping, Anda dapat menyewanya di penyewaan peralatan camping yang tersedia di tempat ini.

2. Menyusuri Kawasan Pulau

Kegiatan menaik selanjutnya yang bida Anda lakukan di kawasan wisata ini yaitu, apabila Anda mudah bosan dengan satu spot pemandangan saja. Anda bisa melakukan kegiatan menyusuri kawasan pulau, sebab pulau ini memiliki kawasan yang cukup luas.

Bahkan di sini juga terdapat sebuah goa bernama Goa Kucing yang dapat Anda temukan di area pulau ini. Kegiatan ini tentunya akan semakin menambah keseruan liburan dengan menikmati keindahan pulau dari bermacam-macam sudut yang berbeda.

Aktivitas Menarik di Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Agung Nugraha

3. Snorkeling

Berwisata ke Pulau Gili Ketapang rasanya kurang pas apabila belum melakukan kegiatan snorkeling. Sebab, kawasan bawah laut tempat ini memiliki keindahan yang sangat mempesona dan juga eksotis. Anda dapat menjelajahi keindahan bawah laut ini dengan cara menyelam atau snorkeling.

Keindahan terumbu karang dan berbagai hewan laut berupa ikan-ikan kecil di area bawah laut kawasan ini terlihat begitu mengagumkan.

Selain itu di area bawah laut tempat ini terdapat juga berbagai spot foto menarik yang dibuat oleh warga sekitar dengan tidak mengganggu berbagai biota laut yang ada. Spot foto tersebut misalnya spot foto dengan tulisan balok berupa “kapan kamu ke Gili lagi”.

4. Membuat Video Cinematik

Apabila ingin mendokumentasikan liburan Anda ketika berada di Gili Ketapang, Anda dapat memanfaatkan layanan beberapa pihak yang menawarkan pembuatan video cinematik di tempat wisata ini. Pembuatan video ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi canggih berupa perekam drone.

Untuk dapat mendapatkan layanan ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar 500 ribu rupiah yang didalamnya termasuk drone dji phantom, dslr, pilot drone, editor profesional, sutradara cinematografi, file asli, serta file editing durasi youtube dan instagram.

Penginapan Murah Dekat Pulau

Penginapan Dekat Pulau Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps BEE JAY BAKAU RESORT

1. Bee Jay Bakau Resort

Hotel dengan predikat bintang 4 ini dilengkapi dengan berbagai spot yang menarik untuk digunakan berfoto. Selain itu, ketika malam hari, Anda dapat melihat pemandangan indah dari berbagai warna lampu yang ada di beberapa sudut luar hotel ini. Untuk fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap, mulai dari area parkir, sarapan dan wifi gratis, cafe hingga kolam renang juga tersedia di sini.

2. Rumah Wahidin Syariah

Penginapan satu ini memiliki letak yang cukup strategis, yakni hanya memiliki jarak sekitar 2 km dari stasiun kereta Probolinggo dan hanya berjarak 3 km dari Taman Wisata Study Lingkungan. Kamar yang tersedia di penginapan ini bisa dikatakan cukup simpel, namun tidak mengurangi sisi cantik yang dimilikinya. Fasilitas yang tersedia di sini diantaranya wifi, restoran, ruang game, dan lain-lain.

3. OYO 1316 Mentary Famili Homestay

Penginapan dengan bergaya kasual modern ini berlokasi di Gang Hijah. Walaupun merupakan penginapan yang masih sederhana, namun fasilitas yang tersedia di sini sudah cukup untuk menunjang segala keperluan bagi pengunjung. Beberapa diantaranya yaitu, area parkir kendaraan, wifi gratis, AC, dan masih banyak lagi fasilitas yang lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps N3Y

Berkunjung ke tempat wisata yang memiliki sarana dan prasarana lengkap tentu saja akan dapat menunjang berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata tersebut. Pada objek wisata Gili Ketapang sendiri sudah tersedia beberapa sarana dan prasarana yang dapat dikatakan cukup lengkap.

Fasilitas-fasilitas tersebut mulai dari area parkir kendaraan, kamar mandi umum yang bersih, hingga berbagai spot yang menarik untuk digunakan sebagai tempat berfoto. Selain itu di sini juga terdapat beberapa warung makan yang terletak di sekitaran pantai. Warung-warung ini dapat Anda singgahi untuk menghilangkan rasa lapar.

Karena objek wisata pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang mengagumkan, sehingga terdapat fasilitas penyewaan yang menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan snorkeling. Dengan adanya fasilitas ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot membawa peralatan snorkeling jika ingin menjelajahi dan menikmati segala keindahan bawah laut di kawasan pulau ini.

Berkunjung ke Gili Ketapang dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan snorkeling. Sebab, di tempat wisata ini Anda dapat melihat terumbu karang cantik ditambah lagi dengan berbagai biota laut yang semakin menambah keindahan bawah lautnya. Tempat ini tentu saja dapat menjadi daftar wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Probolinggo.