16 Tempat Wisata di Probolinggo

Tempat Wisata Probolinggo

Kota yang dahulu dikenal dengan istilah Banger pada masa Kerajaan Majapahit ini merupakan salah satu tujuan wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Karena tempat ini memiliki banyak objek wisata yang dapat kamu pilih. Sehingga kamu harus datang berkali-kali agar dapat mengunjungi semua lokasi wisata tersebut.

Probolinggo sering juga dikenal sebagai kota seribu taman atau kota mangga yang terdapat di Jawa Timur sehingga lingkungannya sangat asri dan udaranya sejuk. Selain itu, kamu dapat menemukan berbagai tempat wisata yang cocok dikunjungi baik bersama teman ataupun keluarga.

Jika kamu ingin menikmati liburan yang menyenangkan dengan suasana yang berbeda, Probolinggo bisa masuk dalam list kamu. Berikut ini daftar tempat wisata di Probolinggo yang bisa kamu jadikan referensi saat ingin berlibur.

1. Gili Ketapang

Gili Ketapang

Lokasi: Sapia, Kec. Sumberasih. – Image Credit by Mytrip.co.id

Destinasi wisata ini berada di Kecamatan Sumberasih, Purbalingga atau berjarak sekitar 32,7 km dari Kota Probolinggo. Daerah ini menawarkan berbagai wisata dalam laut seperti snorkeling, sehingga kamu dapat menikmati indahnya karang dan ikan-ikan yang hidup di sekitarnya.

Kamu juga bisa mendirikan tenda camping untuk merasakan indahnya malam Gili Ketapang bersama dengan teman-teman. Kamu bisa menyewa perahu yang disediakan oleh pengelola dan warga sekitar untuk menjelajahi kawasan ini.

2. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Lokasi: Sapih, Branggah, Kec. Lumbang. – Image Credit by Reservasi.com

Spot wisata ini berjarak sekitar 33,4 km dari Kota Probolinggo atau kira-kira butuh waktu 1 jam-an dengan mobil. Setelah itu, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Namun, jangan khawatir karena usahamu akan terbayarkan dengan keindahan air terjun ini.

Ketika sampai kamu akan disambut dengan air terjun abadi setinggi 200 m yang mengalir dari tebing curam di atasnya. Saking derasnya kamu seakan-akan melihat terdapat tiga air terjun yang bersebelahan padahal aslinya hanya satu.

3. Air Terjun Triban

Air Terjun Triban

Lokasi: Krajan, Ngepung, Kec. Sukapura. – Image Credit by Anomharya.com

Destinasi wisata air ini masih belum ramai di datangi oleh para wisatawan, sehingga ketika mengunjungi tempat ini kamu tidak hanya menikmati segarnya air terjun sambil mandi dan berenang tapi juga lingkungannya yang masih hijau dan indah dipandang mata.

Letak air terjun ini ada di sekitar daerah Ngepung, Probolinggo. Untuk mencapainya kamu dapat memakai mobil sampai di Jl. Raya Sukapura, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki selama kurang lebih satu jam.

4. Air Terjun Jaran Goyang

Air Terjun Jaran Goyang

Lokasi: Jl. Goyangan, Timur, Guyangan, Kec. Krucil. – Image Credit by Agungdc163410064826072250.wordpress.com

Jarak spot wisata ini dari Kota Probolinggo sekitar 47 km dan butuh waktu 1,5 jam untuk sampai di pemberhentian pertama. Kemudian dilanjutkan dengan melewati jalan setapak selama kurang lebih sejam-an agar mencapai air terjun tersembunyi ini.

Tempat ini dinamakan Jaran Goyang karena berada dekat dari Jl. Goyangan, Probolinggo. Lokasi tempat wisata ini berupa hutan alami sehingga masih asri. Air terjun ini cukup deras sehingga kamu harus hati-hati jika ingin berada di bawah air terjun dengan tinggi lebih dari 20 m ini.

5. Danau Ranu Merah

Danau Ranu Merah

Lokasi: Krajan, Andungsari, Kec. Tiris. – Image Credit by Kraksaan-online.com

Destinasi wisata berikutnya berada di Desa Tiris Kecamatan Andungsari, berupa danau unik karena memiliki warna merah. Namun, ketika airnya diangkat justru bening layaknya air bersih pada umumnya.

Hal ini terjadi karena banyaknya ganggang merah di danau tersebut sehingga mempengaruhi warna air. Walaupun demikian danau ini cukup aman jika kamu ingin berenang. Wisata satu ini cukup jarang di datangi wisatawan, jadi kamu dapat menikmati keindahan danau ini sepuasnya.

6. Danau Ranu Agung

Danau Ranu Agung

Lokasi: Ranu Agung, Krajan, Andungsari, Kec. Tiris. – Image Credit by Ksmtour.com

Desa Tiris memiliki danau Ranu Agung yang tidak kalah indahnya. Karena keindahannya tempat ini selalu ramai di datangi para pengunjung terutama ketika weekend. Karena itu, kamu harus membuat rencana liburan yang tepat jika ingin berkunjung.

Ketika berada di danau ini kamu dapat beristirahat di pinggiran danau sambil menatap keindahan alam di sekitarnya. Kamu juga dapat memakai perahu bambu yang disewakan penduduk setempat untuk mengarungi danau ini beserta teman ataupun pasangan.

7. Sungai Pekalen

Sungai Pekalen

Lokasi: Dusun Krajan 1, Condong, Kec. Gading. – Image Credit by Adventurewisata.blogspot.com

Area wisata ini berjarak sekitar 25 km dari Kota Probolinggo, sehingga sangat mudah dikunjungi oleh kamu. Sungai ini cukup dikenal karena arusnya yang deras dan banyak bebatuan besar. Karena itu Sunga Pekalen sangat cocok dijadikan lokasi arung jeram.

Sungai ini akan melewati tiga kecamatan yaitu Gading, Tiris dan Maron. Sehingga pihak pengelola menawarkan panjang zona arung jeram serta tahapan kesulitan yang berbeda-beda. Namun, kamu tidak bisa mengunjungi lokasi ini ketika hujan deras karena sangat berbahaya.

8. Pemandian Air Panas Desa Tiris

Pemandian Air Panas Desa Tiris

Lokasi: Tiris, Kec. Tiris. – Image Credit by Destinasiterbaru.blogspot.com

Terdapat wisata air panas di Desa Tiris yang masih sangat alami, sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika berendam di dalamnya bahkan kamu akan merasakan berbagai manfaat seperti mengurangi rasa lelah sekaligus merawat dan mengobati berbagi penyakit kulit.

Lokasi pemandian ini tepatnya berada 200 m dari Ranu Segaran. Jadi kamu cukup berjalan kaki untuk mencapai daerah ini dan untuk menikmati pemandian ini, kamu harus membeli tiket masuk dengan harga lima ribu.

9. Kebun Teh Tiris

Kebun Teh Tiris

Lokasi: Andungbiru, Kec. Tiris. – Image Credit by Pesonajatim.com

Tempat ini memiliki nama lain yaitu kebun teh andung biru. Sesuai dengan namanya tempat ini berupa perkebunan teh hijau yang berada di dataran tinggi tepatnya ada di Desa Tiris, Probolinggo.

Ketika disini kamu akan menikmati kesejukan udara yang disertai dengan harumnya daun teh. Kamu juga dapat memetik daun teh dan ikut serta menyaksikan proses pembuatan teh sampai ke dalam cangkir gelas. Kemudian kamu bisa mencicipi teh ini sambil menikmati indahnya pemandangan kebun teh Iris.

10. Pantai Duta

Pantai Duta

Lokasi: Dusun Gilin, Randutatah, Kec. Paiton. – Image Credit by Lokalkarya.com

Pantai yang berada di Kecamatan Paiton Probolinggo ini sering dijadikan sebagai spot utama untuk melihat indahnya pemandangan matahari terbenam. Jadinya, kamu dapat memperoleh banyak foto bagus untuk dipamerkan di jejaring sosial media milikmu.

Kamu juga bisa menikmati hutan bakau yang merupakan program pemerintah dengan menjadikan tempat ini sebagai pusat pohon bakau di kawasan pantai Probolinggo.

11. Pantai Bentar

Pantai Bentar

Lokasi: Jalur Pantura Mayangan, Karang Anyar, Curahsawo, Kec. Gending. – Image Credit by Phoenix101108.blogspot.com

Pantai yang ada di Kecamatan Gending, Desa Curahsawo ini memiliki pasir pantai yang terasa lembut di kaki, selain itu kamu dapat menemukan dermaga kayu sepanjang 50 meter-an ke arah laut lepas.

Jika kamu sedang beruntung, kamu juga dapat melihat sekawanan ikan hiu tutul yang sedang bermigrasi dari jarak dekat. Momen seperti ini tentu tidak bisa dilewatkan dan harus di abadikan dengan foto sesegera mungkin.

12. Pantai Tambak Sari

Pantai Tambak Sari

Lokasi: Pandean, Sukokerto, Kec. Pajarakan. – Image Credit by Flickr.com

Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Pajarakan dengan jarak 1 km dari jalan raya pantura. Namun, jalan setelahnya cukup buruk sehingga kamu harus berhati-hati terutama bagi yang membawa mobil.

Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan hutan bakau yang telah mati, pantai dan hutan bakau lainnya yang masih asri. Warga sekitar juga menawarkan fasilitas pemancingan di tambak yang mereka bangun.

13. Beejay Bakau Resort Probolinggo

Beejay Bakau Resort Probolinggo

Lokasi: Pelabuhan PPP Mayangan, Wisata Primadona, Mangunharjo, Kec. Mayangan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi ketika hari libur, karena di dalamnya terdapat banyak fasilitas yang dapat dinikmati segala umur. Beberapa fasilitas ini adalah kolam air asin, resort, booth untuk berfoto ria dan lainnya.

Lokasi wisata ini ada di sekitar pantai dekat dari Pelabuhan Mayangan. Selain fasilitas di atas, kamu dapat menikmati keindahan hutan bakau serta menghirup udara segar selama berwisata.

14. Bukit Bentar

Bukit Bentar

Lokasi: Jl. Raya Panglima Sudirman, Curahsawo, Kec. Gending. – Image Credit by Wisatasia.com

Bukit ini sangat dekat dengan Pantai Bentar, sehingga dapat di jangkau dengan mudah. Bukit ini sering digunakan sebagai tempat untuk foto pemandangan pantai dan hutan bakau yang terlihat begitu indah dari titik ini.

Lokasi ini juga sering dijadikan sebagai tempat istirahat dan titik berkumpul bagi kelompok tracking. Karena jalan menuju puncak bukit cukup menantang karena areanya yang terjal.

15. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro

Lokasi: Kalianan, Kec. Krucil. – Image Credit by Travelingyuk.com

Spot wisata ini cocok bagi kamu para pecinta alam ataupun yang pernah ikut mapala. Terdapat banyak titik puncak di gunung Argopuro, namun titik tertinggi disebut dengan Puncak Rengganis yang diyakini warga sekitar sebagai tempat tinggal Dewi Rengganis.

Ketika melakukan pendakian kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk dan yang paling menarik adalah kamu dapat menemukan berbagai reruntuhan bangunan kuno seperti candi ataupun pura ketika menuju puncak gunung ini.

16. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Lokasi: Podokoyo, Kec. Tosari. – Image Credit by Pixabay.com

Destinasi wisata ini sangat hits di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri, sehingga selalu ramai dipadati pengunjung. Kamu dapat mendaki gunung bromo untuk melihat kawahnya dan melihat matahari terbit.

Dekat dari gunung bromo terdapat padang pasir yang sangat luas. Disini kamu dapat mengendarai mobil off road dengan bebas, memakai motor trail, berkuda atau bahkan sekedar berfoto-foto.

Itulah 16 destinasi wisata di Probolinggo yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga dan juga dengan teman-teman. Sebelum bepergian kesini, kamu harus membuat agenda khusus untuk liburan agar kamu dapat menghindari membludaknya pengunjung pada saat libur anak sekolahan.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak